Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Bubur candil / biji salak ubi orange yang Menggugah Selera

Dipos pada October 5, 2018

Bubur candil / biji salak ubi orange

Sore-sore begini enaknya membuat Bubur candil / biji salak ubi orange yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Bubur candil / biji salak ubi orange yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur candil / biji salak ubi orange, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur candil / biji salak ubi orange sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bubur candil / biji salak ubi orange biasanya untuk 5 cup uk 300ml. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bubur candil / biji salak ubi orange diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur candil / biji salak ubi orange sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur candil / biji salak ubi orange memakai 13 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Anak-anakku entah kenapa kalau cemilan bubur tradisional kok mereka suka banget, salah satu favoritnya ya ini bubur candil atau biji salak.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur candil / biji salak ubi orange:

  1. 250 gr ubi orange (bisa ubi ungu atau putih sesuai selera)
  2. 100 gr tepung tapioka
  3. 1/2 sdt garam
  4. 600 ml air bersih
  5. 150 gr gula merah
  6. 1 sdm gula pasir
  7. 1/2 sdt garam
  8. 3 sdm tepung tapioka dilarutkan dengan sedikit air sisihkan
  9. 2 lembar daun pandan
  10. Bahan Kuah santan :
  11. Santan dari 1/2 butir kelapa
  12. 2 lembar daun pandan
  13. 1/2 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Bubur candil / biji salak ubi orange

1
Membuat kuah santan : rebus santan bersama daun pandan dan garam sampai mendidih sambil terus diaduk agar tidak pecah. Sisihkan...
2
Membuat biji salak : kukus ubi sampai matang cek dengan tusuk sate jika sudah lunak artinya sudah matang. Lumatkan ubi yang baru dikukus panas-panas dengan garpu atau ulekan sampai halus, campur dengan tepung tapioka dan garam ulen ringan rata sampai tercampur dan bisa dibentuk.
3
Bentuk adonan biji salak menjadi bulat-bulat sebesar kelereng, lakukan hingga adonan habis.
4
Rebus 600ml air dengan gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan biarkan sampai mendidih saring agar ampas tidak terbawa.
5
Masukkan bulatan adonan campuran ubi yang tadi kita sudah bulatkan tadi ke dalam rebusan air mendidih, biarkan hingga bulatan adonan biji salak mengapung dan matang.
6
Setelah biji salak mengapung dan matang, masukkan larutan 3 sdm tepung tapioka yang sudah dilarutkan dengan sedikit air tadi sambil terus diaduk sampai meletup-letup matikan kompor.
7
Penyelesaian : masukkan biji salak ke dalam mangkok siram kuah santan dan biji salak siap disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Candil ubi ungu

Candil ubi ungu

Ini resep pertama ku yg aku posting d sini.berawal liat postingan orang d grup jual beli.pgn beli takut mahal.jadinya bikin sendiri.jadinya juga banyak.liat resep d bawah ya..semoga menginspirasi yg mau masak buat keluarga tercinta.

Untuk 10 porsi
1 jam
Candil Ketan

Candil Ketan

Utk hasil kuah yg lebih pekat bagusnya pake gula aren ya moms,saya pake gula merah biasa jd hasilnya agak pucat😊selamat mencoba ya moms😍😊 Source: IG Icha Irawan

Candil Ubi Ungu

Candil Ubi Ungu

Dikasih kaka ubi ungu, kayaknya bosen kan kalau cuman dikukus. Akhirnya coba dimasak jadi Candil Ubi Ungu...

5 mangkuk
Jenang Grendul / Candil

Jenang Grendul / Candil

Si kak suka banget sama jenang grendul ini, aku jadi ikutan suka.. 😁😁Dan bikinnya so simpel enak pula #sarapan

Kolak Candil Ubi Ungu

Kolak Candil Ubi Ungu

Berawal dari saya beli kolak candil ubi ungu harga 5000 cm dapat 6 butir, berasa ga puas akhirnya nyoba bikin sendiri🤣ternyata kalau bikin sendiri lebih puas, modal sedikit tapi hasilnya banyak😆 Kisaran modal yang sy keluarkan Ubi : 8000/kg (tidak saya pakai semua) Gula pasir : 2500 Tepung sagu 2000 Kelapa parut : 2000 Maizena : 1000 (kira2 karena pemakaian sedikit) Daun pandan : gratis dr belakang rumah #SiapRamadan #JemputRezeki #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

5-7 porsi
45 menit
Porsi tunggal bubur candil ketan

Porsi tunggal bubur candil ketan

Source: Ge Adhian Hari Sabtu, libur bisa bikin takjil sendiri. Bikin bubur candil ketan, yang legit dan manis, sesuai tema takjil manis, untuk Semarak Clover hari ini. Bikin untuk porsi tunggal dan kecil krn jangan sampai kekenyangan takjil manis, supaya tetap semangat makan malam nya. #TakjilManis_Clover #Semarak_Ramadhan #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #cookpadcommunity_purwakarta

1 porsi
#04 Bubur candil pisang

#04 Bubur candil pisang

Pingin sesuatu yg baru rasa bubur candil yg rame , manis , gurih dan ada rasa buahnya juga hemm..yummy😉😉

Bubur Candil Ubi/Kolak Biji Salak

Bubur Candil Ubi/Kolak Biji Salak

Alhamdulillah sudah masuk bulan Ramadhan ya bun.. H-1 Ramadhan di bawain kakak ipar ubi kuning, bingung mau di bikin apa..Jadi saya pikir" buat bubur candil aja lah yaa, yang simple dan bahan pun sudah ada, cuma tapioka aja yg ndadak beli dulu 😂..Ini saya tambahkan pasta pandan biar cantik dan harum pandannya itu sampai kemana-mana 😃 Cuss jadi di eksekusinya kemarin dan hari ini baru saya share ke cookpad 😅 Selamat mencoba dan jangan lupa di recook.. Silakan yang mau bertanya tentang resep ini langsung ke kolom komentar ya, InsyaAllah saya jawab 😊 Terimakasih #buburcandil #kolakbijisalak #buburubikuning

> 10 mangkuk
Kolak Candil Ketan Putih

Kolak Candil Ketan Putih

kolak dengan candil dari beras ketan rose brand.

Kolak Biji Salak (Candil)

Kolak Biji Salak (Candil)

Minggu ke-11 (16 Agustus 2020) Source : Desriayu #BandungArisanRecook4_Desriayu #CookpadCommunity_Bandung #BelanjaIdeDiPasarCookpad #SutilCookpad #week11 #AuthorBandungHebring #TimHebring

4-5 orang
90 menit
Bubur Candil (Jenang Grendul)

Bubur Candil (Jenang Grendul)

Orang Tulungagung nyebutnya jenang grendul. Kudapan ini dibuat karena udah kangen banget, lama gak makan. Jadilah mbuat sendiri aja.

2-3 porsi
Kolak Candil Kenyal dan Glossy

Kolak Candil Kenyal dan Glossy

Puasa gk lengkap kalo gk ada per-kolak-an moms hehe #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasakan

5-7 porsi
30 menit
BUBUR CANDIL / biji salak alias JENANG GRENDUL

BUBUR CANDIL / biji salak alias JENANG GRENDUL

Hari minggu pagi Hujan2 Pingin papin jadilah bubur candil

Candil Ubi Ungu Susu

Candil Ubi Ungu Susu

Candil yg berhasil, teksturnya bulat, tidak pecah dan tidak menempel ketika dimasak. Jika candil pecah atau tidak bulat, hal tersebut karena tepung aci kurang banyak dalam adonan. Enak dimakan dengan es batu atau dalam keadaan dingin 🤤😉