Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur Sumsum Candil yang Enak Banget

Dipos pada October 4, 2018

Bubur Sumsum Candil

Anda sedang mencari inspirasi resep Bubur Sumsum Candil yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Bubur Sumsum Candil yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur Sumsum Candil, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Sumsum Candil ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bubur Sumsum Candil adalah 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, kira-kira waktu penyiapan Bubur Sumsum Candil diperkirakan sekitar 120 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Sumsum Candil sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Sumsum Candil memakai 20 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini salah satu cemilan favorit sekeluarga. Kalo bikin ini anak2 seneng banget karena bisa ikut berkontribusi dari mulai bikinnya sampe ngabisinnya πŸ˜…. Apalagi waktu bikin candil pasti anak2 bantuin ngebentuk bulat, panjang, abstrak, sesuka mereka deh. Jadi seru sih dan kebetulan anak2 aku seneng banget ngoprek2 dapur bareng ibunya. Nah kalo udah jadi, biasanya aku suka rebutan sama anak2 secara ibunya jg doyan yekan πŸ˜‚ #5resepterbaruku

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Sumsum Candil:

  1. Bahan Bubur Sumsum
  2. 500 gr tepung beras
  3. 100 ml santan kental
  4. 400 ml air
  5. 2 lembar daun pandan
  6. 1 sdt garam
  7. Bahan Candil
  8. 500 gr ubi orange
  9. 250 gr sagu tani
  10. 1 sdt vanili bubuk
  11. 1 sdt garam
  12. Bahan Santan
  13. 200 ml santan kental
  14. 100 ml air
  15. 1 sdt garam
  16. Bahan Air Gula
  17. 500 gr gula merah
  18. 300 ml air
  19. 2 lbr daun pandan
  20. 1 sdt maizena (larutkan dengan sedikit air)

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Sumsum Candil

1
Bubur sumsum : campurkan semua bahan, lalu masak dengan api kecil sambil diaduk terus hingga mengental/meletup2 (aduk hingga ke bagian bawah panci agar tidak gosong). Sisihkan.
2
Candil : kupas ubi, potong2 lalu rebus hingga lunak. Hancurkan ubi lalu campur dengan semua bahan candil lainnya hingga merata. Bulatkan adonan, rebus dia ir mendidih hingga candil mengapung. Angkat, tiriskan, sisihkan.
3
Santan : masak semua bahan dengan api kecil sambil diaduk terus agar santan tidak pecah. Setelah mendidihkan, sisihkan.
4
Air gula : masak semua bahan hingga mendidih, sisihkan (kalau saya setelah air gula matang, ambil beberapa sendok untuk merendam candil agar tidak lengket).
5
Penyelesaian : susun bubur sumsum dan candil di mangkok. Lalu siram dengan santan dan air gula. Sajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Jenang Grendul aka Biji Salak aka Bubur Candil

Jenang Grendul aka Biji Salak aka Bubur Candil

Source: mbak @dhiah oddie Yummiii.. Kenyal2 enak..πŸ˜‹πŸ’•πŸ’

Cendil ketan putih

Cendil ketan putih

Menu takjil buka puasa dgn yg manis2..

5 porsi
Batun Bedil | Bubur Candil | Jenang Sapar

Batun Bedil | Bubur Candil | Jenang Sapar

Assalamualaikum Wr.Wb Apa kabar semua kawan Cookpaders.. Setelah wisuda GA3 rasanya udah mulai mager tau, karena udah gak ada kewajiban nulis dan setor di Cookpad 🀣 Walhasil aku bangunin rasa mager aku dengan ikut posbar di #CookpadCommunity_Bali dengan tema #cpbali_cemilanubi yuhu seru seru sedap bikin makanan satu ini. Terakhir kali bikin ini makanan pas masih newbies di Cookpad dan saat itu foto masih welek tenan pakai lantai semen dg karpet ijo di kosan🀣🀣 Ah tapi semua itu jd kenangan sendiri buat aku bangga?? Ya iya lah krn q kan kenal dan cinta bgt sama masak memasak dr sini,mau gak mau Cookpad mah cinta pertama ku..😘😍 Balik ke cerita, awal aku tau makanan ini terbuat dr tepung ketan dan tapioka dicampur kasih gula merah diakhir penyelesaian dan disiram santan (Jenang Sapar) trus pas di Bali makan ini di salah satu Resto Nusantara yg terkenal di Bali,dimana namanya Batun Bedil/Batu Bedil (Batun=Batu Bedil=Senapan/Tembak) adonannya ada tambahan ubi dan saat itu yg dipakai resto tsb ubi kuning, disini aku coba pakai ubi ungu biar warnanya lbh cantik dan mengundang selera.😁 Udah kelar dulu yak ceritanya, lgsg aku nulis resep aja ya.. #CookpadCommunity_Bali #CookpadIndonesia #ResepLailaDawud #ResepMommyZoe

1kg hasilnya
45 menit
Bubur candil ubi kuning yang rasanya juara

Bubur candil ubi kuning yang rasanya juara

Menu sarapan pagiku di kala hujan gerimis..πŸ˜…πŸ˜…

Bubur Candil Simpel 4 Bahan

Bubur Candil Simpel 4 Bahan

Duh sebenernya aku tu lagi diet Karbo dan turunannya a.k.a Keto.. tapi sungguhlah ku tak bisa menahan selera kali ini. sore-sore sepulang kerja akhirnya aku buat bubur candil karena dikasih tetangga ubi jalar kuy .. kuy eksekusi untuk bukaan #SiapRamadhan!

10 porsi
Kolak Biji Salak (candil)

Kolak Biji Salak (candil)

04 November 2019 Suka masak yg manis manis cuma ngga begitu suka makan yg manis.πŸ˜… #CookpadIndonesia #TemanSetiapMoment

7 Porsi
40 menit
Candil susu

Candil susu

Bosan sama Candil Gula merah , santan... Coba pake kuah susu full krim πŸ˜€

banyak
kurleb 1 jam
Bubur Sumsum Candil Mutiara

Bubur Sumsum Candil Mutiara

Di santap dingin lebih makyussss ☺️☺️

Bubur candil Ubi ungu

Bubur candil Ubi ungu

#PejuangGoldenApron2

Candil Tatang Saus Putih

Candil Tatang Saus Putih

Rikuk ke 7 resep nya ibu Tuty Ghafsha, sekalian setor resep #CABEKU. yang menarik dari resep ini candil nya dibuat tidak seperti umum nya pake ubi atau tepung ketan tapi dari kentang. Sy bikin versi panas dan dingin, dua-dua nya enak. Wangi santan saus putih nya campur wangi pandan sirup gula nya mantaaapπŸ˜πŸ’• Source : Tuty Ghafsha #CABEKU #Bamasakjosantan #BandungArisanRecook_TutyGhafsha #ResepBuTuty7 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bandung

4 porsi
60 menit
Bubur candil ketan super lembut

Bubur candil ketan super lembut

Berkali2 buat bubur dr tepung beras rasanya agak aneh saja rasanya.. iseng2 coba ketan pulut Thailand beli online, hasil super lembut, rasa bener2 kaya jajanan pasar Thailand di pasar apungnya.. betul2 rasa jajanan Thai.. langsung ludes... tuh..

Bubur candil ubi

Bubur candil ubi

Recook resep dari akun mba @fitrisasmaya. Enak maasyaaAllah

Sumsum candil labu kuning

Sumsum candil labu kuning

Pengen bgt makan candil Ubi, tapi di makassar harga Ubi mahal bgt 🀭, jadi beli labu kuning aja. trus ini kurang daun pandan, krn sush juga nyari pandan kecil. Yg bnyk pandan besar untuk buat ketupat 😁. Suami pengen sum2, ank2 pengen labu kuning, akhirnya d buat begini aja lah. Alhamdulillah ank2 suka banget candil ini

Bubur candil ubi ungu

Bubur candil ubi ungu

punya stok ubi ungu yg terlupakan saking sibuk nya kerjaan

Bubur Candil

Bubur Candil

Dulu waktu kecil suka banget makan bubur cendil yg suka lewat depan rumah, sekarang agak susah cari bubur cendil yg enak, yg banyak kuah kentalnya juga hehe.. akhirnya jadi deh bikin bubur cendil yg kuah kentalnya super banyak (biar puas). cuss dibaca resepnya, jgn lupa kasih tau hasilnya juga yaa. hehe..

Bubur Sumsum Candil Ketan

Bubur Sumsum Candil Ketan

Buka puasa memang enak sama yg manis manis, kali ini edisi punya tepung beras dan tepung ketan. Nyuruh suami beli tepung sagu eh yg datang tepung ketan, daripada mubazir kita buat candil ketan aja deh~

4 porsi kecil