Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Nasi rendang jengkol yang Menggugah Selera

Dipos pada January 12, 2020

Nasi rendang jengkol

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Nasi rendang jengkol yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Nasi rendang jengkol yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Nasi rendang jengkol, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Nasi rendang jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Nasi rendang jengkol biasanya untuk 20 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Nasi rendang jengkol diperkirakan sekitar 5 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi rendang jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi rendang jengkol memakai 8 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Jengkol(Jawa) atau Jariang (Sumbar) sangat diakrabi di kedua daerah ini, dan banyak variasi menu yang bisa dipersiapkan dengan bahan ini. Baik yg sederhana sekedar direbus atau digoreng, maupun yang butuh persiapan dan pengolahan yang lebih rumit. Misalkan di jadikan Rendang Jengkol, Gudeg Jengkol, Gulai Jengkol dll. Kelemahan dari Jengkol yg paling menonjol adalah bau tajam yg keluar dari Jengkol. Jadi kira butuh penambahan rempah rempah untuk menekan keluarnya bau tajam ini. Lengkuas adalah salah satu bahan yg mampu menekan bau tajam yang keluar dari Jengkol. Beberapa orang juga mempunyai rahasia tersendiri untuk menghilangkan bau ini. Disamping itu butuh waktu yang lumayan panjang untuk membuat Jengkol lunak dan lembut untuk dikonsumsi. Saran saya adalah pilih jengkol yang sudah tua. Biar olahan menu kita lezat dan benar benar mantab. Saya bukan orang Padang yg pandai masak Rendang. Kali ini saya gunakan bumbu jadi, yang saya beli di pedagang bumbu, beliau meramunya dari berbagai macam rempah rempah, mulai dari bawang putih, bawang merah, jahe, kencur, lengkuas, sereh, daun kunyit, daun jeruk, jinten, kapulaga dll.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi rendang jengkol:

  1. 1 kg Jengkol
  2. 2 buah Kelapa Tua (ambil santan nya)
  3. 1 buah Kelapa Muda Parut
  4. 200 gram Bumbu Rendang
  5. 10 buah Bawang Putih Tambahan
  6. 50 gram cabe kering
  7. 1 sendok teh Kaldu Jamur
  8. 100 gram Gula Aren Parut

Langkah-langkah untuk membuat Nasi rendang jengkol

1
Persiapan Jengkol, cuci bersih semua jengkol, tidak perlu dikupas. Kemudian rebus dengan menggunakan dandang (saringan tetep dipasang), Semua jengkol harus terendam dalam air.
Nasi rendang jengkol - Step 1
2
Gunakan teknik perebusan terputus 10 menit direbus, 30 menit disungkup (jangan buka tutup sama sekali), dan rebus lagi 10 menit mendidih. Cek sudah empuk atau blom. Bisa juga gunakan magic com atau presure cooker. Kemudian kupas satu demi satu. Dan digoreng hingga setengah kering. Angkat sisihkan.
Nasi rendang jengkol - Step 2
Nasi rendang jengkol - Step 2
3
Membuat Serundeng. Panaskan wajan, tambah satu sendok margarin. Tumis 3 buah bawang putih yang sudah di geprek, tunggu hingga muncul bau harum. Setelah itu tambahkan dua sendok makan bumbu rendang tumis lagi.
4
Masukan semua parutan Kelapa muda. Aduk hingga homogen dengan bumbunya. Kemudian tumis lagi sampai mengering. Pisahkan Serundeng ini.
5
Panas kan wajan yang lain. Tambahkan dya sendok margarin. Tumis sisa bawang putihnya, tentu geprek dahulu. Hingga keluar bau harum.
6
Masukan semua bumbu rendang. Tumis hingga setengah kering, lalu tambahkan sedikit santan supaya tidak gosong.
7
Ambil semua Jengkol yang sudah direbus dan digoreng tadi. Kupas satu demi satu.
Nasi rendang jengkol - Step 7
8
Semua jengkol harus digeprek, biar bumbu bisa masuk kedalam daging buahnys
Nasi rendang jengkol - Step 8
9
Tumis sebentar dan aduk merata.
Nasi rendang jengkol - Step 9
10
Tambahkan santan kental dan aduk merata. Kemudian tambahkan juga serundeng yg telah dikin tadi. Jangan lupa juga tambahkan cabe kering, gula aren parut, kaldu jamur dan garam. Aduk beberapa saat dan test rasanya.
Nasi rendang jengkol - Step 10
11
Tumis terus hingga santan nya mengering. Ini nanti tergantung selera. Bisa ditumis hingga benar benar kering atau setengah kering. Depend on!
Nasi rendang jengkol - Step 11
12
Sajikan di atas nasi putih dengan taburan kacang goreng.
Nasi rendang jengkol - Step 12

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Khas Minang

Rendang Khas Minang

Rendang adalah masakan khas minang yg biasanya selalu ad saat lebaran. Rendang mnjd pelengkap nasi ato pun ketupat gulai. Klo kebiasaan klrga kami ga ad rendang ga bakal enak nyantap ketupat gulai nya 😁😁 Biasanya sih beli Ambu2 (kelapa yg disangrai) siap jadi tp krn lebih enak bikin sndiri jd disini kelapa nya saya sangrai dulu biar aroma rendang nya lebih enak. Sangrai nya hrus bener2 kering biar bagus hasil nya. #GenkPejuangDapur #GASpesialRamadanPeda #CookpadCommunity_Sumbar

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Buat rendang mumpung di kulkas masih ada daging sisa qurban, sebenernya masih males mau ngolah2, tp frezeer nya penuh, mau naruh apa2 nggak muat πŸ˜€.

2 jam
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Kemarin bikin rendang, saya suka simpan sisa bumbu rendang nya. Bisa juga beli bumbu rendang siap saji. Nah, dibuat nasi goreng enak banget loh. Gurih dan berempah. Hari ini saya ada sepotong ayam goreng, saya suwir. Kalau kalian masi ada sisa daging rendang bisa juga disuwir loh. Mantap juga. Karena suka pedas, saya tambahkan cabai rawit juga. Kecap manis nya jangan kebanyakan supaya rasa rendangnya lebih terasa. Salam β€œAnyone can cook”

Nasi goreng rendang praktis

Nasi goreng rendang praktis

Di rumah masih ada sisa rendang. Akhirnya dibuat nasi goreng saja untuk menu sarapan pagi yang simpel dan praktis

1 porsi
Rendang Daging mix Kentang

Rendang Daging mix Kentang

Bismillah.. Jajalin Rendang resepnya Adam's Mommy @cook_5899742 yang versi Bukittinggi 😘😘 Aku bikin setengah dari resep, untuk dimakan bareng Lontong sayur. Kacang merah aku ganti Kentang mini.. Rasanya tetap Best lahh!! πŸ˜πŸ˜πŸ‘πŸ‘

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Assalamualaikum Cookpaders Dapet dm dari mamah cp nih, agar mengolah ulang sisa makanan kemaren menjadi hidangan yang lebih enak lagi #DibuangSayang #PosbarIdaman Cuss,, semangat ahh , karena ke inget masih ada rendang sisa yang disimpen di frezer , dibikin nasi goreng aja, Ternyata enak ya πŸ‘Œ, dan kel.suka πŸ˜πŸ‘ Source : @muutiaa #Babako_MaolahBaliak #Cookpadcommunity_Sumbar #ResepWongKito #WongKito galo #Cookpadcommunity_Palembnag

2 porsi
15 menit
Rendang Ikan Tongkol Suwir

Rendang Ikan Tongkol Suwir

Bukan hanya jenis protein daging ayam dan sapi saja bisa di buat masakan ini ternyata ikan jg bisa lho dibuat rendang sdh gitu bisa jg jadi stok lauk kering utk persiapan sahur inspirasi resep dari @Fauziahafifathuzahwa #Gengpeda #RememberGenkPeda_Fauziahafifathuzahwa #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo #RecookOfTheWeek #PekanPosbar #PekanPosbarProtein

1 porsi
2 jam
Rendang Daging dan Kentang

Rendang Daging dan Kentang

Rendang daging merupakan salah satu makanan favorit saya yang biasanya saya masak hanya dimomen besar seperti hari raya, karna prosesnya yang tidak mudah serta begitu memakan waktu sampai 3 jam proses pemasakan. Tapi rasa yang hasilkan tidak menghiyanati prosesnya hehehe Berhubung lebaran tahun ini tidak bisa mudik lagi jadi untuk tetap menghadirkan suasana lebaran dirumah saya membuat rendang daging dengan campuran kentang. Bumbu yang digunakan mudah didapat diwarung dan dihaluskan sendiri untuk menjaga kesegaran bahan dan menghindari rasa asam kalau kita beli yg sudah digiling dan ternyata tidak segar lagi. Semoga bisa membantu para bunda yang baru mencoba membuat rendang dan sebagai pengingat bagi saya jg untuk next membuat rendang lg di hari raya atau momen spesial lainnya πŸ₯°πŸ₯°

3 jam
Rendang ayam

Rendang ayam

1 jam 30 menit
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Dtg d siak hampir 1 th tiap ke pasar selalu ad jengkol,klo d Pasuruan dulu jengkol musim2 an,krna sya ngk bisa masak ruwet masakannya,sering beli yg sudah masak bwt suami aj,yg doyan cuma suami,ank2 ngk ad yg doyan,klo sya pribadi mau sedikit ngk se doyan suami,kemaren kepasar kok tiba2 pngen beli jengkol,dan in klasik karya rendang jengkol saya

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Masih seputar olahan daging sapi. Aneka resep masakan berbahan dasar daging sapi seakan tak ada bosan-bosannya. Nah berikut ini adalah rendang daging sapi, yang diolah dengan bumbu minimalis namun tetap terasa lezatnya. #PejuangGoldenApron3

3 porsi
60 menit
[86] Sambal Hijau β€” Pelengkap Rendang

[86] Sambal Hijau β€” Pelengkap Rendang

#PejuangGoldenApron3

sekeluarga
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Resep variasi untuk daging rendang. Bisa memanfaatkan sisa daging rendang yang belum termakan.

1-2 orang
30 menit
Rendang Daging Bumbu Instan

Rendang Daging Bumbu Instan

Walaupun saya dan suami asli sunda, tapi kami suka bgt sama rendang daging. Saya bikin rendang ini masih tahap belajar, tapi rasanya nggak jauh beda sama rendang yg dijual di rumah makan padang. Saya pakai bumbu racik instan ditambah bumbu racikan aaya sendiri.

10 orang
3 jam
Rendang Pedas

Rendang Pedas

Semoga resepnya bisa bermanfaat ya bunda, masak rendang gak pake lama, dijamin daging pun empuk. Jangan lupa tag ke IG aku juga ya bun @cicianjar07

10 orang
2 jam
20.2021.Rendang Kacang Merah

20.2021.Rendang Kacang Merah

Kacang Merah ini yaaa favorit bagiku dan suamiku. Mau dibikin sop, minuman sampai rendang so delicious. Saya punya beberapa stok bumbu rendang dan kacang merah setengah kilo, terpikir kayaknya dibikin rendang saja, walau tanpa daging Alhamdulillah tetap enak😍🀩. . Saya juga ingin menyampaikan apresisasi sebesar-besarnya kepada cookpad indonesia dan Tim yang telah memberikan program RAKIT kepada pengguna cookpad. Masya Allah saya sungguh senang mendapat kesempatan belajar dengan para ahlinya bakulan dan manajemen dapur. Benar2 senang karena selain menambah ilmu dan ketrampilan juga menambah teman-teman se-nusantara. Semoga cookpad indonesia semakin sering menyajikan program2 menarik dan kreatif lainnya sehingga membuat ibu2 dan bapak2 tambah semangat berkarya di dapur, Aamiin πŸ™. . #posbargembira #NaluriHomemade #homemadefood #Masakan_NaluriHomemade #GoodFood_NaluriHomemade #Resep_NaluriHomemade #RendangKacang_NaluriHomemade #FoodPhotography_Naluri

Mie Rendang

Mie Rendang

Edisi menu simple #TetepKenyangTanpaNasi buat bocil Biarpun kadang sayurannya dipinggirin Tetep saya coba kasih terus😁 Selain kol boleh diganti sawi, dll.. Boleh juga tambahkan cabe kalo mau(suka)πŸ˜‹