Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Es Pisang Ijo (simpel) yang Enak

Dipos pada December 16, 2021

Es Pisang Ijo (simpel)

Bagaimana membuat Es Pisang Ijo (simpel) yang unik? Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Es Pisang Ijo (simpel) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Es Pisang Ijo (simpel), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Es Pisang Ijo (simpel) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Es Pisang Ijo (simpel) kira-kira 4-5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, perkiraan waktu untuk memasak Es Pisang Ijo (simpel) diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Es Pisang Ijo (simpel) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Es Pisang Ijo (simpel) memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Mumpung masih Ramadhan, cari ide yang seger dan mudah buat ifthar. Akhirnya bikin Es Pisang Ijo. Seger dan mengenyangkan 😘 Source : Youtube CRCook Selamat mencobaaa..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Es Pisang Ijo (simpel):

  1. Bahan Kulit Pisang :
  2. Pisang Raja yang sudah matang
  3. 500 ml air
  4. 125 gr tepung terigu
  5. 125 gr tepung beras
  6. 50 gr gula
  7. 1 sachet santan kara 65 ml
  8. 1/4 sdt garam
  9. Secukupnya pasta pandan
  10. Bahan Bubur Sumsum :
  11. 750 ml air
  12. 100 gr tepung beras
  13. 1 sachet santan kara 65 ml
  14. 1/4 sdt garam
  15. 2 lembar daun pandan
  16. Pelengkap :
  17. Sirup Marjan Cocopandan
  18. Susu Kental Manis
  19. Es Batu

Langkah-langkah untuk membuat Es Pisang Ijo (simpel)

1
Untuk kulit pisang, campurkan air, terigu, tepung beras, garam, gula, santan. Aduk hingga rata. Setelah rata beri secukupnya pasta pandan. Masak hingga mengental dan kalis, aduk terus supaya tidak gosong. Setelah matang dinginkan.
Es Pisang Ijo (simpel) - Step 1
2
Kukus Pisang, lalu dinginkan. Baru dikupas. Kalo masih panas pisangnya masih lembek.
Es Pisang Ijo (simpel) - Step 2
Es Pisang Ijo (simpel) - Step 2
3
Untuk Bubur Sumsum, campurkan semua bahan lalu aduk rata. Masak hingga mengental, aduk terus supaya tidak gosong.
Es Pisang Ijo (simpel) - Step 3
Es Pisang Ijo (simpel) - Step 3
4
Bagi beberapa adonan kulit menjadi beberapa bagian. Saya jadi 10. Lalu pipihkan menggunakan plastik dan rolling pin. Plastik diolesi tipis-tipis dengan minyak agar tidak lengket.
Es Pisang Ijo (simpel) - Step 4
5
Bungkus pisang masih menggunakan plastik sambil dipadatkan, tutup ujung-ujungnya lalu rapikan. Kukus selama 10-15 menit.
Es Pisang Ijo (simpel) - Step 5
Es Pisang Ijo (simpel) - Step 5
6
Cara penyajian : Potong Pisang Ijo, beri bubur sumsum, mutiara (jika suka), es batu. Tuangi sirup cocopandan dan susu kental manis.
Es Pisang Ijo (simpel) - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

123. SERUNDENG BANYUWANGI ala ibu

123. SERUNDENG BANYUWANGI ala ibu

Assalamualaikum.. Santap sahur ditemani serundeng daging nikmat ini bisa membantu menggugah selera. Serundeng kelapanya yg kering dibarengi dg suwiran dagingnya memberikan sensasi tersendiri. Jika untuk anak2 penggunaan cabe merah bisa di skip. Lauk ini juga pas bila disandingkan bersama Sayur Lodeh, Nasi Kuning, Nasi Uduk, Pecel dan lain sebagainya. Mari simak resepnnya...

60 menit
Pisang Goreng Kremes

Pisang Goreng Kremes

Berbuka kemarin dengan es timun serut dan pisang goreng kremes. Baru pertama recook resep pisang goreng ini. Kriuknya awet, jadi buat yang suka pisang goreng dengan kriuk-kriuknya, bisa coba resep ini ya. Note: Saya bikin setengah dari resep dibawah. Tadi saya ga pakai air kapur sirih, kremesannya tetap kriuk & renyah. Source : Youtube The Hasan Video (Sedikit modifikasi) #CookpadCommunity_Bekasi

Dadar Kentang Sayur

Dadar Kentang Sayur

Makan sahur ala dapur #Kobe walau tepung bakwannya menggunakan merk lain πŸ™‚maaf ya di wrg gada produknya😊

3 porsi
30 menit
Wool Roll Bread Chocolate

Wool Roll Bread Chocolate

Assalamualaikum. Mencoba roti yang lagi viral, baru sekarang bisa membuat tapi pas buat menu berbuka hari ini😍😍😍 sekaligus meramekan event RAKIT dan challenge regional. Benar2 ber tambah wawasan dan nambah teman di seluruh Indonesia. Kerennn pokoknya acara nya😘😘 Sumber : Nindaummuzia #KURMA_KreasiDapurRamadan #PosbarGembira #BamasakBaimbai #RecookPapadaan #Recook_Ninda #RecookOfTheWeek #KampoengRamadan #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kalsel #DutaRecookBeraksi #DutaRecookBanjarmasin #PejuangGoldenApron3

623.Sawi Bakso Bening

623.Sawi Bakso Bening

Siasati waktu sahur yg sempit dengan mengolah sayur simple... Jenis sayuran yg mudah di simpan juga mudah diolah....ya sawi putih..bener hlo ini✌🏻(menurut saya ..) Ayo jangan dikurangi asupan sayur di bulan puasa ya..agar badan tetap bugar..πŸ™πŸ˜Š 21/04/21 (M. 47_GATNL) Rsp sendiri #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_bekasi #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity Bismilah..

2 orang
Tahu bakso

Tahu bakso

Menu untuk teman berbuka puasa..😍

3 orang
20menit
Puding Coklat Vla ala KFC

Puding Coklat Vla ala KFC

Sedari kecil lihat mama selalu semangat bebikinan tajil untuk karyawan & asisten di rumah. Semangat yg sama baru menular ke saya tahun ini. Recook resep Tintin Rayner yg sudah lama di cookmark namun tak kunjung2 di eksekusi. Resep pudingnya enak namun perlu improvement di saus vla krn hasil buatan saya masih terlalu cair. #PejuangGoldenApron3

11 cup
XIMILU aka SOP BUAH HONGKONG

XIMILU aka SOP BUAH HONGKONG

Bingung mau bikin apa yang segar2 untuk berbuka nanti? Gimana kalo bikin Ximilu aja, desert khas Hongkong yang sekilas nampak seperti sop buah. Hanya saja ximilu ini tidak menggunakan santan ataupun susu tetapi menggunakan krimer, krimernya bebas menggunakan merk apa saja, seperti fiber creme, max creamer dll. Sedang untuk isiannya disesuaikan dengan selera atau persediaan saja.

Getuk Lindri

Getuk Lindri

Yang manis dan ketjeh mau lewat.....bosen dengan gorengan... Sekarang kita berbuka dengan yang manis. Kue basah ini sangat familiar sebagai takjil di bulan ramadhan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. #PejuangGoldenApron3 #Minggu_48 #Bunda_Lia #FotoKece #PekanPosbarManisGurih #AkuAsin #AkuManis #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadIndonesia #JajananTradisional

Bubur ayam banjar

Bubur ayam banjar

Masih punya anak kecil pas bulan ramadhan gini bingung mau makan apa dia nya juga maunya makan bubur, ya udah dari pada gak mau makan mamak bikinkan saja. Nyontek resepnya mba #Munawarah hehehe rasanya pas sama saya jadi next bikin pake resep ini aja lagi. #AksiDutaRecook #DutaRecookBanjarbaru #KalimantanSelatan #Cookpadcomunity_borneo #Cookpad_Banjarbaru #buryamrumahan #rofifSQUAD

Klepon Singkong Kukus

Klepon Singkong Kukus

Bulan puasa identik dengan klepon. Sore-sore pasti pengennya menggigit klepon yang meledak di mulut dengan sensasi ledakan manis tentunya. Tapi apa yang terjadi kalau waktu mau beli selalu kehabisan πŸ˜₯. Nah kebetulan ada singkong di rumah, muncullah ide bikin klepon Singkong aja, sekalian nostalgia jajanan waktu kecil dulu. Biasanya bikin klepon singkon pasti keras setelah dingin, kali ini saya coba tambahkan tepung beras ketan pada adonannya agar klepon tetap kenyal walau sudah dingin. Hasilnya klepon benar-benar tetap kenyal walau sudah dingin. Dapat ide ini terinspirasi setelah baca-baca beberapa resep dari berbagai sumber. Kali ini saya bikin klepon dengan cara dikukus, karena malas pindah-pindah panci dan nyuci panci, jadinya sekalian aja panci untuk mengukus kelapa parut digunakan untuk mengukus adonan klepon πŸ˜‚βœŒοΈ. #BarapiManjuhu #MarukatJawau #AkuManis #PekanPosbarManisGurih #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Kalteng

Bongko Pontianak

Bongko Pontianak

Menuju Resep ke-46 dari total 52 Resep utk Postingan #PejuangGoldenApron3 Sangat Pas dibuat sebagai Sajian berbuka puasa bersama Keluarga. Menu ifthor yang Manis Kuah santan tidak saya gunakan, tapi diganti dengan susu evaporasi saja, atau bisa juga memakai creamer.

Serabi tanpa cetakan

Serabi tanpa cetakan

53. 18-04-2021 Puasa gini pingin buka dengan yang manis dan mengenyangkan yaah.. Daripada beli puas buat sendiri ya mak... Jangan galau lagi kalau bikin serabi tapi gak punya cetakan cobain resep ini yuuk... Tips: - untuk teflon yang udah sering digunakan dan tidak anti lengket lagi seperti punya aku πŸ˜…πŸ˜… sebelum mencetak adonan nya,,,teflon di olesi dengan minyak goreng dulu dengan menggunakan kuas (sedikit aja cukup lembab dan jangan sampai basah banget) supaya adonan tidak lengket di teflon.. -bagi yang suka rasa pandan boleh tambah pasta pandan jika warna kurang hijau bisa ditambah dengan pewarna hijau,, atau bisa dengan endapan daun pandan akan tetapi takaran santan dikurangi total cairan tetap 250ml..

4 orang
30 menit
Sarikaya Pandan

Sarikaya Pandan

Aneka olahan yang mengandung telur, pandan, gula, dan santan memang kebanyakan selalu lezat dan baik menjadi pilihan menu berbuka puasa. Salah satunya olahan saya kali ini, sarikaya pandan, sumber resep dari Bunda "NindaUmmuZia", bikin ini pagi2 membuat dapur bahkan rumah beraroma pandan. Hehehe #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo #KampoengRamadan #KURMA_KreasiDapurRamadan #RecookPapadaan #Recook_Ninda #RecookOfTheWeek

7 cup
Puding Coklat with Vla

Puding Coklat with Vla

Bikin takjil ekonomis ga pake ribet

Wrap

Wrap

seger buat buka puasa biar ga gorengan terus hehehe... Isian bisa di kreasikan ya bun.. πŸ€— #Ga_TheNextLevel #Cookpadcommunity_Bogor #Pawonbunda

247. Rucuh Sirsak

247. Rucuh Sirsak

Minggu ke 47GA3, 21/04/2021 Malam Cookkpaders ❀️ MET Hari Kartini Wanita Hebat. Saat buka Puasa selalu ditemani minuman Segar dan Minuman Hangat. Sdh Tradisi Keluarga, suka bikin Rucuh Sirsak Hangat saat buka Puasa. Check this out πŸ‘‡ #PejuangGoldenAppron3 #MingguKe47_GA3 #RucuhSirsak_SastraCSDewi https://cookpad.com/id/pengguna/20816143 #CookpadKomunitas_Kalbar

3 Porsi
15 Menit
Tape Ketan ijo

Tape Ketan ijo

Assalamu'alaikum Beres (Bedah Resep ) Clover bulan ini adalah membedah Tape Ketan. Hihihi udah umur segini belom pernah namanya bikin tape. Cuman lihat orang bikin tape aja, dan bisanya bantu bungkus bungkus pake daun pisang... lahh sekarang dapet tantangan bikin tape sendiri... Ayoo kita coba... akhirnya tanya tanya sama mb Een ( Beranda Aqlan) disemangatin sama di kasih tips tipsnya... akhhhh seneng aku sengaja bikin tape pas udh puasa , biar bisa bikin Es tape buat takjil. Seneng akhirnya bisa bikin tape ketan manis seger, ga kecut, ga asem dan mletis/ngetis samsek ..πŸ€—πŸ€— Source : Beranda aqlan ( plus modifikasi) https://cookpad.com/id/resep/14819374-tape-ketan?invite_token=j1Bt5Sge4PFfJ9jT3kbw2xgv&shared_at=1618959222 #Beres_TapeKetan #BeresCloverApr2021 #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Yogyakarta #PejuangGoldenApron3 #LihaiRecook11_Yogyakarta

3 malam
1. Garang asem ayam dan telur

1. Garang asem ayam dan telur

Dibawain ibu tomat ijo sama cabe ijo kriting panenan sendiri.. Alhasil tinggal beli ayam.. Bisa buat buka sama sahur suami, kalo busui tdk puasa πŸ˜‚ krn msh asi eksklusif..

Puding Melon Cup

Puding Melon Cup

Ceritanya buat bikin acara tahlilan di rumah ibu, biar Snack box nya ada yg seger2. Eh keterusan bikin buat acara di mesjid, acara megengan, stok di kulkas untuk buka puasa, orderan dll. Source: Resintaw

49 cup