Langkah Mudah untuk Membuat Bolu Gulung Ulang Tahun tanpa pengembang yang Anti Gagal

Dipos pada February 21, 2017

Bolu Gulung Ulang Tahun tanpa pengembang

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bolu Gulung Ulang Tahun tanpa pengembang yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Bolu Gulung Ulang Tahun tanpa pengembang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bolu Gulung Ulang Tahun tanpa pengembang, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu Gulung Ulang Tahun tanpa pengembang bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Oh ya untuk tambahan saja, perkiraan waktu untuk memasak Bolu Gulung Ulang Tahun tanpa pengembang diperkirakan sekitar 50 menit.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Bolu Gulung Ulang Tahun tanpa pengembang oleh krasi mommy. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Kalau kamu mau, masakan Bolu Gulung Ulang Tahun tanpa pengembang memakai 13 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Awalnya ada sodara ultah, mau beliin cake di b**t***, tapi kepikiran pengen bikin kue, jadi cake nya bikin sendiri aja untuk kasih ke yang ultah. Jadi deh bolgul ini dengan hiasan seadanya. Resep nya diambil dari bacaterus.com dengan dimodifikasi sendiri.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Gulung Ulang Tahun tanpa pengembang:

  1. 4 butir telur ayam
  2. 85 gr gula pasir halus
  3. 50 gr terigu segitiga
  4. 12 gr maizena
  5. 10 gr susu bubuk
  6. 85 gr mentega / margarin (aku pakai blueb*** cake & cookies), lelehkan
  7. 1/4 sdm essense vanila
  8. bahan isi dan hiasan :
  9. 100 gr margarin
  10. gula halus 20 gr (sesuaikan rasanya)
  11. 3 sdm skm
  12. 100 gr keju cheddar parut
  13. choco chip secukupnya / cherry merah

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Gulung Ulang Tahun tanpa pengembang

1
Panaskan loyang sekitar 20 menit.atur suhu 190Β°c.
2
Pisahkan telur dari putih dan kuningnya. Lalu kocok putih telur sampai berbusa. Masukkan gula pasir dalam beberapa tahap. Kocok sampai mengembang dengan kecepatan sedang. Lalu tambahkan kuning telur satu persatu. Kocok sampai mengembang, putih pucat dan kental berjejak. Lama mengocok sekitar 15 menit. Matikan mixer.
3
Ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk ke dalam adonan. Aduk dengan menggunakan spatula sampai tercampur rata.
4
Masukkan essense vanila dan mentega cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai rata. Jangan ada mentega yang terpisah /mengendap.
5
Masukkan dalam loyang yang telah dialaskan kertas baking. Lalu angkat dan jatuhkan loyang perlahan agar gelembung udara dapat dikeluarkan dari dalam adonan. Saya mengggunakan loyang 24x24 cm.
6
Panggang dalam oven selama 20-25 menit. 5 menit terakhir gunakan api atas agar bagian atas adonan lebih coklat.
Bolu Gulung Ulang Tahun tanpa pengembang - Step 6
7
Setelah cake matang, angkat dan keluarkan dari loyang dengan dibalik dengan alaskan kertas roti. Lalu gulung saat cake masih hangat.
8
Untuk membuat butter cream, kocok mentega dengan kecepatan tinggi. Masukkan gula halus dan susu kental manis sambil kocok sampai mengembang. Sekitar 20 menit.
9
Buka gulungan cake, lalu oleskan butter cream pada sisi bagian dalam cake, lalu tambahkan keju parut. Gulung cake dan hias sesuai selera.
Bolu Gulung Ulang Tahun tanpa pengembang - Step 9
10
Setelah ditambahkan chocochips.
Bolu Gulung Ulang Tahun tanpa pengembang - Step 10
11
Packing dan kasih tulisan happy birthday.
Bolu Gulung Ulang Tahun tanpa pengembang - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Roll Cake Pandan Lapis Coklat (2 telur saja)

Roll Cake Pandan Lapis Coklat (2 telur saja)

04.04.18._ Source: Nathasya's Kitchen @Cookpad dengan resep 'Bolu Gulung Lapis Coklat Ekonomis'. Thanks untuk resepnya. Yesss demen yg ekonomis, demen yg ekonomis, mari merapat.. Ini nih yg aku suka, udah ekonomis hasil nya memuaskan pula, hmmm kurang apa coba????. Tapi sebenernya rada geli sendiri sih ngeliat tampilan nya yg penuh lubang-lubang manjahhh itu lho (padahal sebelum masuk ke dlm panci pengukus, udah aku hentakkan, tau dah salah nya di mana.. Hahahah). Tapi rasa ngga seburuk tampilan nya kok, ennak, lembut pula, ini aku pake tepung protein rendah, krna ngabisin stok juga yg tinggal dikit, sayang kn klo ngga di pake. Tetapi lebih baik pake tepung protein sedang aja, hasil nya akan lebih bagus,.. 1 lagi ini aku pake loyang ukuran 24Γ—24 jadi nya tipis dan alangkah baik nya pake loyang ukuran 20Γ—20 biar hasil nya bagus.. Ayo kita membaca terlebih dahulu..

11 potong
Bolu gulung putih telur

Bolu gulung putih telur

Ini kue enak walaupun motif horricane nya ga jelas.. Hahahaaa,,, namanya juga pemula.. Perlu coba lagi dan lagi..

Mini Rainbow Roll Cake by Sif oi

Mini Rainbow Roll Cake by Sif oi

cake ini nyenengin banget warnanya, jadi mesti dalam daftar ujicoba nih

Bolu gulung cokelat strawberry

Bolu gulung cokelat strawberry

Bolu gulung ini jadi salah satu menu bakulan saya... Berawal dari arisan recook, waktu itu saya recook resep bunda juni yg bolu Gulung Strawberry gluten-free, terus saya posting hasil fotonya ke ig, eh malah temenku mau pesen bolu gulung...ga tanggung2 pesen lgsg 7 pcs... tapi saya ga bikinin dia yg versi gluten-free... setelah mencari dan mencoba2 resep bolu gulung gluten, akhirnya hatiku jatuh cinta dengan resep ini, karna dirasa pas untuk ukurannya dan rasanya pun ga mengecewakan... temenku yg pesen pun puas dengan hasilnya 😍😍

Bolu gulung selai nanas

Bolu gulung selai nanas

Coba coba bikin bolu gulung, setelah nyoba beberapa resep, ini yang menurut saya pas dan sempurna

Bolu gulung chocolatos

Bolu gulung chocolatos

walopun penampakanya kurang sipp tp ini enak.bikinya malem2 sambil gendong bayi paginya sdh habis πŸ˜…πŸ˜….di adaptasi dr resep white coffee swissroll nya mb sukmawati rs. tp white coffee nya sy ganti chocolatos drink .yg versi aslinya sy jg sdh bikin jg enak 😍😍

Bolu Gulung

Bolu Gulung

Setelah sekian kali mencoba membuat bolu gulung...baru yg ini berhasil... Hanya saya gak punya pisau yang pas buat motong bolu gulungnya jadi masih grimpil2 potongan pinggirnya πŸ˜…πŸ˜… Terima kasih resepnya Ci @tintinrayner dan Mb@Dhiah Oddie, Mb@Erwin Tyas dll senior cookpad...saya jd semangat untuk terus berlatih πŸ˜™

Bolu Gulung Abon πŸ‘πŸ˜‹

Bolu Gulung Abon πŸ‘πŸ˜‹

Semenjak bisa sukses ngegulung-gulung bolu jadinya tambah sukaaaa bikin bolu gulung. Nah biasanya bikin bolgul yg manis-manis..minggu tadi pengen bolgul yang gurih, sekalian buat arisan keluarga siang harinya. So...langsung eksekusi resepnya cie Tintin Rayner nih... Hasilnya maknyooosss...enaaakk..lembuut.. semua sukaa, mertua pun doyan sampe-sampe semalem nelpon cuma minta dibikinin bolgul abon ini lagi πŸ˜πŸ˜πŸ’ƒπŸ’ƒ #CookpadCommunity_Palembang

Rainbow roll cake

Rainbow roll cake

Iseng2 saja resep mini rainbow di jadikan rainbow roll,aihhh,....'oke juga 😍😍

0 menit
Bolu Gulung Putih Telur (Roll cake)

Bolu Gulung Putih Telur (Roll cake)

Borongan post resep terakhir hari ini πŸ’ž recook dari mba Nadia bermodalkan putih telur yang menggunung sisa bikin pie susu, saya modif sedikit saja ma sha Allah enak dan lembut terutama bahannya simple! Alhamdulillah πŸ’š

5 porsi
45 menit
Bolu gulung cokelat ekonomis

Bolu gulung cokelat ekonomis

Source : mbak ricke indriani Bolu gulung yang paling sering saya bikin. Karena mudah, murah meriah, dan enak 😁

Bolu gulung abon (floss roll Bun)

Bolu gulung abon (floss roll Bun)

My first bolu gulung ini recook dr resep mbak Rifa. Abaikan bentuknya yg gitu doang πŸ˜… Bolu nya lembuuut bgt. First bolu aku yg lembut ya ini (biasanya klo bikin bolu bantet Mulu πŸ˜‚). Harusnya klo bikin bolu gulung pake loyang persegi yaa.. tp aku blm pny oven&loyang persegi, jd yaa seadanya pake loyang bunder yg biasa buat kue cake ultah, dan pake otang yg kaya kukusan stainless tp ada kaca bagian atasnya (aku fotoin di bagian step dibawah ☺). Karenanya, hasil bolu nya jd tinggi. Jd, aku bagi 2 biar ga terlalu tebel. Yg bagian bawah matengnya macem overcook, yg bagian atas, matengnya Mayan dah ya.. cukup lah😁

12-15 potong
Bolu gulung taro

Bolu gulung taro

Untuk loyang ukuran pjg 30 lebar 27 tinggi 5 cm

16 potong
Strawberry Roll Cake

Strawberry Roll Cake

Kue ini khusus dibuat untuk memperingati hari ibu tgl 22 Desember walaupun udah lewat ikutan program #MasakanUntukIbu tapi saya tetap buat πŸŽ‚ , kangen banget bikin kue atau masak bareng mami dan di rumah itu mami suka rajin banget tanem strawberry gatau dari mana asal bibit nya mungkin dari buah nya dan biji nya di kumpulin terus jadi taneman & berbuah merah cantik bgt πŸ₯°βœ¨ Karena mami suka strawberry jg jd sy buat ini , dulu2 bgt bikinin kue walaupun saat itu kue nya keras 😭 tapi dibilang enak ................. jadi melow deh . Happy Mother’s day ya mom πŸŽ‚ #BoluPutihTelur #JapaneseRollCake #Pink #StrawberryJapaneseRollCake #Stroberi #RollCakePutihTelur #PutihTelur #StrawberryCake #BoluGulung #Strawberry #ChristmasCake #SliceCuteCake

Uk :26x26 porsi
Bolu Gulung Selai Cokelat

Bolu Gulung Selai Cokelat

varian rasa bolu gulung

Bolu gulung coklat ekonomis

Bolu gulung coklat ekonomis

Bikin selai coklat trus di eksekusi jd isian bolgul..bahan2nya ga banyak. Cocok untuk dijual lagi

16 potong
STEAM ROLL CAKE

STEAM ROLL CAKE

saya mengggunakan sisa kuning telur setelah bikin roti kukus mlecur, jadinya ini deh ^_^

4 porsi
30 menit
Bolu gulung trio

Bolu gulung trio

Uda bikin lama tp kelupaan blm keposting...pas mau bikin lgi mau liat resepnya eeh g nemu tuh ...ternyata eh ternyata 🀣🀣🀣

Matcha Japanese Roll Cake

Matcha Japanese Roll Cake

Belajar buat cake apalagi roll cake itu sesuatu sekali ya.. Sekarang coba buat Roll cake Jepang paling simple dan mudah dan hanya cuma pakai 4 telur. Jadi ga perlu takut kalau gagal terus buang telur banyak ya.. Ini aku juga pertama kali makanya pilih resep paling mudah. Resep ini aku ambil dari ci Tintin Rayner. Selain hemat telur, tanya emuslifier dan buatnya cepat. Buat pemula seperti saya cocok banget belajar roll cake ala Jepang ini. Kalau buat cake ingat telurnya harus telur segar ya.. Ini pakai teknik yang ngocoknya telur kuning dan putih dipisah. Buat roll cake ini agak tricky kalau pakai filling whipped cream karena gulungnya harus dalam kondisi cake dingin sedangkan cake akan lebih mudah digulung jika kondisi masih hangat. #KreasiMadeInJapan #Semarak_KreasiMadeInJapan #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangPost #CookpadIndonesia #PejuangGoldenApron3 #Resepclarissa'skitchen_week28 #rollcake #JapaneseRollCake Source : Tintin Rayner

8 potong
45 menit
Redvelvet roll cake keto/debm #keto

Redvelvet roll cake keto/debm #keto

bikin kue diet keto/demb yaa.... redvelvet cake

8 potong