Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Bubur candil ketan yang Anti Gagal

Dipos pada October 13, 2018

Bubur candil ketan

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bubur candil ketan yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Bubur candil ketan yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur candil ketan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur candil ketan bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur candil ketan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur candil ketan memakai 15 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya lagi habisin stok tepung ketan yang tersisa. Kebetulan gula merah ada. Akhir-akhir ini mami nyetok santan kara di kulkas. Jujur mami baru pakai santan kara 2 kali dengan yang ini. Berguna banget saat kepepet. Males banget kepasar cuma beli santan doang.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur candil ketan:

  1. bahan a
  2. 250 gram tepung ketan
  3. 1/2 sdt garam
  4. secukupnya Air
  5. bahan b
  6. 100-150 gram gula merah, sesuai selera manisnya
  7. 1 lembar daun pandan
  8. 800 ml air
  9. 2 sdm tepung ketan
  10. 1 sdm tepung beras(boleh diganti tepung tapioka)
  11. bahan c
  12. 2 buah santan kara yang isi 65 ml
  13. 300 ml air
  14. 1/2 sdt garam
  15. 1 lembar daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur candil ketan

1
BAHAN A, cara bikin bulatan candil : masukan tepung ketan kedalam baskom/mangkok, tambahkan garam dan air air secukupnya, hingga adonan menyatu kalis dan tidak lengket ditangan. Bulat bulatkan, sisihkan. Ingat jangan kebanyakan air ya nanti adonan lembek.
Bubur candil ketan - Step 1
Bubur candil ketan - Step 1
2
BAHAN B, saus gula merah: Rebus gula merah, daun pandan, dan air dipanci sampai larut. Tambahkan tepung beras dan tepung ketan yang sebelumnya telah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk hingga rata. Masukan bulatan biji candil masak sampai memgapung, mengental dan meletup letup.
Bubur candil ketan - Step 2
Bubur candil ketan - Step 2
3
BAHAN C,Saus satan: Masak semua bahan C, aduk terus hingga mendidih. Siap disajikan bersama candil ketan.
Bubur candil ketan - Step 3
4
PENYAJIAN : taruh bubur candil kedalam mangkok saji, siram dengan saus santan. Atau boleh bubur candil dan santan dicampur dengan santan baru disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Candil Ketan

Candil Ketan

Punya sisa kelapa parut seuprit, punya stok gula merah dan punya tepung ketan ya udah bumil jodohkan saja hihihi...Lumayan untuk sarapan pagi ini. Mau dimakan anget atau dingin OKEHHHH bangettt deh. Mari sarapan kawand2 :)

Bubur Candil Ubi Ungu

Bubur Candil Ubi Ungu

Horeee panen ubi ungu dr kebun ayahku nih.. pngen bubur candil yang biasa disajikan ketika bulan ramadhan nih.. yum yum

8 porsi
40 menit
Kolak Candil ubi

Kolak Candil ubi

Nah sekarang waktunya bikin candil dari ubi.. Gampang sekali dijumpai soalnya. Kenyel2 manis.. Segerrr jg #BikinRamadanBerkesan #12

1 panci
Bubur Candil Wortel

Bubur Candil Wortel

Bismillah ikut meraikan #CABEKU lagi, kali ini temanya #diWORTELan aja. Hampir tiap hari wortel selalu ada di kulkas. Sebernernya uda lama bgt pengen buat bubur candil, dan kebetulan banget mikir di mix dengan wortel. Soalnya biasanya kan pake ubi atau labu, pake wortel jg enak dan banyak manfaatnya. #cookpadcommunity_lamongan

60 menit
Kolak Candil Ubi Kuning Ramadhan

Kolak Candil Ubi Kuning Ramadhan

Pas yaa....cuaca dingin mendung gelap ditemenin Kolak Candil anget, udah kyak suasana ramadhan aja πŸ˜‚ duh jd kangen ramadhan πŸ€— . Candilnya dr ubi kuning yg manis, ubi nya selalu saya kukus gak pernah direbus, karna kalo direbus ubi akan menyimpan kandungan air lbh banyak. Takutnya tar kelembekan pas jd candil. Metode kukus hanya 10 menit mnurut saya better. . Markicusssss......

Bubur Candil

Bubur Candil

β€œ Bubur candil ala ala mama hana... Pertama kali buat bubur candil dan enakk...😁 Plus nenek pinang pun suka, berasa jdi menantu yg paling bahagia sedunia...πŸ˜‚πŸ˜‚ Semoga bermanfaat ya... #buburcandil #buburcandilubi #resepbubur #food #foodporn #foodgasm #berbagiresep #foodphoto ”

Rainbow candil

Rainbow candil

Ternyata mudah sekali bunda. Lama dibagian ngebuletin aja, sisa nya ga nyampe 5 menit udah beres

5 orang
Es Candil Pelangi

Es Candil Pelangi

Menghilangkan haus dan mengenyangkan

Biji salak(Candil)

Biji salak(Candil)

Karna lagi sakit n ujan pula iseng pengen makan yang manis2..tapi si ibu yang biasa jualan ga jual karna mungkin hujan.. alhasil jadi lah bikin sambil iseng..

#11 Kolak Candil Ubi Cangkaleng

#11 Kolak Candil Ubi Cangkaleng

Kolak candil ubi cangkaleng ini sangat digemari apalagi pas bulan Ramadhan, cocok sekali untuk dijadikan takjil. Oh ya, kalau di bandung biasanya Amicha menyebut kolang-kaling dengan sebutan cangkaleng. Sajian ini bisa disantap saat hangat maupun dingin. Silahkan mencoba :) #JemputRezeki #SiapRamadhan #SayangAnak

28#Cendil warna warni🌈

28#Cendil warna warni🌈

#tantanganakhirtahun#

Bubur Candil

Bubur Candil

#tantanganakhirtahun #masakditahunbaru

Kolak Candil Ubi

Kolak Candil Ubi

Bikin candil no ribet bund 😍 abis gtu candil nya kenyal - kenyal enyoy enak πŸ₯° silahkan di coba ya bund 😘

10 orang
45 menit
katiri mandi

katiri mandi

suami lagi kangen kampung halamannya, minta dibuatkan katiri mandi. saya yang asli jawa gagal paham gimana rupa si katiri mandi. akhirnya ya buka google, eaalaahh...ternyata katiri mandi mirip mirip jenang grundul, bubur candil toh. bolehlah di coba kalau begitu..

4 porsi
45 menit
Kolak candil

Kolak candil

Gambar sebelum dimasukan santan yaa

Kolak Candil Labu Kuning

Kolak Candil Labu Kuning

Kocokan semarak clover dimenangkan oleh mbak Laila Dawud dan memberikan tema aneka kreasi olahan serba kuning. Tetiba keingat dong sama labu kuning. Akhirnya bikin kolak candil labu kuning yang dibentuk labu kuning mini. Respons anak anak wow banget terutama si kecil secara dia kuning lovers πŸ’›πŸ˜€ Source dari : DAPUR AMAI #GAKuningKenanganKu #Semarak_GAKuningKenanganKu #CookpadCommunity_Surabaya #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #PejuangGoldenApron3 minggu ke 32 resep ke 2

Candil labu kuning

Candil labu kuning

Di balik lembut dan manisnya labu, tersimpan sederet manfaat yang bisa diperoleh bila mengkonsumsinya setiap hari. Buah labu mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin A, C, protein, serat, folat, dan masih banyak lainnya. #cookpadcommunity_samarinda #cookpadcommunity_balikpapan #resolusi2019 #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru #pekaninspirasi #mujionoskitchen #labukuning #candillabukuning #bijisalaklabukuning #olahanlabu