Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur Tiga Warna yang Bikin Ngiler

Dipos pada November 24, 2018

Bubur Tiga Warna

Bagaimana membuat Bubur Tiga Warna yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Bubur Tiga Warna yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Tiga Warna, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Tiga Warna di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Tiga Warna sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Tiga Warna memakai 22 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masih dengan rutinitas yang sama, #DirumahAjah, met siang man teman semua, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT amiin. Dan masih dengan tema yang sama yaitu ide bakulan dari narsum ibu Isnawati dan ibu Nuning, kali ini saya buat bubur tiga warna. Kemaren gorengan udah, kukus-kukus udah sekarang yang kuah-kuah tapi manis. Bubur tiga warna ini terdiri dari bubur kacang hijau, bubur mutiara dan bubur sumsum /bubur tepung beras. Makanan bubur ini bisa digunakan sebagai menu sarapan, minuman, atau bahkan camilan. Kalo pagi cocok buat sarapan anget-anget, kalau siang bisa buat minuman tinggal nambahin es batu, kalo buat camilan biasanya di kemas di cup-cup kecil yang porsinya gak buat perut kenyang. Bahkan biasanya juga dibuat snack balita-balita ketika kegiatan posyandu. Nah cocok banget kan buat ide bakulan. Minggu ke 26 #pekaninspirasi #PejuangGoldenApron2 (24-03-2020) #WeekendChallenge #BelajarBarengCookpad #DiRumahAja #cookpaders #cookpadlovers #cookpadcommunity_lamongan #cookpadcommunity_id #sukamasak #foodie #masakitusaya #idebakulan #ResepSaguMutiara

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Tiga Warna:

  1. Bahan Bubur Kacang Hijau:
  2. 250 gram kacang hijau
  3. 2 liter air
  4. 1 lembar daun pandan
  5. 5 sdm gula pasir
  6. 2 sdm gula merah, larutkan dengan air
  7. 3 sdm tepung tapioka, larutkan dengan air
  8. Bahan Bubur Mutiara:
  9. 1 bungkus biji mutiara
  10. 600 ml air
  11. 5 sdm gula pasir
  12. 1 lembar daun pandan
  13. Bahan Bubur Putih:
  14. 200 gram tepung beras
  15. 600 ml air
  16. 1 lembar daun pandan
  17. 1/2 sdt garam
  18. Bahan Santan:
  19. 2 sachet santan kental instan
  20. 800 ml air
  21. 1 lembar daun pandan
  22. 1/2 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Tiga Warna

1
Rebus 1 liter air hingga mendidih. Jika sudah mendidih masukkan kacang hijau yang sudah dicuci. Rebus selama 5 menit lalu matikan api dan tutup, biarkan selama 30 menit.
Bubur Tiga Warna - Step 1
Bubur Tiga Warna - Step 1
Bubur Tiga Warna - Step 1
2
Jika sudah 30 menit, buka tutup kemudian saring airnya dan ganti dengan 1 liter air baru dan beri daun pandan.
Bubur Tiga Warna - Step 2
Bubur Tiga Warna - Step 2
3
Masak hingga mendidih, tambahkan gula pasir, gula merah, dan tepung tapioka, aduk rata sampai mengental. Jangan lupa tes rasa, jika sudah pas matikan api.
Bubur Tiga Warna - Step 3
Bubur Tiga Warna - Step 3
4
Selanjutnya rebus air hingga mendidih. Jika sudah mendidih masukkan biji mutiara, dan tambahkan gula pasir dan daun pandan. Aduk-aduk dan masak hingga biji mutiara matang. Jika sudah matikan api.
Bubur Tiga Warna - Step 4
Bubur Tiga Warna - Step 4
Bubur Tiga Warna - Step 4
5
Untuk bubur putihnya, campur tepung beras, air, daun pandan dan garam lalu aduk hingga rata. Nyalakan api lalu masak sambil diaduk-aduk sampai bubur mengental dan padat. Jika sudah matang matikan api.
Bubur Tiga Warna - Step 5
Bubur Tiga Warna - Step 5
6
Untuk santannya, campur santan kental, air, daun pandan dan garam, aduk rata. Nyalakan api dan masak sambil diaduk-aduk terus agar santan tidak pecah. Jika sudah mendidih matikan api. Pindahkan semua bubur ke mangkuk dan siap ditata.
Bubur Tiga Warna - Step 6
Bubur Tiga Warna - Step 6
7
Siapkan mangkuk kecil, beri bubur tiga warna dan tata sesuai selera kemudian siram dengan kuah santan.
Bubur Tiga Warna - Step 7
Bubur Tiga Warna - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur kacang hijau sehat nikmat

Bubur kacang hijau sehat nikmat

Memang doyan kacang hijau banget. Apalagi skrag sedang promil. Biasanya mnum abc kacang hijau. Tp iseng2 buat dan berhasil. Kebetulam saya gak kuat nungguin kacanh ijo nya pecah (yg hrus di diamkan 4 jam itu loh). Jadi langsung saya rebus saja sampe matang (2 gelas air sampe airny ilang). Hehehe. Lebih enak daripada yg d jual.. hehehehe.

6 porsi
20 menit
Bubur Nasi Sisa Campur Sayuran

Bubur Nasi Sisa Campur Sayuran

Pagi ini buka rice cooker lihat nasi masih lumayan daripada terbuang, saya sulap jadikan bubur dengan tambahan sayuran,bumbu dan air masak. Maklum namanya mak2 merasakan mencari uang itu sulit jadi kalau mau buang sisa makanan sayang....😃😃. Yang boleh dan wajib dibuang itu mantan.....ea...🤣🤣 Sambil masak bubur...ditinggal nyiram tanaman karena beberapa hari Bogor tidak hujan. Selesai bebenah tanaman pas banget bubur sudah masak...jadi langsung cus...sarapan..... Menikmati sarapan bubur sayur mumpung di rumah.... #DiBuangSayang #PosbarIdaman #CookpadCommunity_Bogor #CookpadIndonesia #OlahanNasiSisa

relatif
30 menit
Bubur Kacang Ijo Durian Runtuh😚😘😘Yummmiiieee

Bubur Kacang Ijo Durian Runtuh😚😘😘Yummmiiieee

Lagi musim durian nihhh,bingung mau dibuat apa,mau dimkn langsung tp udah eneg,enak klo dibkin burjo az kyknya....

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Pumlung habis panen kacang hijau ni bun, paksu minta bubur hehehe

Vegetable porridge

Vegetable porridge

Bubur tim dengan aneka sayuran untuk si kecil ☺

Bubur Kacang Hijau Kupas

Bubur Kacang Hijau Kupas

Masih punya sedikit sisa kacang hijau kupas langsung eksekusi buat bubur aja, yang mudah dan gak pake lama.

Mpasi Bubur Bayam + Ikan

Mpasi Bubur Bayam + Ikan

Makan siang Mei hari ini, lahapnya maasyaallah🍲👌😉

2 porsi
Bubur kacang Hijau

Bubur kacang Hijau

Aku sangat suka kacang hijau aq suka yg banyak bawang putih,sedikit jahe n diberi soun putih n sedikit gula merah tambah tepung biar kental 😅 kadang suka aq tambahkan telur juga

Bubur kacang ijo tanpa santan

Bubur kacang ijo tanpa santan

Biasanya suka yg kuah santan. Tapi suami mintanya yg tanpa santan...😁

2 porsi
Bubur Kwartet

Bubur Kwartet

Lumayan untuk sarapan. Cukup mengenyangkan... #MomenManis #cookpadcommunity_Jayapura

MPASI 10mo+, Bubur Daging & Sayur

MPASI 10mo+, Bubur Daging & Sayur

Udah masuk ke 10 kok masih makan bubur? Ini mommy nya masak kelamaan jadilah nasi jadi bubur 😂 tp ga alus bgt kok nasinya, masih ada tekstur nasi sebenarnya. 😋 #resolusi2019 #berburucelemekemas

3 porsi
Bubur kacang ijo nangka

Bubur kacang ijo nangka

Ada nangka matang, adik laki2 saya minta dibuatkan bubur kacang ijo kmarin sore, karena uda difoto, saya share aja dech, Ini rasanya legit dan wangi krna ada pandan, gulmer dan potongan nangka, asooyy dech pokoknya.

8 porsi
90 menit
Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau

Setelah sekian lama tayang, baru hari ini sempet tulis resepnya. Bukan karena pelit cuma dasar emak lagi males... 😀✌ Yuk dicobain sebagai menu penghangat di musim hujan 😊

Super simple : bubur kacang hijau tanpa santan

Super simple : bubur kacang hijau tanpa santan

Mumpung dirumah ibu lagi pengen makan bubur tapi yang g bersantan, jadi deh buat ini bubur. Dijamin simple and so yummy....

4 orang
50 menit