Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Wadai Sari Penganten yang Bikin Ngiler

Dipos pada July 26, 2021

Wadai Sari Penganten

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Wadai Sari Penganten yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Wadai Sari Penganten yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Wadai Sari Penganten, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Wadai Sari Penganten di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kira-kira porsi penyajian Wadai Sari Penganten adalah 8 Bagian. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Wadai Sari Penganten diperkirakan sekitar 60 Menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Wadai Sari Penganten sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Wadai Sari Penganten memakai 29 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Himbauan untuk dirumah aja di masa pandemi ini membuat saya bersemangat untuk mencoba membuat wadai (kue) basumap (kukus) khas Banjarmasin yang biasanya hanya dijual pada Bulan Ramadhan. Kue-kue jenis ini kalau di rumah saya selama puasa selalu ada untuk melengkapi hidangan berbuka puasa, tahun-tahun sebelumnya saya membeli kue ini setiap hari di tempat langganan, tetapi tahun ini berbeda, kalau harus tiap hari keluar rumah hanya untuk membeli kue ini jelas sangat berbahaya ditengah situasi darurat seperti ini yang mengharuskan semua orang untuk jaga jarak, jaga kesehatan, jaga diri dan banyak hal lagi yang harus dijaga demi keselamatan diri, keluarga dan orang lain di seluruh dunia. Semoga masa-masa sulit ini cepat berlalu. Wadai Sari Penganten (orang Banjarmasin menyebutnya) ini adalah kue kesukaan Abah (Ayah) saya, beliau sangat hobi dengan kue yg satu ini. Saya mencoba mencari-cari resep untuk belajar, dan dari beberapa resep yang saya temukan saya coba perbaharui dengan versi sesuai selera yang saya inginkan bila saya rasa kurang pas. Yuk langsung di coba resepnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Wadai Sari Penganten:

  1. Lapisan Hijau:
  2. 1 btr Telur
  3. 200 gr Gula Pasir
  4. 50 gr Tepung Beras
  5. 50 gr Tepung Terigu
  6. 1/4 sdt Garam
  7. 350 ml Santan Panas
  8. 200 ml Air Endapan Pandan
  9. Secukupnya Pewarna Hijau Muda+ Hijau (bila perlu)
  10. Lapisan Kuning:
  11. 50 gr Tepung Beras
  12. 50 gr Tepung Terigu
  13. 1 ktk Vanili Bubuk
  14. 1/4 sdt Garam
  15. 200 gr Gula Pasir
  16. 550 ml Santan Panas
  17. Secukupnya Pewarna Kuning
  18. 3 btr Telur (kocok lepas)
  19. 1 sct SKM
  20. Lapisan Pink:
  21. 100 gr Tepung Beras
  22. 12 gr Gula Pasir
  23. 3/4 sdt Garam
  24. 1 sct SKM
  25. 100 ml Santan Panas
  26. 400 ml Santan
  27. Secukupnya Pewarna Pink+ Merah (bila perlu)

Langkah-langkah untuk membuat Wadai Sari Penganten

1
Siapkan loyang persegi ukuran 20x20 cm yang telah diolesi minyak dan dilapisi plastik, panaskan kukusan hingga mengeluarkan asap, gunakan api sedang.
2
Lapisan Hijau: Kocok telur dan gula dengan whisk hingga tercampur rata, tuang air endapan pandan, aduk rata lalu masukkan tepung beras, tepung terigu dan garam, aduk rata, terakhir masukkan santan panas dan beri pewarna hijau muda + hijau hingga didapatkan warna yang diinginkan.
3
Tuang adonan hijau ke dalam loyang yang telah dimasukkan ke dalam kukusan, kukus kurang lebih 15 menit atau hingga adonan hijau bisa dituangi adonan kuning.
4
Lapisan Kuning: Campurkan tepung beras, tepung terigu, vanili, garam dan gula, tuangkan santan panas sedikit dahulu, aduk rata dengan whisk agar tepung tidak menggumpal, lalu masukkan sisa santan dan aduk kembali, tuang telur yang telah dikocok lepas dan SKM, aduk rata kemudian beri pewarna kuning hingga didapatkan warna yang diinginkan.
5
Tuang adonan kuning sedikit demi sedikit diatas adonan hijau yang telah dikukus tadi menggunakan sendok sayur secara perlahan agar adonan hijau tidak ambyar dan tercampur dengan adonan kuning, kukus kurang lebih 15 menit atau hingga adonan kuning bisa dituangi adonan pink.
6
Lapisan Pink: Campurkan tepung beras, gula, dan garam lalu tuangi 100 ml santan panas, aduk dengan whisk hingga rata dan kental, masukkan SKM dan 400 ml santan aduk hingga rata, terakhir beri pewarna pink + merah hingga didapatkan warna yang diinginkan.
7
Tuang adonan pink sedikit demi sedikit diatas adonan kuning yang telah dikukus tadi menggunakan sendok sayur secara perlahan agar adonan kuning tidak ambyar dan tercampur dengan adonan pink, kukus kurang lebih 25-30 menit atau hingga adonan seluruh adonan matang. Bisa dilakukan tes tusuk untuk mengetahui kematangan kue.
8
Tips: Usahakan ukuran kukusan jauh lebih besar daripada loyang, agar uap panas tidak membasahi adonan dan lapisi tutup kukusan dengan serbet/ kain apabila menggunakan panci biasa dan apabila diperlukan ganti serbet/ kain pelapis tutup kukusan agar air uap tidak menetes di atas adonan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pindang Tulang Iga

Pindang Tulang Iga

Ceritanya sedang rindu makanan khas Palembang, jadi belajar masak salah satu makanan khas Palembang. Mohon maaf ya kalau belum mendekati sempurna seperti pindang tulang khas Palembang, dan mohon maaf juga kalau di foto ini belum memasukkan daun kemangi dan daun bawang. Sudah keburu buka puasa soalnya 😁✌️

5-6 porsi
Tahu petis

Tahu petis

Udah mepet waktu berbuka tapi baru pulang kerja, belum sempat masak. Akhirnya bikin yang cepat dan praktis. Tapi ternyata hasilnya enak banget, segar rasanya.

5 porsi
10 menit
Ayam Tepung Saus Tiram

Ayam Tepung Saus Tiram

Inspirasi menu untuk berbuka puasa... Selamat mencoba...

250gram dada ayam fillet
Setup pisang + nanas

Setup pisang + nanas

Menu berbuka tanpa santen dan segar banget.. Simple dan segar❤️♥️

Es Kelapa Alpukat

Es Kelapa Alpukat

Hari ini belanja buah-buahan di dunia buah, lihat alpukat tiba-tiba teringat es kelapa alpukat yang biasa saya beli di dekat tempat kerja sebelum ada wabah corona. Kangen sekali sama makanan manis nan lezat ini, akhirnya saya buat es kelapa alpukat untuk menu berbuka.

5 porsi
5 menit
37.Tahu Bakso Ungaran Ala Mommy

37.Tahu Bakso Ungaran Ala Mommy

Lagi pengen buat tahu bakso.. Ini enak lhoo.. Buat camilan buka puasa sore ini.. Purwomartani, 7 Mei 2020

Keciput wijen

Keciput wijen

Ide utk kue lebaran dan bisa jadi cemilan abis berbuka puasa..asli ini anti gagal dpt resep dr ig nya yackikuka #dirumahaja

Kolak Legit 👌

Kolak Legit 👌

Kolak sangat identik dengan sajian buka puasa di bulan Ramadhan. Cara membuatnya pun tergolong sangat mudah tinggal cemplung-cemplung 😊 happy fasting semuanya

30 menit
007.Cekeremes (Ubi goreng tepung)

007.Cekeremes (Ubi goreng tepung)

Paksu tetiba minta dibikinin.. Buat cemilan buka puasa katanya. Baiqlahh🥰

Garlic brand

Garlic brand

Punya roti manis Nganggur di kulkas ga ada yang nyolek. Nah daripada buka puasa tiap hari gorengan mulu saya olah lah roti tersebut alhamdulillah akhirnya pada di makan

untuk 5 porsi
Es Melon Susu

Es Melon Susu

Takjil buka puasa hari ini😍 #FestivalRamadanCookpad #DiRumahAja Adanya melon dan nata decoco, ya udah bikin yg simple aja👌😁

Pepaya Pisang Smoothies

Pepaya Pisang Smoothies

Dapat dikasih pepaya dan ada stok pisang, enaknya diapain yaaahh buat buka puasa? Smoothies dong yaaa.. Tambahin air lemon dan kurma, masyaAlloh...wenaaak segar di tenggorokan...🥰 Nikmat Tuhan mana lagi yg kamu dustakan 😌🤲

1 gelas 400ml
10 menit
Puding susu strawberry oreo

Puding susu strawberry oreo

Anakku lagi belajar puasa. Jadi, biar semangat puasa nya dibikinin puding buat buka puasa. Soalnya anakku suka puding. Resep ini hasil recook dari cookpaders Mba Amelia September, cuma aku skip coklat strawberry nya. #FestivalRamadanCookpad

Mie Ayam Kampung

Mie Ayam Kampung

Yeeeyy.. Hahaha. Krn punya sisa kuah ayam bakar kmren😀 tercetuslah ingin kali aku bikin mie ayam kepala.. Hehe. Udalah cuss bikin buat buka puasa td..

Bubur Jagung

Bubur Jagung

Teman berbuka puasa yg sehat, enak dan pasti disuka keluarga, ini juara banget dirumah. Mudah juga cara membuatnya. #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasakan #CABEKU #ComboNgabibita_OlahanJagung #CookpadCommunity_Bogor #CookpadIndonesia

Ayam goreng crispy asam manis pedas no MSG

Ayam goreng crispy asam manis pedas no MSG

Request anak buat buka puasa yg mana dia suka banget namanya ayam crispy #Festival Ramadhan Cookpad& #CABEKU

Telur balado

Telur balado

Menu buka puasa gak makai ribet ✨

10 porsi
45 menit
Pissang Nugget Simple

Pissang Nugget Simple

Recomended buat menu berbuka puasa

JAHUMAIKE(jagung,hunkwee,maizena,keju)

JAHUMAIKE(jagung,hunkwee,maizena,keju)

09-05-2020 bismillah, tetap semangat # dirumahaja ☔ udah beberapa hari ni sorenya hujan n susah banget keluar beli makanan berbuka, kembali melihat stok dirumah ap yg bs dieksekusi.kebetulan stok jagung masih ada, n muncul ide mau buat sesuatu yg lain n enak dimakan. Alhasil muncullah ide JAHUMAIKE, kenapa saya singkat namanya karenaa terinspirasi dari jasuke😄😄, diawal sy bergabung di cookpad pernah liat nama makanan jasuke bingung saya, lalu liat resepnya, ternyata bahan dasarnya dari jagung. Susu dan keju.😄☺️☺️👍 Kali ni saya mencoba membuat sesuatu yg berbahan dasar jagung yg enak tapi nikmat kita nikmati, idenya muncul tiba2 loe moms tanpa terencana.n awalnya sebelum berbuka merasa nga pede sama paksu n anak, karena paksu alhamdulilah perasanya jitu banget. . . . JAHUMAIKE ini emang pertama kali saya buat tanpa resep n setiap yg saya masukin langsung dicatat biar ga lupa. N Alhamdulillah rasanya betul2 nikmat banget, jagungnya lumer banget n lembut banget apalagi di tambah rasa asin kejunya, betul2 nikmat. Mesti dicoba moms.☺️☺️☺️ #masakitusaya #didapuryusrasfa #withlove #cabeku #festivalramadhancookpad

4 porsi
Wadai Alua || Enak, Lembut dan Praktis

Wadai Alua || Enak, Lembut dan Praktis

Ini adalah salah satu kue basah ciri khas orang kelua, Provinsi Kalimantan Selamatan. Cocok buat menu berbuka sebagai ganti takjil karena rasanya yang manis. Pembuatannya juga sangat mudah, praktis dan Aku yakin semua mamah² muda atau remaja² yang baru belajar masak pasti bisa membuatnya 😉 Selamat mencoba Mom's ❤ #CABEKU #FestivalRamadhanCookpad #NgeksisDiCookpad #DiRumahAja