Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Candil Ubi Ungu yang Enak Banget

Dipos pada October 1, 2018

Candil Ubi Ungu

Sore-sore begini enaknya membuat Candil Ubi Ungu yang praktis Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Candil Ubi Ungu yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Candil Ubi Ungu, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Candil Ubi Ungu ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Candil Ubi Ungu yaitu 5 mangkuk. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Candil Ubi Ungu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Candil Ubi Ungu memakai 8 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dikasih kaka ubi ungu, kayaknya bosen kan kalau cuman dikukus. Akhirnya coba dimasak jadi Candil Ubi Ungu...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Candil Ubi Ungu:

  1. 400 gr Ubi Ungu
  2. 1 sdm Kental Manis
  3. 18 sdm Tepung Tapioka
  4. 100 gr Gula Merah
  5. 1 bks santan Kara 60ml
  6. 4 sdm Tepung Maizena (untuk mengentalkan)
  7. 500 ml Air (untuk rebusan gula)
  8. secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Candil Ubi Ungu

1
Potong, kupas, serta bersihkan ubi ungu. Kemudian kukus hingga matang.
Candil Ubi Ungu - Step 1
2
Haluskan ubi yg telah dikukus hingga lembut.
Candil Ubi Ungu - Step 2
3
Tambahkan kental manis, tepung tapioka. Aduk hingga rata. Tambahkan sekitar 10sdm air matang ke dalam adonan. Uleni hingga bahan-bahan tercampur.
Candil Ubi Ungu - Step 3
4
Bulatkan adonan perlahan karena mungkin adonan sedikit mudah hancur. Jika memang dirasa sulit sekali untuk dibentuk, bisa ditambahkan air sedikit demi sedikit.
Candil Ubi Ungu - Step 4
5
Panaskan air secukupnya, masak hingga mendidih lalu masukkan bola ubi satu persatu. Angkat dan tiriskan jika bola ubi muncul ke permukaan.
Candil Ubi Ungu - Step 5
6
Panaskan 500ml air baru, masak hingga mendidih. Kemudian tambahkan gula merah yg sudah dipotong-potong hingga larut. Masukkan bola ubi yg sudah matang ke dalam rebusan air gula.
7
Siapkan 4sdm tepung maizena larutkan dengan air matang secukupnya. Masukkan ke dalam panci aduk hingga rata dan mengental, lalu matikan kompor.
8
Bukan kemasan santan kara campurkan dengan 100ml air panas dan juga sejumput gula. Sajikan Candil Ubi Ungu lalu tambahkan santan sesuai selera. Candil Ubi Ungu siap disantap~
Candil Ubi Ungu - Step 8
Candil Ubi Ungu - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur candil

Bubur candil

Weekend mau bikin cemilan manis,, dibantu krucil2 pada saat membulat2kan candilnya, jadinya ada yg kecil,lonjong,besar sekali... Akhirnya jd kerja dua kali sih yaa,pd saat mau cemplungin sy perbaiki😂,,yg penting Heppy #berburucelemekemas #resolusi2019 #week_15

45 menit
Bubur sumsum Candil Ubi

Bubur sumsum Candil Ubi

Kolak bukan makanan favorit di rumah saat Ramadhan,,, tapi kalo yang ini,,,, suka semua,😍😍,,walaupun agak lama bikinnya gapapa deh, alnya dah lama ga bikin ini

15 porsi
Jenang grendul mantul

Jenang grendul mantul

Sekali makan pokoknya pingin nagih bgt.. ini bukan kayak yg beli2 itu. Jenang ini sangat lembut.. anglek rasanya.. cuzz cobain yuk..

Bubur Candil Ubi Ungu

Bubur Candil Ubi Ungu

nyari ubi ungu lumayan susah juga di pasar, kebanyakan ubi kuning/putih 😆 akhirnya nemu juga ubi ungu kemarin pas lewatin tukang sayur di pinggir jalan 😁 maari eksekusi bikin takjil buat buka puasa 🍽️ #mudikonline #ramadhankareem #cookpadcommunity_cirebon #tiketmasukgoldenapron3 #berjuangbersamateman #pejuanggoldenapron2 #festivalramadancookpad #menutakjilramadhan #GA_TheNextLevel

6 porsi
50.Candil ubi kuning

50.Candil ubi kuning

Bikin yang manis manis , #pejuanggoldenapron2

Bubur Jenang Candil / Biji Salak

Bubur Jenang Candil / Biji Salak

Cocok untuk berbuka puasa dan mudah dibuat

4 porsi
Jenang Grendul aka Biji Salak aka Bubur Candil

Jenang Grendul aka Biji Salak aka Bubur Candil

Source: mbak @dhiah oddie Yummiii.. Kenyal2 enak..😋💕💝

Cendil ubi ala-ala

Cendil ubi ala-ala

Untuk menu ta'jil buka puasa😁

Bubur candil ubi kuning

Bubur candil ubi kuning

Menu takjil hari pertama puasa nih. Bubur candil yg pastinya menu takjil favorit keluargaku. Perpaduan rasa manis, kenyal dan gurih. Nikmat! Source: Fitri Sasmaya

10 porsi
Kolak Candil Ubi Jalar

Kolak Candil Ubi Jalar

#PejuangGoldenApron3 #week47

4 porsi
30 menit
Candil Ubi Ungu

Candil Ubi Ungu

Saya mencoba mengolah... ubi ungu. Setelah dibuat kelepon, sekarang dibuat candil....yukkk kita buat...

Bubur candil labu kuning + bubur sumsum

Bubur candil labu kuning + bubur sumsum

lagi pingin banget makan yg manis" eh buka youtube nemu resep ini . . mmpung bahan nya semua udh ada d rumah nah tinggal eksekusi aja nih .ini makanan enak , mengenyangkan sekaligus bahannya murah meriah 😄 cuss ah langsung k resep 🏃

Candil Ketan Jus Pandan

Candil Ketan Jus Pandan

Awalnya Karena mager beli esen ke warung, al hasil saya pakai jus pandan asli dari daunnya... Cekidot yuk!

Jenang candil ubi jalar kuning🤩

Jenang candil ubi jalar kuning🤩

Dari semalam hujan sampe Pagi ini, jadi pas aja untuk makan yg hangat* 👌

21. Bubur Candil Menul²

21. Bubur Candil Menul²

#martabakjakarta #DiRumahAja #CintoBundo #CookpadCommunity_Jakarta #JeramiJakarta #Ramadhanpenuhidemasakan #menubukapuasa #buburcandil #FestivalRamadanCookpad #TiketMasukGoldenApron3

Bubur Sum-sum Kuah Candil

Bubur Sum-sum Kuah Candil

Suami ku gampang bosan, Ada sisa kolak Candil kemarin, biar ga mubazir aku duetin aja sama bubur sumsum. Yuk, kita bikin ..