Rezept: Köstlich Macaron Kacang Tanah

Macaron Kacang Tanah.

Macaron Kacang Tanah Jemand sind fähig zu bereiten Macaron Kacang Tanah using 6 ingredients and 15 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Macaron Kacang Tanah

  1. Es ist 4 sdm of Tepung Kacang Tanah.
  2. Es ist 5 sdm of Gula Halus.
  3. Bereiten 1 butir of Putih Telur.
  4. Es ist 1 sdt of air Lemon.
  5. Bereiten 2 sdm of Gula Pasir.
  6. Es ist Secukupnya of Selai Coklat.

Macaron Kacang Tanah Anleitung

  1. Sangrai kacang tanah sampai matang, ditandai dengan kulit kacang mudah mengelupas. Pakai api kecil saja agar tidak gosong ya..
  2. Lalu bersihkan sisa-sisa kulit kacang sampai bersih, lalu giling sampai halus pakai food processor atau blender. Lalu ayak lagi tepung kacang agar benar-benar halus..
  3. Lalu siapkan wadah,isi dengan air panas. Tempatkan wadah isi putih telur diatas wadah isi air panas (bain marie) ini dilakukan agar konsistensi dari si putih telur tetap, tambahkan air jeruk lemon dan gula pasir. kocok putih telur sampai berbusa dan suhu mencapai 40c. macaron ini pake teknik swiss meringue..
  4. Kocok kembali putih telur dengan mikser pake kecepatan tinggi sampai putih telur mengembang dan mengkilat,kalo wadahnya dibalik gak jatuh dan gak turun putih telurnya. (Stiff peak) boleh langsung dikasih pewarna ya pas putih telurnya dikocok..
  5. Campur tepung kacang tanah dengan gula halus sampai rata..
  6. Masukan kocokan putih telur tadi ke bahan kering secara bertahan, bagi dua aja. Pake teknik aduk lipat,jangan berlebihan saat mengaduk..
  7. Aduk lipat terus sampai rata, boleh ditambahkan pewarna sesuai selera. Aduk sampai adonan membentuk pita konsisten. Jangan over saat mengaduk. Maaf saya lupa foto :(.
  8. Masukan ke piping bag, lalu bisa dicetak ke loyang. Alasin dulu loyangnya pake kertas roti, kalo mau di gambar bulat-bulat dulu kaya saya pake tutup aqua hehe,optional..
  9. Setelah di cetak ke loyang,hentakan loyang beberapa kali. Ini dilakukan untuk menghilangkan udara didalam adonan macaron..
  10. Diamkan adonan macaron selama kurang lebih 30 menit, ditandai dengan kalo dipegang atasnya gak lengket lagi..
  11. Panaskan oven 150c selama 10 menit. Jika oven sudah panas, masukan loyang macaron tadi panggang selama 8 menit dengan keadaan pintu oven terbuka sedikit. Panggang lagi selama 7 menit, tutup pintu ovenya sampai akhir..
  12. Keluarkan macaron, dinginkan diatas cooling rack. Jangan dilepas dulu dr baking papernya sebelum benar-benar dingin dan suhu ruang..
  13. Untuk isi macaron,atau filling sesuai selera saja. Disini saya menggunakan selai coklat. Bisa diganti kok sama yang laen hehe :).
  14. Seneng banget saya, ga pake almond cuma modal kacang tanah, dan berhasillllllll yeaaaaaay 🤪.
  15. Selamat mencobaaaaa~ ^^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *