Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Ketan Hitam / Bubur Ketan Item yang Lezat

Dipos pada July 20, 2018

Bubur Ketan Hitam / Bubur Ketan Item

Anda sedang mencari inspirasi resep Bubur Ketan Hitam / Bubur Ketan Item yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Bubur Ketan Hitam / Bubur Ketan Item yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur Ketan Hitam / Bubur Ketan Item, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Ketan Hitam / Bubur Ketan Item bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bubur Ketan Hitam / Bubur Ketan Item kira-kira Banyak. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Bubur Ketan Hitam / Bubur Ketan Item diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ketan Hitam / Bubur Ketan Item sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ketan Hitam / Bubur Ketan Item memakai 10 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Waktu tinggal di Mumbai, India, saya sering kali diminta oleh Indonesian friends untuk membuat bubur ketan item ini pada saat acara silaturahmi with Indonesian family. Setelah pindah ke Indonesia tepatnya di Depok, saya belum pernah bisa dapat menikmati bubur ketan item seenak buatan saya, cieeeee boleh lah ya sekali-kali PD & memuji masakan sendiri. Well, membuat bubur ketan item ini memang agak panjang prosesnya tapi tidak akan sulit & tidak akan lama, apabila kamu punya panci presto. Cek resep & caranya ya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ketan Hitam / Bubur Ketan Item:

  1. 500 gr Beras Ketan Hitam (yg panjang & warna hitam banget)
  2. Air secukupnya sampai beras ketan terendam 3x lipat
  3. 5 lembar daun pandan
  4. Gula merah / gula aren / gula pasir (me: gula pasir & gula aren)
  5. Resep Kuah Santan
  6. 200 ml Santan Instant (me : Kara)
  7. 300 ml air matang
  8. Garam sampai terasa sedikit asin
  9. 5 lembar daun pandan
  10. 1/2 sdt vanila extract (me : jansen)

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ketan Hitam / Bubur Ketan Item

1
Cuci bersih beras ketan hitamnya.
2
Lalu masak di presto dengan takaran air 2x ketebalan beras ketannya. Karena beras ketan butuh lebih banyak air agar tidak gosong & masak sampai lembut. Kamu harus kenal dengan presto milikmu ya. Yang jelas lebih lama 10 menit dengan waktu kamu masak daging di prestomu. Untuk cara saya, tidak perlu rendam karena kebetulan panci presto yang saya beli di India, bisa melembutkan beras ketan saya seperti sulap, sekitar 10x bunyi peluitnya lalu matikan kompor. Tunggu sampai bonggol presto turun.
3
Cek & pastikan beras ketan sudah lembut & ada kuahnya. Kalau beras ketan hitamnya masih keras / belum hancur, masak ulang, tutup presto dengan rapat, lalu masak sekitar 10 menitan lagi. Tapi kalau sudah lembut tapi kuahnya kering, tambahkan air, aduk-aduk sampai rata, masak sampai mendidih sambil sesekali di aduk agar tidak hangus bagian bawahnya.
4
Masukan gula pasir & gula aren atau gula lain yang kamu gunakan, sambil di rasakan manis nya. Jangan lupa sambil di aduk agar tidak hangus di bagian bawah & pinggirannya. Hasil akhir bubur ketan hitamnya harus manis ya.
5
Rebus santan instant + air + daun pandan sampai mendidih sambil diaduk terus secara perlahan agar santan tidak pecah. Masukkan 1 sdt vanila extract + garam sampai terasa agak asin ya. Sudah selesai. Saya lebih suka pakai santan instant karena lebih wangi, lebih terasa santannya & tidak cepat basi.
6
Sajikan di mangkuk saji. Tuang bubur ketan itemnya lalu tuang kuah santan sedikit saja. Rasa dari bubur ketan hitam ini harus pas perpaduan manis dari si bubur & asin dari si kuah santan ya. Ingat, jangan terbalik.
7
Selamat mencoba. Semoga berhasil sesuai harapan & semoga suka dengan rasanya.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur ketan hitam,kacang hijau,dan sagu mutiara

Bubur ketan hitam,kacang hijau,dan sagu mutiara

Awalnya sering diaterin sma tetangga. Lama2 gak enak krna diaterin mlu, aq nya gak pernah ngaterin, dan first time buat bubur ini, alhamdulillah, ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

7-8 porsi
2-3 jam
Bubur Ketan Gula Merah

Bubur Ketan Gula Merah

Punya orang2 pekerja, yang lg nyangkul disawah bapak, bingung ga ada yang bisa diolah, malah nemu beras ketan di bikin bubur deh, tp ga pakai duren karena ga suka #5resepterbaruku

Bubur ketan item siram santan

Bubur ketan item siram santan

Enak banget dimakan santai2

Angsle

Angsle

Musim hujan tiba, pengennya makan yang anget-anget. Buka kulkas ada manisan kolang-kaling,roti tawar,santan instan dan bubur mutiara. Cuz bikin angsle dengan bahan seadanya didapur. #kedapuraja

4 orang
1 jam
Bubur kacang hijau dan ketan putih

Bubur kacang hijau dan ketan putih

#Di rumah aja# for sweet

Bubur Ketan hitam

Bubur Ketan hitam

Hawa akhir-akhir ini yang dingin dan hujan terus-terusan jadi alasan untuk ingin makan yang hangat dan manis2 jadilah bereksperimen membuat bubur ketan hitam ini

Bubur Lolos

Bubur Lolos

Paling seneng kalau ke toko kue, ada yg jual bubur lolos.. Karena bubur nya unik.. Rasanya hampir mirip sama bubur sum2. Tp di bubur lolos, ada campuran tepung ketannya. Terus cara makannya diseruput langsung di daunnya. Kalau lg sakit, makan bubur lolos paling enak ketimbang bubur nasi ๐Ÿ˜

12 bungkus
45 menit
Bubur Ketan Merah _ ala bunda Qla

Bubur Ketan Merah _ ala bunda Qla

Sore2 anak cantik pengen bubur ketan merah... Hhhe... Jadi deh.. Ala ala ajah... ๐Ÿ˜€

Bubur ketan hitam

Bubur ketan hitam

Selamat hari seninn... Sarapan bubur ketan hitam yukkk...dah lama ga bikin bubur ketan...enakkk...๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Bubur Sumsum Candil

Bubur Sumsum Candil

Suka banget makan bubur sumsum dari kecil, sekarang coba buat karena abang yang biasa jualan udah gapernah lewat lagi. Rasanya lumayan sama๐Ÿ‘Œ๐Ÿค—

4 Orang
45 menit
Bubur Sumsum & Biji Salak Ungu

Bubur Sumsum & Biji Salak Ungu

Buburnya lembuuut banget, Cocok untuk es palu butung juga, aroma pandan & gurihnya santan ngeblend abis sama manisnya si biji salak & kuah kentalnya. jangan skip penggunaan tepung ketan, ini kunci agar permukaan bubur yg lembut itu tdk kekeringan dan retak2 pas diambil. sempet kaget pas bikin biji salak, pas di rebus seperti yang kelembekaaaan banget, mikir apa krn sagu sy ganti tepung ketan ya? jadi g terlalu 'ngikat', sempet curiga juga apa kurang banyak ngasih tepung. Pas diangkat dan dimasukan ke kuah gula merah yg kental itu.. wow Bentuknya yg tadinya g karuan jadi bulat mulus sempurna.. haha, alhamdulillah. Dan kalau dimakan hangat, tekstur masih seperti kelembekan kurang tepung, sedang saya masukkan kulkas, biar 'agak mengeras' & kenyal seperti yg saya harapkan.

Bubur ketan hitam

Bubur ketan hitam

Teman bilang pengin bubur ketan hitam tapi males bikin karena ribet, pas beli juga sudah sold out, saya cerita jika pernah buat dan sisa ketannya juga masih ada. Akhirnya janji membuatkan dan baru hari ini terlaksana. #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Surabaya #PejuangGoldenApron3

Kimchi

Kimchi

Udah lama bgt pengen bikin kimchi sendiri, kalo beli di rumah makan korea rasanya terlalu asam jadi gk begitu cocok dilidah, beli jga sama asam bgt karna fermentasi terlalu lama. Suka nonton drama korea jadi pgn bikin sendiri, kalo beli lumayan mahal hehe ๐Ÿ˜… bikin sendiri ternyata hasilnya enak dan masih renyah bgt sawinya karena fermentasi cuma sebentar bgt, bikin hari ini besoknya udah dimakan ๐Ÿ˜…. Kalo di korea fermentasi biasanya minimal 30harian, makin lama makin enak katanya sih gtu ๐Ÿ˜ Bisa dimakan brg ramyun atau dibikin nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap) ๐Ÿ‘๐Ÿป Ayoo bikin sendiri kimchi mu โ˜บ๏ธ๐Ÿ‘Œ๐Ÿป Source : maangchi (on youtube)

40 menit
Bur Cang Jo (bubur kacang ijo)

Bur Cang Jo (bubur kacang ijo)

Teringat mamangยฒ yg sering jual di pinggir jalan deket mini market. Yg biasa mangkal pagiยฒ. Kok lama ga jualan.. kmna rupanya. Sudah pindah jalur apa.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… Sepertinya ini mirip..mari eksekusi. Dari berbagai sumber sy ambil. Terakhir sumber dari babรฉ sy. Makasih ya bรฉ.. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š #PejuangGoldenApron3 20102020/21

20 porsi
Bubur Candil aka jenang Grendul๐Ÿ˜‰

Bubur Candil aka jenang Grendul๐Ÿ˜‰

Minggu lagi.. waktunya iseng bikin2๐Ÿ˜† ini gulanya pake gula aren yg entahlah kok item bgt gag bs coklat macam di warung2 itu๐Ÿ˜ฏ ngrebus candilnya mgkn harus lamaan biar meresap manisnya.. Source : ms.rinadedik (ig)

Bubur Kacang Ijo + Ketan Item

Bubur Kacang Ijo + Ketan Item

Malem2 pengen bubur kacang ijo pake ketan item kayanya enak. Lalau bikinlah dengan mengandalkan feeling dan instink makemak. Dan ternyata enak juga ๐Ÿ˜‚