Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam~ yang Anti Gagal

Dipos pada January 16, 2022

Opor Ayam~

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ayam~ yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Opor Ayam~ yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor Ayam~, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam~ ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Opor Ayam~ yaitu 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam~ sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam~ memakai 18 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam~:

  1. 5 potongan ayam
  2. 2 gelas santan kental
  3. 1.5 gelas santan encer
  4. 3 bawang putih
  5. 4 bawang merah
  6. 3 butir kemiri
  7. 1/2 sdt merica (sckupnya aja kalo saya pakai insting +- segitu)
  8. 1 sdt ketumbar
  9. 1 ruas jahe
  10. 1 ruas lengkuas
  11. 1 ruas kunyit
  12. 1 batang serai
  13. 3 lembar daun salam
  14. 2 lembar daun jeruk
  15. Secukupnya garam
  16. Gula
  17. Penyedap saya pakai totole
  18. Air kalo dirasa kurang kuahnya(opsional)

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam~

1
Pertama cuci bersih ayamnya. Rebus dulu biar empuk enak dberi garam sedikit
2
Lalu bersihkan bumbu, uleg semua bumbu. (kecuali serai, jahe, lengkuas) di geprek aja.
3
Tumis bumbu, masukkan daun salam, daun jeruk, tumis sampai harum
4
Masukkan santan encer dan ayam
Opor Ayam~ - Step 4
5
Beri garam, gula
6
Masukkan santan kental, penyedap, rasakan dan masak hingga matang(kalo saya apinya agak kecil aja tpi gk terlalu kecil biar bumbunya meresap ke ayamnya)
Opor Ayam~ - Step 6
7
Selesai, hidangkan.
Opor Ayam~ - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam opor dijamin mantab anti gagal👌

Ayam opor dijamin mantab anti gagal👌

Jdi ni resep dri alm nenek dulu sejak SD saya udh dilajarin cara masak sayur santen krna emang saya suka bgt sayur santen☺️ ni mntb bgt rsnya asin manis sedep nya 👍🏼👍🏼selamat mencoba🥰

Sayur Terik Ayam Tahu

Sayur Terik Ayam Tahu

Dikulkas tinggal ada ayam dan tahu , pengen masak yg sekalian anak bisa makan..akhirnya bikin sayur terik aja.. gurih gurih nyoy 😋

3 orang
Sayur Terik Telur Puyuh non MSG

Sayur Terik Telur Puyuh non MSG

bingung mo masak apa akhirnya bikin sayur terik yang cocok d buat dg kondisi habis hujan lebat. alkhamdulillah anak2 suka.

Opor ayam petelur (bulu merah), kentang kuah merah 🐔🥔🌶

Opor ayam petelur (bulu merah), kentang kuah merah 🐔🥔🌶

Punya ayam petelur (bulu merah) dikasih ibu sayang banget kalo ngga dibuat opor 😅 Rasanya hampir sama kaya ayam kampung, kalo yang punya presto silahkan dipake biar cepet. Kalo saya masih pake wajan biasa jadi lama nunggu matengnya (nyampe ngga alot).

3-5 porsi
1 jam
Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Masakan favorit sikecil,

Opor Ayam Tahu Cabe

Opor Ayam Tahu Cabe

Cuaca dingin krn hujan terus akhirnya mutar otak buat bikin masakan berkuah yang bisa buat menghangatkan, resep sederhana semoga suka

6orang
1jam
Opor ayam tempe spesial

Opor ayam tempe spesial

Sebenarnya ini baru uji coba dan ternyata lumayan buat sajikan untuk keluargaku

3 0rang
30 menit
Opor Ayam rumahan

Opor Ayam rumahan

Gak harus nunggu lebaran atau hari istimewa untuk bisa makan opor, sehari hari pun bisa donk...pake bumbu yang simple2 aja udh enak kok..😁. Untuk maksi anak2 bikin ini aja..

#256. Opor Rebung Tahu

#256. Opor Rebung Tahu

Minggu, 09082020 Program #CABEKU minggu ini kembali hadir bersama teman" dari komunitas Sumatera Barat dengan tema "Olahan Serba Santan", langsung aja yuukkk kita masak enak 💃👌👍😘 #CABEKU #bamasakjosantan #DiRumahAja #KeDapurAja #CookpadCommunity_Subang #Cookpad_id #CookpadIndonesia #Cookpaders #CloverCookingLover #Memasaklahdgnhatidancinta #BerbagiItuIndah

5 orang
30 menit
Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

dapat ayam kampung dr sodara.. bingung mau dimasak apa.. ehhh request lah papa ama anak minta di masakin opor ayam kampung..

6 orang
30 menit
Ayam Panggang Bumbu Opor

Ayam Panggang Bumbu Opor

Lagi ikutan BandungSilihAsaan kebetulan temanya recook olahan masakan , kue atau minuman berwarna kuning . Pilih resep dari CP Gia CintaPermana , ayam panggang bumbu opor. Biasanya kalo bikin opor ayamnya langsung dimasukin atau digoreng dulu tapi kali ini di panggang . Mantul rasanya , dan yang penting anak2 ku pada doyan semua . #RecookJuri #ResepGiaCinta #MasakAsyik #GenkGadoGado #BandungSilihAsaan_koneng #CookpadCommunity_Bandung #BertumbuhBersamaCookpad #PejuangGoldenApron3

184. Opor Ayam Hari Raya

184. Opor Ayam Hari Raya

Hari raya kemarin masaknya opor.... #PejuangGoldenApron3

Opor ayam Asli Madura

Opor ayam Asli Madura

MasyaAllah Tabarakallah #pejuangGoldenApron3 #minggu2 Buka resep, malah menemukan buku kusam milik ibuk. Disana tertulis resep² dg bahasa Madura asli. Katanya sih resep yang ditulis, yaitu resep asli Madura. Jadi tertariklah saya mencoba opor asli maduranya... dan ternyata bumbunya tidak ditumis, hanya ditanak saja. MasyaAllah suami suka .. #PejuangGoldenApron3 #minggu2

600mg
26 menit
Opor Ayam Praktis

Opor Ayam Praktis

#FestivalRamadanCookpad #DiRumahAja

Opor ayam

Opor ayam

tetiba pagi2 pengen masak opor, sembari nunggu pak bos pulang kerja, dan anak gadis yg masih tidur 😆