Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Cilok Bumbu Kacang yang Bikin Ngiler

Dipos pada August 8, 2019

Cilok Bumbu Kacang

Anda sedang mencari inspirasi resep Cilok Bumbu Kacang yang mudah Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Cilok Bumbu Kacang yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Cilok Bumbu Kacang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Cilok Bumbu Kacang bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Sekedar tambahan, waktu yang diperlukan dalam memasak Cilok Bumbu Kacang diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cilok Bumbu Kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cilok Bumbu Kacang memakai 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Seharian hujan gerimis. Suasana dingin paling enak makan yang pedes2 πŸ˜€πŸ˜€. Ada tepung tapioka dan kacang tanah. Cari lagi nemu tepung terigu tinggal sedikit. Jadi inilah hasilnya. Hasilnya pas udah dingin terlalu kenyal menurutku karena tapioka nya kebanyakan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cilok Bumbu Kacang:

  1. 400 gram tepung tapioka
  2. 200 gram tepung terigu
  3. 300 ml air mendidih
  4. 2 batang daun bawang
  5. 2 butir bawang putih
  6. 1/2 sdt lada bubuk
  7. 1/2 sdt penyedap
  8. Bumbu Kacang:
  9. 100 gram kacang tanah
  10. 1 butir bawang putih
  11. 10 cabe rawit
  12. 1/2 sdt garam
  13. 1 sdt gula
  14. 2 sdm kecap manis
  15. 1 sdt air jeruk nipis

Langkah-langkah untuk membuat Cilok Bumbu Kacang

1
Campur tepung dan bumbu. Didihkan air lalu siramkan ke tepung (langsung ya klo udah ga beruap jadinya ga bisa kalis). Aduk dengan sendok karena masih panas banget.
Cilok Bumbu Kacang - Step 1
2
Setelah agak dingin dan udah tahan, uleni pake tangan sampai kalis. Pulun sebesar kelereng.
Cilok Bumbu Kacang - Step 2
Cilok Bumbu Kacang - Step 2
3
Didihkan air kira2 aja bisa merendam seluruh cilok (jangan lupa kasih 1 sdm minyak biar cilok nanti ga lengket). Masukkan cilok. Kecilkan api. Masak sampai mengapung.
Cilok Bumbu Kacang - Step 3
Cilok Bumbu Kacang - Step 3
Cilok Bumbu Kacang - Step 3
4
Angkat dan tiriskan.
Cilok Bumbu Kacang - Step 4
5
Goreng kacang dengan api kecil tanah sampai matang. Masukkan bawang putih. Letakkan di atas cabai (untuk mematangkan cabai rawitnya). Blender bersama bumbu yang lain.
Cilok Bumbu Kacang - Step 5
Cilok Bumbu Kacang - Step 5
6
Sajikan cilok dan bumbu kacang.
Cilok Bumbu Kacang - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate Goreng Ayam Bumbu Kacang

Sate Goreng Ayam Bumbu Kacang

Enak nih baru tau ada sate tanpa tusukanπŸ˜‹ Cobain resepnya Cik @siuva_6380059 https://cookpad.com/id/resep/15071672-sate-ayam-goreng-bumbu-kacang?invite_token=byVXGXcAjxDARHW6J1oxgt3C&shared_at=1628954620 #RememberGenkPeDa_CameliaSiuVa Resep turunan dari sesama #GenkpejuangDapur Mba @iraninara https://cookpad.com/id/resep/12817042-sate-goreng-ayam-bumbu-kacang?invite_token=HYM9Tmfbi5pF91jMziSFiWsc&shared_at=1628954794 #RememberGenkPeDa_IraniNara #GenkPeDa_Eksis #CookpadCommunity_Depok #CookpadCommunity_Id #Cookpad_Id #CookpadIndonesia

Telur rebus kacang panjang bumbu kuning

Telur rebus kacang panjang bumbu kuning

Teman nasi hari ini πŸ€— #IdeMasakku #CookpadCommunity_Depok #Cookpad_id

Sate goreng

Sate goreng

Masih spesial hari tasyrik, dagingnya ngga keliatan yaa.. sengaja banyakin bumbunya biar endul ^^

Ikan Belanak kacang panjang bumbu kuning pedas

Ikan Belanak kacang panjang bumbu kuning pedas

Resep ini saya ciptakan sendiri karena melihat bumbu-bumbu dikulkas yang menumpuk. Dan pas banget dibawain Mama ikan belanak nelor dari Semarang.

4 porsi
Sate Ayam Praktis Dan Enak

Sate Ayam Praktis Dan Enak

Awalnya sy dn keluarga berkunjung ke mr sate bgtu makan ayamnya alot dan bumbunya dikit bngt. Akhirnya saya buat sendiri di rumah. Seperti biasa tanpa micin.

Sate Ayam

Sate Ayam

masak sendiri sate ayam dengan menggunakan teflon, ribet tapi seneng. buat saya mencoba menu baru menjadi hiburan tersendiri di dapur. selamat mencoba ya

22 tusuk
Sate Ayam Bumbu Kacang

Sate Ayam Bumbu Kacang

Assalamualaikum wr wb..... . Waktu maen kerumah adek ipar dikasih icip bumbu sate kok enak, ternyata dikasih tahu resepnya dari YouTube . Sumber: YouTube Resep: Bumbu Sate Madura Asli "Sate Ayam" kreasi sendiri . #CookpadCommunity_Jember #Belajar_Cooking_Baking #ResepDapurCahaya #ResepLilisNur_Jember #SateAyam #BumbuSate #BumbuKacang

24 tusuk
Sate Kambing Super Empuk

Sate Kambing Super Empuk

Alhamdulillah, berkah Hari Raya Idul Adha 1440 H tahun ini keluarga dapat berqurban hewan kambing. Alhamdulillah, dagingnya masih segar dan langsung segera diolah, tapi H - 2 lebaran sampe H + 2 lebaran pasar dan tukang aayur tutup semua tutup. Niatnya mau dibikin sop kambing ala2 resto sama ibu, tapi bahan nya ga ada, langsung nyari2 sekalian bersihin kulkas keliatan ada nanas sisa ngerujak 4 hari yang laluπŸ˜… separuh nyelip di slok bawang, ada madu sisanya adek2 kalo abis minum obat. Terus, yang paling ekstrimnya lagi, nemu kacang yang udah lebaran Fitri diem di frezeer, beku jadinya. Kata ibu "Yaudah, sonoh dibuat sate aja, mubazir kacang nya kalo dibuang, kacang lagi mahal" kebetulan isinya kulkas cuman itu aja buat masak, yang lain isinya botol minum sama Teh Rio gelas itu. Tapi meskipun bahan2 dikulkas tinggal seadanya, dan sekiranya masih bisa diolah, jangan dibuang ya sobat, mubazir, jangan biasakan untuk membuang bahan makanan , misalnya tomat, 1/2 nya ada yang layu tinggal di iris aja diambil yg masih bagus. Ok gak? yuk kepoin #KurasKulkas #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #CookpadCommunity_Probolinggo

10 porsi
2 jam
Telur rebus bumbu sate

Telur rebus bumbu sate

Praktis...pake minyaknya juga pas goreng kacangnya aja...jadi lebih sehat ...praktis dan bahannya dapat diperoleh dirumah gak ribet bikinnya...anak2 juga suka dan jadi resep favirit anak anakku. @Telur rebus_ketoku

Cilok Menul Bumbu Kacang

Cilok Menul Bumbu Kacang

Sapa si yang gak suka yang namanya cilok, kalau buat keluarga enakan kita bikin sendiri selain rasanya mantul lebih higienis juga. Kali ini anak anak minta dibuatin cilok kesukaannya. Yuk eksekusi bahan bahannya πŸ‘‡

Sate Ayam khas Blora

Sate Ayam khas Blora

#PekanInspirasi #pekan_sate #cookpadcommunity_bandung Akhirnya bikin sendiri sate khas Blora ini. Tiap kali berkunjung ke Blora pasti beli sate khasnya. Penyajiannya unik,yaitu dengan ditambah kuah kuning,dan menggunakan ayam kampung. Penasaran dengan resepnya namun saat mencari-cari tidak ketemu. Akhirnya coba meraba-raba sendiri dan cukup sesuai dengan aslinya. Hanya saja saos kacangnya saya buat versi biasa. Kalau aslinya mungkin pakai air santan atau ada bumbu lain di dalamnya saya tidak tahu. Dan kuah kuning ini saya pikir seperti kuah opor hanya santannya encer. Apapun perbedaanya, rasanya saya tetap makan sate Blora.

20 tusuk
Bumbu Kacang Serbaguna

Bumbu Kacang Serbaguna

Bumbu kacang untuk teman cilok #PejuangGoldenBatikApron

Pecel Bumbu Kacang

Pecel Bumbu Kacang

Memanfaatkan sayuran dan bahan yang ready dirumah, jadilah pecel suka-suka saya 😊

2-4 porsi
1 jam 30 menit
Tahu Telur Bumbu Kacang

Tahu Telur Bumbu Kacang

Buat menu makan siang. Tahu telur siram bumbu kacang πŸ˜‹ makan telur sedikit berbeda dr biasanya . #TahuTelurBumbuKacang #MasakSimple #MasakDirumah #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_Kalbar

Sate ayam bumbu kacang

Sate ayam bumbu kacang

Tadinya lagi bersih2 kulkas, tp pas bongkr2 ternyata masih ada sisa ayam sedikit dan lontong masih 2 batang lg. Sisa hari raya haji kemarin. Bingung mau di apain karna lg males buat olahan lain - lain, jd d sate aja.

4 orang
1 jam
Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

source:@Ernisafitri