Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur Candil Ubi yang Lezat

Dipos pada October 4, 2018

Bubur Candil Ubi

Bagaimana membuat Bubur Candil Ubi yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Bubur Candil Ubi yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Candil Ubi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Candil Ubi bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bubur Candil Ubi adalah 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Candil Ubi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Candil Ubi memakai 13 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

selamat berbuka puasa dengan si manisss gurih...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Candil Ubi:

  1. 2 buah ubi putih,kupas kulitnya lalu potong2
  2. 100 gr tepung tapioka
  3. kuah gula :
  4. 200 gr gula merah (bila suka manis boleh ditambah)
  5. 2 lembar daun pandan, simpul
  6. secukupnya air
  7. 1/4 sdt garam
  8. 1 sdm tepung maizena
  9. kuah santan :
  10. 1 sachet santan instan 65ml
  11. 2 lembar daun pandan,simpul
  12. 1/2 gelas air (150ml)
  13. secukupnya garam

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Candil Ubi

1
Kukus ubi putih selama 30 menit(tusuk dgn garpu utk mengecek kematangan). angkat lalu haluskan dgn garpu.
2
Siapkan wadah,campur ubi+tepung tapioka+garam+sedikit air. uleni hingga kalis dan dapat dibentuk.
3
Ambil adonan secukupnya,lalu bentuk bulat kecil seperti kelereng. lakukan hingga adonan habis.
4
Didihkan air,kemudian rebus adonan bulat td hingga mengapung. kemudian angkat lalu tiriskan rendam dalam air agar tidak menempel satu sama lain.
5
Membuat kuah gula : rebus gula merah+daun pandan hingga mencair dan tidak ada yg menggumpal. saring lalu tambahkan garam. kemudian masukkan Candil ubi td (yg sudah ditiriskan dr air rendaman). masak hingga mendidih. setelah itu, tambahkan larutan maizena lalu masak hingga mendidih / meletup-letup. matikan api.
6
Membuat kuah santan : campur santan instan dgn daun pandan dan 150ml air. kemudian aduk2 rata. tambahkan garam kemudian masak hingga mendidih sambil terus diaduk-aduk agar santan tidak pecah. setelah mendidih matikan api.
7
Tata bubur Candil kuah gula dalam gelas saji, kemudian siram dgn kuah santan. sajikan.
8
S

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Candil Ubi Jalar

Bubur Candil Ubi Jalar

Resep dari ibu sih tepung ketan doang. Tapi karena punya ubi nganggur dari kemarin, aku buat campuran aja. Jadi banyak dan lebih irit tepung. Haha, emak2 pengiriman dasar!

10 mangkok
1 jam
Candil ubi ungu

Candil ubi ungu

Jajanan yang paling sering dijumpai di jalanan selama Ramadhan. Berhubung hari ini hujan dan kemarin udah beli ubi ungu. Jadilah candil ini. #edisiRamadhan #TiketMasukGoldenApron3 #FestivalRamadhanCookpad

Bubur Candil Pandan

Bubur Candil Pandan

#berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_jabodetabek #cookpadcommunity_yogyakarta #mingguke_8 Source : youtube Nada Naurabilla Warna biji candil dari air pandan asli, jadi agak pucat, tapi wangi pandannya terasa banget, lembut, hangat dan nikmat buburnya. Buktikan.

Candil / biji salak

Candil / biji salak

Jelang ramadhan jadi ingat makanan awal buat buka puasa pasti cari yang manis manis ini salah satunya kolak candil / biji salak . kolak kesukaan tapi kalau beli gulanya suka dicampur jadi kurang nikmat . Ini pake gula aren asli dijamin enak 😍

+/-10 porsi
+/- 1 jam
Bubur candil

Bubur candil

Takjil hari ini bikin bubur candil aja 😊

Bubur candil ubi

Bubur candil ubi

Bubur candil hampir sama dengan jenang gendul tapi beda rasa..

Bubur Candil

Bubur Candil

Candilnya lembut bangeett 😍 Manisnya kuah gula merah dipadu dengan gurihnya santan memberikan rasa yang pas πŸ‘Œ Bisa dimakan dengan es batu juga enaakkk. Kalo sy lebih suka makan pake es 🀭

Kolak Labu Parang dgn Candil dan Sagu Mutiara

Kolak Labu Parang dgn Candil dan Sagu Mutiara

cari2 yg simple n cepat buatnya sxan untuk ikut chalenge #JemputRejeki dgn tema aneka kolak. Resep ini aku recook dari mba Sukma_Cuisine dgn 2 resep yg berjudul "Kolak Labu Parang Bola Ketan" dan juga "Bubur Mutiara Kuah Kinca" aku gabung dalam penyajian karna memang cocok sama2 takjil yg manis. #JemputRejeki #SiapRamadan #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #Cookpadcommunity_bogor #Kookpader #Mingguke-18(2-2)

4-5 porsi
1 jam
Bubur candil pelangi

Bubur candil pelangi

Cocok nii... Untuk buka puasa nanti sore bunda2 yuk di coba simple bikinnya

Bubur Candil Gampang Bgt

Bubur Candil Gampang Bgt

Pengen Makan Yang Manis-Manis Tapi Buat Nya Ga Ribet, Yaudah Langsung Cuss @BuburCandil Solusi Nya 😍

Bubur Candil/Biji Salak Labu Kuning

Bubur Candil/Biji Salak Labu Kuning

Suami doyan banget sama makanan 1 ini jadilah bereksperimen bikin candil/biji salak 😁😁. Tapi ini aku pake tepung ketan ya, soalnya pernah makan yg pake kanji simpen kulkas eh keras. Kalo pake tepung ketan biar disimpen di kulkas ga keras.

Bubur Candil Ubi Ungu

Bubur Candil Ubi Ungu

Ada sepotong ubi ungu sisaan bakulan kue talam. Jadilah candil. Hehehe Source : Rindi Megasari B. #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

Bubur candil

Bubur candil

Bismillah setoran resep hasil recook untuk "SERTINAH" (serah terima amanah), aku recook resep mbak sandra risma resep bubur candil, kesukaan pak suami banget ini,, cocok disajikan hangat hangat Source : sandra risma #Sertinah_TimLokalYogyakarta #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #GA_TheNextLevel