Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kolak Biji Salak yang Anti Gagal

Dipos pada September 27, 2018

Kolak Biji Salak

Hari ini saya akan berbagi resep Kolak Biji Salak yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Kolak Biji Salak yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kolak Biji Salak, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kolak Biji Salak sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Biji Salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Biji Salak memakai 11 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kemarin suami pulang kerja bawa ubi,langsung kepikiran bikin kolak biji salak.. Ini perdana lho saya bikin,sebelumnya ga pernah bikin.. Takaran nya pun saya kira2 aja.. Tp rasanya pol deh.. Alhamdulillah berhasil..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Biji Salak:

  1. Bahan Biji Salak :
  2. 2 Buah Ubi Ukuran Sedang
  3. 4 Sdm Tepung Tapioka (masukinnya dikit2,aduk smp kalis)
  4. 2 Sdt Gula Pasir
  5. Bahan Kuah :
  6. 1 Ons Gula Merah
  7. 1 Bungkus Santan Kara 65Ml
  8. 5 Sdm Gula Pasir
  9. 1 Saset Vanilli
  10. Sedikit Garam
  11. 750 Ml Air

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Biji Salak

1
Kukur Ubi sampai matang,haluskan sambil ditambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit,beri sedikit gula pasir.. Uleni sampai kalis sampai bisa dibentuk..
2
Bentuk adonan sesuai selera,bisa bulat atau lonjing.. Sisihkan..
Kolak Biji Salak - Step 2
3
Larutkan gula merah bersama 100Ml air.. Sisihkan
4
Rebus santan yang dicairkan 100 Ml air.. Sisihkan..
5
Rebus air sampai mendidih,Masukkan biji salak dan gula merah yg udah dilarutkan tadi.. Dimasukinnya sambil disaring yaa.. Lalu tambahkan gula putih,vanilli beri sedikit garam..
6
Tes rasa.. Klo rasanya udh pas,dan biji salak dah mengambang.. Angkat dan sajikan..
7
Tiap Mau makan baru beri santan nya..
Kolak Biji Salak - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolek biji salak ala rumahan

Kolek biji salak ala rumahan

Lgi pengen yang manis manis

3 porsi
30 menit
Kolak singkong, biji salak labu kuning endesss... 😘😘

Kolak singkong, biji salak labu kuning endesss... 😘😘

Msh ad sisa singkong dr bikin ketimus + ubi merah sisa bikin biji salak kemarin, ke warung liat labu, jd kepikiran bikin kolak dech... Alhmdllh yummy + endess, keenakan makan kolak smpe2 nasinya hampir ga laku dirumah, hehehehe... 😁

Bubur biji salak(biji salak kacang hijau)

Bubur biji salak(biji salak kacang hijau)

Kata suami saya kurang kerjaan...xixixi iya juga sih. Sudah lama pingin eksekusi resep ini tapi semangatnya nggak kumpul2.naaah pas semangat semangatnya ternyata stok kacang hijau kupasnya kosong,mau ke pasar malesnya minta ampun...panas sekali.di rumah ada kacang hijau kulit,pikir saya nggak apa2 deh nanti dikupas sendiri...hehehe sok2an.padahal saya nggak tahu caranya biar cepat ngupasnya tapi tetep nekat aja. Caranya...kacang hijaunya saya rendam air mendidih...diamkan 1 jam lalu saya kupas satu persatu.benar juga...pas ngupas2 ternyata pegelnya minta ampun dan jari2 rasanya sakit semua 😂. pengennya sih biji salaknya yang banyak biar puas makannya tapi apa daya jari2nya nggak kuat cuma dapat 100 gr.

4 mangkok
Kolak biji salak kangen ramadhan

Kolak biji salak kangen ramadhan

Kangen dgn bulan penuh hikmah,berkah,ampunan,yaitu bulan ramadhan. Takjil yg biasa bikin ngangenin yaitu kolak biji salak. Kebetulan saat hujan,enaknya makan cemilan yg hangat2.

4 porsi
45 menit
Biji Salak Ubi Kuning

Biji Salak Ubi Kuning

6 porsi
25 menit
Biji salak warna warni 🍠|| Kolak Teletubbies

Biji salak warna warni 🍠|| Kolak Teletubbies

31.05.17. Memanfaatkan sisa ubi sisa jalangkote kemarin karena kami sekeluarga doyan buka puasa dengan yg berkuah kuah bikin deh menu ini warnanya sesuai selera aja ya sesuai stok warna yg ada, kebetulan si beryl senang makan ini mungkin karena teksturnya yang lembut dan warnahnya yang menggoda, si Kaka bilang warnanya kaya serial kartun kesukaan beryl Teletubbies haha...

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Ubi ungu lagiiii.. Ga bosen - bosen ma ubi yang satu ini. Dijadiin apa aja tetep endesss..

Bubur Candil Tepung Ketan

Bubur Candil Tepung Ketan

Masih ada sedikit tepung ketan (yang salah beli), langsung cuss pengen makan bubur candil, dibikinlah. Tapi porsi buat sendiri aja. Aslinya resepnya buat porsi banyak banget, kalo bikin kebanyakan ga ada yang makan nanti mubazir, buat anak juga terlalu manis. Buat aku ini udah enak rasanya manis digabung santan gurih, mantap.

Biji salak ubi merah

Biji salak ubi merah

Mlm mau nyemil dirmh ada ubi lanjut biji salak aja

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Karna ga ada aktifitas jd sambil beljar masak ja lah apa ja dicoba @dirumahaja

Biji salak ubi kuning

Biji salak ubi kuning

#PejuangGoldenApron2 #OneReceipeOneTree

152.Bubur Candil Ubi Orange

152.Bubur Candil Ubi Orange

udah seminggu dirumah saja.gak belanja ke pasar krn lg isoman, teringat belum setor resep minggu ini ke mama cookpad akhirnya bikin resep sesuai bahan seadanya dirumah saja.kebetulan dirumah ada ubi, gula merah, dan santan akhirnya kepikiran bikin bubur Candil saja. Kebetulan juga udah lama gak makan bubur Candil. ##PejuangGoldenBatikApron

2 porsi
1 jam