Cara Gampang Menyiapkan Bolu kukus mekar (1 telur) yang Lezat Sekali

Dipos pada September 7, 2022

Bolu kukus mekar (1 telur)

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bolu kukus mekar (1 telur) yang mudah Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Bolu kukus mekar (1 telur) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bolu kukus mekar (1 telur), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bolu kukus mekar (1 telur) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Bolu kukus mekar (1 telur) adalah 8 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Mumpung masih ingat nih, kira-kira waktu penyiapan Bolu kukus mekar (1 telur) diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bolu kukus mekar (1 telur) sendiri di rumah. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Kalau kamu mau, masakan Bolu kukus mekar (1 telur) memakai 9 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Udah lama gk pernah buat bolkus, dulu pertama buat berhasil mekar, kemarin2 buat 3x gk ada yg berhasil, bolkusnya nyusut dan bantet. Penasaran mau buat lagi, recook resep mama nera, tapi airnya saya tambahin santan. Alhamdulillah berhasil mekar lagi ๐Ÿ˜Š Yuk, dicoba mom!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu kukus mekar (1 telur):

  1. 15 sdm tepung terigu
  2. 8 sdm gula pasir
  3. 1 butir telur
  4. 1/2 bungkus santan kara yg 65ml + air ditakar sampai 100ml
  5. 1/2 sdt sp
  6. 1/2 sdt baking powder
  7. 1/2 sdt vanili bubuk
  8. Sejumput garam
  9. Pewarna makanan

Langkah-langkah untuk membuat Bolu kukus mekar (1 telur)

1
Bismillah. Pertama mixer telur, gula, dan sp dari kecepatan rendah ke tinggi sampai putih berjejak.
2
Kemudian tambahkan air santan, lalu baking powder dan vanili bubuk. Lalu masukkan terigu sedikit demi sedikit (masih speed tinggi ya mixernya), mixer sampai semua tercampur rata. Jika sudah rata, matikan mixer.
3
Ambil 2 wadah kecil, tuang 2-3 sdm adonan pada masing2 wadah, beri pewarna makanan 2-3 tetes saja, aduk rata. Saya pakai warna ungu dan orange.
4
Panaskan kukusan, air tdk usah banyak, cukup 3cm saja agar tdk mengenai permukaan cup saat mengukus, jgn lupa tutup panci dilapisi serbet bersih. Panaskan sampai mendidih (beruap banyak) dgn api besar.
5
Ambil cup, masukkan kertas, tuang adonan putih 3/4 cup, sisanya adonan berwarna. Lakukan sampai adonan habis.
6
Kalau mau atasnya kelihatan bergaris seperti beberapa bolu kukus saya, saya tuang selang seling adonan putih dan berwarna. Paling atas adonan berwarna, lalu tarik garis dari tepi ke tengah dgn lidi (garisnya atas, bawah, kanan, kiri). Maaf lupa saya video caranya.
7
Jika kukusan sudah panas, masukkan cup berisi adonan. Cup jgn terlalu dekat ya krn nanti akan mekar. Jika tidak muat banyak bisa beberapa kali mengukusnya, jika kukusan ke2 air sudah mulai sedikit, tambahkan dan panaskan lagi.
8
Kukus selama kurleb 15 menit. Jgn buka tutup sebelum 15 menit. Jika sudah matang, angkat bolkusnya. Dan siap untuk dinikmati โ˜บ
Bolu kukus mekar (1 telur) - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mini Moo Moo ๐Ÿฎ๐Ÿฎ๐Ÿฎ Swiss Roll Cake

Mini Moo Moo ๐Ÿฎ๐Ÿฎ๐Ÿฎ Swiss Roll Cake

Minggu ini kembali dengan posbar Clover dengan tantangan dari mbak Mita yaitu "Aneka Karakter". Sempat galau mau bikin apa, akhirnya pilihan jatuh ke swiss roll cake bentuk sapi punya mbak ayoe widya ๐Ÿฎ๐Ÿฎ๐Ÿฎ Ekspektasi sih sapi nya putih, tapi begitu jadi sapi nya agak kuning >.< kayanya ketinggian suhu oven. Kalau untuk rasa sih gak usah diragukan lagi resepnya mbak ayoe, rasanya enak, teksuturnya ga seret dan manisnya juga pas ๐Ÿ‘๐Ÿ‘ Pembuatan swiss roll cake ini menggunakan metode kuning telur dan putih telur yang dikocok terpisah, sehingga menghasilkan tekstur kue yang moist dan lembut. Ga cuman sedap dipandang tapi juga enak untuk dinikmati ๐Ÿคค๐Ÿคค๐Ÿคค source : ayoewidya83 (instagram) #ManaKaraktermu #Semarak_ManaKaraktermu #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunitySolo #pilkadaCookpad_wanda

6 pc
1 jam
Bolu Tape Keju

Bolu Tape Keju

#PejuangGoldenApron3 -minggu 40- (12Maret) Mampir ke rumah mertua..trus dibagi tape mateng manis, sambil dibilangin : "pas banget tuh rasanya buat dibikin bolu"...wahhh kode banget kan tuh..yooo weissss dieksekusi dah tu tape abis pulang.. Cuma berhubung masih belum bisa ngepasin panasnya oven, bolunya luarnya agak eksotik, dalemnya tetep moist koq..

4-8 orang
90 menit
Bolu sarang semut 8 telur Fatmah Bahalwan

Bolu sarang semut 8 telur Fatmah Bahalwan

Pesanan ini sdh lama banget nampang di draft,cuma lagi malas aja mau ngetik....resepnya bu Fatmah memang selalu cocok dihati,ada untungnya juga cetakannya lengket dibagian bawahnya,karena bisa tahu sarangnya yang full...bagian bawah saya tambal pakai butter cream,karena yang mau dipake kan bagian atasnya.ini pesanan hantaran.hiasannya minta yang sederhana karena untuk menempuh perjalanan jauh selama 3 jam.

Bolu keju tepung kelapa

Bolu keju tepung kelapa

Bikin bolu ala low carb sesuai bahan yg ada di rumah. Jadinya cukup memuaskan buat teman ngeteh ataupun ngopi ๐Ÿ‘Œ

5 org
1 jam
Bolu Hongkong Keju Almond

Bolu Hongkong Keju Almond

Seminggu ini merecook resep dari mbak Endang author Code..Krn kocokan arisan kmrn kluar nama mbak @Endang Pratiwi.. Daan saya pilih rebake Bolu Hongkong, ini dijamin enaak & ngeju bangeett ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ momsis wajib cobain dehhh... Utk cup yg saya pakai menghasilkan 8 pcs.. Mgkn kalo cup nya agak kecil bs dapet 10-12 pcs ๐Ÿ˜Š #RecookDepok_Endang #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Depok

8 cup
1 jam 30 menit
Bolu Kopi

Bolu Kopi

Lagi enak2 scrool IG nemu lah resep bolu, aslinya resepnya pakai rasa pandan cm aja lagi gak ada pasta pandan jadi aku ganti dg pasta coffee mocca.. But untuk toping fla nya disini aku gak pakai soalnya kurang srek aja rasanya..๐Ÿ™ Tp nanti tetep aku tuliskan flanya. Jadi menurutku mending di kasih topping sesuai selera saja..๐Ÿ˜Š #pejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_malang #mamozaf_kitchen

Puding Cake Busa Cocktail / Puding Busa Lapis Bolu

Puding Cake Busa Cocktail / Puding Busa Lapis Bolu

Lama ngga lihat puding jadul ini. Akhirnya saya nemu resepnya dari Chef Farah Quinn. Saya padukan dengan chiffon cake vanilla dari Stella Maria. Saya memakai loyang bundar d=20cm. Sisa Adonan busa dan lapisan agar saya taruh di loyang lain. Sponge cake bisa dibuat 1 hari sebelumnya. Saya menggunakan 1/2 resep sponge cake vanilla. Sebenarnya bisa pakai 1 resep (bagi 2: 1 pake loyang d=20cm, 1nya pake loyang persegi brownies. Resep puding busa+lapisan cukup untuk 2 loyang ini) punya saya yang di loyang brownies kuenya udah abis duluan ๐Ÿ˜… jd bikin pudingnya cuma yg di loyang bundar. Sumber: utube Farah Quinn (ide&resep)/ Stella Maria (cake) #PejuangGoldenApron3

Bolu pisang kukus

Bolu pisang kukus

Hr ni krn pisang kematengan msh byk, jd aq bkin bolu aja. Ada yg aq panggang jg. Nah ini yg kukus br coba. Dan hasilnya memuaskan dan enak bgt.

Bolu pisang telur 1

Bolu pisang telur 1

4 orang
25 menit
Bolu pandan keju

Bolu pandan keju

8 orang
2 jam
Choco Volcano Chiffon Cake

Choco Volcano Chiffon Cake

ini moment bebakingan chiffon bareng sm anggota cookpad semarang. buat rame2 an aja ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ trs ngide pake cetakan mini chiffon, ternyata lebih ringkih dr cetakan yg sz.18+ ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ #PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_semarang

Bolu Kecit/jadul Sehat tanpa bahan pengembang

Bolu Kecit/jadul Sehat tanpa bahan pengembang

Keren. Tanpa bahan pengembang. Bolu sehat. Simak resepnya ya. Trus siapin deh bahannya dan jangan lupa langsung eksekusi. Resep sudah saya modifikasi sedikit bahan2nya. Juga saya kasih warna sedikit di atasnya. Pewarna bisa diskip. #GA_TheNextLevel Source : Mira_Jabir, Pekanbaru

Bolu Kukus kembang warna

Bolu Kukus kembang warna

14 cup
30 menit
Bolu Sakura

Bolu Sakura

Bolu Sakura, bolu sederhana tradisional. Warna kecoklatannya berasal dari karamel (gula dan air), bukan gula merah/aren. Rasanya sedikit mirip apem kukus. Seperti layaknya bolu tradisional, rasanya ringan di lidah, karena tidak pakai bahan berlemak seperti margarin/mentega apalagi butter. Tentunya selingan yang ringan dan sehat dibanding kue2 bolu berisi lemak mentega/butter :)

20 cups
Bolu Marmer Simple

Bolu Marmer Simple

Si kk minta dibuatkan bolu. Oke lah Mumpung bayi saya tidak rewel ๐Ÿ˜Š. Bolu marmer ini buatnya cukup simple n enak rasanya. SC : Anim โš˜Resep Ke 171โš˜ #GoldenApron_TheNextLevel #PejuangGoldenApron3 (Week_39) .

Loyang20cm
Bolu Kukus Santan

Bolu Kukus Santan

Bismillah Masih belum bosen nyoba-nyoba resep bolu kukus. Simple tapi tricky๐Ÿคฉ Source Nila Suteja #comboanjangsana_recookBogor #cookpadcommunity_Bogor

12 cup
20 menit
Bolu Kukus Gula Merah Ekonomis

Bolu Kukus Gula Merah Ekonomis

Bismillahirrahmanirrahim.... Nyoba buat Bolu Kukus Gula Merah mumpung ada stok Gula merah nih di dapur. #PejuangGoldenApron3 Senin, 01 Februari 2021, Week 36 Source : Jessie Nathania

15 -17 porsi
Bolu Jadul

Bolu Jadul

cuma isengยฒ buat bolu untuk teman ngopi siang ini.