Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bubur Ayam Palembang yang Sempurna

Dipos pada January 9, 2019

Bubur Ayam Palembang

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bubur Ayam Palembang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Bubur Ayam Palembang yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur Ayam Palembang, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Ayam Palembang ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ayam Palembang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ayam Palembang memakai 25 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Alhamdulillah rasanya ni bubur ayam enak banget guys.. Buat sarapan pagi ni mantull bangett ☺️☺️ Bubur ayam biasanya ayamnya disuir ya guys.. Tapi bubur ayam aku kali ini ayamnya dipotong potong dadu aj ga disuir, ga ada alesan apa apa sih.. lagi pengen aja πŸ€­πŸ˜·πŸ™ #PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ayam Palembang:

  1. 250 gr Ayam
  2. Nasi secukupnya (untuk bubur)
  3. 1 liter air (secukupnya sesuai kebutuhan)
  4. 2 lembar daun salam
  5. 2 batang serai
  6. 12 sdm kecap manis
  7. 6 sdm kecap asin
  8. secukupnya Garam
  9. secukupnya Kaldu bubuk
  10. Minyak sayur secukupnya (untuk menumis bumbu)
  11. Bumbu Halus
  12. 2 buah bawang merah
  13. 6 buah bawang putih
  14. 1 ruas kunyit
  15. 1 ruas jahe
  16. 1 bungkus kayu manis
  17. 1 bungkus ketumbar
  18. 1 bungkus cengkeh
  19. 1 bungkus jinten
  20. 1 buah pala
  21. Bahan Tambahan
  22. Daun seledri
  23. Bawang goreng
  24. Kerupuk
  25. Telur ayam rebus

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ayam Palembang

1
Potong potong ayam sesuai selera, sy ga disuir ayamnya dipotong potong dadu, kemudian dicuci bersih lalu tiriskan dan sisihkan. Daun salam dibuang batang daunnya, serai di geprek lalu sisihkan. Siapkan bumbu bumbu halus. Bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, ketumbar, jinten, kayu manis, pala, cengkeh. Di tumbuk halus atau diblender jg boleh. Sebelum diblender ditumbuk halus dulu baru diblender agar lebih mudah saat diblender. Blender hingga benar2 halus.
Bubur Ayam Palembang - Step 1
Bubur Ayam Palembang - Step 1
2
Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus lalu tambahkan daun salam, serai, garam, gula, kaldu bubuk aduk aduk hingga rata.
Bubur Ayam Palembang - Step 2
3
Kemudian tambahkan ayam yang sudah dipotong potong dadu lalu tambahkan air, kecap manis, kecap asin. Aduk aduk hingga rata dan masak hingga mendidih. Test rasa. Jika sudah pas, angkat dan sajikan.
Bubur Ayam Palembang - Step 3
Bubur Ayam Palembang - Step 3
Bubur Ayam Palembang - Step 3
4
Kuah bubur ayam siap dinikmati bersama dengan nasi yang sudah dibuat menjadi bubur.
Bubur Ayam Palembang - Step 4
Bubur Ayam Palembang - Step 4
5
Masukan bubur nasi kedalam piring tambahkan kuah semur lalu tambahkan ayamnya kemudian tambahkan daun seledri dan bawang goreng kemudian tambahkan kerupuk. Bubur ayam siap disantap.. selamat mencoba..
Bubur Ayam Palembang - Step 5
Bubur Ayam Palembang - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Ayam Banjar Khas Kalimantan Selatan

Bubur Ayam Banjar Khas Kalimantan Selatan

Resep lainnya, bisa kalian simak di akun instagram: @emira_dmayasari / @dapur_emira

8-10 porsi
Bubur Ayam Sayur Praktis

Bubur Ayam Sayur Praktis

Bubur ayam sayur ini hasil dari cemplung2 bahan yang ada di rumah. Dan karena males bikin dari beras, soalnya lama jadilah pake nasi dan diblender.. Hihihi #PejuangGoldenApron2

MPASI 6+ "Bubur Nasi + Labu Siam"

MPASI 6+ "Bubur Nasi + Labu Siam"

Alhamdulillah anakku suka dengan menu ini, makannya lahap..πŸ₯°

2 porsi
Bubur ayam rempah

Bubur ayam rempah

malem malem lagi pengeeen banget makan bubur , tapi males banget keluar buat beli , pesen lewat gofood? takut rasanya gak cocok . Akhirnya cek di kulkas ada Ayam yg belom di olah . Alhasil buat sendiri deh bubur nya . dan rasanya gak kalan loh dari bubur abang2..

Mpasi 7 bulan+ (Bubur wortel tahu lele)

Mpasi 7 bulan+ (Bubur wortel tahu lele)

Selalu semangat buatin athaya bubur... Karna doi selalu lahap kalo makan... Ga ada penolakan kayak kakaknya dlu...

🌈 Bubur Manado Pelangi

🌈 Bubur Manado Pelangi

Masakan khas Manado yang pas dan bergizi banget buat sarapan. Kamu bisa berkreasi buat isi sayuran dan lauk pendampingnya. Cocoknya dimakan bersama cakalang pedas, ikan asin, dan sambal.

2 porsi
60 menit
Bubur ayam sederhana ala rumahan

Bubur ayam sederhana ala rumahan

Mau berbagi resep mudah, praktis dan murah dikala pandemi covid-19 ini.. Dan kebetulan lagi pengen bubur tapi sayang tukang bubur langganan ga muncul2:(

5 porsi
6. Bubur (favorit) sumsum

6. Bubur (favorit) sumsum

Berbukalah dengan yg manis manis gurih 😍 note : saya bikinnya tanpa takaran yah bun, jadi sesuai kebutuhan aja 🀭

Bubur Maizena Roti Tawar

Bubur Maizena Roti Tawar

#PGA3week1 Awalnya mau bikin setup roti tawar, tapi kebanyakan larutan maizena nya πŸ˜…πŸ˜… berasa kayak bubur tapi dari maizena. Versi ekonomis dan lumayan sii, manis gurih. #cookpadcommunity_yogyakarta #PejuangGoldenApron3

MPASI Bubur saring Zucchini

MPASI Bubur saring Zucchini

MPASI hari pertama baby S, berusaha menyamakan menu satu rumah dengan si baby.

Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz

Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz

Terdapat 2 jenis bubur ayam yaitu bubur ayam kuah putih dan kuning. Dalam resep kali ini saya membuat resep bubur ayam kuah kuning ala Chef Willgoz juara masterchef season 3. Pada resep ini menurut saya terdapat beberapa kelebihan. Memasak bubur ayam lebih praktis, walau harus memarinasi ayam semalaman di kulkas, tapi tidak perlu membuat bumbu kaldu terlebih dahulu dan tidak memisahkan dengan kuah santan. Tetapi tidak perlu takut karena bumbunya lebih komplit sehingga rasa juga semakin lebih kaya πŸ˜ŠπŸ‘ŒπŸ» Selain itu, pada resep ini, tidak hanya menggunakan daging ayam, tapi juga kulit ayam. Selain harganya lebih murah, tapi ini yang membuat bubur ini berbeda dengan bubur ayam yang lain, karena kulit ayam yang digoreng hingga kecoklatan menambah tekstur bubur ayam yang lembut dikombinasikan dengan ayam yang crispy membuat bubur ayam ini semakin kaya rasa πŸ₯ΊπŸ‘πŸ» Yuk masak lagi! πŸ‘©β€πŸ³β€οΈ #cookpadcommunity_malang #PejuangGoldenApron3 #minggu1 #1stweek

4-6 porsi
Bubur kacang ijo simpel

Bubur kacang ijo simpel

#PejuangGoldenApron2. #CABEKU. #PakKetipakTepung. Bangun tidur siang mendadak pengin bubur kacang ijo mo beli dah ga da yg jual bubur siang" cek n ricek dapur ada kacang ijo punya ibu mertua cuss bikin aja seporsi yg kebetulan juga ga da yg suka πŸ€”

1 mangkok
30 mnt
Bubur kacang ijo metode 5307

Bubur kacang ijo metode 5307

Masak dengan metode 5307 empuk gak pake direndem semalaman

Burjo (bubur kacang ijo) empuk

Burjo (bubur kacang ijo) empuk

Sore-sore kok hujan, bikin yang anget-anget cocok nih...

5 porsi
MPASI 6 Bulan - Bubur PATAPU (Patin Tahu Putih)

MPASI 6 Bulan - Bubur PATAPU (Patin Tahu Putih)

LT nya tidak mesti olive oil ya moms, bisa diganti dengan UB, minyak goreng biasa jg bisa, yang penting minyak bersih jangan yg sudah dipakai.