Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Kolak Biji Salak Ubi Ungu yang Menggugah Selera

Dipos pada April 30, 2021

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Bagaimana membuat Kolak Biji Salak Ubi Ungu yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Kolak Biji Salak Ubi Ungu yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kolak Biji Salak Ubi Ungu, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Kolak Biji Salak Ubi Ungu di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Kolak Biji Salak Ubi Ungu adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Biji Salak Ubi Ungu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Biji Salak Ubi Ungu memakai 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kali ini pengen makan kolak ubi ungu, tapi pengen sesuatu yang beda. Pas search nemu resepnya Bunda Rayyan, jadi mari kita recook dengan bahan seadanya #DiRumahAja

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Biji Salak Ubi Ungu:

  1. Bahan Biji Salak:
  2. 500 gr ubi ungu
  3. 150 gr tepung tapioka (aslinya 250 gr tepung sagu)
  4. Bahan Air Gula:
  5. 200 gr gula pasir (aslinya 250 gr), sesuaikan selera ya
  6. 1 sdm vanili cair (aslinya 1 sachet vanili bubuk)
  7. 1 lembar daun pandan
  8. 600 ml air mineral
  9. Bahan Kuah Santan
  10. 1 sachet santan kara (aslinya 1 buah kelapa)
  11. 300 ml air mineral
  12. 1 sdt garam
  13. 1 sdm tepung beras
  14. 1 lembar daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Biji Salak Ubi Ungu

1
Biji Salak Ubi Ungu*: Kupas dan cuci bersih ubi ungu, kemudian rebus atau kukus sampai empuk. Setelah empuk segera angkat dan haluskan. Ketika ubi sudah halus campur dengan tepung tapioka dan uleni sampai kalis. Setelah adonan kalis bentuk sesuai selera (bulat atau lonjong)
Kolak Biji Salak Ubi Ungu - Step 1
2
Selama mencetak jangan lupa siapkan merebus air. Setelah air mendidih masukkan cetakan biji salak satu persatu. Ketika biji salak sudah mengambang tandanya sudah matang, maka segera angkat dan tiriskan.
Kolak Biji Salak Ubi Ungu - Step 2
3
Larutan Gula*: Setelah biji salak jadi selanjutnya buat air gula dengan cara mencampurkan gula, air, vanili, dan daun pandan. Aduh sampai rata dan gula hancur, kemudian masukkan biji salak yang sudah ditiriskan tadi. Aduk-aduk dan angkat setelah mendidih.
Kolak Biji Salak Ubi Ungu - Step 3
4
Kuah Santan*: Terakhir jangan lupa buat kuah santan dengan cara campurkan santan kara dengan air, garam, dan daun pandan. Aduk-aduk sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan tepung beras dan aduk sampai sedikit mengental. Setelah tepung terigu tercampur rata matikan api. Kolak biji salak siap dihidangkan. Selamat mencoba 😀
Kolak Biji Salak Ubi Ungu - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak candil pelangi

Kolak candil pelangi

Bahan & bikinnya mudah juga murah, rasanya legit pas banget buat takjil puasa, disini aku tambahkan kacang hijau jika pun tidak gak apa2, boleh juga ditambah bubur sumsum bila suka #anekakolak #jemputrejeki #bakoelandariroemah #cookpadcommunity_id #siapramadan

Kolak biji salak(candil)

Kolak biji salak(candil)

Kalau di kampung saya namanya bukan kolak biji salak tapi kolak candil

Kolak pisang keju😅

Kolak pisang keju😅

Ini rasanya asyikk😋 nyamm!!

Kolak biji salak mutiara

Kolak biji salak mutiara

Baru sempet buat kolak lagi selama ramadan ini #BikinRamadhanBerkesan. Ada bahannya langsung dibuat gak pake lama 😊🍲

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Pas bgt Bulan Ramadhan gini bikin2 takjil, Dan biji salak ini salah satu favorit suami, karna bahan2 Di dapur lengkap, Jadi langsung Eksekusi deh. #momenmanis #siapRamadhan

Candil / Kolak Biji Salak

Candil / Kolak Biji Salak

Kalo di Bandung biasa disebut candil tapi di Jakarta disebutnya Biji Salak. Ini favorit dari kecil karena teksturnya yg kenyal dan ternyata mudah dibuatnya.

> 5 orang
45 menit
Bubur Candil (Kolak Biji Salak) Labu Kuning Fibercreme 💛🥰🥣

Bubur Candil (Kolak Biji Salak) Labu Kuning Fibercreme 💛🥰🥣

Makanan tradisional yg ngangenin, kali ini dalam versi lebih "aman" untuk yg berdiet, krn menggunakan fibercreme sbg pengganti santan. Tetep enak kok 😍💕 Serius!

Kolak pisang

Kolak pisang

Ceritanya lagi ada pisang buanyaakk... Bosen digoreng dan kebetulan ada bahan2 lain... Ya sudah dibuat kolak aja deh... Tetep kalo aq masak cukup dgn bahan dan cara masak yg sederhana. Soalnya belum bisa kyk chef2 handal... Hahaa 😀

Kolak Candil ubi

Kolak Candil ubi

Suka bnget Candil ini

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Temennya bubur sumsum. Salah satu menu jualan juga. Plus makanan wajib waktu bulan ramadhan. Kolak biji salak ini saya buat terpisah dengan santannya ya. Selain bapak saya suka sama biji salak tanpa santan juga supaya tidak cepat basi (terutama untuk jualan).

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Menu menjelang puasa besok 😚

4 porsi
Kolak Candil Ubi / Biji Salak

Kolak Candil Ubi / Biji Salak

#SiapRamadan #MurahMeriah

Kolak biji salak (jenang grendul)

Kolak biji salak (jenang grendul)

Experiencing Ramadan in Uk is quietly challenging, not only due to 18 hours of fasting but also less variety of iftar's dessert could be chosen, no es2 buah, cendol, goreng2an. Harus putar otak buat nnt mau bikin apa buat buka And here it is, kolak biji salak atau kalo di surabaya aku taunya jenang grendul

Kolak pisang ceria

Kolak pisang ceria

Cemilan favorit keluarga banget deh judulnya. Kalo udah nyoba semangkuk, pasti balik lagi, hihihi...

Kolak pisang

Kolak pisang

Belum puasa sihhh... tapi pengin bgt bikin kolak pisang Dan Kebetulan beli pisang tanduk dapetnya banyak banget

4 porsi
Kolak Biji Salak (Kolak Bola Ubi)

Kolak Biji Salak (Kolak Bola Ubi)

menu takjil favorit :)