Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk yang Enak

Dipos pada June 4, 2019

Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk

Bagaimana membuat Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk biasanya untuk 3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk diperkirakan sekitar 20 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk memakai 20 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sy sangat bersemangat untuk #WeekendChallenge kali ini. Walaupun harus mengutak-atik dan bolak-balik merubah perencanaan belanja, supaya bisa menghidangkan masakan yg bisa menggugah selera keluarga, tapi ngga lebih dari RP. 15.000,- ini bikin asyik banget mikirinnya😁 Berikut rincian belanja sy, tanpa maksa atau nawar sadis ke abang sayur, ini harga normal aja buat sekitaran #Cookpadcommunity_Bogor : -Toge (200gr): 2500 -Tempe 1 (300gr): 3000 -Bumbu kacang siap pakai: 4000 -Bawang putih 2 siung: 500 -Cabe merah 2 buah: 500 -Kerupuk renceng: 2000 -Minyak, cuka, garam, kaldu bubuk, dan gula: 2500 (dari stock dapur) Dari sy #PejuangGoldenApron2 Tumis Toge Acar yg segernya kayak tumisan sawi asin, serasi dengan Pecel Tempe yg bumbunya kental. Ditemenin kerupuk beli jadi biar bisa sambil kriuk-kriuk makannya. Ini bisa dihidangkan untuk 3-4 orang, cukup 15 ribu, dengan syarat kompor masih bisa nyala 20 menit😁

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk:

  1. Bahan Acar Toge:
  2. 200 gr toge segar
  3. 1 sdm cuka (cuka 25%) atau cuka lain yg sesuai asamnya
  4. 1/2 sdm garam
  5. Bumbu Tumis Acar Toge:
  6. 1 siung bawang putih
  7. 2 buah cabai merah
  8. 1/3 sdt garam
  9. 1/2 sdt gula pasir
  10. 1/3 sdt kaldu bubuk
  11. Bahan Perendam Pecel Tempe:
  12. 300 gr tempe
  13. 1 siung bawang putih
  14. 1/2 sdm garam
  15. 1 gelas belimbing air
  16. Bumbu Pecel Tempe:
  17. 1 pack kecil bumbu pecel siap pakai (sy tanpa merk)
  18. 1 gelas belimbing air
  19. Minyak:
  20. Minyak sayur untuk menumis dan menggoreng

Langkah-langkah untuk membuat Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk

1
Membuat acar toge: cuci bersih toge lalu tiriskan dan pindahkan ke wadah/mangkuk. Tambahkan cuka dan garam aduk rata dengan tangan. Biarkan sampai meresap dengan sesekali diaduk/dibalik.
Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk - Step 1
2
Menumis acar toge: Geprek dan cincang bawang putih, dan iris-iris cabai merah. Tumis bawang putih dan cabai merah sampai layu dan harum. Masukkan toge yang sudah diacar, garam, dan gula. Lalu aduk cepat sampai toge setengah layu (masih kriuk) matikan api dan Koreksi rasa (tambahkan gula/garam jika masih kurang)
Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk - Step 2
Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk - Step 2
Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk - Step 2
3
Membuat pecel Tempe: Haluskan bawang putih, lalu campur dengan garam dan air. Potong-potong tempe sesuai selera. Rendam tempe dalam larutan bawang putih dan garam sampai meresap.
Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk - Step 3
Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk - Step 3
4
Goreng tempe sampai matang dan bagian luar tempe kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk - Step 4
Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk - Step 4
5
Larutkan bumbu kacang dengan air. Lalu masak diatas penggorengan sampai mendidih. Masukkan tempe goreng, masak sampai bumbu kacang agak asat. Koreksi rasa, lalu matikan api.
Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk - Step 5
Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk - Step 5
Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk - Step 5
6
Sajikan Tumis Acar Toge, Pecel Tempe, & Kerupuk.
Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Pecel Ayam

Sambal Pecel Ayam

Gak ada ayamnya, sambal pecelnya wes mantep banget. Begini tuh udah nikmat rasanya. Baru tau resep sambal ini dari " Dapur Airin ". Sambal yg mengunakan biji wijen tuh emang lebih wangi dan enak. Di resep asli wijen di goreng ya, berhubung saya punya stok yg udah di sangrai. Jadi saya pke aja. Yuk nyedok ambil nasi dulu ah... #RecookDepok_Retno #CookpadCommunity_Depok #PejuangGoldenApron2 #OneRecipeOneTree

Bumbu pecel

Bumbu pecel

Bumbu ini kalau mau di gunakan tinggal seduh air panas dan beri kucuran jeruk limau hmmmm sedap

Pecel Tipat Santok (Gado-gado Khas Bali)

Pecel Tipat Santok (Gado-gado Khas Bali)

Gado-gadonya bali namanya pecel. Malam ini kami makan malam dengan pecel karena berhubung kemarin ibu sembahyang dan di bantennya berisi tipat.

7 orang
Sambel pecel bunda Putri yang pasti Non MSG ya🥰

Sambel pecel bunda Putri yang pasti Non MSG ya🥰

-+14 menikah baru ini berani buat sambel pecel🤭 ternyata segitu mudahnya🥰🥰🥰

-+4 lah ya😁
-+20mnt
Bumbu pecal

Bumbu pecal

#5resepterbaruku

43. Sambel Pecel (Bumbu Pecel)

43. Sambel Pecel (Bumbu Pecel)

Sarapan pagi hari ini nasi pecel, dengan kulupan atau sayuran rebus, pakai daun kenikir, kacang panjang, dan kecambah. Sudah beberapa kali buat, tapi rumusnya selalu kira2. Kali ini pengen konsisten dengan rasanya, ☺😄 Resep hanya untuk sambelnya aja, untuk sayurnya sesuaikan selera

270 gr
Tahu telur toge bumbu pecel

Tahu telur toge bumbu pecel

Telur sayur bumbu sederhana #SemuaTentangIbu #SayurKesukaanIbu #TeamTrees #Cookpadcomunity_yogyakarta

Sambal Pecel Ngawi ala JTT

Sambal Pecel Ngawi ala JTT

Source : mba Endang Indriani blog JTT Dah lama pengen bikin sambal pecel sendiri yang bisa disimpan di kulkas, biar gampang klo mau bikin pecel, batagor, dkk. Cari-cari di blog JTT, ketemuu, senangnyaa 😍 Di catatan mba Endang sambal ini bisa bertahan -/+ 1 bulan di suhu ruang, dan -/+ 3 bulan di kulkas 👍

Pecel Ayam Cabe Hijau

Pecel Ayam Cabe Hijau

Iseng" cobain sambal pecel cabe hijau, ternyata enak juga lhoo . Serasa makan di restoran Padang . Untuk cabe di sesuaikan yah 😊. #pecelayamcabehijau #PekanRayaAyam #PekanPosbarAyam #AyamBerjemur #ComboNgabibita_SambelPecelAyam #CookpadCommunity_Bogor

4 orang
20 menit
Ketoprak simple sambal pecel 🤭

Ketoprak simple sambal pecel 🤭

Ceritanya pengen ketoprak bikin sendiri, tp bingung bahan sausnya.. alhasil pakai sambal pecel yang endullllll pedes asin manisnya nendang👍 Ndak kalah pokoknya..

Tahu taoge bumbu pecel

Tahu taoge bumbu pecel

Resep ala pelajar😊 #SiapRamadan #Antiribet 😆

Pecel uleg

Pecel uleg

Menu sarapan ku pagi ini... ❤️❤️

1 porsi
Tumis Terong Bumbu Pecel

Tumis Terong Bumbu Pecel

Suami q dri kecil ga pernah makan terong, katanya rasa & teksturnya aneh. Tapi saya sukaaaa banget makan terong... Jadi sya buka2 resep di Cookpad, ketemu resepnya bunda Karunia Agustina... Setelah sya cba masak, ternyata respon suami luarrrr biasaaaa...sampe ludes des des.... Trims bunda Karunia Agustina #recookKaruniaAgustina

2-3 porsi
15-20 mnt
Pecel khas Madiun(pr_uuenaktenanrek)

Pecel khas Madiun(pr_uuenaktenanrek)

baru kali ini bikin pecel,biasa nyabeli aja kalo ga ya mengharap kirimin ibu atau mertua😁 ternyata bikin sendiri lebih enak ya... kali ini di paksa bikin sendiri karna biar bisa ikutan posting rame2 hari ini dengab tema #makanankhasjawatimur dan saya pilih #pecelkhasmadiun nyontek punya mbak Ashalinaqueen dan ternyata #uuenaktenanrek saya bikin pedas dan resanya beneran nampoooolll....

Mie pecel

Mie pecel

Hari ini lg nggak mood mkn nasi jadi buat mie yg ad campuran sayur nya banyak biar kenyang tp nggak bkin nduut.. 🤣🤣

4 orang
30 menit
Sambal Pecel Kacang Tanah n Almond Bumbu Dasar Merah

Sambal Pecel Kacang Tanah n Almond Bumbu Dasar Merah

Baru x ini bkin sambel pecel sendiri... Klo dl gx mau bkin krn hrus ngulek, wkt ada blender tetep males bikin, krn blender sring ksendat klo teksturnya gx cocok dg blender.... Nah krn zaman now ada cooper, qu jd mau mncoba bkin sambel pecel sendiri. Prcobaan prtama yg mnurutqu lumayan brhasil...🤩

Pecel tempe

Pecel tempe

Ini khas nya tulungagung dan sekitarnya ya. Paling cocok makannya sama sayur bobor bayam. Hampir mirip sama pecel Tumpang kalo pecel tumpang pake tempe semangit kalo pecel tempe ini pake yg bagus 😉.