Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan SambeL Pecel Blitar (Homemade) yang Sempurna

Dipos pada June 4, 2019

SambeL Pecel Blitar (Homemade)

Menu praktis dan gampang yaitu membuat SambeL Pecel Blitar (Homemade) yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya SambeL Pecel Blitar (Homemade) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari SambeL Pecel Blitar (Homemade), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian SambeL Pecel Blitar (Homemade) ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian SambeL Pecel Blitar (Homemade) sekitar 15 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, perkiraan waktu untuk memasak SambeL Pecel Blitar (Homemade) diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan SambeL Pecel Blitar (Homemade) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat SambeL Pecel Blitar (Homemade) memakai 8 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Source: Nikmatul Rosidah Ketika #IbuKangenKampung halaman ayah yang punya ciri khas sambel pecelnya yang lezat, setiap pulang kampung setiap hari disuguhin pecelnya yang selalu bikin kangen kampung. Tapi Mama selalu bisa mengatasinya dengan membuat sendiri sambel pecel didapur nya dengan rasa yang sama enaknya πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ. Sayapun bisa juga sekarang membuatnya dengan belajar sama mama. #SemuaTentangIbu #IbuKangenKampung #PejuangGoldenApron2 #SatuResepSatuPohon #Cookpadcommunity_palembang #Sambelpecelhomemade

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat SambeL Pecel Blitar (Homemade):

  1. 250 gr kacang tanah
  2. 20 bh cabe merah
  3. 10 bh cabe rawit
  4. 25 gr kencur
  5. 50 gr bawang putih
  6. 125 gr gula merah
  7. 1 sdm air asam jawa
  8. 1 1/2 sdt garam halus

Langkah-langkah untuk membuat SambeL Pecel Blitar (Homemade)

1
Bersihkan kacang, goreng sampai matang lalu dinginkan baru dihaluskan, boleh diulek atau pakai blender jgn pakai air kalau diblender.
SambeL Pecel Blitar (Homemade) - Step 1
SambeL Pecel Blitar (Homemade) - Step 1
SambeL Pecel Blitar (Homemade) - Step 1
2
Goreng bumbu sampai harum.
SambeL Pecel Blitar (Homemade) - Step 2
SambeL Pecel Blitar (Homemade) - Step 2
SambeL Pecel Blitar (Homemade) - Step 2
3
Halus kan bumbu saya diulek, masukkan dibaskom kacang dan gula merah yang sudah disisir dan dihaluskan, tambahkan bumbu halus, garam dan air asam Jawa.
SambeL Pecel Blitar (Homemade) - Step 3
SambeL Pecel Blitar (Homemade) - Step 3
SambeL Pecel Blitar (Homemade) - Step 3
4
Aduk rata pakai centong atau pakai tangan yang dibungkus plastik, ambil per satu genggam bentuk segiempat sampai habis.
SambeL Pecel Blitar (Homemade) - Step 4
SambeL Pecel Blitar (Homemade) - Step 4
SambeL Pecel Blitar (Homemade) - Step 4
5
Bungkus pakai plastik, simpan dikulkas, jika mau digunakan tinggal diseduh pakai air hangat sedikit.πŸ‘Œ.
SambeL Pecel Blitar (Homemade) - Step 5
SambeL Pecel Blitar (Homemade) - Step 5
6
Sambel pecel homemade

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambel Pecel

Sambel Pecel

#PekanPosbarHidanganKering #PekanRayaBahanKering #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru #PekanPosbarKacang Kalau di kota asal saya, gampang saja kalau lagi pengen masak pecel. Cusss ke Pasar Gede ada yang jual sambal jadi. Kapan saja. Tetapi ketika di perantauan, di Muara Teweh, agak kesulitan kalau pengen. Ada sih... tapi jarang. Ada di swalayan tapi rasanya tidak pas di lidah. Jadi.... saya putuskan untuk bikin sendiri. Sesuai selera. Kebetulan ada yang pesan dibuatkan sekalian.

51. Pepes Ikan Kembung bumbu pecel

51. Pepes Ikan Kembung bumbu pecel

Memiliki sisa ikan kembung dan bosan di goreng. Masih memiliki juga sisa bumbu pecal. Rasanya dicampur dengan sambal dari cabe kering pasti enak. Daun kemangi dan tomat bisa dihilangkan diganti dengan daun singkong juga bisa. Rasanya enak dan mouthwatering. Selamat mencoba.

6 porsi
45 menit
Terong pecel kelapa

Terong pecel kelapa

4 orang
30 menit
Sambel Pecel

Sambel Pecel

Lebaran dah usai lama, tp iya gak sih kalo Lebaran bosen dong ya makan yg bersantan2. Hari kedua lebaran dirumah ortu itu opor, rendang sama ketupatnya udah ga laku. Tadinya pengen gado2, tp entah bagaimana jadinya pecel πŸ˜… Pas balik kerumah kepikiran buat sambel pecel sendiri, karena biasanya beli atau dibawain bikinan ibu 😁 Lumayan kalo kepepet ga sempet masak, soale mamak udah mulai masuk kerja. Resepnya nyontek dari Mba Endang JTT, namanya sambel pecel ngawi ala ibunda mba Endang. Resepnya aku modif sesuai keinginan org serumah, maap ya mba Endang πŸ™ #PejuangGoldenApron3

750gr
Pecel sayuran ~ kangkung

Pecel sayuran ~ kangkung

Resep ini saya dapatkan dari cookpad. Tapi saya modif sedikit. Semoga bermanfaat. Tetap jaga stamina, jaga kesehatan, karena sehat datamg dari makanan yang sehat. Jadikan makanan sebagai obtlat. Dan karena pola makan no oil bisa buat turun BB. Silahkan ikuti terus resep2 d channel ini.

Pecel kembang turi

Pecel kembang turi

Tak terasa #GA_TheNextLevel sudah masuk ke #GAweek41 . Mamah cookpad nyuruh kita #KenalanLewatRecook dengan penjuang golden apron the next level lainnya. Aku pilih resep mbk Karina (Anyi), pas banget soalnya punya kembang turi, bingung mau dimasak apa ternyata cuma rebus kasih bumbu pecel enak. Ini bumbu pecelnya home made ya aku bikin sendiri (resep menyusul 😁). Terimakasih mbk Karina (Anyi) @anyi_karina inspirasinya πŸ₯°πŸ₯°. #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

Pecel Terong

Pecel Terong

Ternyata bumbunya simple sekalii. Suka banget apalagi dibikin pedas membara. Ini adalah kali pertama saya bikin setelah tidak pernah makan pecel terong beberapa tahun terakhir ini. Silahkan dicoba. Super simple 😊

3 orang
30 menit
Bumbu Pecel Homemade

Bumbu Pecel Homemade

Rasanya pas. Tumben. Chici aja nyicip katanya enak πŸ˜€

Bumbu Kacang Pecel Madiun

Bumbu Kacang Pecel Madiun

Kangen pecel dan nekad bikin juga. Rasanya enak, cabe rawit sesuai selera yaa. Disini pedes. Bisa dikurangi Akhirnya bikin kedua kali dgn niat stock di kulkas. Duh capenyaa 1 kilo kacang tanah diuleg 😭 bener2 wajib sangrai dan uleg ini, demi ga cepet basi dan tahan lama disimpan di kulkas. Bener2 siap cape yaa klo bikin sekilo. Seharian ini uleg 🀧 Source : Ragil Wulandari #GA_thenextlevel

3 bagian for 2 porsi
040. Bumbu pecel sayur

040. Bumbu pecel sayur

Lagi pengen makan sayur pecel, tapi lebih suka buat bumbunya sendiri ketimbang beli 🀭

Sambel pecel Madiun

Sambel pecel Madiun

Kreasi saya ya bunda...#ResepPertamaku

PeceL Ayam Sambal Hitam

PeceL Ayam Sambal Hitam

Biasanya sambal hitam disajikan bersama bebek goreng ya Moms 😊. Disini lagi sulit nyari daging bebek. Udah berapa kali nanya ke pasar, lagi ga ada disana. Akhirnya pakai ayam aja. Pakai resep bunda Indri Arwin ini pas banget rasanya.. ditambah lagi makannya dengan nasi anget .. hmmm.. enakkkk.. πŸ˜πŸ˜‹. ⚘Resep Ke 159⚘ #GoldenApron_TheNextLevel #PejuangGoldenApron3 (Week_38)

Pecel

Pecel

Siapa sih yang gak pernah masak pecel. Menurut aku ini menu yg enak dan jg gampil dibuat. Apalagi sambel nya udah jadi wkwkkw #Pejuanggoldenapron3 #Resepminggu19

Pecel Tahu Telur

Pecel Tahu Telur

Pecel dan Tahu merupakan salah satu dari ribuan makanan khas Tradisional Indonesia, dan bumbu pecel sudah banyak yang dijual jadi kita gak perlu repot lagi, dan pecel merupakan makanan khas dari Madiun, Jawa Timur Indonesia #berburucelemekemas #resolusi2019

Pecel Sayur Anak

Pecel Sayur Anak

Punya anak yang gak suka pedes, jadinya saya buat kuah pecel dan sambelnya terpisah, sehingga semua anggota keluarga bisa menikmati menu ini.