Bagaimana Menyiapkan Bolu Marmer Simple yang Enak Banget

Dipos pada September 8, 2022

Bolu Marmer Simple

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bolu Marmer Simple yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Bolu Marmer Simple yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bolu Marmer Simple, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bolu Marmer Simple di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bolu Marmer Simple adalah Loyang20cm. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Bolu Marmer Simple oleh krasi mommy. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Mommy bisa menyajikan Bolu Marmer Simple memakai 10 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Si kk minta dibuatkan bolu. Oke lah Mumpung bayi saya tidak rewel 😊. Bolu marmer ini buatnya cukup simple n enak rasanya. SC : Anim ⚘Resep Ke 171⚘ #GoldenApron_TheNextLevel #PejuangGoldenApron3 (Week_39) .

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Marmer Simple:

  1. 4 butir Telur ayam negri
  2. 2 sdm Coklat bubuk dilarutkan dengan dua sendok makan air panas
  3. 1 sdt peres Baking powder
  4. 1 sachet Kental manis putih
  5. 1/4 sdt Vanili bubuk
  6. 1/4 sdt peres Garam halus
  7. 200 gr Terigu protein sedang
  8. 200 gr Gula halus atau gula pasir diblender
  9. 200 gr Margarin
  10. Pewarna makanan Hitam (Tambahan dari saya, optional)

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Marmer Simple

1
Siapkan semua bahan. Campur jadi satu terigu, baking powder, vanili bubuk dan garam lalu diayak, sisihkan. Larutkan coklat bubuk dengan 2 sendok makan air panas, sisihkan.
Bolu Marmer Simple - Step 1
2
Siapkan wadah bersih dan kering. Masukkan margarin dan gula halus, mixer sampai lembut.
Bolu Marmer Simple - Step 2
Bolu Marmer Simple - Step 2
Bolu Marmer Simple - Step 2
3
Lalu masukkan telur ayam satu per satu. Mixer sebentar.
Bolu Marmer Simple - Step 3
Bolu Marmer Simple - Step 3
Bolu Marmer Simple - Step 3
4
Setelah itu masukkan kental manis putih, mixer lagi sebentar sampai tercampur rata.
Bolu Marmer Simple - Step 4
Bolu Marmer Simple - Step 4
5
Selanjutnya masukkan tepung terigu, baking powder, vanili bubuk dan garam sambil diayak atau sudah diayak terlebih dulu sebelumnya. Tujuan diayak agar baking powder tidak bergerindil dikue, nanti pas sudah matang, kue terasa pahit.
Bolu Marmer Simple - Step 5
Bolu Marmer Simple - Step 5
Bolu Marmer Simple - Step 5
6
Aduk rata dengan spatula. Ambil sepertiga adonan lalu beri larutan coklat tadi.
Bolu Marmer Simple - Step 6
Bolu Marmer Simple - Step 6
Bolu Marmer Simple - Step 6
7
Siapkan loyang tulban / bulat ukuran 20 cm (me: loyang kotak 20x20cm). Olesi dengan margarin.
Bolu Marmer Simple - Step 7
8
Tuang adonan coklat lalu putih, selang saling. Tuang adonan putih sampai rata. Kemudian tuang sisa adonan coklat sampai rata.
Bolu Marmer Simple - Step 8
Bolu Marmer Simple - Step 8
Bolu Marmer Simple - Step 8
9
Untuk mempertegas motif coklat, saya tambahkan sekitar tiga tetes pewarna hitam (bisa diskip).
Bolu Marmer Simple - Step 9
10
Beri motif dengan sumpit / lidi atau garpu.
Bolu Marmer Simple - Step 10
Bolu Marmer Simple - Step 10
11
Panaskan terlebih dahulu oven tangkring atau oven listrik. Oven di suhu 170derajat celcius selama 35 menit atau sampai matang. (Me : 170dercel api atas bawah selama 15 menit di rak tengah lalu turunkan suhu menjadi 160dercel selama 15 menit api bawah saja. Di 5 menit terakhir, saya ubah jadi api atas supaya bagian atas lebih kering. Unt oven tangkring, gunakan api sedang di rak tengah sekitar 35 sampai 40 menitan. Jgn lupa tes tusuk, jika tidak ada adonan yang menempel dilidi berarti sdh matang.
Bolu Marmer Simple - Step 11
Bolu Marmer Simple - Step 11
12
Setelah matang. Angkat. Sisir tepi - tepi loyang dengan pisau atau lidi. Taruh di cooling rak, diamkan sampai dingin suhu ruang.
Bolu Marmer Simple - Step 12
Bolu Marmer Simple - Step 12
Bolu Marmer Simple - Step 12
13
Potong potong. Sajikan.
Bolu Marmer Simple - Step 13
Bolu Marmer Simple - Step 13
Bolu Marmer Simple - Step 13

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

#PANDAN CHIFFON CAKE

#PANDAN CHIFFON CAKE

Sebelumnya bikin chiffon hanya pake loyang biasa, karna belom punya loyang khusus chiffon. Tetep jadi dan bagus hasilnya hanya saja butuh perjuangan buat ngeluarinnya dari loyang terutama bagian bawahnya πŸ˜„ alhamdulillah kali ini trialnya sudah bisa pke loyang chiffon. Resep asli punya bunda tintin rayner hanya saja endapan pandannya saya ganti dengan pasta pandan.

1loyang
60menit lebih
Bolu luwak white coffe magicom soft

Bolu luwak white coffe magicom soft

Sudah lama ingin membuat kue bolu luwak white coffe, tapi karena terkendala gak punya oven, jadinya tertunda terus, akhirnya suami menyarankan menggunakan magicom, tapi ini aku salah menggunakan magicom nya, karena magicomnya kegedean, kayaknya harusnya yg kecil atau yg menengah, tapi gapapa, ini percobaan pertama bikin resep sendiri πŸ˜… satu yang aku lupa, bagian bawah teflonnya gak ditepuk2, alhasil kue bolunya bergelembung bolong2 😁, buat yg mau recook disarankan buat tepuk2 bawah Loyang atau teflonnya dulu yaa sebelum di cook atau di panggang yaa πŸ₯° Btw itu nya oblong karena saya nusuknya pakek garpu yaa, jadi kayak gitu hasilnya πŸ˜… Terima kasih

Bolu panggang 2 telur rasa taro

Bolu panggang 2 telur rasa taro

Cm punya stok telur 2 butir πŸ˜‚ akhirnya jd prakarya besar jg ini, bs dmakan breng2 keluarga besar sambil mnum teh maupun kopi πŸ°β˜•

loyang uk 20 cm
30 menit
Bolu ketan hitam

Bolu ketan hitam

suka bikin eh pada suka jd repeat request ni ponakan ponakan

30 menit
Bolu Nanas

Bolu Nanas

mumpung ada nanas matang di halaman. sikaaaaat

Bolu Tape

Bolu Tape

4 orang
1 jam
Bolu Kukus Coklat (simple no mixer)

Bolu Kukus Coklat (simple no mixer)

Punya pisang di anggurin mulu di atas kulkas.. muncullah ide bikin bolu deh biar bekurang itu pisang, lets go.. Setelah jadii... Eh si baby sukaa banget ya ampuun ampe terharu, padahal emaknya ini cuma iseng2 aja kalo bikin apapun... Alias ga pinter masak.. hehehe

12 iris
30-40 menit
Bolu Jadul Simpel

Bolu Jadul Simpel

Setelah ada tenaga setelah sakit.. kangen pegang alat dapur🀭 tapi mau buat cemilan yang ngga pakai ribet dan bahan seadanya. Akhirnya nemu resep mantep dari Ci Erna Juliwati https://cookpad.com/id/resep/14219939-bolu-jadoel-bolu-kampung?invite_token=VxdkqqehZFXJyzrb7eHpjiV9&shared_at=1612729011 Yang ingin cemilan gampang dan simpel mari coba resep ini anti gagal dan enak. #bolujadul #cemilan #snackgampang #pejuanggoldenapron3

6 cup besar
60. Judul : Jelita Swiss Roll Cake

60. Judul : Jelita Swiss Roll Cake

Terinspirasi dgn resep Yana Armila. Ini resep yg selama ini saya cari dan merasa tertantang buat diri sendiri, ini pertama kali saya bikin Roll Cake, meski hasil blom sempurna tpi bagi saya suatu kepuasan tersendiri bisa mencoba. Source : Yana Armila #RecookMenyadik_YanaArmila #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalbar

Bolu Pisang Panggang Simple

Bolu Pisang Panggang Simple

Hampir setiap hari hujan enaknya nyemil ini. Anget-anhet sambil ngeteh ....

1 Jam
Bolu Coklat Chocodrink

Bolu Coklat Chocodrink

#CookpadCommunity_yogyakarta Assalamualaikum selamat siang dears,bolu coklat chocodrink rada gosyong gpp tetep enakπŸ˜…πŸ˜…,loyang bolu di sponsori sahabat tersayang teman rasa saudara mba inggried Dwi wedhaswari, terimakasiih mba inggried,loyang sangat bermanfaat,tak lupa colek sayang mba Sandra,mba Wiwin ( Pawon mommy najam),mba yash Larasati,Ya Allah kapan cah iso ketemu sak Jogja wae uangel polll nek arep kumpul ... wkwkwkwkwk miss you 😘😘😘😘 #SelaluIstimewa #MasakAsyik #GadoGadoIndonesia #UnityInDiversity

Bolu Pisang Telang

Bolu Pisang Telang

Beberapa waktu lalu, bikin bolu pisang manfaatin pisang ranum. Coba masukkan aja bunga telang dalam adonan. Karena bunga telang rasanya tawar/plain, jadi tidak mempengaruhi rasa bolpis ini. Enaaakkk!!πŸ˜‹πŸ˜‹

8porsi
1jam
Dessert bolu tanpa telur dan tanpa oven simple

Dessert bolu tanpa telur dan tanpa oven simple

Assalamualaikum. Pengen buat cemilan yg simpel dan ekonomis? Cobain deh resep yg satu ini,pas banget deh buat kaka-kaka yg tinggal di kos.bahan-bahan nya mudah didapat dan cara membuatnya pun mudah,bisa pakai rice cooker jugaπŸ˜€.ayoo, buruan coba.anti gagal deh pokonya😁.

1 cangkir bolu,untuk 1 orang
-+ 30 menit
Bolu Kukus Pisang Toping Meses

Bolu Kukus Pisang Toping Meses

Ada sisa pisang, daripada dianggurin kan sayang 🀭

1 jam