Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Sate Madura yang Anti Gagal

Dipos pada July 8, 2019

Sate Madura

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Sate Madura yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Sate Madura yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Sate Madura, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Sate Madura ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sate Madura sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sate Madura memakai 11 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sate Madura:

  1. 1 kg Ayam fillet
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. secukupnya Garam
  4. Secukupnya kecap manis
  5. Bahan Bumbu kacang
  6. 1/4 kg kacang tanah
  7. 1 ons batok Gula merah/gula batok
  8. 5 siung Bawang merah
  9. 5 siung Bawang putih
  10. 1 sdm asam jawa (ambil airnya saja)
  11. secukupnya Air masak

Langkah-langkah untuk membuat Sate Madura

1
Bersihkan ayam lalu potong potong dadu/ potong potong sesuai selera. Kemudian beri air perasan jeruk nipis dan tambahkan garam lalu diamkan kurlep 20 menit agar meresap. Lalu tusuk tusuk daging ayam dengan lidi sate.
Sate Madura - Step 1
Sate Madura - Step 1
Sate Madura - Step 1
2
Kemudian siapkan panggangan lalu panggang sate hingga garing setelah garing oleskan sate dengan kecap manis Lumuri dengan kecap manis kemudian panggang lagi hingga garing tapi jangan sampai mutung.
Sate Madura - Step 2
Sate Madura - Step 2
Sate Madura - Step 2
3
Setelah garing dan matang angkat lalu sisihkan, ulangi hingga semua sate selesai dipanggang.
Sate Madura - Step 3
4
Bawang merah, bawang putih diiris iris tipis kemudian digoreng hingga garing lalu sisihkan. Kemudian kacang tanah digoreng hingga garing lalu sisihkan. Kemudian tumbuk halus atau diblender hingga halus kacang tanah goreng dan bawang goreng.
Sate Madura - Step 4
Sate Madura - Step 4
5
Lalu masukan kedalam wadah tambahkan air asam Jawa, gula merah (hancurkan dulu dengan air), garam, gula pasir aduk aduk hingga rata tambahkan sedikit air hingga adonan seperti digambar. Tidak terlalu encer.
Sate Madura - Step 5
Sate Madura - Step 5
6
Olesi sate yang sudah dipanggang tadi dengan bumbu kacang tanah lalu masukan kepiring dan tambahkan lagi bumbu kacang tanah sesuai selera. Sate siap disajikan.
Sate Madura - Step 6
Sate Madura - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate ayam sambal kacang

Sate ayam sambal kacang

Beli fillet paha 1 kg, pake 300gr utk diolah sate deh, biar variatif Menu pertama untuk apron batik #TiketGoldenBatikApron

2 orang
40 menit
Sate Padang Homemade

Sate Padang Homemade

Lagi ngidam sate padang tapi disini ga ada yg jual. sy buka youtube lihat di resepnya chef yuda bustara yg menurut sy simpel dan ga banyak printilan. rasa enak dan puas bikin sendiri.

30 tusuk
1 jam
Sate Goreng (ayam)

Sate Goreng (ayam)

Gara-gara corona jd rajin masak, bingung deh mau masak apalagi..rasanya udah mulai bosan, akhirnya nemu menu baru, lama sih sebenernya tp baru buat aku. Yess sate goreng..

2-3 porsi
35 menit
Sate Padang

Sate Padang

Dulu saya ngak suka makan sate padang,menurutku ngak pas dilidahku Sdh menikah ternyata paksu suka banget sama sate padang aku jadi ketularan suka juga, berhubung dapet daging Qurbannya banyak buati sate padang aja buat paksu .. Ternyata gampang ya buatnya 😅 Resep dari ibu malka

Sate Tahu Bumbu Kacang

Sate Tahu Bumbu Kacang

Bismillah... Assalamualaikum... apa kabar semuanya... Yee.... udah hari Rabu lagi saatnya goda goyang dapur bareng @komunitaspaders 💃💃tema minggu ini adalah aneka macam sate Siapa yang suka sama sate angkat tangannya☝️saya itu suka banget sama sate terutama sate ayam berhubung dirumah stok ayam lagi menipis🙈jadi saya harus asah otak nih saya enggak mau bolos lagi akhirnya saya kepikiran kenapa enggak coba sate tahu aja dan ternyata anak2 suka lho sama sate tahu, rasanya tidak kalah enak sama sate ayam atau sate daging Cuslah kita kepoin bahan2nya gampang lho bahan2nya #goda_sesatean #goda_pades #komunitaspaders #cookpad_indonesia #cookpadcommunity_depok #cookpad_paders

Lontong Pecal

Lontong Pecal

8 porsi
20 menit
Sate daging bumbu kacang

Sate daging bumbu kacang

2 porsi
30 menit
Sate Goreng Ayam

Sate Goreng Ayam

#dirumahAja, Masa karantina gk boleh jajan diluar, jadi ya buat sendiri deh 😊

Sate sapi goreng bumbu kacang

Sate sapi goreng bumbu kacang

Bismillah... Masak salah satu menu favorite keluarga tercinta♡♡♡♡♡♡♡bumbunya sengaja di buat banyak,bisa buat cocolan gorengan dll #KampungIdaman #CookpadCommunity_Yogyakarta #OlahanDagingKurban #MasakUntukKeluargaTercinta #SateSapiGorengEnakBanget #GengPejuangDapur

Sate Tahu Bakso Panggang Teflon sambal kacang kecap

Sate Tahu Bakso Panggang Teflon sambal kacang kecap

Meramaikan challenge di Kampung CoCoK plus memenuhi ajakan Mamah Cookpad untuk memasak dengan teflon maka saya membuat sate tahu bakso panggang di teflon di temani dengan sambal kacang kecap yang tentu saja enak 😋,,,,mirip2 Salome bakar tapi ini lebih enak karena rasa sambal kacangnya yang yahuuddd👍 Yuuukk aahh di simak aja cara membuatnya kalau tertarik silahkan di Cooksnap dan jangan lupa kirim ke saya ya hasil memasaknya di sertakan Link resepnya🙏🤗 #PekanPosbar #SerbaTeflon #PejuangGoldenBatikApron #GoldenBatikApron #MeolahCaruan_TahuPanggangTeflon #TahuPanggangTeflon #KreasiTahuPanggangTeflon #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #mingguke1

3 orang
±1jam
Sate padang #kitaberbagi

Sate padang #kitaberbagi

Meramaikan idul adha utk berbagi.resep adaptasi from 'selena cake'

1 jam
Sate Ayam teflon

Sate Ayam teflon

Anak saya kalau dimasakan sate ayam makan porsinya 2 x lipat jadi senang kalau masak sate

30 tusuk
Sate padang rumahan ala bun

Sate padang rumahan ala bun

Makanan favorit anak anak, kalo beli bisa 2-3 porsi lumayan ya ... Mumpung punya stock lidah rebus dirumah (resepnya sebelum ini) yuk cus eksekusi. Puas makannya ☺️

6 porsi
35 menit
Sate padang

Sate padang

Sate Padang ini tetap menjadi sate terfavorit bagi saya. Tapi saya kesulitan untuk mendapatkan rasa sate yang otentik setelah saya pindah ke pulau jawa. Akhirnya saya mencoba untuk memadupadankan bumbu² dengan takaran dan jadilah bumbu sate yang otentik.

6-8 porsi
1,5 jam
Sate padang

Sate padang

Kangen sate padang... Finally sate padang ada di rumah kalimantan😎😋

Sate Padang

Sate Padang

dikala jauh dr bumi pertiwi, hal yang paling dikangenin tiada bukan adalah kuliner negeri. sebagai seorang maniak masakan padang, pdhal bukan orang awak, kali pertama yang dicoba dibuat adalah sate padang, browsing kanan-kiri, cek bahan kanan-kiri, ternyata semua bahan yg dibutuhkan tersedia di belahan eropa ini. so this is it, sate padang ala 'uni icie' 😄 menu ini menjadi salah satu menu favorit catering untuk mahasiswa dan soal rasa, walaupun bnyak bahan disubtitusi tp lumayan bisa menjadi pengobat rindu sate padang favorit kami di pasar bendhil jakarta pusat.

10 porsi
120 menit
Sate Tempe Kuah Kacang Simpel Praktis dan Ekonomis

Sate Tempe Kuah Kacang Simpel Praktis dan Ekonomis

Pengen makan sate, tapi ga kebeli daging ayam yaudahlah ya pake daging tempe pun jadi😂 lebih sehat di badan juga di kantong anak kos hih

Sate Padang 'danguang danguang'

Sate Padang 'danguang danguang'

Bismillah.. Biasanya beli di Ajo2 Sate, kali ini coba bikin sendiri. Hmmm, enakkk bangett!! 😍😍 Source : Amriandaa

Sate Padang Bumbu Merah Daging Sliced🍡

Sate Padang Bumbu Merah Daging Sliced🍡

Sate Padang bumbu merah beda dgn sate Padang bumbu kuning,karena bumbu sate yg merah ciri khas sate Padang Pariaman & sedikit pedas...(sumber wikipedia)..masih ada sisa daging tinggal bikin bumbu versi merahnya.