Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Telur dan Tahu yang Enak

Dipos pada January 14, 2022

Opor Telur dan Tahu

Bagaimana membuat Opor Telur dan Tahu yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Opor Telur dan Tahu yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Telur dan Tahu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Telur dan Tahu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor Telur dan Tahu sekitar 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Telur dan Tahu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Telur dan Tahu memakai 14 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Telur dan Tahu:

  1. 6 butir telur ayam
  2. 1 tahu putih
  3. 7 siung bawang merah
  4. 4 siung bawang putih
  5. 3 cm kunyit
  6. 4 butir kemiri
  7. 2 cm jahe
  8. 1 sereh
  9. Daun salam
  10. Bawang goreng untuk taburan
  11. Seledri potong untuk taburan
  12. Gula, garam, penyedap
  13. Air
  14. Santan kara

Langkah-langkah untuk membuat Opor Telur dan Tahu

1
Rebus telur lalu kupas. Bagi yang suka kulit telurnya agak keras, bisa dikerat/disayat lalu digoreng (penampakannya akan seperti telur bumbu bali)
Opor Telur dan Tahu - Step 1
Opor Telur dan Tahu - Step 1
2
Tahu dipotong2
Opor Telur dan Tahu - Step 2
3
Haluskan bumbu dengan diulek atau diblender: bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe
Opor Telur dan Tahu - Step 3
Opor Telur dan Tahu - Step 3
4
Tumis bumbu hingga harum, lalu masukkan daun sereh yang sudah digeprek dan daun salam. Kemudian masukkan telur dan tahu.
Opor Telur dan Tahu - Step 4
Opor Telur dan Tahu - Step 4
Opor Telur dan Tahu - Step 4
5
Aduk sebentar, lalu tambahkan air secukupnya hingga terendam.
Opor Telur dan Tahu - Step 5
Opor Telur dan Tahu - Step 5
6
Saat airnya sudah setengah matang, masukkan santan Kara. Saya pakai yang bungkusnya bentuk segitiga. Saya masukkan semuanya. Lalu aduk-aduk dan didihkan. Terakhir, tambahkan garam, gula, dan penyedap.
Opor Telur dan Tahu - Step 6
Opor Telur dan Tahu - Step 6
7
Taburi seledri dan bawang goreng. Jadi deh :) Oya saya pakai sedikit bumbunya untuk menyiram brocolli rebus juga hehe.. Lumayan buat teman makan sayurnya.
Opor Telur dan Tahu - Step 7
Opor Telur dan Tahu - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Tahu Sederhana

Opor Ayam Tahu Sederhana

Udah lama ga bikin opor. di kulkas msh ada stok tahu. kuy lah dicampur aja sm si ayam😁 td bkin bubur nasi jg. jd nanti makan buburnya sm opor ayam ini.. 😀 #OlahanAyam #MenuHarianSederhana

6 orang
30 menit
Lontong opor ayam + sambal

Lontong opor ayam + sambal

Spesial lebaran .. Mu youtube channel : syare nomel... Yukk berkunjung moms..

Opor lamtem rempah jhiues

Opor lamtem rempah jhiues

2 orang
15 menit
Opor Ndokwel ala Ny.SBJ

Opor Ndokwel ala Ny.SBJ

Pertama x buat opor begini,gak bisa masak,rasa masih blm terlalu enak,aku rapopo....

5 porsi
Opor Ayam Buncis

Opor Ayam Buncis

lagi kepingin mengolah ayam dari kemarin.. skrg waktu nya di opor.. kebetulan ada sisa buncis di kulkas dari bistik ayam kemarin.. langsung eksekusi aja deehhh😁☺️☺️ kenapa ditambahin buncis? karna aku pingin ada sayuran buat temen makan anakku, jadi biar ga dua kali masak aku tambahin buncis aja biar sekalian😅😂🤣

Opor ayam sederhana

Opor ayam sederhana

Lagi males ribet. Padahal si dia minta s*to tapi dibikinin ini aja makannya nambah. Alhamdulillah, cocok juga buat sahur.

8 porsi
50-60 menit
Opor ayam week2

Opor ayam week2

biasa masak opor ayam tidak ditambahin santan karena sudah ada kemirinya, akhir akhir ini saya tambahin santan dan kemiri saya kurangin, gara gara lebaran masak ini, anak anak saya makan tak henti henti, jadi sering diminta masakin opor ayam☺️ #PejuangGoldenApron3 #MasakItuSaya #DiRumahAja

4 porsi
60 menit
Opor Ayam Kuning Rumahan

Opor Ayam Kuning Rumahan

Assalamualaikum, semoga bermanfaat resepnya

Opor Ayam

Opor Ayam

Mama QQ

Opor

Opor

Resep #@Mommy Indah tapi beberapa di modifikasi saya skip menyesuaikan bahan dirumah.

Lontong opor praktis

Lontong opor praktis

#kangenkampungindonesia Resep untuk yang lg kepepet. Pengen opor tp bumbu terbatas. Takaran bawang2an disini disesuaikan sm kondisi saya yg lg di Geneva, yg bawang putihnya disebut "ail" dan wangiiii bgt, bawang merahnya saya lupa disebut apa (tp.bukan "oignon" ya. Kl oignon itu lbh ke bawamg bombay) lbh gedhe & lebih wangi jg. Bawang2an ini cm diiris2 krn ga punya uleg-an dan kl make blender pagi2 atau malam2 bs ditimpukin bantal sama tetangga krn berisik. Kl di Indonesia jmlh bawang putih kalikan 3 atau 4 ya, bawang merah kalikan 5, trus diuleg aja atau diblender. Saya saat ini tinggal di Swiss. Resep2 yg saya kasih tagar #kangenkampungindonesia ini isinya resep2 masakan2 indonesia tp pakai bahan2 yg disini susah dicari atau bahkan ga ada sama sekali. Misalnya kemiri. Atau jahe (yg sbnrnya disini ada tp mahal, ga tega mau belinya). Atau ebi (disini adanya udang segar, itupun mahal banget). Atau mie telur (disini ada sih yg bernama "mie telur", tp beda rasanya. Dan spageti lbh murah). Jadi masakannya ga otentik yah. Tapi rasanya ya diusahakan semirip mungkin dg masakan yg pake bumbu2 yg benar. Tapi bukan berarti teman2 yg di Indonesia ga bs make resep ini loh ya. Kl yg pengen praktis atau krn wabah corona jd ga pengen keseringan ke warung/supermarket nyari bumbu2 spesifik bs banget make resep ini ya. Semoga bermanfaat.

Opor ayam santan

Opor ayam santan

Opor ayam makanan kesukaan anak2.. rasanya gurih kalo udah ada opor ayam makan anak2 mestipun nambah terus...🤣🤣 #cabeku #bamasakjosantan #BancakanOnlineBarengCookpad Bonusnya mau korean garlic #onlineclasa #cookpadcommunity_palembang #resepwongkito

5 orang
60 menit
Opor telur n tahu

Opor telur n tahu

Masak murah tp mewah

4 porsi
Opor Tahu (pelengkap lentog kudus)

Opor Tahu (pelengkap lentog kudus)

Suami doyan banget lentog kudus, biasanya lentog kudus itu ketupat/lontong, pake opor tahu dan sayur nangka santan gitu.. Pakai pelengkap sate telur puyuh + kerupuk udang. Berhubung suami ga doyan sayur nangkanya, bikin opor tahunya aja sama ketupat.. Bedanya sama opor biasa, di bumbunya ditambah udang goreng jadi makin gurih 👍👍 Source: sartika widowati #PejuangGoldenApron3

461.Opor Ayam Simple

461.Opor Ayam Simple

Lama sekali ga masak opor mumpung lg suasana lebaran jd masak opor sama telur petis....enak bgt makanx pake lontong😋😋😋 source icha irawan🥰🥰🥰 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Probolinggo #DiRumahAja #MasakItuSaya