Cara Gampang Membuat Batik Roll Cake Kukus yang Sempurna

Dipos pada September 21, 2021

Batik Roll Cake Kukus

Anda sedang mencari inspirasi resep Batik Roll Cake Kukus yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Batik Roll Cake Kukus yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Batik Roll Cake Kukus, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Batik Roll Cake Kukus sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Batik Roll Cake Kukus yaitu 1 loyang 24x24 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebelum saya lupa, perkiraan waktu untuk memasak Batik Roll Cake Kukus diperkirakan sekitar 3 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Batik Roll Cake Kukus dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Mommy bisa menyajikan Batik Roll Cake Kukus memakai 16 jenis bahan dan 16 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillah... Assalamu'alaikum... Hallo cookpader tersayang...apakabar semua..jangan lupa bahagia ya... Hari ini mau posting Batik Roll Cake Kukus hasil belajar dgn guru saya lagi Chef Joko...Semoga Chef Joko selalu sehat ... Semoga postingan saya ini menjadi amal jariah saya di alam kubur kelak Aamiin2x YRA Batik Roll Cake ini sangat cocok dan sangat menarik sebagai hantaran perkawinan...bingkisan dari mempelai pria utk mempelai wanita( seserahan).Bisa jg sbg hantaran bancakan pernikahan atau souvenir pernikahan virtual.Harganya lumayan mahal ya karena nilai seninya tak ternilai harganya...waktu tenaga dan pikiran tercurah habis utk membuat cake ini.Tingkat kesulitannya disesuaikan dgn motif batik yg dibuat...motif batik parang, motif batik megamendung, motif batik semar dll.Disini jg saya mau menyapa temen2 yg udah menerima "salam saya" dan terimakasih atas kepercayaannya ya...karena semua terlahir dari niat baik.Semoga selalu bersemangat memasak utk keluarga tercinta...kata mamah cookpad sih salam goyang sotil..πŸ˜€πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜ #PejuangGoldenApron3 #ResepRahasia #PGA106Weeks22 http://oka-fridayah.blogspot.com/2021/04/tips2-menunaikan-ibadah-haji-dan.html?m=1

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Batik Roll Cake Kukus:

  1. Bahan A(Adonan Kulit)
  2. 40 gr Tepung Terigu Protein Rendah
  3. 30 gr Tepung Maizena
  4. 60 gr Gula halus/Gula Pasir
  5. Telur Utuh 2 butir @50 gr(dgn kulit)
  6. 20 gr Emulsifier
  7. 2 sdm Susu Cair
  8. Bahan B (Adonan Bolu Kukus)
  9. 5 butir Kuning Telur
  10. 200 gr Gula Pasir
  11. 20 gr Emulsifier
  12. 140 gr Tepung Terigu Protein Rendah
  13. 30 gr Tepung Maizena
  14. 80 ml Susu Cair
  15. 50 ml Minyak
  16. 1/2 sdt Garam

Langkah-langkah untuk membuat Batik Roll Cake Kukus

1
Cara membuat adonan motif: Ambil bowl masukkan semua bahan A(Adonan kulit) kedalam bowl kecuali SUSU CAIR.Mixer dgn kecepatan tinggi hingga menjadi adonan berwarna putih dan kental.
Batik Roll Cake Kukus - Step 1
2
Matikan mixer kemudian masukkan susu cair dan aduk dgn spatula sampai susu tercampur rata.
Batik Roll Cake Kukus - Step 2
3
Adonan siap diberi pewarna sesuai motif batik yg diinginkan.Ambil secukupnya adonan dan pisahkan ke manggkuk kecil teteskan pewarna dan aduk dgn sendok hingga campuran warna rata kemudian masukkan ke piping bag.Saya warna putih(original), kuning, coklat muda dan hitam.Jadi saya pake 4 warna.Warna hitam nggak kefotoπŸ˜…πŸ€£
Batik Roll Cake Kukus - Step 3
Batik Roll Cake Kukus - Step 3
Batik Roll Cake Kukus - Step 3
4
Buat motif batik.Ambil motif batik yg kita print dari google.Letakkan motif batik diatas loyang.Diatasnya kita lapisi dgn kertas roti lalu selotip.Lukis motif batik diatas kertas roti menggunan adonan dgn piping bag mengikuti gambar yg ada.Semprotkan adonan sedemikian shg membentuk lukisan sempurna.Kalo mau terampil melukis silahkan ikut kelas (Cooking Class) yg ada di kota anda.
Batik Roll Cake Kukus - Step 4
5
Lakukan hingga terbentuk lukisan batik yg sempurna.Jika lukisan udah siap lepaskan selotip dikiri kanan loyang.
6
Pindahkan motif batik yg udah siap ke dalam loyang(bagian dalam loyang).Sisihkan.
7
Siapkan kukusan.Panaskan hingga mendidih dengan api besar.
Batik Roll Cake Kukus - Step 7
8
Buat Adonan B(Adonan Bolu Kukus).Kocok telur dan gula pasir hingga rata.Masukkan emulsifier mixer sampai kental.Pindah ke speed rendah lalu masukkan susu,minyak dan pasta(vanila/coklat).Mixer hingga rata.
9
Matikan mixer.Masukkan bahan kering sambil diaduk balik dgn spatula.Masukkan bahan kering secara bertahap ya.
10
Ambil loyang yg berisi motif(no.6) lalu kukus selama 2-10 menit menyesuaikan dgn jenis kukusan masing2.Kukusan jenis industri lebih cepat panas dibandingkan sgn kukusan rumahan biasa.
Batik Roll Cake Kukus - Step 10
Batik Roll Cake Kukus - Step 10
11
Setelah motif batik yg dikukus selama 2-10 menit matang angkat dari kukusan.Hilangkan dulu uap panasnya, lalu tuang dgn adonan putih(adonan bolu kukus/adonan cake no.9).Tuang seluruh adonan cake ke dlm loyang jika udah lalu hentak2kan agar tdk ada udara yg terperangkap lalu kukus lg selama 8-10 menit atau 25 menit sesuaikan dgn jenis kukusan masing2.
12
Jika cake udah matang tes dgn tusuk sate jika tdk menempel lagi berarti udah matang.Hati2 ya roll cake batik ini harus benar2 matang ya tidak boleh kurang matang.Setelah matang angkat cake dari kukusan dan hilangkan uap panasnya lalu lepaskan cake dari loyang lalu balik.Angkat kertas secara perlahan.
13
Ambil plastik mika letakkan diatas motif batik lalu balik.Tunggu hingga hangat lalu oleskan cake dgn selai strawberry/coklat/butter cream (sesuai selera) lalu gulung.Seleteh digulung dgn sempurna, lalu diisolasi plastik mikanya agar gulungannya bisa terbentuk.Tunggu hingga cake benar2 dingin baru dipotong2.Bagus lg taruh di lemari pendingin sebentar kira2 15 menit.
14
Potong pinggir2 batik roll cake agar rapi.
15
Batik Roll Cake kukus siap dihidangkan.Batik Roll Cake ini tidak boleh digulung spt kita menggulung bolu gulung biasa yg tanpa batik...karena kl cara menggulungnya spt itu maka motif batiknya tidak akan tampak.Percuma kita susah2 membatiknya kalo tidak tampak.Maka dari itulah ukuran cake harus pas dan cara menggulung jg harus TEPAT.Center of point terletak pd lukisan batiknya maka dari itu jika diiris hasilnya kalah cantik dgn sebelum diiris(utuh).
Batik Roll Cake Kukus - Step 15
Batik Roll Cake Kukus - Step 15
16
Alhamdulillah..bikinnya dari pagi jam 10 selesainya jam 3 sore..terbalas sudah rasa lelah seharian membatik dgn melihat hasilnya.Saya tidak kapok lain wkt akan bikin lagi dgn motif batik megamendung In Shaa Allah jika hari libur 😘🀩🀩🀩
Batik Roll Cake Kukus - Step 16

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Batik

Bolu Batik

Anak minta dibuatin bolu batik,jadi dibuatin de,dgn 2 bentuk tp rasa sama :D

6 porsi
50 menit
Bolu mix juz buah naga & mangga ala cemplung2

Bolu mix juz buah naga & mangga ala cemplung2

Bismillah, bikin bolu dan bolu lg.. Anak2 pd suka n gampang bikinya tinggal cemplung2.. Bikin lg coz ketempatan taklim taksin,, bikin yg simple2 ajh.. 😁 #bikinygsimplesimple #cookpadindonesia #saturesepsatupohon

342. Bolu Jadul Ekonomis

342. Bolu Jadul Ekonomis

Bolu ini sering dijumpai di acara hajatan/Snack box pengajian ☺️. Tapi sering kali iLfeel buat nyomot bolu ini karena suka seret saat dimakan. Nah... ternyata kuncinya supaya bolu ini moist adalah Jangan overbaked saat memanggang karena nanti bolu akan menjadi kering & seret saat dimakan, pemakaian margarin nya harus banyak supaya lembut, takaran terigu tidak boleh berlebihan harus pas daaan... Tambahkan sedikit susu / kental manis yg dilarutkan dg air supaya bolu terasa lembab. Source: @anchenkeenan #KombesTour_Tangerang #CookpadCommunity_Bekasi #Cookpad_id #BagikanInspirasiMu

Bolu Peuyeum (Bolu na urang Bandung)

Bolu Peuyeum (Bolu na urang Bandung)

Pulang jalan - jalan dari salah satu tempat wisata di Bandung dimana sepanjang jalan ini berjajar penjual tape singkong ( peuyeum). Sampai di rumah peuyem ini dicoba untuk di olah..jadilah bolu peuyeum. Semoga bisa jadi bolu na urang Bandung (bolu nya orang Bandung ). Selamat berinspirasi.

25 potong
1 jam
Bolu Gulung Abon

Bolu Gulung Abon

Salah satu kue favorit aku dan ibuuukk.... nyummm... gak cukup sepotong.. Terimakasih ci @cook_2668114

Bolu gulung abon mayo

Bolu gulung abon mayo

Recook bunda tintin rayner skip bp 😁

Bolu Nasi Pandan (olahan nasi sisa)

Bolu Nasi Pandan (olahan nasi sisa)

Source : Teh Agie Bikin bolu pake nasi? Enak ternyata πŸ˜‹

Batik Roll Cake with Nutella Filling - No SP / BP / bolu gulung

Batik Roll Cake with Nutella Filling - No SP / BP / bolu gulung

Karena ini resep irit telur dan bahan, jadi langsung coba. Cara buatnya juga simple banget. Hasilnya memuaskan, rasanya enak banget, manisnya pas, cakenya lembut banget, ditambah filling nutella jadi terasa nyoklat dan jadi lebih manis. Rekomended banget nih resep nya Tintin Rayner, buat bikin bolgul. Suami yg ga terlalu suka cake pun bilang cakenya enak banget, nanya beli dimana?

Bolu kukus Gula Merah

Bolu kukus Gula Merah

Source : Tintin Rayner

02. BOLU BATIK

02. BOLU BATIK

Bolu batik bakulanku bunda...saya jual 1000an.

-+ 55-60 biji
Bolu gulung coffee choco ganache

Bolu gulung coffee choco ganache

Sore ini tiba tiba kepingin banget makan bolu gulung ala meranti Medan tapi sayang tidak ada keju di rmh. yang ada hanya coklat. Jadinya buat bolu gulung coffee choco ganache aja.

Bolu Gulung Abon

Bolu Gulung Abon

Lagi suka banget nih bikin bolu gulung, udah beberapa kali bikin hitung2 nambah jam terbang biar mulus gulungnya, kali ini terinspirasi bolu gulungnya Mbak Tintin Rayner yang isinya abon, untuk resep nya aku masih pakai resep bolu gulung yang lalu dengan takaran sendok makan tapi kalau ditimbang kurang lebih beratnya sama sih kayak takaran resep nya Mbak Tintin cuma beda di jumlah telur, tetap pakai yang irit 3 telur aja 😁. Dan karena sekarang aku pakai loyang uk. 20 x 20 hasilnya agak montokan dikit, untuk manggangnya sih tetap pakai happycall πŸ˜‰

Bolu Gulung Batik Kukus Mudah

Bolu Gulung Batik Kukus Mudah

Oleh2 resep acara COMBRO Surabaya dari Ibu Siswaty #Cookpadcomunitysurabaya #Combro_surabaya

16. Bolu gulung abon mayo

16. Bolu gulung abon mayo

Trial kedua... setelah yg pertama gagal karena kulitnya ngelupas waktu di gulung...

Bolu Gulung Batik Panggang

Bolu Gulung Batik Panggang

Resep ini saya dapatkan dari ibu Fatmah Bahalwan.. terimakasih banyak ibu atas resepnya πŸ™πŸ™ Mohon maaf masih berantakan πŸ€­πŸ™

Bolu Kukus Kelapa

Bolu Kukus Kelapa

Biasanya bolu kukus itu pakai santan kelapa, kali ini saya buat memakai kelapa parut. Lebih terasa kelapanya ini ,heheheh. #cookpadcommunity_bekasi

Kue Kering Coklat Batik

Kue Kering Coklat Batik

Kue jadul.. rasanya mantap.. margarin saya pakai Marmila sdh ada aroma susu + vanila.. wangi banget.. info dr owner TBK di kota saya margarin Ini bagus banget buat Kue kering.. hasilnya benar, enak dan wangi πŸ‘ roombutter sy pakai merk palmvita. Silahkan menyesuaikan pakai merk favorit masing2 jika susah dapat merk yg saya maksud ☺

Bolu Jadul

Bolu Jadul

Bolu nya enak dan lembut. Makasih resep Dan inspirasinya bunda Desriayu πŸ’•