Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Soto Daging Sapi Surabaya yang Lezat

Dipos pada July 11, 2016

Soto Daging Sapi Surabaya

Sore-sore begini enaknya membuat Soto Daging Sapi Surabaya yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Soto Daging Sapi Surabaya yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Soto Daging Sapi Surabaya, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Soto Daging Sapi Surabaya bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Soto Daging Sapi Surabaya sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Daging Sapi Surabaya memakai 26 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Soto Daging Sapi khas Surabaya, mengandalkan rasa kaldu yang dominan. Biasanya kaldu yang digunakan minimal dari daging sapi aja, atau kalau mau lebih sedap lagi, dicampur kaldu jeroan, misal babat, usus, paru, tulang berdaging (balungan). Bila menggunakan jeroan2 tersebut, bisa dibayangkan kolesterolnya pasti tinggi. Karena itu, coba kurangi kandungan lemaknya dengan : . Pilih daging rendah lemak. . Buang lemak/ gajih yang menempel pada babat. . Buang lemak yang menggumpal pada sisi samping usus. Buang pula isi rongga usus. . Sebelum diolah, rebus daging, tulang berdaging, babat, dan usus yang telah dibuang gumpalan lemaknya hingga mendidih. Begitu mendidih, matikan api & buang air rebusan pertama itu. Dalam soto yang aku tulis ini, aku cuma pake daging sapi, sedikit potongan buntut (ekor) sapi, sedikit paru dan hati. Bila menggunakan jantung, hati, otak, limpa, rebus tersendiri dan jangan gunakan airnya sebagai bahan kaldu karena akan memberikan aroma amis. Hati + limpa akan memberikan warna kehitaman hingga kuah tampak kurang bersih nantinya. Soto Daging Surabaya tidak menggunakan banyak ragam rempah oriental macam Soto Betawi. Ini mungkin sesuai dengan karakter Surabaya yang cenderung to the point & tak suka keribetan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Soto Daging Sapi Surabaya:

  1. Bahan Isi :
  2. 300 gram daging sapi rendah lemak
  3. 100 gram balungan/ tulang sapi berdaging dipotong setebal 3-5 cm
  4. 100 gram paru sapi
  5. 100 gram hati sapi
  6. 100 gram jeroan sapi lainnya (bila suka)
  7. Bahan bumbu Halus :
  8. 5 siung bawang putih
  9. 7 butir bawang merah
  10. 2 cm jahe
  11. 3 cm kunyit
  12. 2 butir kemiri
  13. 1 sdt lada putih bubuk
  14. Bumbu Cemplung :
  15. 3 helai daun jeruk
  16. 1,5-2 liter air untuk kuah kaldu sapi
  17. 1 sdm tepung beras larutkan dalam sedikit air
  18. 1 sdt gula pasir
  19. 1 sdm/ secukupnya garam
  20. Bahan Pelengkap :
  21. 5 butir telur rebus
  22. 3 tangkai seledri, cuci air garam, iris 3 mm
  23. 1 sdm bawang merah goreng
  24. 1 butir jeruk nipis belah 8 bagian (1/8 bola)
  25. Secukupnya kerupuk udang/ kerupuk mawar bawang putih
  26. 1 mangkok kecil sambal cabe rawit/ sambal cabe rawit kemiri

Langkah-langkah untuk membuat Soto Daging Sapi Surabaya

1
Buang lemak yang menggumpal/ menempel pada semua bahan sapi. Cuci.
2
Rebus tersendiri dengan jahe (bukan jahe untuk bumbu halus) bagi yang menggunakan hati, jantung, limpa, otak dengan api sedang agak kecil. Setelah mendidih 5 menitan, angkat hati & otak, tiriskan. Sedangkan jantung & limpa terus rebus hingga 1/2 jam. Selesai, tiriskan. Setelah agak dingin, iris semua bahan itu setebal 0,75 - 1 cm x 3 x 5 cm. Sisihkan.
3
Rebus bahan kaldu sapi (daging, tulang berdaging, paru, babat, usus) hingga mendidih, langsung matikan api. Angkat bahan sapi, tiriskan & dinginkan. Daging, babat & paru potong kira2 setebal 1/2 cm x 5 x 4 cm. Usus potong sepanjang 5 cm. Air rebusan pertamanya bungkus plastik, lalu buang (agar nantinya tak bikin saluran mudah buntu).
4
Tumis dalam panci rebus, bumbu halus dengan 2 sdm minyak goreng hingga wangi, masukkan daun jeruk & bahan sapi yang sdh diiris di langkah no 3 (bahan di langkah ke 2 tidak usah dimasukkan), tumis hingga layu. Tuangi air untuk kaldu. Aduk pelan, rebus 1 jam.
5
Setelah 1 jam rebus, masukkan bahan sapi lainnya (hati, otak, dan lain lain), gula, garam & tepung beras sambil diaduk pelan. Tunggu mendidih lagi & matang, cicipi & koreksi rasa. Matikan api, hidangkan dengan ditaburi sedikit seledri & bawang merah goreng.
6
Sajikan sesuai selera didampingi telur rebus, sambal, irisan jeruk nipis, & kerupuk.
7
Cara buat sambal rawit kemiri : siapkan 15 cabe rawit & 1 buah kemiri. Rebus hingga mendidih. Haluskan / uleg dengan ditambahi 1/2 sdt garam hingga agak halus.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Daging Masak Tuha khas Kalsel

Daging Masak Tuha khas Kalsel

Menu ini resep andalan mama mertua jika ada acara keluarga di rumah beliau dari beliau lh sy byk belajar tentang masakan banjar next time sy akan melengkapi feed dgn menuΒ² #RasaBanua asli Banjar yg sdh jarang ditemui, menikmati masakan ini serasa makan drumah mama mertua yg kental dgn menu banjar aplg di lengkapi dgn acar buah nenas semakin kumplit rasanya Daging Masak Tuha adlh masakan asli dari Kalimantan Selatan atau biasa jg di sebut dgn masak bancir bumbu nya terdiri dari campuran antara masak kari dan masak habang(bumbu merah) dan di lengkapi dgn tambahan kelapa goreng yaitu(kelapa parut yg disangrai hingga kering dan kecoklatan kemudian dihaluskan dgn cara di tumbuk atau di gerus hingga halus dan mengeluarkan minyak dan menjadi pasta yg kental) aroma nya sangat wangi saat ditambhkan kedlm masakan terutama masakan khas Banjar #RasaBanua #BamasakBaimbai #CookpadCommunity_KalSel #CookpadCommunity_Borneo

10 org
1 jam
Mpasi Bayam Jepang, Jamur Shimeji, Tahu, Daging cincang

Mpasi Bayam Jepang, Jamur Shimeji, Tahu, Daging cincang

Mpasi 6 bulan Hari 21 *dapat bahan dikasih dari saudara, tapi kalau liat di online shop ada yang jual ya..

Bolu Pisang Kurma Susu Kambing

Bolu Pisang Kurma Susu Kambing

mencoba resep buatan sendiri tadinya takut gagal, tapi ternyata berhasil enak empuk gurih bangeettt

1 jam
Oseng Mercon daging tetelan khas jogja

Oseng Mercon daging tetelan khas jogja

Ketika search makanan khas jogja salah satu menu rekomendasi nya ada oseng mercon. Pengen coba tapi ga berani telalu pedas jd saya kurangi cabe nya. Katanya sih cabai dan daging itu jumlahnya 1:1 , kl daging 250gr cabai juga 250gr πŸ˜‚ . Disesuaikan aja ya pedasnya πŸ˜… . Resep yg jni aku cooksnap dari mba @cook_16644928 @DapurGC Barrokallah mba semoga selalu di beri kesehatan, dan selalu dilancarkan usaha dan rezekinya yaa.. Amiin 🀲 #PekanCooksnap #AnjangsanaKhas_Yogya #cookpadcommunity_bogor

Roti Jala & Kari Kambing Serta Acar Bawang (Khas Aceh)

Roti Jala & Kari Kambing Serta Acar Bawang (Khas Aceh)

Roti jala dan kari kambing adalah salah satu contoh pengaruh masakan India kedalam masakan Indonesia. Dan di Aceh Roti jala dan kari kambing ini biasa dihidangkan di bulan Ramadhan, ditambah dengan acar dari bawang merah dan cabe rawit yg sangat khas Aceh, sekaligus sebagai hidangan khas Aceh sebagai tema Clover minggu ini untuk mbak Yusra. Roti jala ini lembut dan bentuk jalanya membuat kuah kari kambingnya menyatu padu, pun dengan kari kambing yang gurih dan harum dengan berbagai rempah-rempah, pas sekali dengan acar bawang yang pedas dan segar. Sempurna πŸ‘Œ Source Sukmawati_rs @Sukmawati_rs #GAQulinerAcehQu #Semarak_GAQulinerAcehQu #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Solo

Bola bola daging

Bola bola daging

4 orang
20 menit
Krengsengan daging kambing

Krengsengan daging kambing

Source @nawang okta.

Menu Set Lebaran : Serundeng Daging

Menu Set Lebaran : Serundeng Daging

Cerita lain di hari raya. Satu lagi yang tidak pernah lupa mama sajikan setiap lebaran.. serundeng daging. Menu ini sudah ada mulai dari mama kecil, mama selalu cerita mbah dulu seneng banget masak serundeng daging ini saat hari raya. Jadi boleh dibilang ini resep turun dari mbah, mama lalu ke saya Lebaran itu bukan hanya hari kemenangan secara islam, kembali bagi saya pribadi ini lebih ke arah kenangan. Moment-moment indah yang akan diingat tentang kebersamaan sebuah keluarga besar atau kecil. Mulai dari menyiapkan, melakukan dan menikmatinya. Saat seperti ini dimana tidak bisa bersama dan berkumpul hanya kenangan yang bisa diingat dan dirasa. Semoga berkenan ibu Yeni Mulyani, dan dalam momen lebaran ini semoga keluarga ibu Yeni bisa berkumpul bersama dalam keberkahan dan kesehatan. Mohon maaf lahir batin ibu Yeni dan teman-teman Clover semua #PejuangGoldenApron3 #GADimulaiDariNol #Semarak_GADimulaiDariNol #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #GenkPejuangDapur #GASpesialRamadanPeda #CookpadCommunity_Malang #MingguKe_50 #reseplebaran

3 jam
Daging Teriyaki

Daging Teriyaki

4 porsi
Rawon Daging Surabaya

Rawon Daging Surabaya

Kemarin itu suami sma anak anak lagi kepengen rawon...pas banget difreezer masih ad tetelan daging sapi langsung cus eksekusi...alhmdllh mereka lahap banget😍😍😍 Merupakan kebahagiaan tersendiri bukan masak masakan yg serumah pada doyan😍😍 pas cuacanya dingin masak yg kuah2 dan dinikmati selagi hangat masyaallah nikmat sekli...😁😁

4-5 porsi
1 jam 30menit
Tahu Kukus Isi Daging Giling Jamur | steamed tofu

Tahu Kukus Isi Daging Giling Jamur | steamed tofu

Resep asli dari Mbak @tiek212 lalu di cooksnap oleh Mbak @AnieSaryono akhirnya saya cooksnap dengan modif alus2.. tapi basic-nya sama, Tahu Kukus diberi isian.. Kalau Mba Titiek n Mba Anie diisi daging giling ayam, resep ini diisi daging giling sapi dan jamur, karena kebetulan saya penggemar jamur πŸ„ Rasa yang dominan gurih2 asin, enak banget dimakan hangat2, saus orientalnya terasa pas banget mendampingi si tahu kukus #Busway_AkuTahu #CookpadCommunity_Jakarta #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeda_TitiekPurnomo #RememberGenkPeda_AnieSaryono

1 porsi
30 menit
182. Tongseng Daging Sapi

182. Tongseng Daging Sapi

Bokap minta dibikinkan tongseng daging sapi (pernah minta dibelikan bumbu instan tongseng) , tapi saat akan dimasakin gak mau pake bumbu instan, maunya bumbu yang diolah sendiri πŸ™„ Okey bhaique πŸ™ƒ Inspirasi Resep : Lilis Nur https://cookpad.com/id/resep/15229818-tongseng-daging-sapi?invite_token=agaa2d6Uoj2MveqySnBtC8iH&shared_at=1625940913 #MasakItuSaya #PejuangDapur #PekanCooksnap #CookpadIndonesia #BagikanInspirasimu #TidakSekedarMemasak #CookpadCommunity_Surabaya #CookingWithHeartEatingWithLove

Bistik daging sapi cincang

Bistik daging sapi cincang

Kebetulan punya stock daging sapi giling di kulkas, udah lama banget di frezeer.. awal nya mau bikin bakso , tp bosen.. akhir nya dibikin bistik begini.. mantul baget berasa kayak makan di restoran, lumayan menghemat dan bisa nambah2 terus makan nya.. anak sama suami sukaaa banget..

4 - 6 porsi
Mie Daging Sapi (MPASI 8Mo+)

Mie Daging Sapi (MPASI 8Mo+)

Biar anak ga bosen makan nasi melulu, makan mie ajja. Saya memilih mie organik, produk dari Yummy Bites. Untuk toping daging, saya berikan keju agar rasa creamy.

3x makan (porse baby)
30 - 40 menit
Pare isi daging,tahu isi, baso daging

Pare isi daging,tahu isi, baso daging

#145 Kangen pontianak sebenarnya Jd cb bikin makanan sanalah biar kangennya ilang Dsini saya pake daging babi hutan non halal ya Krn tekstur daging celeng ini seret dan kasar, jd saya tambahin tepung kanji agak banyak ya biar lembut Jika pakai daging ayam,sapi,tepung kanji cukup 1 1/2 sdm aja ya

5 porsi
Steak Daging Cincang

Steak Daging Cincang

Sumber resep : Sitoresmi #PejuangGoldenApron3