Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Kolak Biji Salak Ubi Ungu yang Enak

Dipos pada September 27, 2018

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Bagaimana membuat Kolak Biji Salak Ubi Ungu yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Kolak Biji Salak Ubi Ungu yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Kolak Biji Salak Ubi Ungu, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Kolak Biji Salak Ubi Ungu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Kolak Biji Salak Ubi Ungu kira-kira 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, perkiraan waktu untuk memasak Kolak Biji Salak Ubi Ungu diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Biji Salak Ubi Ungu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Biji Salak Ubi Ungu memakai 15 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lagi bingung mengolah ubi ungu / gembili yg terbeli lumayan banyak oleh pak suami ๐Ÿ˜ฅ Suami ku nih kalo pulang kerja lihat ada yg jual pisang/singkong/gembili yang bagus nih pasti ga tahan beli. Digoreng atau dikukus udah bosan. Sore ini coba dibikin Kolak Biji Salak ๐Ÿ˜‚ Rasanya lumayan lah tdk mengecewakan ๐Ÿ˜

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Biji Salak Ubi Ungu:

  1. #Bahan biji salak:
  2. 300 gr Ubi ungu kukus dan hauskan
  3. 50 gr Tepung kanji
  4. 1/4 sdt Garam
  5. #Bahan kuah Gula Merah
  6. 75 gr Gula merah
  7. 50 gr Gula pasir
  8. 1 liter Air
  9. 1 lembar Pandan
  10. #Bahan kuah Santan
  11. 100 ml Santan kental instan
  12. 200 ml Air
  13. 1 1/2 sdt Gula
  14. 1/4 sdt Garam
  15. 1 lembar Pandan

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Biji Salak Ubi Ungu

1
Campur bahan biji salak menjadi satu aduk rata. Buat menjadi bulatan sebesar biji kelereng sampai adonan habis. Sisihkan..
Kolak Biji Salak Ubi Ungu - Step 1
2
Panaskan semua bahan kuah gula merah sampai mendidih kemudian masukan biji salak. Apabila semua biji salak sudah terapung matikan api dan sisihkan.
Kolak Biji Salak Ubi Ungu - Step 2
3
Panaskan semua bahan kuah santan masak sampai mendidih.
Kolak Biji Salak Ubi Ungu - Step 3
4
Penyajian taruh biji salak ke dalam mangkuk dan disiram kuah santan. Selamat mencoba ๐Ÿ˜‹

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Biji salak unguโค

Biji salak unguโค

Nyoba2 ternyata jadi juga biji salaknyaโ™กdan orang rumah bilang enak terutama suamiโ™กโ™กhehee

Bubur candil ubi jalar dan bunga telang

Bubur candil ubi jalar dan bunga telang

Memanfaatkan bunga telang kering hasil metik di kebun #PejuangGoldenBatikApron

4 Orang
20 menit
Kolak biji salak kece

Kolak biji salak kece

Musim ujan gini pingin'y mkan yg anget2 manis & kenyal2 gitu ๐Ÿ˜†

6 porsi
60 menit
Kolak candil ubi merah

Kolak candil ubi merah

2 orang
45 menit
Bubur Sumsum dan Candil

Bubur Sumsum dan Candil

Krn bulan puasa sudah dekat.. ini adalah Salah satu menu pilihan untuk berbuka puasa. Yuk kita buat ... #PejuangGoldenBatikApron

Candil Bubur Sumsum

Candil Bubur Sumsum

Senang rasanya diberi kesempatan sama Mamah Cookpad ikut kelasnya Chef Wira Hardiyansyah.Alhamdulillah byk info yg bermanfaat,trmksh Mamah&Chef Wira๐Ÿ™ Indonesia dengan beragam makanan pokoknya,bukan cuma beras aja yang bisa dijadikan sumber karbohidrat atau makanan pokok harian,termasuk olahan tepungnya juga bisa lho..Adapun umbi-umbian tersebut antara lain seperti singkong, ubi, jagung sagu,dll. Nah,di dapur ada ubi cilembu niey,yo wis lsg eksekusi yuk.. #Posbar #TetepKenyangTanpaNasi #CookpadCommunity_Jakarta

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Kemarin suami pulang kerja bawa ubi,langsung kepikiran bikin kolak biji salak.. Ini perdana lho saya bikin,sebelumnya ga pernah bikin.. Takaran nya pun saya kira2 aja.. Tp rasanya pol deh.. Alhamdulillah berhasil..

Biji Salak

Biji Salak

menu buka puasa nih... Duh rempong yah kalo mo pulkam ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ใ€€kudu ngabisin stok makanan mana waktunya mepet lagi (*_*) ini porsi sesuai dgn sisa ubi yg ada didapur (๏พ‰ยดโˆ€๏ฝ€*)

Kolak Biji Salak Labu Kuning Tapioka

Kolak Biji Salak Labu Kuning Tapioka

. 15 Agustus 2017, . Souce: Ci yNy . Setor untuk kontes #Indonesiamemasak olahan dari singkong...yang udah jadi tepung tapioka... diduetkan sama Labu Kuning, Santan, Gula Merah....jadinya Kolak Biji Salak Labu Kuning Tapioka...menu khas nusantara....biasa hadir di bulan Ramadhan sebagai makanan buka puasa....tapi gak perlu nunggu bulan Ramadhan kalau mau menikmati Kolak Biji Salak....yuk bikin aja...niii resepnya dijamin berhasil ๐Ÿ˜ . Happy cooking and happy tummy everyone๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ .

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Dibuang sayang........ beberapa waktu yg lalu ibu saya membuat getuk ubi ungu, enak sekali rasanya apalagi makannya ditaburi parutan kelapa... tapi krn ibu memasaknya terlalu banyak hingga sampai sore msh tersisa satu piring kecil. Rasanya sayang kalau sampai terbuang, sy simpan di kulkas dan akhirnya jadilah bubur biji salak ini.... yaaaah... ubi lagi ubi lagi.... :)

Biji Salak isi keju (146)

Biji Salak isi keju (146)

Selasa, 2 Juni 2020 Bikin biji salak lumayan panjang prosesnya, tapi usaha selalu tak menghianati hasil...biji salak isi keju, ada gurih ada manis...mantul pokoknya...tks mba @zahra aliyah resepnya... #PejuangGoldenApron2 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang #DiRumahAja #CocomtangPost #NgeksisDiCookpad #kamuinspirasi

Biji salak pelangi

Biji salak pelangi

Ada tepung ketan di dapur.. kasian jg kelamaan menyendiri.. tiada yg menemani, akhirnya di kondisikan jd biji salak warna warni kayak pelangi (tp cm 3 warna ) ๐Ÿ˜ƒ tp soal rasa mah mmmmmh.. ๐Ÿ‘ anak2 pada suka.

4 porsi
30 menit
Bubur Grendul Biji Salak Ubi Ungu

Bubur Grendul Biji Salak Ubi Ungu

Coba resep ternyata enyak...๐Ÿ˜‚

Puding kolak biji salak

Puding kolak biji salak

Terinspirasi dr kolak biji salak,,yg notabene nya bisa dinikmati pas bulan puasa doank,,tp klo bukan bln puasa rasa nikmatnya beda,, kebetulan lg pengen kolak,,sekalian mw bikinin puding jg,,dr pada ribet,, gabungin aja kedua nya,,x ini mw bikin yg beda,,krn suami n anak2 suka bgt sm puding,,yg bisa dinikmati kapan aja,,jadi deh paduan antara kolak biji salak n puding,,

-/+ 10 org
90 menit
Bubur Candil Ubi Ungu

Bubur Candil Ubi Ungu

Bismillah..