Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bolu Gulung Kukus (Lembut & Ekonomis) yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 27, 2018

Bolu Gulung Kukus (Lembut & Ekonomis)

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bolu Gulung Kukus (Lembut & Ekonomis) yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Bolu Gulung Kukus (Lembut & Ekonomis) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bolu Gulung Kukus (Lembut & Ekonomis), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bolu Gulung Kukus (Lembut & Ekonomis) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bolu Gulung Kukus (Lembut & Ekonomis) kira-kira 8-10 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Bolu Gulung Kukus (Lembut & Ekonomis) diperkirakan sekitar 40 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bolu Gulung Kukus (Lembut & Ekonomis) dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Dengan bahan-bahan yang simpel, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Anda bisa membuat Bolu Gulung Kukus (Lembut & Ekonomis) memakai 7 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Ini bolu gulung perdana aku sebelum punya oven tapi sudah gatel banget mau coba eksekusi bolgul hehehe... pakai loyang ukuran 24x24cm, bisa pakai ukuran yang sedikit lebih besar karena menurut saya terlalu tebal, but still yummy~ ofc :)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Gulung Kukus (Lembut & Ekonomis):

  1. 5 butir telur
  2. 100 gram gula pasir
  3. 50 gram tepung terigu
  4. 25 gram tepung maizena
  5. 25 gram susu bubuk
  6. 100 gram butter/mentega (dicairkan)
  7. 1 sdm SP

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Gulung Kukus (Lembut & Ekonomis)

1
Mixer gula, telur dan SP sampai putih mengembang (kurang lebih 15 menit) dengan kecepatan tinggi.
2
Campur tepung terigu, tepung maizena & susu bubuk, aduk rata. Turunkan kecepatan mixer hingga paling rendah, lalu masukan ke dalam adonan gula, telur, SP secara bertahap (saya aduk pakai spatula saja karena mixer turbo, kecepatan paling rendah tetap kencang).
3
Masukan mentega cair, aduk hingga rata.
4
Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan alasi kertas roti.
5
Kukus selama (kurang lebih) 20 menit.
6
Siapkan kertas roti baru untuk menggulung.
7
Angkat kue dari kukusan, lalu keluarkan dengan cara dibalik diatas kertas roti baru, lepas kertas roti yang menempel pada kue.
8
Gulung kue selagi panas, lalu dibuka kembali, dinginkan kue, oleskan buttercream/selai secara merata diatas permukaan kue, lalu gulung kembali. Masukan ke dalam kulkas selama 10 menit agar tampilan kue lebih cantik. Selamat mencoba.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu gulung lembut dan anti gagal

Bolu gulung lembut dan anti gagal

Udah lamaaa banget penasaran gimana caranya bikin bolu gulung. Pengen nyoba tp nyali sering ciut karena seringnya cm sebatas bayangan. Akhirnya ketemu sama resep bolu gulung punya cece @tintin rayner. Dengan niat dan optimis akhirnya berani nyoba. Alhamdulillah berhasil,untuk first trial not bad lah.. kata pak suami juga enak๐Ÿ˜š. Maaf klo di resep kali ini tidak dilengkapi foto step by step karena gak sempet pegang hp buat foto๐Ÿ˜.

365. Bolu Pisang Kukus (Bolangkus) Nan Lembut

365. Bolu Pisang Kukus (Bolangkus) Nan Lembut

Salam smart cookpaders . . . tadi malam sebelum tidur si kecil sudah tanya besok ke sekolah bawa apa. Wah, kalau gini PR buat emaknya, hehehe . . . ๐Ÿ˜ŠPikiran saya bikin kue yang praktis dan ekonomis aja. Kebetulan ada sesisir pisang ambon menggantung di dapur sudah masak, telur nyisa juga tinggal 2 biji, itupun ukurannya kecil-kecil. Wallah, berspekulasi dan bereksplorasi menggunakan bahan yang ada aja, yang penting bisa dimakan dan dibawa ke sekolah. Tarrraaa . . . ternyata jadi deh si legit Bolangkus (bolu pisang kukus) nan lembut, anak-anak pada berebut saat kue baru keluar dari dandang, mereka pada bilang "yummy". Akhirnya beberapa saat berikutnya si Bolangkus sudah pada masuk di masing-masing tas sekolah mereka, nyisa tinggal 3 biji untuk dijepret bahan dokumentasi cookpad. Alhamdulillah, selesai sudah cerita rutinitas di pagi hari, anak-anak sudah pada berangkat ke sekolah dan saya juga harus siap-siap ke kampus. Have a great monday all smart mommies cookpad . . .๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜„๐Ÿ˜๐Ÿ˜—

4 porsi
60 menit
Bolu jadul irit telur ๐Ÿ˜Š

Bolu jadul irit telur ๐Ÿ˜Š

Si bungsu pengen bikin cake. Sdh berhari hari minta, akhirnya long weekend ini bisa ngabulin. Browsing eh nemu resep bolu dengan bahan 4 telur, Alhamdulillah enak. Ini saya modif dengan menambahkan susu bubuk dan pasta vanilla.

9 potong cake
60 menit
Choco Cheese Butter Cake

Choco Cheese Butter Cake

Beli cream cheese yg dah deket expired date nya. Iseng lah bikin ini buat cemilan jelang pergantian tahun.

12 potong
1 jam 30 menit
Bolu 3 rasa vanila coklat moca

Bolu 3 rasa vanila coklat moca

#CookpadComunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3 Minggu ke:35 Kali ini bikin bolu 3 rasa yaitu vanila coklat dan moca,sekalian aku cobain loyang baru hehe

Bolu Rempah

Bolu Rempah

Bolu rempah yang biasa disebut juga bolu jadul ini mempunyai tekstur padat dan lembut tapi juga ringan Warna gelap dari bolu ini bukan dari bubuk coklat tapi dari gula palm yang saya pakai Rasa manis dari gula palemnya pas gak bikin enek Aroma kayumanis dan bumbu spekuk nya bikin gak tahan deh untuk icip2 Bikin nya pun gak ribet, langsung dipanggang di baking pan Kuy daripada penasaran cuzz kita ceki2 resepnya

25 potong
Bolu kukus pandan lembut. No seret !

Bolu kukus pandan lembut. No seret !

Ceritanya jadi manten mandiri , semua kue aku buat sendiri mulai dari acara lamaran kemarin sampe walimahan. Nah kebetulan mertua bingung mau suguhin kue apa . ya udah bikin bolu aja . ini sebenarnya ada 2 varian ada jeruk dan pandan. Tapi hanya pandan yang berhasil eksis . Ini asli lembut dan pastinya nggak seret lah ya !

1 loyang.
30 menit
Bolu kukus mekar lembut anti gagal

Bolu kukus mekar lembut anti gagal

Alhamdulillah berkali2 puluh2 kali mungkin dan bertahun2 nyobain bolu kukus slalu gagal tapi resep ini gak gagal. Dan lagi lembut dan empuk rasanya. Kutukanpun terasa hilang sudah.

11-12 cup
Bolu pisang teflon lembut

Bolu pisang teflon lembut

Karna suka sekali sama pisang,terinspirasi sana resepnya mbk @ Gladhays kichen akhirnya aq buat bolu kukus pisang lembut ini...

Bolu kemojo/ Koja labu kuning

Bolu kemojo/ Koja labu kuning

Source : widuri Padat ,lembut,legit banget. Cocok u buka puasa..... Tips : Olesi loyang dgn margarin dan terigu agak tebel,biar ga susah waktu ngeluarin nya. Waktu motong nya harus benarยฒ dingin.biar gak petat petot. Untuk gula bisa tmbh atau Krng ,tergantung tingkat kemanisan labu. Resep asli disini yah๐Ÿ‘‡aq cuma pake 1/2 resep https://cookpad.com/id/resep/814893-bolu-komojo-labu-kuning?invite_token=dZWAUyQyQBLvDRF5jQgrv4K2&shared_at=1617714881

1 loyang
1 jam lebih
Marble Cake/ Marmer Cake/ Bolu Jadul (Metode Butter Cake)

Marble Cake/ Marmer Cake/ Bolu Jadul (Metode Butter Cake)

Cake ini nge-hits banget dari zaman ibu saya muda dulu, sampai sekarangpun masih banyak peminatnya, karena rasanya yang klasik, wangi margarin, legit, ah bikin kenangan masa kecil yang indah terulang kembali :) Makanya sering disebut juga dengan "bolu jadoel" karena sudah ada sejak dulu kala. Saya inget banget dulu ibu saya sering bikin bolu ini, persis dengan style cake kuning dipadukan dengan motif garis-garis coklat yang membuatnya mirip motif marble/ marmer. Kini, cake ini jadi salah satu makanan favorit sama anak-anak di rumah, karena wanginya yang sejak dipanggang sudah kemana-mana, bikin mereka penasaran dan akhirnya berebut saat sudah matang. Banyak versi dalam pembuatan bolu jadoel ini, ada yang metode dicampur semua bahan dari awal (all in), ada yang metode sponge cake dimana lemak (margarin/mentega/minyak) dicampurkan terakhir sebelum dipanggang, ada juga yang metode butter cake. Resep saya ini memakai metode 'butter cake', karena menurut saya ini yang paling mantap, ya memang tak dapat dipungkiri bahan-bahannya sedikit lebih 'boros' dibandingkan metode lainnya, karena sama sekali tidak mengandalkan pengembang adiktif dan emulsifier buatan, melainkan mengandalkan telur sebagai emulsifier alami. Tapi... Hasilnya memang sangat 'worth it', selezat itu, bikin berkesan hingga gigitan terakhir ^^ Yang belum pernah coba, cobain yuks ๐Ÿฎ

25 ++ potong
Banana Cake/Bolu pisang

Banana Cake/Bolu pisang

Punya stok pisang kematengan,cari resep eh ktm resep yg simple n anti gagal..hasil cakeny jg lembuuut pisan,no mixer lho..untuk takaran gula saya kurangi dr resep aslinya,wajib di recook ini resep dr Tintin rayner..

Bolu pisang dapur ambu titi

Bolu pisang dapur ambu titi

Awalnya aku dikasih pisang agak banyak sama tetangga, udah sampe 4 hari belum habis2 ๐Ÿ˜‚ dari pada si pisang busuk yaa udah deh cobain dibikin bolu pisanng saja biar semua orang bisa makan termasuk anakku ๐Ÿ˜†

3 - 5 orang
1 jam 30 menit
Ontbijtkoek Lembut

Ontbijtkoek Lembut

Dulu, waktu masih kecil, sering dapet oleh-oleh kue legit warna cokelat ini saban kali mama pulang rapat kantor. Sebesar muffin, tapi bentuknya oval dan dibalut kertas minyak ditengahnya. Setelah jadi ibu-ibu baru ngeh kalo namanya ontbijtkoek setelah ngubek-ngubek internet. Kalo versi jadul, ontbijtkoeknya lebih seret, tapi ontbijtkoek di resep ini lembut karena ada penambahan margarin leleh. Kalo suka yang seret, tinggal kurangi margarin dan jadi lebih pas buat temen nge-teh.

45 menit
Bolu pisang anti gagal

Bolu pisang anti gagal

Cobain beli pisang sunpride 4 biji, saya makan 1 karena ada maag jadi gak kuat banyak, sisanya 3 biji gak ada yang nyentuh sampe mateng sekali, harus diakali biar gak kebuang so cari-cari resep di cookpad dan ketemu resep simpel tapi anti gagal dan mantap, yuk cuuussss....๐Ÿฅฐ Source : Pani Amelia

12 buah
20-25 menit
Bolu Jadul lembut

Bolu Jadul lembut

Asli ini enak banget lembut pas banget deh pokoknya, ini cake rasa jadul yg ngangenin๐Ÿ˜๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜˜ resep Law Thomaz๐Ÿ‘

9 potong
Bolu tape lembut (putih telur)

Bolu tape lembut (putih telur)

Putih telur di kulkas buanyak banget hasil dari buat lapis surabaya dan chuikaoso, intip intip resep putih telur... Dapat deh resep nya mbak @ jessie nathania, yang lembut dan enak banget, cocok deh buat pecinta bolu tape dan mau ngabisin putih telur ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Tape nya benar benar terasa ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

Bolu Pandan Santan Pakai Daun Pandan Asli

Bolu Pandan Santan Pakai Daun Pandan Asli

Untuk lebih jelasnya bisa nonton videonya di channel youtube aku yaa Ketik aja : Lely Kd Makasih sudah mampir โ˜บ

Ogura Pandan Putih Telur

Ogura Pandan Putih Telur

Ini ceritanya dapat kiriman coklat bubuk dari Bu Dokter Cantik, karena aku gak tau ini coklat buat minuman eh aku main bikin buat campuran ogura tapi rasanya juara coklatnya endull bgt ๐Ÿ˜‹ dipadukan wangi pandan bikin maem sepotong kurang karena ogura ini lembut seperti mamam kapas texturnya, yuk yang punya putih telur bisa dicobain resepnya ๐Ÿ˜Š #MasakSakSakMu #LihaiRecook2_Solo #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Solo #WongSoloMasak #CookpadCommunity_Pati #DapurRyuna Source Ambar Utami

Bolu Pisang Coklat Kurma (metode: all in one)

Bolu Pisang Coklat Kurma (metode: all in one)

Mumpung ada pisang kematengan, mumpung mood dan ada waktu. Modifikasi bolu pisang coklat yg sudah pernah diposting. Kebetulan ada kurma, cemplung juga.. Coklat bubuk dan pasta coklat diskip biar ga trlalu rame rasa...