Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Puding Beras Candil Labu Kuning yang Enak Banget

Dipos pada October 3, 2018

Puding Beras Candil Labu Kuning

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Puding Beras Candil Labu Kuning yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Puding Beras Candil Labu Kuning yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Puding Beras Candil Labu Kuning, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Puding Beras Candil Labu Kuning di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Puding Beras Candil Labu Kuning sekitar 6-8 gelas. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Puding Beras Candil Labu Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Puding Beras Candil Labu Kuning memakai 26 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Halo Sobat Cookpad 😘 Puding beras ini memiliki tekstur dan rasa tidak jauh berbeda dgn bubur sumsum ya. Hanya bedanya disini memakai agar, sehingga adonan cukup set. Puding ini diberi fla whipcream lalu diberi toping candil. Wah, enak 😋. Yuk dicoba puding berasnya. Selamat mencoba! Source: Sajian Sedap, Moucup, Chalistaa Kitchen #cookpadindonesia #cookpad #GA_TheNextLevel #cookpadcommunity #cookpadcommunity_id #wongkitogalo #kampoengramadan #sumbar #cookpadcommunity_palembang *NOTE: - Krim Kafe di bahan puding bisa diganti dgn santan encer sebanyak 650 ml - Krim Kafe di bahan vla bisa diganti dgn susu cair sebanyak 400 ml (boleh dgn santan instan yg telah diberi air)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Puding Beras Candil Labu Kuning:

  1. Bahan Puding Beras
  2. 100 gr tepung beras
  3. 150 gr air jus pandan (10 lbr pandan + 5 lbr suji + air)
  4. 70 gr Krim Kafe (*baca note)
  5. 580 gr air
  6. 1 sdt garam
  7. 130 gr gula pasir
  8. 3 bungkus agar-agar
  9. 15 gr tepung sagu dan 100 ml air, larutkan utk pengental
  10. Bahan Vla
  11. 2 butir kuning telur
  12. 1/2 sdt garam
  13. 50 gr gula pasir
  14. 10 gr tepung maizena
  15. 60 gr Krim Kafe (*baca note)
  16. 340 ml air
  17. 200 ml whipcream cair dingin
  18. Bahan Candil Labu Kuning
  19. 150 gr labu kuning (berat setelah dikupas), kukus
  20. 30 gr gula pasir
  21. 100 gr tepung tapioka
  22. Bahan Saus Aren
  23. 300 ml air
  24. 100 gr gula merah, sisir
  25. 1/4 sdt garam
  26. 1 sdm tepung maizena larutkan dgn 1 sdm air, utk pengental

Langkah-langkah untuk membuat Puding Beras Candil Labu Kuning

1
Puding Beras. Aduk rata krim kafe dan air, sisihkan. Lalu didalam wadah bersih campur rata tepung beras, garam, gula pasir dan agar-agar. Tuangkan larutan krim kafe, aduk rata. Masukkan jus pandan, aduk rata.
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 1
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 1
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 1
2
Masak sampai mendidih diatas api sedang. Masukkan larutan tepung sagu. Aduk cepat sampai kental dan meletup-letup. PENTING: masak adonan sampai benar-benar matang. Cicip jika perlu.
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 2
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 2
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 2
3
Tuangkan adonan kedalam wadah. Disini aku tuangkan ke dalam 2 gelas kecil dan 2 kotal uk 10cm. Dinginkan sampai set (bisa dibuat 1 hr sebelumnya). Disini aku potong-potong puding yg didalam gelas. Ini opsional ya. Sisihkan. Masukkan kedalam kulkas jika perlu.
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 3
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 3
4
Bahan Vla. Aduk rata krim kafe dan air, sisihkan. Aduk rata kuning telur, garam, gula pasir dan tepung maizena didalam wadah bersih. Tuangkan larutan krim kafe. Aduk rata. Masak sampai meletup-letup diatas api sedang. Matikan api. Disini tekstur flanya tidak kental seperti fla kue sus. Teksur fla tidak terlalu encer namun sedikit kental.
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 4
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 4
5
Tuangkan kedalam wadah. Tutup permukaan fla dgn plastic wrap. Masukkan kulkas sampai dingin. Kocok whipcream dingin sampai soft peak saja, tidak perlu sampai kaku. Namun jika suka fla pudingnya yg sedikit kental, boleh kocok whipcream sampai firm peak.
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 5
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 5
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 5
6
Keluarkan fla dr dlm kulkas. Aduk rata. Konsistensi fla tetap tdk kental ya. Masukkan whipcream. Aduk rata. Konsistensi fla tuk pudingnya seperti di video dibawah. Sisihkan. Masukkan kedalam kulkas jika perlu. Untuk fla, bisa dibuat 1 hari sebelumnya (sebelum dicampur dgn whipcream).
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 6
7
Bahan Candil. Haluskan labu yang masih panas dan gula pasir dengan garpu. Tuangkan labu kedalam tepung tapioka.
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 7
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 7
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 7
8
Aduk rata. Tekstur adonan sangat lembut namun masih bisa dibentuk. Bulat-bulat kecil adonan candil. Lalu masukkan kedalam air yg telah mendidih. Rebus sampai candil mengapung dan matang. Angkat. Tiriskan.
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 8
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 8
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 8
9
Masak gula merah, air dan garam diatas api sedang sampai mendidih. Masukkan candil. Masak sampai mendidih kembali. Tuangkan larutan maizena. Masak sampai mengental.
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 9
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 9
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 9
10
Konsistensi larutan menempel jelas pada sendok/spatula ya. Matikan api. Biarkan suhu ruang. Lalu ambil gelas. Masukkan puding beras yg telah dipotong. Sendokkan beberapa fla keatas puding. Lalu beri toping candil ubi ungu. Sajikan.
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 10
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 10
Puding Beras Candil Labu Kuning - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur candil singkong

Bubur candil singkong

Coba2 bikin bubur candil berbahan singkong, referensi dari resep2 di cookpad

Candil ubi ungu buah naga

Candil ubi ungu buah naga

#Resolusi2019 #BerburuCelemekEmas Kemaren beli ubi ungu tp gak dimasak2.. trs ada sisa buah naga juga..cobain deh buat candil. Terakhir makan ini 1 haro sebelum lahiran.. brarti dah 6 bln lewat..

Kolak Candil Pelangi

Kolak Candil Pelangi

Setor..

2 porsi
20 mnit
Bubur Sumsum Candil Ketan

Bubur Sumsum Candil Ketan

Buka puasa memang enak sama yg manis manis, kali ini edisi punya tepung beras dan tepung ketan. Nyuruh suami beli tepung sagu eh yg datang tepung ketan, daripada mubazir kita buat candil ketan aja deh~

4 porsi kecil
Hintalu Karuang/Candil/kolak biji salak

Hintalu Karuang/Candil/kolak biji salak

Mumpung ada tepung ketan bingung mau dibikin apa jadilah ini klo ditempat mamake namanya bubur Candil/kolakbijisalak dengan bumbu seadanya tanpa daun pandan 😁 saran: cari gula merah yang warnanya pekat biar ga pucat warnanya kaya punya saya 😂 #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcomunity_purwokerto #cookpadIndonesia

Bubur Sumsum Candil

Bubur Sumsum Candil

Ini salah satu cemilan favorit sekeluarga. Kalo bikin ini anak2 seneng banget karena bisa ikut berkontribusi dari mulai bikinnya sampe ngabisinnya 😅. Apalagi waktu bikin candil pasti anak2 bantuin ngebentuk bulat, panjang, abstrak, sesuka mereka deh. Jadi seru sih dan kebetulan anak2 aku seneng banget ngoprek2 dapur bareng ibunya. Nah kalo udah jadi, biasanya aku suka rebutan sama anak2 secara ibunya jg doyan yekan 😂 #5resepterbaruku

8 porsi
120 menit
Kolak Candil/Biji Salak

Kolak Candil/Biji Salak

Dapat resepnya dari Ko Ade Koerniawan, Top 3 Master Chef Indonesia Season 6⭐👌

Bubur Candil

Bubur Candil

Halo temen-temen, ada yang suka bubur candil ? Hayuk masak bareng.

5 orang
30 menit
Bubur Candil Ubi

Bubur Candil Ubi

selamat berbuka puasa dengan si manisss gurih...

5 porsi
256. Kolak candil ubi kuning (tepung tapioka)

256. Kolak candil ubi kuning (tepung tapioka)

Sumbernya dari @ikha_thea1 , punya ubi kuning ga abis abis.. pdhal beli sekilo doang, jd kita coba coba resep yg mengandung unsur bahan ubi kuning. Ubi jg bagus untuk ibu hamil, manfaatnya antara lain : 1. kaya vit A 2. kaya akan serat 3. mengandung kalium 4. mengandung karbohidrat 5. mengandung vit B6, vit C dan Zat besi 6. meningkatkan daya tahan tubuh dan lain lain.. (sangbuahhati.com) jdi tunggu apalagi, yukkk konsumsi ubi kalo lagi males makan nasi.. hihihi oya disini aku pake santan kara langsung tuang aja ke candilnya, klo resep asli dimasak dlu.. kburu kelamaan.. silahkan cek resep aslinya ya di akun cookpad @ikha_thea1 #SupportBumil #CookpadCommunity_Bekasi

Bubur cendil

Bubur cendil

Bubur ini disebut juga dengan biji salak

Bubur Candil Tepung Ketan

Bubur Candil Tepung Ketan

Kalo dulu, waktu masih anak2 tu selalu di bulan safar, banyak bubur ini di meja makan, hantaran dari tetangga. Shofar adalah bulan kedua dalam penanggalan hijriyah. Safar adalah bulan kedua dalam penanggalan Jawa. Oleh karena itulah, kita nyebutnya bubur safar. Dan ternyata banyak nama, taunya setelah kenal banyak para food enthusiasts di instagram 😁 bubur sruntul, candil, biji salak, srintil, dan banyak lah ya sesuai tempatnya masing2 Jadi tuh.. Bikinnya kemarin pas tanggal merah, antisipasi aja, takutnya anak2 mulai resah pengen ngemil. Karena tgl merah dan anak2 libur sekolah itu, waktunya mamak siaga cemilan

Kolak Candil Ubi

Kolak Candil Ubi

Jualan makanan via online itu mengasyikan, apalagi saat puasa begini. Apapun dibikin, termasuk kolak candil ini. Alhamdulillah banyak peminatnya, saya jual 5000 rupiah/cup. #JemputRejeki #SiapRamadan #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 minggu 18

Bubur Biji Salak a.k.a Jenang grendul khas jawa

Bubur Biji Salak a.k.a Jenang grendul khas jawa

Lagi hujan dan pengen yang anget anget, anak juga lagi pengin ngemil jadilah aku bikin ini hehee... Selamat mencoba. Semoga suka dengan resep resep saya ya bunda ❤

Candil ubi ungu

Candil ubi ungu

Kolak kesukaan saat bulan puasa . . #MasakOnline #MasakItuMudah #candilubiungu #bijisalak #taljil

5 porsi