Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi yang Lezat Sekali

Dipos pada June 6, 2019

Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi kira-kira 1 mangkok. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, perkiraan waktu untuk memasak Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Nasi cawuk adalah masakan khas Banyuwangi, yaitu nasi yang diguyur kuah pecel timun, biasanya dimakan dengan lauk tempe goreng dan pindang ikan. Pecel timun sendiri merupakan kuah berisi kelapa parut, mentimun, dan jagung bakar. Rasanya gurih dan nikmat, walaupun hanya dengan lauk tempe hangat. Apalagi ditambah sambal. Hmmm juara rasanya. Suami saya yang asli Banyuwangi, kalau dimasakin pecel timun ini lahap banget makannya 😋 Let's get cooking, mom.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi:

  1. Bumbu Halus
  2. 3 butir kemiri
  3. 1 cm kencur
  4. 3 butir bawang merah
  5. 1 siung besar bawang putih
  6. 2 cabe merah keriting
  7. 1 cabe rawit
  8. 2 lembar daun jeruk
  9. 2 sdm Gula pasir
  10. 1 sdt Garam
  11. Bahan isi
  12. 1 buah mentimun
  13. 4 sdm penuh kelapa parut
  14. 1 buah jagung
  15. 1 mangkok air

Langkah-langkah untuk membuat Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi

1
Cuci bersih jagung, bakar di atas kompor, lalu pipil. Sisihkan.
Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi - Step 1
2
Potong mentimun bentuk dadu kecil.
3
Goreng bahan bumbu halus (kecuali daun jeruk, gula dan garam) kemudian haluskan. Kalau mau pedas, tambahkan cabenya ya.
Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi - Step 3
Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi - Step 3
4
Didihkan air di panci. Setelah mendidih, masukkan bumbu halus dan daun jeruk yang disobek-sobek. Beri gula dan garam. Aduk rata, cek rasa lalu matikan api.
5
Masukkan kelapa parut, mentimun, dan jagung bakar pipil. Aduk rata dan hidangkan.
Sego Cawuk (Pecel Timun) Banyuwangi - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam Ungkep ala Pecel Ayam

Ayam Ungkep ala Pecel Ayam

Bosan dngan ayam yg d goreng biasa2 aja, mau yg ala2 pecel ayam, dripda pada beli mending bikin sendiri aja heheheh

6 porsi
15mnt
Pecel khas kediri

Pecel khas kediri

Masak dengan ceria,selamat menjalan kan ibadah puasa, #SiapRamadan

Sambel Pecel Khas Nganjuk

Sambel Pecel Khas Nganjuk

Waktu pulang kampung lebaran saya bikin oleh2 buat balik ketempat saya tinggal, nah kebanyakan tetangga pesen oleh2nya sambel pecel khas nganjuk, katanya rasa sambalnya beda, akhirnya saya bikin pakai resep ibu saya. Pas waktu selesai dihaluskan sambal pecelnya kan masih hangat dan lumer, buru2 dimasukkan ke dalam plastik, buat oleh2 bersama krupuk upil bakar jg khas nganjuk.

Tahu bumbu pecel instan

Tahu bumbu pecel instan

late post msk yg simpel plus CPT maklum klo punya balita mah kudu cpt msk ny hehe tp ttep endul yaa mkn pake nasi anget krupuk Hem mantap tenan 😋🤭#cookpadcommunity_depok

6porsi
10menit
31. KULIT/KIKIL SAPI BUMBU PECEL

31. KULIT/KIKIL SAPI BUMBU PECEL

Youtube    : Philein's Kitchen Channel IG              : Philein's Kitchen Channel Cookpad  : Philein's Kitchen Channel FB             : Philein's Kitchen Channel #phileinskitchenchannel #phileinskitchen #philein Kikil sapi kali ini akan kita presto kemudian diaduk menggunakan bumbu pecel. Yukk masak bun #phileinskitchenchannel #phileinkitchen #olahankikilsapi #kikilsapi #resepkikilsapi #resepkikilsapi

6 orang
1 jam 30 menit
Bumbu Pecel

Bumbu Pecel

Masuk bulan puasa, pasti selalu ada stok bumbu pecel. Biar lebih mantul ibuniti memutuskan bikin sendiri daripada beli di pasar, karena kalau beli di pasar rasanya lebih banyak gula jawa daripada kacangnya. Oiya ini sebenrnya resep dari ibuku.

Sambel / bumbu Pecel Daun Jeruk

Sambel / bumbu Pecel Daun Jeruk

Udah lama banget gak masak pecel, dan pengen makan pecel aroma daun jeruk yang wanginya semriwing dan khas banget, Ini kan buatnya banyak karna mau dibagi juga kerumah mama, jadi bisa masukin Tuperwere masukin kulkas, jd kapan mau makan pecel ad bumbunya, dan kalo mw dijadikan bumbu sate juga bisa tinggal tambah kecap saat penyeduhan moms 😁😁😁 Mari masak moms... #PejuangGoldenApron2 #SatuResepSatuPohon #berburucelemekemas #Resolusi2019 #TemanBerjuang #bumbupeceldaunjeruk #pecel #bumbupecel #gadogado #bumbugadogado #cookpadindonesia

Sambal pecel

Sambal pecel

Persiapan bulan ramadhan,sambal yg harus selalu ada,kalau lagi malas masak buat sahur tinggal seduh si sambal ini ☺️☺️

Bumbu pecel

Bumbu pecel

1 mangkok
30 menit
Mie Pecal

Mie Pecal

Haii cookpad lovers, setelah sekian lama bersemedi, akhirnya kembali aku ngeposting resep. Dan pada tau dongg ini resep gampil banget, dan bahan bahannya mudah dijangkau hehe.

Tahu tek bumbu pecel

Tahu tek bumbu pecel

Cuaca yg cerah membuat kepanasan😂 sekian lama tidak pulang ke kampung halaman, di sabtu ini alhamdulillah di rumah orangtua tercinta. Dengan kekuatan super dari dalam tubuh mengendalikan elemen revisi skripsweet, setelah mata dan tubuh terasa letih untuk menatap laptop dari pagi hingga petang, kuputuskan untuk menghilangkan penat, yakni melakukan hal-hal yang kusuka, salah satunya memasak. Oke bertepatan dengan musim ketupat dan lontong, ku memiliki inisiatif membuat tahu tek, tetapi dg bahan seadanya dirumah. Alhamdulillah aku dan bunda pun menikmati makan siang kami dengan tahu tek buatanku dan untuk bapak semangat kerjanya😆 nanti kalau sudah pulang kubuatkan tahu tek spesial untukmu pak 💞 Mohon maap bila ada salah kata maupun kekurangan penulisan, sebagai pemula yg kuyakini hanya belajar dan terus belajar sebagaimana mestinya sehingga mampu menempatkan diri dimanapun kapanpun kuberada dan membahagiakan orangtua tercinta🌹

2 porsi
15 menit
Sambel pecel madiun

Sambel pecel madiun

Yang praktis dan cepat saji kl lg mager,sebetulnya sambel pecel instan sangat mudah didapatkan di kotaku. Tapi kali ini aku pengen membuatnya sendiri dan berbagi kreasi bersama bunda semua. #tantanganakhirtahun #masakditahunbàru

Pecel Kangkung

Pecel Kangkung

Buka kulkas, ada kangkung, toge, bacem dan kencur. Kalau punya kacang, kencur, sudah pasti enak banget bikin pecel deh! Simpel! Bikin yuk.

3 porsi
Sambal Pecel Kedelai

Sambal Pecel Kedelai

Biasanya kalo buat pecel bumbunya dikasih kencur kali ini sy coba resep dr mb desi yg tanpa kencur truzz kacang saya ganti kedelai.. Sambal pecel kedelai saya buat dg rasa pedes, manis, asam duh unik nich.. Hayukk dikepoin!!? Sc..desi dresviana resep cek 👇: https://cookpad.com/id/resep/11990618-bumbu-pecel-homemade?invite_token=dzEfjkRr3W6jTFgKnUcewxTq&shared_at=1616154025 #PekanPosbarKacang #PekanRayaKacang #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_eksis #RememberGenkPeDa_DesiDresviana #CookpadCommunity_Surabaya

Sambel Pecel Ayam

Sambel Pecel Ayam

Beli pecel ayaaam dikasi sambelnya dikiit bangeeet 😪.. bikin ajaalaah bisa berkali2 nambah nasi 🤣🤣

8 potong ayam
1 jam