Cara Gampang Membuat Japanese Roll Cake yang Lezat Sekali

Dipos pada September 23, 2022

Japanese Roll Cake

Bagaimana membuat Japanese Roll Cake yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Japanese Roll Cake yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Japanese Roll Cake, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Japanese Roll Cake enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Japanese Roll Cake sekitar 6 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, perkiraan waktu untuk memasak Japanese Roll Cake diperkirakan sekitar -+ 1,5 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Japanese Roll Cake oleh krasi mommy. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Kalau kamu mau, masakan Japanese Roll Cake memakai 15 jenis bahan dan 17 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sekali-sekali bikin roll cake. Masih kurang rapi, but it's okay. Source : Mama Ezy

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Japanese Roll Cake:

  1. Bahan A:
  2. 4 kuning telur
  3. 6 sdm terigu segitiga
  4. 2 sdm gula pasir
  5. 50 ml air
  6. 50 ml minyak
  7. 1/2 sdt baking powder
  8. 1/2 sdt pasta vanili
  9. Bahan B:
  10. 4 putih telur
  11. 5 sdm gula pasir
  12. 1/2 sdt cream of tartar
  13. 3 sdm cokelat bubuk larutkan dengan sedikit air
  14. Filling:
  15. Whipping cream (bisa diganti butter cream atau selai)

Langkah-langkah untuk membuat Japanese Roll Cake

1
Masukkan dalam wadah kuning telur dan gula, aduk dengan whisk. Campur air dan minyak. Masukkan campuran tersebut ke dalam kuning telur. Aduk dengan whisk.
Japanese Roll Cake - Step 1
Japanese Roll Cake - Step 1
2
Tambahkan baking powder dan tepung yang diayak. Aduk perlahan dengan whisk. Konsistensinya kental. Sisihkan.
Japanese Roll Cake - Step 2
3
Mixer putih telur speed rendah sampai berbusa. Masukkan cream of tartar. Lalu masukkan gula secara bertahap. Mixer sampai speed sedang aja. Mixer sampai stiff peak.
Japanese Roll Cake - Step 3
4
Ambil sedikit adonan kuning telur. Lalu tambahkan dengan sedikit adonan putih telur. Aduk dengan cara melipat. Masukkan campuran adonan ini ke dalam piping bag.
Japanese Roll Cake - Step 4
Japanese Roll Cake - Step 4
Japanese Roll Cake - Step 4
5
Siapkan loyang (saya 24x24x4). Olesi dengan margarin. Dasarnya berikan kertas roti. Panaskan oven tangkring api sedang 10 menit.
6
Sambil menunggu oven panas, bentuk motif jerapah pada kertas roti dari adonan yang ada di piping bag. Bila oven sudah panas, panggang di rak tengah selama 1,5 menit saja. Bila pakai oven listrik, panggang di suhu 170 derajat C. Sisa adonan di piping bag dimasukkan lagi ke dalam adonan kuning telur.
Japanese Roll Cake - Step 6
Japanese Roll Cake - Step 6
7
Campur adonan kuning telur dengan cokelat yang dilarutkan dengan sedikit air. Aduk perlahan sampai rata. Adonan jadi warna cokelat.
Japanese Roll Cake - Step 7
Japanese Roll Cake - Step 7
8
Masukkan adonan putih telur ke dalam adonan warna cokelat secara bertahap. Aduk melipat dengan whisk, Setelah putih telur masuk semua lanjutkan dengan spatula aduk melipat sampai rata.
Japanese Roll Cake - Step 8
9
Tuang adonan di atas loyang yang sudah ada motif jerapahnya. Ratakan adonan.
Japanese Roll Cake - Step 9
10
Hentak2 sebentar. Panggang dengan api sedang di rak tengah selama 25 menit. Bila pakai oven listrik, api atas bawah 170 derajat C, selama 17-20 menit.
Japanese Roll Cake - Step 10
11
Setelah matang keluarkan dari oven. Diamkan sampai suhunya turun.
Japanese Roll Cake - Step 11
12
Letakkan kue di cooling tray atau loyang datar. Lepas kertas rotinya perlahan.
Japanese Roll Cake - Step 12
13
Letakkan adonan di atas kertas roti besar dengan cara dibalik sehingga motif jerapahnya terletak di bawah.
Japanese Roll Cake - Step 13
14
Olesi permukaan cake dengan whipping cream dan ratakan.
Japanese Roll Cake - Step 14
15
Gulung cake perlahan. Rapatkan.
Japanese Roll Cake - Step 15
16
Dinginkan cake di kulkas selama 1 jam.
17
Setelah 1 jam, keluarkan cake dan potong2. Cake ini lembut dan enak.
Japanese Roll Cake - Step 17
Japanese Roll Cake - Step 17
Japanese Roll Cake - Step 17

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Tape Panggang

Bolu Tape Panggang

Liat kulkas ternyata ada tape singkong. Yo wes lah langsung cap cus bikin bolu tape. Asli empuk & muprul bolunya. #PejuangGoldenApron

Chiffon santan pandan mocca

Chiffon santan pandan mocca

Pembalasan kemarin gagal. Gara gara kebanyakan jeruk dan gula masuk duluπŸ™‰

Bolu Pisang Kukus

Bolu Pisang Kukus

Ceritanya di rumah lagi ada pisang utuh yang udah 4 hari gak dimakan-makan. Alhasil pisang jadi kematengan. Sayang banget kalau gak di eksperimenin. Akhirnya dibuat ini aja. Rasanya dijamin mantul. Walau tanpa mixer tapi hasil lembut dan enak banget. Gampang pula buatnya. Wajib coba si resep ini. Oh iya, untuk pisangnya pakai pisang apa saja asal matang ya. #PejuangGoldenApron3 Source : Watty

45 menit
Bolu Kelapa

Bolu Kelapa

+/- 20 cups
2 jam
Bolu kukus dancow coklat

Bolu kukus dancow coklat

#Resep ke-235 #Source: Fb. Rasida Anika Pastry&Bakery School.

95 biji
Bolu Jadul Coklat

Bolu Jadul Coklat

#cookpadcommunity_semarang #pejuanggoldenapron3 #mingguke36

Bolu pisang panggang tanpa margarin

Bolu pisang panggang tanpa margarin

Resep turun temurun dari jaman nenek moyang ku haha... kebetulan anak-ank juga sangat suka sama bolu pisang ini.. soalnya lembut bolunya ... yuk bun barangkali mau dicoba resep aku... let's cook bunda !!!

15 porsi
1 jam 30 menit
Bolu air 1 telur (panci presto)

Bolu air 1 telur (panci presto)

loyang uk 16cm
45 menit
Bolu kukus pandan

Bolu kukus pandan

Lembut ga seret pokonyaπŸ˜‰

5 orang
45 menit
Bolu Hongkong Keju Almond

Bolu Hongkong Keju Almond

Masih recook resepnya Mbak Endang Pratiwi. Resep bolu hongkong ini sudah lama saya cookmark dan akhirnya bikin juga. Jadi incaran karena model bolu yang disuka suamik, teksturnya lembut kempus2 😘 Di sini cup yang saya pakai agaknya relatif tinggi dan besar, jadi hasilnya lebih sedikit dari resep aslinya. Source link πŸ‘‡ https://cookpad.com/id/resep/14386629-bolu-hongkong-keju-almond?invite_token=PdNqNLMBXCMN8Bwh7sz7ur9E&shared_at=1615461108 #RecookDepok_Endang #CookpadCommunity_Depok #PejuangGoldenApron3

8 cups
2 jam
Bolu kukus Nutrisari (ide jualan)

Bolu kukus Nutrisari (ide jualan)

Awalnya pesimis bikin ini takut asem Krn perdana bikin ini dan buat hantaran πŸ˜…, dan lihat di YouTube juga kebanyakan cuma pake 1 telur dan ga di mixer, berhubung saya punya baby jadi saya mixer aja biar cepet. Loyangnya di sesuaikan kan aja ya 😁 Saya cuma punya 1 loyang tulban yg besar jadinya cuma setengah loyang aja, tapi lumayan tinggi juga, harga jualnya pun bisa lebih murah dan tetap dapat untung pastinya.

35menit kukus
Bolu Jadul Super Lembut

Bolu Jadul Super Lembut

Assalaamu'alaykum warahmatullaah wabarakaatuh ummahaat~ Ini adalah salah satu resep bolu yg worth to bake πŸ₯° terutama buat penyuka bolu yg lembut lembab dan kempus kempus. Tapi menurut ummu rasanya gak jadul. Malah lebih mirip condensedmilk cotton cake. Tapi dg teknik yg lebih sederhana. Ummu pernah buat ccc sekali. Alhamdulillaah enak. Tapi belibet πŸ˜… ditambah teknik panggang waterbath nya. Dg resep ini kita dapat citarasa dan tekstur ccc tapi dg teknik yg jauh lebih simpel πŸ˜šπŸ˜‹ No wonder bolu ini lembut banget karena telur cukup banyak dan masih ditambah cairan skm setelahnya. Dicoba yukk umm~ 😚 anak anak in syaa Allaah sukaa deh Bismillaah BOLU JADUL SUPER LEMBUT Recipe @y.s.o Rebake @qiyamskitchen Untuk 1 loyang persegi uk.20x20 (tulban lebih baik) Resep telah dimodifikasi

Bolu kering

Bolu kering

#GA_TheNextLevel

13 porsi
60 menit
Bolu Kukus anti Gagal

Bolu Kukus anti Gagal

Kenapa saya bilang anti gagal ? Krn baru di resep ini saya bikin bolu kukus mekrok semua bun πŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒ Rebake dari kakak @aditya damayanti #pejuanggoldenapron3

Sekitar 20 cup - kecil
1 jam
Lemon Butter Cake

Lemon Butter Cake

#PejuangGoldenApron3 -minggu 39- (6 Mar) Nyobain pengen bikin butter cake..tapi yg agak beda..ya uda deh..bikin yg pake lemon aja.. Tapi ini agak exsotik ya warnanya, kelupaan ditengok gara-gara keasikan nonton DraKor ..yg penting tetep yummyyyy banget..wangi banget sama wangi butter n lemon seisi rumah.. Ini versinya ga terlalu manis ya..kalau mau manisan gula pasirnya boleh ditambah atau nanti setelah matang boleh ditopping sama sugar lemon glaze atau pakai SKM juga jadi.. Kalau buat keluarga saya sih dimakan gini aja udah yummmm banget... Yuksss dicoba ya..

4 orang
60 menit
Bolu pisang

Bolu pisang

20 potong
Bolu luwak white coffe magicom soft

Bolu luwak white coffe magicom soft

Sudah lama ingin membuat kue bolu luwak white coffe, tapi karena terkendala gak punya oven, jadinya tertunda terus, akhirnya suami menyarankan menggunakan magicom, tapi ini aku salah menggunakan magicom nya, karena magicomnya kegedean, kayaknya harusnya yg kecil atau yg menengah, tapi gapapa, ini percobaan pertama bikin resep sendiri πŸ˜… satu yang aku lupa, bagian bawah teflonnya gak ditepuk2, alhasil kue bolunya bergelembung bolong2 😁, buat yg mau recook disarankan buat tepuk2 bawah Loyang atau teflonnya dulu yaa sebelum di cook atau di panggang yaa πŸ₯° Btw itu nya oblong karena saya nusuknya pakek garpu yaa, jadi kayak gitu hasilnya πŸ˜… Terima kasih

Bolu Pisang

Bolu Pisang

Sudah lama kutak katik resep aneka bolu pisang dan Alhamdulillah sudah menemukan formula yang cocok untuk saya. Di pic sy coba pake minyak goreng dan tetep kalo mau tekstur yang moist jangan ganti margarin/butter dengan minyak. So, let's bake!

1 jam 15 menit
Bolu Gulung Batik Panggang

Bolu Gulung Batik Panggang

Resep ini saya dapatkan dari ibu Fatmah Bahalwan.. terimakasih banyak ibu atas resepnya πŸ™πŸ™ Mohon maaf masih berantakan πŸ€­πŸ™