Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat 49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) yang Bikin Ngiler

Dipos pada June 2, 2019

49. Bumbu Pecel (tanpa minyak)

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat 49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal 49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari 49. Bumbu Pecel (tanpa minyak), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian 49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) kira-kira 9 pcs, @100gr. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) memakai 11 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kapan hari ngobrol2 sm temen, mak Mira, tercetuslah tentang bumbu pecel. Dia punya kencur dari 2 tahun lalu yang belum pernah dipakai πŸ˜ƒ. Ta' bilang, drop sini kencurnya, biar ta' bikin, sekalian minta daun salam kalo masih punya..haha. Jadi dikirimlah kencur dan daun salam, haduh senangnya dapat daun salam. Serasa punya utang, langsung deh cari2 resep bumbu pecel. Cari IG ya cookpad juga. Nyantol dengan resep dari cookpad Itta Adrianita karena bahan2nya pake ukuran kg/gr, ngukurnya ga ribet 😁. Tapi pas nimbang daun jeruk 25 gr, karena punya yang kering, kok ya banyak bangett, jadi pake 15 lembar aja. Makasi resepnya mbak Itta, sehat dan sukses selalu πŸ™. Pernah baca di IG Ocha Chupid kalo mbaknya jual Bumbu Pecel lumer, versi dimasak sampe minyak dari kacangnya keluar. Jadi pas bikin bumbu pecel ini, bahan2nya versi mbak Itta. Pembuatannya dimasak, terinspirasi mbak Ocha Chupid. Ini resep asli "Bumbu Pecel asli CEPU" mbak Itta yaπŸ‘‡ https://cookpad.com/id/resep/12905351-bumbu-pecel-asli-cepu?invite_token=5qy6HvPBzxxaLarXWNt5HH9E&shared_at=1604237651 Kalo mbak Ocha Chupid gak share resepnya, soale buat jualan. Please, jangan nanya2 resep sama yang jualan ya. Udah mah ga beli, malah tanya resep, kan ngeselin banget. Saya cuma bikin setengah resep sesuai ketersediaan bahan. Cabe juga cuma punya dikit banget jadi ya seadanya, ga pedes sih. Pas penyajian, tambah air panas, ta' tambah bon cabe juga biar pedes πŸ˜„. #PejuangGoldenApron3 #Minggu22

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 49. Bumbu Pecel (tanpa minyak):

  1. 1 kg kacang tanah (me: 500 gr)
  2. 200 gr cabe rawit (me: tidak pakai)
  3. 200 gr cabe merah/keriting (me: 3 buah)
  4. 50 gr kencur (me: 25 gr)
  5. 50 gr daun jeruk (me: 15 lembar yang kering, buang tulangnya)
  6. 100 gr bawang putih (me: 50 gr)
  7. 100 gr asam matang (me: 50 gr, buang biji)
  8. 600 gr gula merah (me: 300 gr)
  9. 4 sdt garam (me: 2 sdt)
  10. Secukupnya penyedap rasa (me: tidak pakai)
  11. 200 ml air (tambahan dari saya)

Langkah-langkah untuk membuat 49. Bumbu Pecel (tanpa minyak)

1
Siapkan bahan-bahan yang diperlukan.
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 1
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 1
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 1
2
Gongseng/sangrai kacang tanah sampai matang dengan api sedang. Sering diaduk-aduk biar matang merata dan tidak gosong. Setelah itu sisihkan supaya adem.
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 2
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 2
3
Cabe merah, kencur, daun jeruk, bawang putih saya sangrai juga hingga layu.
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 3
4
Haluskan semua baik kacang maupun bumbu. Saya tambahkan air sedikit ketika menghaluskan bumbu.
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 4
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 4
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 4
5
Masukkan kacang dan bumbu dalam wajan. Masak dengan api sedang. Tambahkan gula merah dan sisa air.
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 5
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 5
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 5
6
Masak dan aduk terus sampai air makin susut, minyak dari kacang keluar.
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 6
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 6
7
Bumbu Pecel sudah jadi. Warnanya coklat pekat. Enak bangettt πŸ‘πŸ‘ŒπŸ˜. Jika sudah dingin, simpan dalam wadah. Saya bungkus plastik wrap untuk sekali makan/100 gr, kemudian simpan di freezer.
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 7
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 7
8
Ini dia, total dapet 9 bungkus Bumbu Pecel ukuran 100 gr yang berhasil difoto. Tadi sudah diicip juga sedikit 😁. Tambahkan air panas dan aduk rata sebelum disajikan dengan sayur/buah/lauk pilihan.
49. Bumbu Pecel (tanpa minyak) - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bumbu Dasar Kacang (Bumbu Pecel)

Bumbu Dasar Kacang (Bumbu Pecel)

Bismillahirrahmanirrahim..... Bikin bumbu pecel yang enak, pedas dan mantap, buat stok masakan simple di rumah. Cocok sekali yaa... Bumbunya tinggal di seduh air panas yang di campur sedikit asam jawa, siram ke rebusan sayuran udah jadi 1 menu enak....πŸ˜‹ Bumbu pecel ini ala mertua, almarhum ayah mertua saya sangat suka makan dengan sambel pecel. Sehingga ketika mertua saya melaksanakan ibadah haji, ibu mertua saya bekal 2 kg sambal pecel ke Arab Saudi πŸ€— Bumbu kacang ini bisa awet hingga 1 bulan di suhu ruang ya, proses pembuatannya saya tidak menggunakan minyak, karena minyak bisa membuat bumbu kacang tidak tahan lama dan berbau tengik. Yuuuk langsung intip resepnya..... #BumbuDasar #BumbuDasarKacangPashalenko #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #CookpadCommunity_Borneo #CookpadIndonesia

1000 gr
45 menit
Pecel Sayuran

Pecel Sayuran

Mudik kemaren itu dibekalin mertua bumbu pecel buatan beliau... Beliau itu orang jawa, jadi kalo soal bikin pecel beliau termasuk juara deh... Ini eennnaakkk.. Pas pula ada resep mba Rahma pecel sayuran yg mana resepnya pake bumbu pecel siap jadi. Baiklah langsung deh ini buat meramaikan pekan #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeda_RahmaBundaRaditRafa Semoga mba Rahma dan keluarga selalu sehat πŸ₯° Source : Rahma_Bunda Radit & Rafa #CookpadCommunity_Sumbar #OlahanSayurMamiFay

Pecel

Pecel

Senin, 3 Mei 2021 Week 49 source : Anisaturaehan #PejuangGoldenApron3

Cireng Nasi ft Bumbu Pecel

Cireng Nasi ft Bumbu Pecel

Mengkondisikan sisa nasi Mau di nasgor koq porsi nasi cuma dikit

2-3 orang
30 menit
Pecel Santan Terong Tempe

Pecel Santan Terong Tempe

Sambal pecel santan ini bukan tipe sambal dengan kacang, tapi menggunakan kemiri dan santan. Dengan bahan wajib kencur yang wangi, dan juga santan yang gurih. Dikombinasikan dengan terong bakar yang beraroma smoky dan tempe untuk menambah teksturnya. Boleh ditambah kemangi. Cocok disajikan dengan nasi hangat dan juga timun lalapan 😍. Mba Ayu Nabilla Rumaropen (Colam & CP Motbar) telah memberikan materi β€œBasic Lighting” untuk kami teman-teman Colam di minggu lalu. Kata beliau, jenis lighting yang paling gampang digunakan dan yang paling bagus adalah menggunakan natural light atau sinar matahari. Agak tricky memang karena kita harus tahu jam-jam yang tepat untuk memotret makanan kita supaya nampak bagus. Saya sebagai pemula terus terang masih sering banyak kurangnya dalam memotret makanan menggunakan simat (sinar matahari -kata Mba Ayu πŸ˜†). It’s ok, yang paling penting masih ada keinginan belajar dan mempraktekkan setelah mendapat ilmu gratisan 🀣 yang saya dapat dari Colam (Mba Ayu kali ini khususnya). Terimakasih Mba Ayu! πŸ€—β€οΈ Sumber resep: β€œPecel Santan Terong Tempe” oleh AyuNabillaRumaropen. https://cookpad.com/id/resep/13261859-pecel-santan-terong-tempe?invite_token=vooBv7GvFKk9sYjSisnw9WiF&shared_at=1616035918 Markimas! Mari kita memasak! πŸ‘©πŸ»β€πŸ³β€οΈ #PejuangGoldenApron3 #wk42 #BasicLightingAyuNabilla #ColamNgebakso #ColamNgebaksoWithAyuNabilla #CookpadCommunity_Malang

4 orang
30 menit
Oats Pecel

Oats Pecel

Hahahaha... Hari ini saya penasaran gimana rasa oats yg digabung dengan si pecel. Mmmmm.....honestly bumbu pecel oleh oleh dari Madiun yang merk ini kurang sedap gak seenak buatan tetangga bu De di Kediri. Tapi masih okelah oats dicampur pecel. Jadi pastikan aja bumbu pecelnya enak mungkin rasanya bakalan enak.

Gablok pecel

Gablok pecel

Gablok itu adalah nasi yang di tumbuk hingga halus dan liat, jadi semacam jadah gitu..tapi dari nasi. Lebih tepatnya sich di *jojoh..kalau orang Jawa bilang..kalau di tumbuk bakalan capek numbuknya soalnya, kan liat nasinya..hihi. Jadi..yang namanya di jojoh itu..nasi di letakkan di lumpang batu, di alasi plastik, lalu nasi yang masih panas di masukkan, selanjutnya di tekan-tekan pakai alu hingga menjadi adonan yang lembut, liat dan hancur nasinya. Setelah itu di padatkan, agar bisa di potong-potong gabloknya.

Bihun Telur with Bumbu Pecal

Bihun Telur with Bumbu Pecal

Bihun bumbu pecal adalah salah satu makanan favorit didaerah Mdn dgn sebutan "Mie Pecal". Biasanya suka makan ini kalo naik kereta api ekonomi tp skr gak bisa lagi memakannya krn gak blh lagi org jualan masuk kdlm gerbongπŸ˜‚. Atw biasanya sering beli ini saat msh tgl drmh Johor tp berhubung jauh dan pengen makan yaudh lgsg deh bikinnyaπŸ˜‚πŸ˜‚.. #PejuangGoldenApron3 #week42

Sambel pecel

Sambel pecel

Buat stok 2hr untuk sarapan, biar praktis di pagi hari tinggal rebus sayur dan goreng lauk aja #Pejuanggoldenapron2

Cilok Tagor Sambal Pecel Mbah Kaji

Cilok Tagor Sambal Pecel Mbah Kaji

Pengen makan cilok sambal kacang. Biasanya saya bikin sendiri sambal kacangnya tapi kali ini pakai sambal pecel jadi saja merk Mbah Kaji. Sengaja saya sebut merk Mbah Kaji sekaligus promosiin dan membantu program pemberdayaan masyarakat di salah satu Desa di Magetan. Ceritanya itu ada anak muda lulusan UGM namanya Mas Burhan, yang kontak saya lewat fesbuk. Beliau menawarkan saya produk sambal pecel hasil pemberdayaan masyarakat di daerah Magetan. Barang dibuat setelah dipesan jadi stok baru dikirim dulu dan bayar setelah sampai rumah. Ternyata oh ternyata, tak disangka-sangka itu rasanya enaaaaakkkk banget, endull pisan, maknyussss, lamak bana rasonyo. Jauh lebih enak dari bikinan saya sendiri dan sambal pecel langganan yang biasa saya beli. Rasa pedas, mabis, gurihnya pas dengan wangi daun jeruk yang harum. Pokoknya top deh.... Kemarin saya sudah bikin pecel untuk makan malam dan sekarang mau bikin cilok favorit saya. Kali ini ciloknya saya tambahin tahu goreng (tagor) biar makin banyak isinya πŸ˜„.

Sambal Kacang (pecel)

Sambal Kacang (pecel)

Check it out.. 😊

Pecel Santan Terong Ungu

Pecel Santan Terong Ungu

Pulang sekolah mampir pasar tapi bingung mau masak apa. Begitu lihat terong ungu langsung ingat sayur kesukaan kami πŸ˜™. 09.01'20 @Limapuluhdelapan

Sambel Pecel

Sambel Pecel

Recipe : Fitri Sasmaya #dutarecookberaksi #dutarecookpalangkaraya #PejuangGoldenApron3 #EmakNusantaraKreatif #KeDapurAja #MasakItuSaya #Cookpad_id #cookpadcommunityborneo #cookpadcommunitypalangkaraya #Resepayupu3

Pecel Terong Tempe dan Telur

Pecel Terong Tempe dan Telur

Nostalgia karena masakan ini adalah kesukaan mamaku

4 porsi
45 menit
Sambel pecel pedas manis

Sambel pecel pedas manis

favorit keluarga banget.....

Nasi Pecel khas Kediri #pr_uuenaktenanrek

Nasi Pecel khas Kediri #pr_uuenaktenanrek

Bikinnya sih kemarin, ikutan #postingrame2 nya sekarang. Sesuai dengan temanya Masakan Khas Jawa Timur. Masak menu yang gampang banget aja yaa .. Kebetulan bulan kemarin aku nya habis mudik ke Kediri dan yang pasti pulang selalu tak lupa bawa sambal pecelnya. Jadi kalau mau bikin pecel tinggal seduh sambalnya, rebus/kukus sayuran dan bikin/beli peyek. Ndak ribet kan ?