Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz yang Bikin Ngiler

Dipos pada January 8, 2019

Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz kira-kira 4-6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz memakai 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Terdapat 2 jenis bubur ayam yaitu bubur ayam kuah putih dan kuning. Dalam resep kali ini saya membuat resep bubur ayam kuah kuning ala Chef Willgoz juara masterchef season 3. Pada resep ini menurut saya terdapat beberapa kelebihan. Memasak bubur ayam lebih praktis, walau harus memarinasi ayam semalaman di kulkas, tapi tidak perlu membuat bumbu kaldu terlebih dahulu dan tidak memisahkan dengan kuah santan. Tetapi tidak perlu takut karena bumbunya lebih komplit sehingga rasa juga semakin lebih kaya πŸ˜ŠπŸ‘ŒπŸ» Selain itu, pada resep ini, tidak hanya menggunakan daging ayam, tapi juga kulit ayam. Selain harganya lebih murah, tapi ini yang membuat bubur ini berbeda dengan bubur ayam yang lain, karena kulit ayam yang digoreng hingga kecoklatan menambah tekstur bubur ayam yang lembut dikombinasikan dengan ayam yang crispy membuat bubur ayam ini semakin kaya rasa πŸ₯ΊπŸ‘πŸ» Yuk masak lagi! πŸ‘©β€πŸ³β€οΈ #cookpadcommunity_malang #PejuangGoldenApron3 #minggu1 #1stweek

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz:

  1. 200 gr beras
  2. 1,2 liter air (saya memakai perbandingan beras:air 1:6. Jika teman-teman memasak dg 1 cup beras, bisa pakai 6 cup air)
  3. 3 potong ayam
  4. 200 gr kulit ayam
  5. Secukupnya gula, garam, lada, kaldu bubuk/penyedap (jika berkenan)
  6. Bumbu kuning
  7. 3 siung bawang putih
  8. 6 siung bawang merah
  9. 1 cm jahe
  10. 3-4 cm kunyit
  11. 2 cm lengkuas
  12. 5 butir kemiri (sangrai)
  13. 60 ml santan kental instan (sun kara bungkus kecil)
  14. 3 sdm minyak goreng/secukupnya
  15. Pelengkap
  16. Secukupnya kerupuk, sambal, kacang kedelai/tanah

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz

1
Haluskan semua bumbu menjadi satu. Termasuk santan dan minyaknya. (TIPS: dalam tahap ini kemungkinan warna bumbu halus masih cenderung kuning muda atau putih keruh, tetapi jika sudah ditumis nanti akan menggelap. Memblender dengan minyak bertujuan supaya bumbu tidak encer dan lebih cepat matangnya).
Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz - Step 1
Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz - Step 1
2
Tumis bumbu halus hingga berubah warna menjadi lebih kuning gelap dan tambahkan secukupnya garam juga kaldu bubuk/penyedap. Marinasi ayam dan kulit menggunakan 1/2 porsi dr bumbu yg sudah ditumis, dan sisihkan sisa 1/2 nya lagi untuk kuah bubur. Marinasi ayam minimal semalaman (Saya: 7 jam. Malam memarinasi, pagi memasak).
Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz - Step 2
Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz - Step 2
Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz - Step 2
3
AYAM: Setelah ayam dan kulit termarinasi, goreng hingga kecoklatan. Tiriskan. Suwir ayam dan potong kulit kecil-kecil. (TIPS: kulit ayam di sini selain harganya lebih murah cocok utk dibuat jualan, tapi juga bisa memperkaya tekstur kriuk-kriuk ketika makan bubur yang lembut).
Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz - Step 3
Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz - Step 3
Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz - Step 3
4
BUBUR: masukkan beras dan air. Masak beras hingga menjadi bubur. Ketika bubur hampir matang, tambahkan sedikit garam dan merica. (TIPS: sering aduk bubur agar tidak gosong bawahnya atau menggunakan panci anti lengket).
Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz - Step 4
Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz - Step 4
5
KUAH: tuang sedikit minyak bekas goreng ayam dan kulitnya. Tumis 1/2 sisa bumbu halus kuning. Tambahkan air dan secukupnya gula, garam, lada, kaldu bubuk/penyedap jika berkenan. Koreksi rasa.
Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz - Step 5
Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz - Step 5
6
Sajikan Bubur Ayam Kuah Kuning dengan kerupuk, kacang kedelai/tanah, dan sambal πŸ˜πŸ‘πŸ»
Bubur Ayam Kuah Kuning ala Chef Willgoz - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur sumsun

Bubur sumsun

2 porsi
Bubur manado magicom

Bubur manado magicom

Kangen dulu dirantauan. Sering makan ini. Di Malang belum Nemu orang jual bubur Manado. Karna dimalang adanya bubur ayam sama bubur sumsum. Eaa eaaaa . Ngumpulin niat masak nya Uda lama banget. Baru kesampeann.... Not bad lah hasilnya. Saran sih mending make panci aja. Karna kalo pake mejikom kotor bangeet spe dalem dalem nya. Bersihinnya susah karna Uda kering gitu. #PejuangGoldenApron3

Bubur Sop Banjar

Bubur Sop Banjar

5 porsi
90 menit
Day. 26 Bubur Wortel Kuah Udang (6 month+)

Day. 26 Bubur Wortel Kuah Udang (6 month+)

Masak yg simpel aja hari ini. Telat masaknya sih. Alhamdulillah malah lahap banget makannya. 😁😁

Bubur Ayam sederhana

Bubur Ayam sederhana

Dijamin sederhana dan uendul maniiw parahhhhh

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Lagi libur dan gak ada kerjaan, jadi pengen aja bikin bubur kacang ijo πŸ˜…

2 Porsi
39.Tinutuan / Bubur Manado πŸ₯£πŸ˜πŸ’•

39.Tinutuan / Bubur Manado πŸ₯£πŸ˜πŸ’•

Request suami, pengen maem tinutuan. Cuz langsung eksekusi πŸ’•πŸ˜ . . #PejuangGoldenApron3 #PejuangGoldenApron3minggu2

05. Bubur hati ayam - MPASI 6+

05. Bubur hati ayam - MPASI 6+

Takut banget kalo Alisha kekurangan zat besi. Alhasil masak bubur kali ini ditambah hati ayam sama sayuran hijau lainnya. Alhamdulillah Alisha doyan bangeet πŸ˜»πŸ’―

2 porsi
Bubur ayam

Bubur ayam

#DiRumahAja di saat sakit Gerd kambuh di sarankan dokter buat makan bubur. Karena belum bisa keluar rumah jadi saya buat bubur sendiri jadi bisa di makan kapan saja. Enjoy! 😬😁

4 orang
45 menit
Mpasi 11 m+ bubur ayam korea (dakjuk)

Mpasi 11 m+ bubur ayam korea (dakjuk)

Bubur ini gurih bgt moms dan bisa di mkn sm mami papinya tinggal tambahin cabe bubuk dan lada. Anak sy doyan dan lahap mamamnya krn buburnya wangi. Dan lebih enak lg klo di taburin keras nasi khas korea( nurungji) jadi pas bubur uda matang di taburin keraknya dan tggu beberapa saat smp kerak agak lembek atau lembek sesuai selera rasanya gurih enak dan ini utk 3 kali mamam anak sy. Klo bisa pakai beras pandan wangi ya moms.

3 porsi
Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Saat hanya berani makan bubur2an dulu, maka kepikir bikin bubur kacang ijo, konon kacang hijau bagus banget untuk pemulihan kesehatan dan penambah stamina, aslinya dulu ngga suka, saat terpaksa memberikan ASI maka lama2 jadi suka, doyan banget malah, terutama yang dibikin bubur, kali ini pingin cobain resepnya mba @sheila dengan motonya "everyone can cook"nya, tapi ternyata ada beberapa yang umi rubah, misal ngga ada ketannya, padahal pesannya jangan di skip. Lah pas ga ada, lupa kalau habis kapan hari dibikin ketan juruhπŸ˜…πŸ™ πŸ₯°.. Source: @cooking with sheila #RekrutmenAgenRahasia1 #Cookpadcommunity_surabaya #CABEKU

Bubur kebuli kambing for mpasi 10 bulanπŸ₯³(syurbah)

Bubur kebuli kambing for mpasi 10 bulanπŸ₯³(syurbah)

iseng" bikinin baby hameed syurbah kebuli gegara kemaren doi nyobain nasi kebuli dan dy ketagihan dong πŸ₯³πŸ˜œmungkin karna udah bosen sama menu bayi yg gitu" aja jadi dy mau yg mainstream kali ya wkwk bisa jadi alternatif bwt anak gtm nih mom 😁☺️

Mpasi Bubur Ayam Ungu

Mpasi Bubur Ayam Ungu

Menu andalan supaya Mei ga GTM dan sehat #weekendchallenge

2 porsi