Cara Gampang Membuat Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut yang Enak

Dipos pada May 13, 2022

Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut kira-kira 1 loyang 22cm. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut diperkirakan sekitar ± 90mnt.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Cukup dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Mommy bisa menyajikan Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut memakai 19 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Pisang dan Coklat, kalau dipadukan rasanya ngga bikin kecewa ..... Anak² di rumah sudah pasti sukaa kalau ada coklat² nya gitu. Sayapun suka dengan bolu Pisang Coklat ini 😀. Bolunya lembuut dan empuuk. Oh iya di resep aslinya hanya menggunakan 4 telur. Setelah beberapa kali bikin, saya coba lagi dengan menggunakan 5 butir telur agar lebih montok 😀. Dan untuk takaran bahan lainnyapun sedikit menyesuaikan lagi. Hasilnya tetap lembut dan empuuk ❤Tips : Kalau mau menggunakan topping irisan pisang, sebaiknya topping di taruh setelah bolu di panggang antara 10-12 menit kalau saya, agar pisang tidak amblas karena bolu sudah mulai agak set. Source : Chalistaa Kitchen dengan modifikasi #PosbarIdaman #KampungIdaman #CookpadCommunity_Bandung #KreasiDapurSaya_ResepCake

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut:

  1. 🍀Bahan A : (Lumatkan)
  2. 300 gr Pisang setelah dikupas, asli 200 gr (sy Ambon lumut)
  3. 1 sachet SKM putih
  4. 🍀Bahan B :
  5. 5 Butir Telur utuh (resep asli 4 butir)
  6. 225 gr Gula Pasir (resep asli 200 gr)
  7. 1 sdt Emulsifier (saya SP)
  8. 1/2 sdt Vanilla Bubuk (tambahan saya)
  9. 1/4 sdt garam
  10. 🍀Bahan C (Bahan Kering) : Campur semua dan ayak
  11. 230 gr Tepung Terigu (saya pro rendah),asli 200gr
  12. 20 gr maizena (tambahan saya)
  13. 40 gr Coklat Bubuk
  14. 1/2 sdt Baking Powder
  15. 🍀Bahan D :
  16. 165 ml Minyak Goreng (resep asli 150 ml)
  17. 🍀Topping (Optional)
  18. Secukupnya Irisan Pisang
  19. Secukupnya Chocochips

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut

1
Siapkan semua bahan. Photo di bawah ini saya bikin utk 2 x resep ya...
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 1
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 1
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 1
2
Lumatkan pisang+SKM dengan menggunakan blender. Sisihkan.
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 2
3
Dalam wadah besar masukkan semua Bahan B. Mixer dengan kecepatan paling tinggi sampai adonan, putih, mengembang, kental dan berjejak.
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 3
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 3
4
Turunkan kecepatan mixer ke speed yang paling rendah. Kemudian masukkan pisang yang sudah dilumatkan ke dalam Bahan B ini. Mixer sebentar saja asal rata.
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 4
5
Masukan Bahan C (bahan kering) yang sudah dicampur dan diayak. Bertahap sambil mixer dengan speed terendah sebentar asal rata saja. (saya memasukkannya 3 tahap). Matikan mixer, Lanjut aduk menggunakan spatula sebentar. Jangan over mix ya.
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 5
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 5
6
Terakhir masukkan Bahan D (minyak) secara bertahap (saya 3 tahap). Aduk perlahan sampai rata dengan cara aduk balik dengan menggunakan spatula. Perhatikan jangan sampai ada endapan minyak di bawah adonan. Karena bolu bisa bantat. Dan jangan over mix juga.
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 6
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 6
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 6
7
Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah di oles margarin dan ditabur tepung terigu. Hentakan loyang 3-4x agar udara keluar. Saya menggunakan loyang tulban ukuran 22 cm. (Ini pas bikin dg topping almond slice dan chocochips).
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 7
8
Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Panggang sampai matang. Sesuaikan dengan oven masing² yaa. Saya pakai otang yang tidak ada temperatur nya, dengan menggunakan api sedang cenderung kecil selama ± 60 mnt. Sesuaikan lagi yaa dengan oven yang digunakan.
9
Matikan api. Keluarkan loyang. Biarkan beberapa saat (saya ± 5 mnt) agak bolu mudah keluar dari loyang. Baru pindahkan ke cooling rack. Biarkan dingin lalu potong².
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 9
10
Sajikan utk teman ngopi atau ngeteh 🤩.
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 10
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 10
Bolu Pisang Coklat, Empuk dan Lembut - Step 10
11
Selamat mencobaaa 🤗🥰.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu kukus pandan

Bolu kukus pandan

Ini kue favorit orang rumah, selamat mencoba🤗

5 orang
1 jam
Bolu Gulung Pandan

Bolu Gulung Pandan

Cemilan siang hari.. Mari kita makaaan Udah lama ga bikin bolu gulung ini🤗.. Berasa kangeun bangeut🥰 Alhamdulillah cepet ludes,, anak2 doyan pisan🤩😘 Source : chalistaa kitchen #genkpejuangdapur #cookpadcommunity_Tangerang #cocomtangpost #cookpadcommunity_Cilegon #cookpadcommunity_Banten #cookpadIndonesia

Bolu tape kukus super lembut

Bolu tape kukus super lembut

Cemilan kesukaan pak su alias pak suami..

5 orang
30 menit
Bolu Pandan Panggang Ekonomis 3 Telur

Bolu Pandan Panggang Ekonomis 3 Telur

Assalamualaikum sobat baking hari ini aku berbagi resep bikin bolu pandan lembut yg insyaAllah mudah untuk dibuat ya..

Bolu Kukus Mekar tanpa Soda

Bolu Kukus Mekar tanpa Soda

cemilan favorit anak anak

11 pcs
Bolu Kojo

Bolu Kojo

Penasaran sama kue yg satu ini, nyari2 resep eh ketemu resepnya dari cookingwithheel, langsung dech eksekusi mumpung ada bahan-bahannya juga

3 orang
Kurang lebih 1 jam
Eggless "Cake 20" Simple No Mixer 1 ("Bolu 20" Tanpa Telur Tanpa Mixer Mudah Irit Hanya Enam Bahan)

Eggless "Cake 20" Simple No Mixer 1 ("Bolu 20" Tanpa Telur Tanpa Mixer Mudah Irit Hanya Enam Bahan)

Bolu ini disebut "Bolu 20" karena bahan utamanya kelipatan dari 20. Untuk versi ini, pakai minyak 20 gram. Rencananya akan ada versi kedua, tanpa minyak, minyak diganti air. Versi ketiga, dengan minyak tanpa sitrun. Versi keempat, tanpa minyak dan sitrun. Keempatnya akan dibandingkan, insyaa Allah. Oh iya, kalau teman-teman ingin ada gurihnya, bisa ditambahkan garam sejumput. Ini rasanya tidak terlalu manis. Kalau ingin lebih manis, takaran gula bisa ditambah. Alhamdulillah. Cara membuatnya sangat mudah, tanpa telur, tanpa mixer. Bisa dipanggang, bisa dikukus. Yang ini saya buat porsi kecil, saya kukus bersamaan dengan menanak nasi. Irit bahan plus irit listrik. ^^ #SaveEnergy Resep ini terinspirasi dari Chocolate Eggless Cake No Mixer oleh @fitrisasmaya (Fitri Sasmaya).

1 loyang kecil diameter 13 cm
1 jam (30 menit mencampur, 30 menit mengukus)
Bolu pisang panggang no mixer

Bolu pisang panggang no mixer

kebetulan ada sisa pisang ambon 2 dirumah dan udah benyek gitu kematengan. jadinya dibikin bolu deh

6 orang
1 jam
Bolu pisang panggang 1 telur

Bolu pisang panggang 1 telur

Ah kalau ingat hari Raya pasti ingat dengan segala keribetan bebikin. Dari yang bebikin untuk di rumah sampe untuk rumah bako. Salah satu yang sering di bikin ya bolu, cake atau puding. Nah ini saya bikin Bolu pisang. Ini rencana juga mau saya bikin untuk Idul Adha nanti. Bikinnya simple dan rasanya pasti enak. Yook bikin.. Source : @ikha_thea1 #GenkPeda_Eksis #RememberGenkPeDa_IkaSulistianingsih #GenkPejuangDapur #CookpadCommunity_Sumbar #Basidoncek #PPKMBarengCookpad #PosbarIDAMAN #idamanmamah #MasakItuSaya #KampungIdaman

Bolu Kukus Gula Aren Empuk dan Legit

Bolu Kukus Gula Aren Empuk dan Legit

Membuat bolu kukus itu memang susah² gampang sih.Banyak yang mengeluh gagal, bantat, tidak mekar. Bagi pemula, harus sesuai resep ya supaya bolkus bikinannya sukses. Cara pengadukan, takaran yang tidak sesuai, cara pengukusan dan bahan yang digunakan berpengaruh pada kesuksesan membuat kue yang satu ini.Tapi membuat bolu kukus gula merah atau gula aren ini terbilang mudah. Tingkat kegagalannya sedikit. Pastikan baking powder dan soda kue yang digunakan masih aktif. Sebenarnya sudah lama aku tidak membuat bolkus, tapi karna postingan teman², aku jadi pingin buat. Itung² buat camilan sekeluarga yang hobi makan 😆. #PekanPosbarManisGurih

19 buah(besar)
Ciffon pandan

Ciffon pandan

Masih tahap belajar bikin ciffon ini masih belum bisa ku takluhkan

12 potong
Bolu pisang

Bolu pisang

Masih punya pisang raja yang sudah matang kulitnya pun sudah kehitaman sayang kan kalau di buang. Akhirnya di olah menjadi bolu pisang aja. Resep di lihat di YouTube ibu Fatma Bahalwan rasa nya enak loh.. walaupun sudah dingin tetap lembut yuk di coba

Bolu Pisang Kukus (Takaran Sendok)

Bolu Pisang Kukus (Takaran Sendok)

Enak, empuk, gak nyeretin... #Bolu_Elloet SC: Lana #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Kediri #KampoengRamadan #KreasiPisang #BoluPisangMoist #BoluPisang #MasakAsyik #SimplyTasty #LezaTo

Bolu Susu Lembang

Bolu Susu Lembang

Cuaca mendung syahdu dan walaupun masih #DirumahAja tetep donk ikut meramaikan #Semampir_keBandung. Kali ini pengen icip kue Bolu Susu Lembang sekalian bikinin cemilan bocil juga. Alhamdulillah bocil suka. Sengaja cari resep yang ada dua rasa. Soalnya si bontot lebih suka rasa coklat. Alhamdulillah nemu resepnya mbak Haura. Selain itu, cemilan ini juga bisa loh dinikmati oleh ibu hamil. Rasanya nggak eneg, bikinnya pun nggak susah. Semoga para bumil sehat selalu yaa.. #SupportBumil #Promil_PejuangDapurSupportIbuHamil #CookpadCommunity_Semarang Sumber resep: https://cookpad.com/id/resep/15161690-bolu-susu-lembang-vanila-coklat?invite_token=GPvjEVDBEFBaPY1xotE51GGE&shared_at=1624504727

1 loyang
1 jam
Bolu Pisang No Mixer

Bolu Pisang No Mixer

Setiap lebaran wajib buat bulo pisang karena caranya dan bahannya yang praktis dan murah

4 org
2 jam
212. Bolu Marmer Pandan

212. Bolu Marmer Pandan

Suka sama bentuknya, jadi bolu nya makin cantik 🤩😍. #PejuangGoldenApron3 #Week50 #MasakItuSaya #Cookpad_id

Condensed Milk PANDAN POUND CAKE⭐

Condensed Milk PANDAN POUND CAKE⭐

Aku jatuh cinta sama teksturnya..beremah tp tanpa seret sama sekali,tanpa sp tp bisa kokoh dan ngak bantat😊😘,lain kali mau bikin yg rasa vanila lg dech..ketagihan😁 Source: Tintin Rayner #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #RecookOfTheWeek

Bolu pisang rice cooker

Bolu pisang rice cooker

Lagi ppkm wfh di rumah bikin pengen ngemil mulu. Daripada beli iseng cobain bikin bolu pake rice cooker mode cake. Lumayan ga perlu oven. Jadinya pun cantik enak lembut. 💗

1 keluarga
1 jam
Bolu Keju Mesis

Bolu Keju Mesis

#bolujadul #resepbolu #cakepotong #bolumoka #bolucoklat #resepkue #resepcake #cake #cakes #bolu #resepmasakan #bolupanggang #kuejadul #cakepotong #cakery #cheese #bread #chocolate #mesis #butter #bread