Bagaimana Membuat Bolu Gulung Meranti no sp yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada October 4, 2021

Bolu Gulung Meranti no sp

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bolu Gulung Meranti no sp yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Bolu Gulung Meranti no sp yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bolu Gulung Meranti no sp, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bolu Gulung Meranti no sp sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Bolu Gulung Meranti no sp kira-kira Loyang ukuran 24x24cm. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Bolu Gulung Meranti no sp dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Cukup dengan bahan yang sederhana, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda bisa membuat Bolu Gulung Meranti no sp memakai 11 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Resep dimodif dr resep bolgul meranti ala hadi tuwendi yg didpt dr blog ricke. Rencana mau buat lapis nanas,eh putar haluan jadi bolu gulung akhirnya. ๐Ÿ˜€. Jadinya resep kesayangan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Gulung Meranti no sp:

  1. 6 kuning telur
  2. 3 putih telur
  3. 75 gr gula pasir
  4. 1/4 sdt garam
  5. 1/2 sdm rum bakar atau 1 sdt vanila bubuk (boleh skip kalau telur segar n full butter)
  6. 1/2 sdm air matang (optional)
  7. 60 gr terigu segitiga
  8. 5 gr maizena
  9. 10 gr susu bubuk full cream
  10. 75 gr mentega/margarine/mix cair (me: corman patisy)
  11. Selai atau buttercream

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Gulung Meranti no sp

1
Kocok telur dan gula dan garam sampai putih kental dan berjejak. Bisa juga putih telur dikocok dengan gula sampai soft peak, baru masukkan kuning telur sambil dimixer. Masukkan air sedikit2 sambil dimixer. Tambahkan rum bakar sambil kocok rata. Gunakan wadah yg lebar agar ntar mudah mengaduk tepung dan mentega cair. Yg metode putel dikocok lebih dulu ternyata lebih cepat mixernya dan stabil.
2
Ayak tepung diatas adonan telur sambil diaduk balik. Kalau suka boleh tambah 2-3 tetes pewarna kuning karena kalau pake putih telur segini biasanya kue agak pucat. Sebaiknya tidak pakai mixer,ntar adonan telur turun kan sayang. Soalnya ini ga pakai sp, jadinya kocokan. telur sangat ringan. Jangan khawatir tepung tidak teraduk. Ayak sedikit sedikit sambil aduk balik perlahan hingga rata. Proses mengaduk juga jangan kelamaan ya. Ntar adonan turun.
3
Tuang mentega cair sedikit2 sambil diaduk balik perlahan sampai rata. Jangan ada minyak yg ngendap,ntar bantet. Kalau pakai wadah yg tinggi dan sempit akan sangat menyulitkan. Saya sampai 2-3 agak bantat karena tidak teraduk sempurna. Ketahuannya pas nuang adonan ke loyang. Udah coba aduk dlm loyang pun ya rada bantat.Pakai baskom yg pendek lebar ternyata sangat membantu.
4
Tuang ke loyang 24x 24 cm yg sudah dialas kertas roti. (mau loyang ukuran 25cm atau 26cm juga bisa. Soalnya bolgul saya agak gendut jadinya) Kalau kertasnya mau dioles mentega, tipis2 saja, kalau terlalu tebal, ntar kuenya bantet. Hentakkan loyang beberapa kali untuk menghilangkan gelembung besar.
5
Panggang di oven yg sudah dipanaskan. Saya pake oven gas. Suhu terbaca 200 derajat. Setelah 15 menit pinggir mulai coklat saya pindah ke api atas. Kalau oven listrik baiknya api atas bawah sekaligus. Kenali oven masing-masing ya.
6
Kalau kulit udah coklat, angkat. Banting beberapa kali agar kue tidak banyak menciut. Balik ke kertas baking yg mengandung silikon. Kertasnya anti lengket n lebih kokoh. Kalau kertas baking biasa kulit bolu bakalan lengket n kertasnya sendiri bakalan basah. Kupas kertas alasnya. (kalau alasnya crust coklat gini tanda matang sempurna dan mudah sekali ngupas kertasnya biarpun ga dioles mentega)Oles selai sesuai selera. Saya pakai selai nanas homemade krn nanas murah meriah disini.
Bolu Gulung Meranti no sp - Step 6
Bolu Gulung Meranti no sp - Step 6
7
Gulung sambil dipadatkan. Kalau udah set. Buka kertasnya(kertasnya bisa bilas air dan dipakai ulang setelah kering). Potong pake pisau tajam. Yummy banget ๐Ÿ˜
Bolu Gulung Meranti no sp - Step 7
Bolu Gulung Meranti no sp - Step 7
8
Saya coba buat di loyang ukuran 25x30. Terus kue dibelah 2 dijadikan 2 gulungan sedang. Oke banget.
Bolu Gulung Meranti no sp - Step 8
Bolu Gulung Meranti no sp - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Gulung Motif Batik

Bolu Gulung Motif Batik

Masih penasaran sama bolu gulung batik nya Mbak DewiRatna, mencoba memainkan imajinasi membatik masih belum rapi tapi setidaknya mau mencoba belajar, bener kata orang-orang membatik itu butuh ketenangan entah itu di media kain ataupun ketika kita membuat bolu batik, saya pilih motif Batik Kawung. Batik Kawung adalah motif batik yang bentuknya berupa bulatan mirip buah kawung yang ditata rapi secara geometris. Kadang, motif ini juga ditafsirkan sebagai gambar bunga lotus dengan empat lembar mahkota bunga yang merekah. Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian.ย Batik Kawungย merupakanย motif batikย tertua di Indonesia dan yang pernah ada, yaitu sejak abad ke 9.ย Batik Kawungย berasal dari Jogjakarta.ย Motif batik kawungย mulai berkembang pada jaman Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, yaitu tahun 1755 pada abad ke- 18 (Wikipedia) Dulu mendiang Eyang saya yang di Solo juga membatik saya hanya sebatas melihat tidak punya rasa ingin mengikuti jejak beliau karena saya lihat prosesnya sangat panjang dan rumit ๐Ÿ˜„ tak heran mengapa batik tulis mahal harganya dan masih banyak penggemarnya #RecookBoluGulungBatikDewiRatna #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Solo #WongSoloMasak #DapurRyuna

Bolu Gulung Batik Versi Panggang Ekonomis

Bolu Gulung Batik Versi Panggang Ekonomis

Bismilah..... Clover sedang ada Give Away lagi nih, kali ini sponsor nya datang dari mbak cantik Nauzaery Setyo , yg kebetulan bulan Desember lalu beliau Ultah , Tabarakallah Fil umrik yaaa Mbak "semoga panjang umur sehat selalu di tambahkan rejekinya di mudahkan juga segala urusanya amin" ๐Ÿ™‡๐Ÿ™‡๐Ÿ™‡ Buat meramaikan GA nya Saya pilih merecook resep bolu gulung ekonomisnya, entah kenapa akhir2 ini saya lagi kecanduan gulung menggulung dan membatik di bolu ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… , setelah kemarin berhasil di bolu gulung versi kukus , sekarang jadi penasaran juga untuk menaklukan bolu gulung yg versi panggang , percobaan yg pertama gagal di gulung krn terlalu kering jadinya retak saat di gulung , percobaan kedua Alhamdulilah berhasil di gulung jadi emang mesti pake feeling yaa waktu proses ngoven nya mesti harus PAS ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ Suka banget dengan tekstur dan rasa dari bolu gulung ini, rasanya enak teksturnya lembut, selain itu bahanya juga cukup ekonomis , sepertinya ini bakal jadi resep andalanku ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Source : @Genikayu , @Nauzaery Setyo ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ #CloverxNauzaery #CloverGAspesialRecook #CookpadCommunity_Solo #CloverCookingLover

1 gulung
60 menit
Bolu Panggang Dua Telur

Bolu Panggang Dua Telur

5 Orang
1 jam
Bolu Gulung Abon

Bolu Gulung Abon

Recook tintin Rayner #PejuangGoldenApron3

Bolu Gulung Abon

Bolu Gulung Abon

Lagi suka banget nih bikin bolu gulung, udah beberapa kali bikin hitung2 nambah jam terbang biar mulus gulungnya, kali ini terinspirasi bolu gulungnya Mbak Tintin Rayner yang isinya abon, untuk resep nya aku masih pakai resep bolu gulung yang lalu dengan takaran sendok makan tapi kalau ditimbang kurang lebih beratnya sama sih kayak takaran resep nya Mbak Tintin cuma beda di jumlah telur, tetap pakai yang irit 3 telur aja ๐Ÿ˜. Dan karena sekarang aku pakai loyang uk. 20 x 20 hasilnya agak montokan dikit, untuk manggangnya sih tetap pakai happycall ๐Ÿ˜‰

Bolu Dinasti Nenek / Marmer Cake / Bolu Jadul

Bolu Dinasti Nenek / Marmer Cake / Bolu Jadul

Ini merupakan Favorit saya ketika saya kecil.. Selain lapis legit dan lapis surabaya ketika imlek di salah satu yang saya suka.. Ini resep turun dari oma ke mama sekarang ke saya.. Dicobain ya.. Ini versi ekonomisnya loh.. Bahan murah tapi rasa nya mantap.. Semoga bermanfaat.. Salam hangat..

Batik Roll Cake Kukus

Batik Roll Cake Kukus

Bismillah... Assalamu'alaikum... Hallo cookpader tersayang...apakabar semua..jangan lupa bahagia ya... Hari ini mau posting Batik Roll Cake Kukus hasil belajar dgn guru saya lagi Chef Joko...Semoga Chef Joko selalu sehat ... Semoga postingan saya ini menjadi amal jariah saya di alam kubur kelak Aamiin2x YRA Batik Roll Cake ini sangat cocok dan sangat menarik sebagai hantaran perkawinan...bingkisan dari mempelai pria utk mempelai wanita( seserahan).Bisa jg sbg hantaran bancakan pernikahan atau souvenir pernikahan virtual.Harganya lumayan mahal ya karena nilai seninya tak ternilai harganya...waktu tenaga dan pikiran tercurah habis utk membuat cake ini.Tingkat kesulitannya disesuaikan dgn motif batik yg dibuat...motif batik parang, motif batik megamendung, motif batik semar dll.Disini jg saya mau menyapa temen2 yg udah menerima "salam saya" dan terimakasih atas kepercayaannya ya...karena semua terlahir dari niat baik.Semoga selalu bersemangat memasak utk keluarga tercinta...kata mamah cookpad sih salam goyang sotil..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ #PejuangGoldenApron3 #ResepRahasia #PGA106Weeks22 http://oka-fridayah.blogspot.com/2021/04/tips2-menunaikan-ibadah-haji-dan.html?m=1

1 loyang 24x24 porsi
3 jam
Cake/Bolu Pisang Kopi Kukus (no mixer)

Cake/Bolu Pisang Kopi Kukus (no mixer)

Bolu pisang adalah bolu yang sering saya praktekkan di awal saya bersentuhan dengan spatula, ballon wisk, loyang dan teman-temannya ๐Ÿ˜. Karena ingin tau rasanya, bolu pisang apapun saya buat, terutama yang dikukus. Waktu itu saya sangat exciting karena baru bisa bikin kue. Jadi kalau lihat pisang bawaannya pengen dibikin bolu terus, hihihi. Dan pas di #WeekendChallenge dengan tema #RecookBundaEi ada resep "White Coffee Banana Cake" saya jadi ingin buat bolu pisang. Kangen juga karena sudah lama ga buat bolu pisang ๐Ÿ˜. Di resep ini saya pakai pisang Ambon lumut yang sudah matang sekali. Dan karena di rumah adanya kopi hitam Meranti yang jarang diminum pak suami, jadi saya manfaatkan kopi yang ada di rumah saja ๐Ÿ˜Š. Setelah kopi diseduh dengan air panas, tunggu sampai suhunya menjadi hangat baru dituangkan ke dalam adonan. Ampas kopinya jangan dimasukkan ya ๐Ÿ˜Š. Saya juga menambahkan chocochip supaya lebih rich tastenya. Oh ya, cake ini saya kukus supaya lebih lembut teksturnya. Hasilnya cake pisang rasa kopi yang sangaaat lembut ๐Ÿ˜. Buatnya juga simple dan cepat, karena ga perlu menggunakan mixer. Baiklah teman, di bawah ini resepnya yang sudah saya modifikasi bahan dan cara membuatnya... Happy baking... #PejuangGoldenApron2 #CookpadCommunity_Bekasi #SatuResepSatuPohon

Bolu Abon (air fryer)

Bolu Abon (air fryer)

Ada sisa abon yg udah mendekati expired date, ya udah yuk dibikin jadi topping bolu aja. Maaf yaa fotonya jelek, keburu2 anak udah bangun ๐Ÿคญ

3 orang
1 jam 30 menit
Bolu Gulung Abon Sapi a.k.a Floss Roll Bun

Bolu Gulung Abon Sapi a.k.a Floss Roll Bun

First trial. Diharapkan pake kertas roti biar g nempel di loyang kyk punya saya.. ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜… Recook : Dafa_tubeHD (youtube)

Batik Roll Cake #3

Batik Roll Cake #3

Source : @yulianabisri #CookpadCommunity_Surabaya

Roll Cake ala Bolu Meranti isi Keju Super Simple

Roll Cake ala Bolu Meranti isi Keju Super Simple

Lagi pingin banget Bolu Meranti tapi mw ke Medan ribet pas Covid gini..ya udah ajah cobajn resep yang sekiranya mirip2.. yuk bunda kita berkreasi lagii๐Ÿ˜‰

1 roll
45menit
Bolu Gulung Abon

Bolu Gulung Abon

Resep dari Tintinrayner.. Enak,antigagal,lembut,semua suka pas makan ini.

1jam
Bolu abon simple dan lembut

Bolu abon simple dan lembut

Resep liat punya mbak Khomzah nur hosin. Suka dengan resep ini metode all in one aduk2 panggang dan hasilnya enak banget.... ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜™๐Ÿ˜™๐Ÿ˜™

Bolu Gulung Batik

Bolu Gulung Batik

03.02.2020 Gegayaan bikin bolu gulung batik, lah wong pernah bikin bolgul biasa aja gagal eh ini pake motif batik pulak ๐Ÿคฆ๐Ÿ˜ . Tapi challenge posbar @dkitcheners_ kali ini yg mengusung tema bolu gulung batik usulan dari bundsay Juni (CP: Juni Dwianggiani), ya mau gak mau jadi dinekatin bikin jg hahaha... Pake resep bolgultiknya bunda @genikayu saya mencoba membatik bolu gulung,ย ย tak lgs berhasil, mulaiย dr motifnya yg overbake jadi warnanya pudar, patah pas ngegulung, dll.ย tetap perluย trial & errorย sampai akhirnya berhasil wlpn blm sempurna. Ketagihan bikin malah, next mau coba yg versi kukus. Kuncinya mau trs belajar dr kesalahan seblmnya & bertanya pd yg mumpuni. Alhamdulillah satu challenge terlewati lagi ๐Ÿ’–๐Ÿ’–๐Ÿค—๐Ÿค—๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰ Sumber: IG @genikayu #dkitcheners_ #arisanround3_15 #paintedcake #dapurmama_at #cookpadcommunity_jakarta #rollcake #batikrollcake #bolugulung #bolugulungbatik #resepbolugulung

Bolu Nutrisari

Bolu Nutrisari

Source: @rahayuputri438 Bolu yg bikinnya mudah, bahannya simple dan rasanya jg enak. Rasa dari nutrisarinya jg masih ada. Untuk rasa Nutrisari bisa diganti sesuai selera. Sebenarnya ini q buatnya setengah resep aja...tp alhamdulilah tetap berhasil, yee...๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿคญ #TiketGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bekasi #CooksnapResep_MamaAL

Bolu Gulung Abon

Bolu Gulung Abon

Percobaan pertama bikin bolu gulung abon, sebelumnya sudah pernah bikin bolu gulung tapi bukan isi abonn....wkwkwkwk, hasilnya masih belom rapihhh dan belom muluuussss.... kendala saya selalu lengket di kertas roti jadi kulit luarnya sebagain terkelupass....musti banyak latihan lagi, barangkali ada yang minat... Resepnya nyontek punyanya Teh Ricke Indriani "bunda Nadhifa". Saya cuman bikin setenga

5 porsi
60 menit