Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kolak Biji salak yang Anti Gagal

Dipos pada September 27, 2018

Kolak Biji salak

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Kolak Biji salak yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kolak Biji salak yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Kolak Biji salak, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Kolak Biji salak bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Kolak Biji salak sekitar 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Kolak Biji salak diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Biji salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Biji salak memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pertaman nyoba bikin kolak biji salak/candil, ternyata mudah, murah, dan jadinya banyak bs dibagi2 ke tetangga,,,

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Biji salak:

  1. 1 kg ubi kuning manis
  2. 200 gram tepung tapioka
  3. 1 buah santan kara
  4. 250 gram gula merah
  5. 200 gram gula pasir
  6. 4 lembar daun pandan
  7. 1 sachet vanili
  8. secukupnya Air
  9. 1 sdm garam

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Biji salak

1
Kukus ubi lalu lumatkan dan uleni dengan tepung tapioka sampai kalis kemudian bentuk menjadi bulatan bulatan
2
Masak air hingga mendidih lalu masukkan daun pandan dan adonan ubi yg sudah di bulatkan
3
Tunggu hingga matang mengapung lalu tambahkan semua bahan santan gula garam dan vanili
4
Tunggu hingga mendidih lalu sajikan hangat atau dengan es

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak Biji Salak (Candil)

Kolak Biji Salak (Candil)

Ada yang kirim ubi jalar, walaupun putih gpp, coba dibuat kolak.. yummy

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

ubi ungu bagus untuk kesehatan loh..mencegah kanker, diabetes & banyak mengandung vitamin C, A dan B complex.

Kolak Biji Salak Ubi Ungu dan Pisang

Kolak Biji Salak Ubi Ungu dan Pisang

Simpel aja lagi pengen buat kolak biji salak tapi kali ini dari ubi ungu. Kebetulan juga dibawain pisang tanduk hasil kebon di rumah ortu. Santan sedikit aja ingat kolesterol. Pas jadi eh warnanya cantik juga ya. Resep biji salak dari Ibu Fatmah Bahlawan.

6 porsi
60 menit
Biji Salak Labu Kuning

Biji Salak Labu Kuning

Punya labu kuning mini dibikin ini aja, labunya bagus warna kuningnya ngejreng bgt. Ini hasilnya lumayan kenyal kalau suka yang kenyal bisa ditambah 3-5 sdm tepung tapioka atau lebih disesuaikan kadar air labu pd adonan bola-bola. Proses pembuatan lengkap dapat dilihat di link berikut ini: https://youtu.be/uHLkiBJe1a8

4 porsi
Jenang Pasar

Jenang Pasar

Saya bilang jenang pasar karna dulu kalo pengen makan ini saya selalu beli dipasar. Sebenarnya nama nya jenang sapar, tapi saya nyebutnya pasar😁😁

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Re-Cooking_5 Re-cook resepnya mbak Grace Juwita, tapi yang ini biji salaknya saya kasih garam biar gurih.

Bubur Candil / Biji Salak

Bubur Candil / Biji Salak

Ngunyahhh sore. Maapkeun fotonya remang-remang aduhai. Disini sedari siang udah mendung hujan lebat, dan ambil fotonya pun kesorean udah keburu gelap banget. Jadi, udah bikin males mikir props foto, akhirnya sekenanya aja motretnya, hehe. Biasanya kalo hujan bawaannya pengen memamah biak yaa, laper mulu. Bubur ini bikinnya gampang kok. Set set set, jadi deh πŸ˜‚

Es cendol isi campur warna warni

Es cendol isi campur warna warni

Pulang dari pasar,panas2 wennak lgsg nyruputt es ini..seggerr plus kenyang coz isinya campur2..

4 porsi
15 menit
Bubur Biji Candil

Bubur Biji Candil

3 Orang
1 Jam 30 Menit
Biji salak ubi ungu

Biji salak ubi ungu

Pakai ubi ungu, enaak 😍😍😍

Kolak biji salak ubi ungu

Kolak biji salak ubi ungu

Banyak bahan yang bisa dijadikan kolak biji salak (bubur candil) salah satunya ubi ungu selain lezat pastinya tampilannya lebih menarik bisa jadi hidangan arisan atau acara keluarga lainnya.

Wedang ronde ala bubur biji salak?

Wedang ronde ala bubur biji salak?

Tadinya mau bikin wedang ronde ala ala, tapi jahe, gula merah dan kacang isiannya nggak ada, jadi kuahnya pake susu jahe instan deh, itupun tinggal 1 bungkus, sedangkan ronde-rondenya ( bulatan-bulatannya ) masih lumayan banyak, hasilnya jadi ini deh.

5 gelas
Biji Salak Labu Kuning

Biji Salak Labu Kuning

πŸ’œBIJI SALAK LABU KUNINGπŸ’œ Source : Ig lysa_tangkulung Recook : Dewo'S Kitchen . --HAPPY COOKING-- Pekanbaru_Sat, 30 May 2020 . πŸ‘‰ Follow my Cookpad : Dewo Saputro Dewi Heru https://cookpad.com/id/pengguna/7298600?token=reaAQLcVDhQbEq9NpAAaQFKZ πŸ‘‰ Follow my Instagram : @saputrodewiheru πŸ‘‰ Subscribe my Youtube Channel : Dewo Saputro https://www.youtube.com/c/DewoSaputroSLifeJourney #bijisalaklabukuning #bijisalak #bubur #tajil #buburcandil

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

#PejuangGoldenApron2 , kali ini setor resepnya bukan sayur atau lauk, tp kolak yg cocok bgt dengan cuaca kalo sore hari sering hujan, pengennya ngemil terus.

Jenang Grendul

Jenang Grendul

Bakpia clover, Senin kemarin membahas si manis gula kelapa bersama mbak @olive1994 Seru banget. Kita jadi nambah ilmu bagaimana proses bikin gula kelapa dan apa itu gula kelapa, juga jenis gula kelapa. Membahas juga perbedaan harganya kenapa gula semut lebih mahal dsbnya. Ada gula merah / gula jawa yg proses bikinnya ada yg memberi tambahan gula pasir dan hasilnya jadi lebih keras dibanding gula kelapa hasil buatan keluarga mbak Olive. Terimakasih mbak Olive atas sharing ilmunya πŸ˜€πŸ‘ Kali ini saya bikin jenang grendul atau ada yang menyebutnya bubur candil / bubur biji salak. Ini salah satu bubur kesukaan saya karena ada sensasi waktu mengunyahnya πŸ˜€ #BakpiaClover #BakpiaSiManisGulaKelapa #BelajarWithOlive #TidakSekedarMemasak #CloversCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Surabaya

1 mangkok