Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Biji Salak dari Pisang Kepok yang Sempurna

Dipos pada September 11, 2018

Biji Salak dari Pisang Kepok

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Biji Salak dari Pisang Kepok yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Biji Salak dari Pisang Kepok yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Biji Salak dari Pisang Kepok, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Biji Salak dari Pisang Kepok bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Biji Salak dari Pisang Kepok biasanya untuk 7 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Biji Salak dari Pisang Kepok diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji Salak dari Pisang Kepok sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji Salak dari Pisang Kepok memakai 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Mau belanja diluar hujan terus,hampir tiap hari hujan,badan juga udah terserang demam. Sebenarnya lagi gak punya ide untuk masak tema minggu ini " Bahan Masakan Makanan Asia " dan di suruh #BelanjaIdeDiPasarCookpad Pas lihat² eh ada Pisang dan Tepung tapioka,kebetulan di rumah ada pisang kepok/nipah dah nganggur 2 hari belum di olah,dari pada bonyok gak kemakan jadi di olah aja jadi biji salak pisang,habisnya mau buat pakai singkong,ubi kuning dll,pakai tepung ketan/sagu,lagi gak bs,gak berkecil hati,kali ini saya pakai tepung tapioka aja krn cm bahan itu yang ada drmh,lagian gak bisa keluar,hujan terus.pakai yang ada aja lah,yang penting enak,pisang juga baik untuk tubuh,apalagi untuk gizi si kecil tapi jangan terlalu banyak makannya,😊😊 pas juga untuk di cuaca dingin seperti ini,makan yang hangat²,selain enak juga mengenyangkan.. Cuma minus di daun pandan aja,maklum di luar hujan lebat,stok daun pandan juga habis.jadi seadanya saja 😁😁😁 #PejuangGoldenApron2 #DutaRecookPontianak #DutaRecookBeraksi #Cookpadcommunity_Pontianak #DutaRecookBorneo

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji Salak dari Pisang Kepok:

  1. 🍌Bahan adonan biji salak pisang :
  2. 500 gr/11 buah/1 sisir Pisang Nipah / Pisang kepok
  3. 200 gr Tepung Tapioka
  4. 1 sdm Gula halus
  5. 1 liter air untuk merebus adonan
  6. 🍌 Bahan kuah gula merah :
  7. 250 gr Gula merah (Blh +/- krn gula merah sllu gk sm manisnya)
  8. 200 ml Air
  9. 1/4 sdt Garam
  10. 1 lembar Daun pandan
  11. 2 sdm Tepung tapioka larutkan dengan sedikit air
  12. 🍌 Bahan kuah santan :
  13. 250 ml santan kental
  14. 1/4 sdt Garam
  15. 1 lembar Daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Biji Salak dari Pisang Kepok

1
Kupas pisang nipah atau kepok,lalu kukus selama 30 menit,jika sudah lembut dan matang merata angkat.
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 1
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 1
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 1
2
Masukan ke dalam food procesor,giling hingga halus,baru masukan tepung tapioka dan gula pasirnya. (Bs jg manual,dgn menggunakan ulekan cobek tp di alas plastik,baru uleni dengan tepung hingga menyatu rata).
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 2
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 2
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 2
3
Bila sudah menyatu seperti ini,bentuk adonan sesuai selera (saya :1 sdt).didihkan air,lalu rebus biji salak pisangnya.
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 3
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 3
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 3
4
Bila sudah mengapung semua seperti ini dan matang merata angkat dan tiriskan.siapkan panci masak gula merah,air,daun pandan dan garam hingga lumer dan mendidih,angkat lalu saring.
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 4
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 4
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 4
5
Masak kembali,bila sudah mendidih,masukan biji salaknya,aduk hingga tercampur rata semua.sementara nunggu rata,larutkan tepung tapioka dengan sedikit air (kira² aja hingga tepungnya larut),lalu masukan ke panci td,aduk hingga mengental dan rata lalu angkat.
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 5
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 5
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 5
6
Siapkan panci,masak santan kental,garam dan daun pandan hingga mendidih,tapi jangan sampai pecah,angkat dan dinginkan.Siapkan wadah masukan biji salak pisang,lalu tuang kuah santan dan siap disajikan.
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 6
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 6
Biji Salak dari Pisang Kepok - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak biji salak labu kuning

Kolak biji salak labu kuning

Habis dari kampung bawa labu hasil kebun, kalo cuman di kukus aj udah B aja

4 - 5 orang
1jam
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Dari jaman kecil suka banget sama yg namanya kolak biji salak, kenyel2 manis gurih.. 😍

MPASI-Bubur nasi+wortel+ati ayam

MPASI-Bubur nasi+wortel+ati ayam

Pertama kali makan dengan ati ayam.. alhamdulillah lahap. Semoga berat badannya cepet naik...

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Cemilan rutin bulan ramadhan... Alhamdulillah

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Belum lengkap rasanya kalau bulan puasa ga bikin kolak biji salak... walaupun ga setiap hari, tapi pasti ada beberapa hari dalam sebulan di ramadhan ini bikin kolak ini... maklum cuma bisa ngerasain kolak biji salak hanya di moment ramadhan, kalo bulan2 yg lain rasanya makan waktu bgt bikin ini... hihihi... #bikinramadanberkesan #22

10 porsi
1 jam
Kolak Candil (biji salak)

Kolak Candil (biji salak)

Ini kolak favorit aku dr kecil, sambil ngabuburit aku ajak anak2 ku bikin, Alhmdllh trnyta mreka suka...slmt mncoba mom syantik😘

Bubur Ayam Bandung (No Msg)

Bubur Ayam Bandung (No Msg)

Suami sukaa banget sama bubur ayam. Jadi memutuskan untuk coba2 bikin bubur ayam. Ntaaaps.. 👍👍👍 Nyontek resepnya mba Suci tpi disesuaikan. Saya ga suka pake penyedap jadi ditambahkan sedikit gula biar gurih, mantap..

5-6 porsi
Biji Salak

Biji Salak

Menu untuk berbuka puasa

Untuk 12-15 orang
7. Kolak Biji Salak Tergampang Sedunia🤭

7. Kolak Biji Salak Tergampang Sedunia🤭

Siapa yang belum kenal biji salak? Itu lohh olahan ubi berbentuk bulat yang kenyal, lembut, dan luar biasa enak🤭 yukk bikin sama-sama ❤️ Note: karena enak jadilah aku disisain sedikit dan alakadarnya padahal belom aku foto pas awal jadinya :')

Banyakk
1 jam 30 menit
Biji Salak #KamisManis

Biji Salak #KamisManis

Kepengen banget sejak lama makan biji salak tapi belum ada yg sreg di lidah&hati di sini. Akhirnya eksekusi liat resep mba Murniasri, beliau recook dari blog mba hesti kitchen. Suka banget banget, sreg di lidah&hati. Oia, ini pertama kalinya bikin biji salak biasanya beli ternyata hasilnya sesuai ekspektasi. Saya bikin 1/2 porsi, Happy trying.

1 jam
Kolak Biji Salak Ubi orange

Kolak Biji Salak Ubi orange

Pernah ditawari makan sama teman, endess rasanya. Nah...mulai dari situ, coba bikin sendiri. Alhamdulillah,rasa tidak mengecewakan dan bikin nagih

5 orang
1 jam
Mpasi 7 bulan "bubur sayur sosis ayam"

Mpasi 7 bulan "bubur sayur sosis ayam"

Sedari subuh ujan, jadi emaknya males mau pergi ke warung dan akhirnya masak yang ada di kulkas aja hhihi Syukur Alhamdulillah si bayi suka dan emang ini rasanya manis loh

3 porsi
15 menit
Bubur Biji Salak

Bubur Biji Salak

Rasanya yg manis membuat anak-anak suka dengan bubur ini, pas banget kalo dipasangkan dengan bubur sumsum

10 porsi
Biji Salak Versi Iris Serong

Biji Salak Versi Iris Serong

Lihat biji salak dan kolak berkeliaran di IG kebetulan juga punya ubi yang udah dari kapan punya belum diolah,so...Pengen banget juga buat.disini biji salaknya Saya ga bulatin,biar ga makan waktu Saya potong serong aja. Buat nya simple aja ya..ga libet cuma berapa Bahan aja Udh bisa nikmatin biji salak yg Enak.disajikan dingin dan hangat Sama mantapnya. Save resep ala Saya.