Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan 34. Kimchi yang Anti Gagal

Dipos pada July 22, 2018

34. Kimchi

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat 34. Kimchi yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya 34. Kimchi yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari 34. Kimchi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 34. Kimchi bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Untuk diperhatikan, kira-kira waktu penyiapan 34. Kimchi diperkirakan sekitar 3-5 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 34. Kimchi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 34. Kimchi memakai 17 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya iseng ngajakin temen nyobain bikin kimchi. Ehh ternyata langsung di 'iya'in. Jadi mencari-cari resep kimchi yang ada di google, dan tadaa jadilah kimchi ala-ala. Source: https://www.tehsera.com/2019/12/resep-kimchi-otentik-dan-mudah.html

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 34. Kimchi:

  1. 2 buah Sawi putih besar
  2. 3 buah Wortel
  3. 2 buah Bawang Bombay
  4. 4 batang Daun bawang
  5. 250 gr Garam
  6. secukupnya Wijen
  7. Bubur untuk saus
  8. 4 sdm Tepung ketan putih
  9. 2 sdm Gula pasir
  10. 2 gelas belimbing Air
  11. Saus Kimchi
  12. 1 gelas belimbing Bubuk cabe korea
  13. 10 buah Bawang putih
  14. 2 ruas Jahe
  15. 2 buah Pir
  16. 1 sachet Saus tiram
  17. 7 sdm Kecap ikan

Langkah-langkah untuk membuat 34. Kimchi

1
Belah sawi menjadi 4 bagian, atau potong sawi kecil-kecil agar lebih mudah saat dimakan. Setelah itu cuci bersih sawi, lalu tiriskan.
2
Letakan sawi di wadah, lalu lumuri dengan garam secara merata. Diamkan sekitar 1-3 jam hingga sawi layu dan tidak mudah patah, periksa sesekali. Apabila sawi dipotong kecil, biasanya proses penggaraman akan lebih cepat.
3
Sambil menunggu proses penggaraman sawi, potong potong wortel (seperti korek api), daun bawang, dan bawang bombay. Cuci bersih, tiriskan.
4
Buat bubur untuk saus. Campurkan tepung ketan, air, dan gula. Aduk rata, panaskan hingga mengental dan matang. Dinginkan.
5
Haluskan bawang putih, pir, dan jahe. Agar lebih halus bisa menggunakan blender. Sisihkan.
6
Apabila sawi telah layu dan garam sudah meresap, cuci bersih sawi. Tiriskan.
7
Setelah bahan-bahan siap, saatnya membuat kimchi. (Di foto ada bahan-bahan buat rabokki nyempil hehehe, bakal ditulis next resep yaa)
34. Kimchi - Step 7
8
Campur pasta ketan yang telah didinginkan, bubuk cabe, saus tiram, kecap ikan, dan bumbu yang telah dihaluskan. Aduk rata.
9
Campurkan saus kimchi dengan wortel, bawang bombay, dan daun bawang. Aduk rata.
10
Lumuri saus pada sawi yang sudah ditiriskan. Lalu masukkan ke dalam toples kedap udara, lebih bagus jika toples berbahan kaca. Sisakan sedikit ruang, karena proses fermentasi akan memunculkan gas karbon dioksida yang membentuk gelembung-gelembung. Jangan lupa taburi wijen yaa.
34. Kimchi - Step 10
11
Diamkan kimchi selama 2 hari di suhu ruang untuk proses fermentasi, hindari cahaya matahari langsung. Aku gak terlalu suka asam, jadi cuma aku simpan di suhu ruang selama 1 1/2 hari. Untuk kimchi yang lebih asam, bisa tambah waktu fermentasi.
12
Setelah proses fermentasi selesai, kimchi bisa langsung dimakan. Agar awet, simpan kimchi di lemari es. Selamat mencoba :)
13
Tips: - Jika akan disimpan lama, bisa taburi sedikit garam di permukaan kimchi. - Ambil kimchi seperlunya saat akan dikonsumsi, pastikan alat yang digunakan dalam keadaan bersih.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur jagung ketan

Bubur jagung ketan

Dijamin enak apalagi dimakan saat masih hangat nd saat hujan turun.bubur jagung ketan juaranya.

Bubur candil ketan

Bubur candil ketan

Ceritanya lagi habisin stok tepung ketan yang tersisa. Kebetulan gula merah ada. Akhir-akhir ini mami nyetok santan kara di kulkas. Jujur mami baru pakai santan kara 2 kali dengan yang ini. Berguna banget saat kepepet. Males banget kepasar cuma beli santan doang.

Bubur sumsum tepung ketan

Bubur sumsum tepung ketan

Pengen banget bubur sumsum tapi dirumah adanya tepung ketan di coba buat ternyata enak juga lo bun🀀

5 porsi
-+ 20 menit
BUBUR CANDIL / biji salak alias JENANG GRENDUL

BUBUR CANDIL / biji salak alias JENANG GRENDUL

Hari minggu pagi Hujan2 Pingin papin jadilah bubur candil

Bubur ketan hitam ala Fe

Bubur ketan hitam ala Fe

Ketan hitam kesukaan suami 😁 & resep dari mama πŸ˜‹bikin ga bisa berhenti makan 😁 nambah terus πŸ˜… #fe

1 panci
Bubur jenang ketan hitam

Bubur jenang ketan hitam

Liat vlogger2 di medsos makan jenang didaerah2 desa jdi mupeng bgt.. alhasil bikin sendri

10 porsi
Bubur ketan hitam

Bubur ketan hitam

Ini baru pertama x mimih buat bubur ketan biasanya burcang ijo saja, sebelum buat ada rasa takut gagal terus. setelah liat langkah dr akun cookpad mba nabila ada sedikit rasa pd 😁 akhirnya mimih coba alhamdulillah berhasil yeah....

Bubur Ketan Merah Putih (Daur Ulang dari Kue Ketan Wajik)

Bubur Ketan Merah Putih (Daur Ulang dari Kue Ketan Wajik)

02/02/2021 (255)......ceritanya kmrn pas liat isi kulkas ternyata ada kue ketan wajik 6 potong beli ma tetangga (10 potong) yg kelupaan di makan,krn kue wajiknya udh bbrp hari di kulkas udh jd keras macam batu 😁,timbullah ide utk mendaur ulang kue wajik jadilah hari ini bikin bubur ketan merah putih dan kebetulan di rmh msh punya stok ketan putih plus ada sisa kuah santan (300 ml) wkt bikin bubur umbi garut....sarapan hari ini bubur ketan merah putih yummy,enak bgt di makan anget2 #PejuangGoldenApron3

Bubur Kacang Ijo & Ketan Hitam

Bubur Kacang Ijo & Ketan Hitam

Paling suka masak bubur kacang ijo pake jahe, kayu manis dan daun pandan. Wangi dan menghangatkan badan. Pas banget sama cuaca yang lagi gak bersahabat. Mudah2an badan fit dan terhindar dari virus2 tak diundang πŸ˜‹ Buburnya versi yang kental bukan yang banyak air/santan. Santan juga aq ganti dengan fibercream yang dilarutkan dengan air panas. Soalnya aq kurang suka makan banyak santan.. kolesterol gaesss πŸ˜‚

4 porsi
Bubur Sumsum & Biji Salak Ungu

Bubur Sumsum & Biji Salak Ungu

Buburnya lembuuut banget, Cocok untuk es palu butung juga, aroma pandan & gurihnya santan ngeblend abis sama manisnya si biji salak & kuah kentalnya. jangan skip penggunaan tepung ketan, ini kunci agar permukaan bubur yg lembut itu tdk kekeringan dan retak2 pas diambil. sempet kaget pas bikin biji salak, pas di rebus seperti yang kelembekaaaan banget, mikir apa krn sagu sy ganti tepung ketan ya? jadi g terlalu 'ngikat', sempet curiga juga apa kurang banyak ngasih tepung. Pas diangkat dan dimasukan ke kuah gula merah yg kental itu.. wow Bentuknya yg tadinya g karuan jadi bulat mulus sempurna.. haha, alhamdulillah. Dan kalau dimakan hangat, tekstur masih seperti kelembekan kurang tepung, sedang saya masukkan kulkas, biar 'agak mengeras' & kenyal seperti yg saya harapkan.

Bubur Kacang hijau ketan praktis

Bubur Kacang hijau ketan praktis

Anak kos Bisa masak di rice cooker loh πŸ˜‚

Bubur Candil atau jenang grendul

Bubur Candil atau jenang grendul

Lagi ngidam bikin bubur candil, cus langsung eksekusiii hehe

Sekitar 4 porsi
45 menit
Bubur ketan hitam

Bubur ketan hitam

Lagi pengen bikin ini buat cemilan aja di pagi ini. Kebetulan mendung dan yummy klo makan yg anget2 manis....

10 porsi
30 menit
Bubur ketan hitam magicom

Bubur ketan hitam magicom

Enak loh ini masaknya g ribet karena lgsung di masak do magicom. Kita tgal nunggu mateng aja. Intinya klo air sudah menyusut tp ketan belum empuk tinggal kita tambahin air lg begitu seterusnya smp bner2 empuk. Jangan lupa smbl sekali2 diaduk yah...πŸ˜‰

Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam

Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam

#PekanPosbarKacang Bubur kesukaan miswaku dan 2 krucilku πŸ˜‹πŸ˜‹ karna pakek kuah susu 😁😁

Bubur Ketan Hitam 7-30-5

Bubur Ketan Hitam 7-30-5

Bingung ingin sarapan. Lihat stok belanjaan ada ketan hitam, langsung ajj ambil dan dibuat deh bubur ketan hitam.

5 porsi
7-30-5 menit
Jenang Grendul/ Bubur Candil

Jenang Grendul/ Bubur Candil

Bismillah.. Resep bubur Candil ini saya dedikasikan untuk sahabat kecil pejuang kanker. Bubur Candil ini sehat karena termasuk cemilan yang gluten free. Bubur Candil/ jenang grendul adalah makanan yang berasal dari Jawa Tengah. Tekstur buburnya yang lembut dan rasanya yang manis lalu ditambah sensasi kenyal pada bola-bola sangat disukai anak-anak Hai sahabat kecilku.. bersabarlah sayang, tetap semangat, esok pasti akan lebih baik. Jangan lupa berdoa kepada Tuhan untuk kesembuhanmu y...Bergantunglah kepadaNya maka engkau tak akan kecewa. Tetap tersenyum😊 #KapsulAjaib #PejuangGoldenApron2 #buburcandil #jenanggrendul

5 porsi
30 menit