Bagaimana Menyiapkan Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada September 16, 2022

Ogura Coklat beng-beng (tips & trik)

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Ogura Coklat beng-beng (tips & trik), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) sendiri di rumah. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Kalau kamu mau, masakan Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) memakai 12 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Bismillah Ahad, 7 March 2021 Rebake from youtube channel @Dhasilfa Raditya Resep asal Ogura vanila. Saya modifikasi sedikit pakai drink bengbeng. Adonan bahan 1 jadi agak sedikit kental namun tetap berhasil ya teman-teman. Saya skip perasan lemon. Kalo tidak punya bisa pakai cream of tartar, bisa juga pakai cuka. Kalo tidak pakai salah satu nya pun tidak masalah. Hanya untuk memperkokoh si kocokan putel saja. Pada saat di mix dgn bahan lain tidak down. Itu saja. Tapi saya sudah membuktikannya kalau pengadukan sabar perlahan. Insya Allah adonan putel kokoh. Dann hasil akhirnya pun kue tidak mudah menciut ataupun ambles.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ogura Coklat beng-beng (tips & trik):

  1. BAHAN-BAHAN 1 :
  2. 4 butir kuning telur (4 egg yolks)
  3. 80 gram tepung terigu protein rendah (80 gr of low protein flour
  4. 50 gram minyak sayur (50 gram of vegetable oil)
  5. 80 gram susu UHT (80 gram Milk)
  6. 1 sachet drink bengbeng
  7. 1/2 sendok teh garam (1/2 tsp salt)
  8. Secukupnya vanilla (vanilla taste)
  9. BAHAN II (BAHAN PUTIH TELUR) :
  10. 4 BUTIR PUTIH TELUR (4 egg white)
  11. 80 GRAM GULA PASIR (80 gram sugar)
  12. 1 SDM PERASAN LEMON (1 tbsp lemon juice)

Langkah-langkah untuk membuat Ogura Coklat beng-beng (tips & trik)

1
Aduk rata kuning telur. Siapkan dan aduk merata drink bengbeng+ susu uht (totalnya 80gram ya)
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 1
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 1
2
Masukkan garam, campuran drink bengbeng. Aduk merata kembali. Tambahkan tepung,sambil disaring. Aduk merata kembali. Terakhir masukkan minyak. Aduk kembali hingga licin tidak ada yg bergerindil/menggumpal. Lalu sisihkan.
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 2
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 2
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 2
3
Tekstur bahan 1 seperti ini. Karna drink bengbeng mengandung malt. Jadi adonan agak sedikit sticky dan berat.
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 3
4
Bahan II : mixer putih telur dengan kecepatan sedang. Setelah agak sedikit berbusa tambahkan perasan lemon. Lalu secara bertahap masukkan gula pasir. Saya 3tahap. Mixer hingga soft peak. Oiya saya skip perasan lemon karna ternyata gapunya. Tapi jangan khawatir.tetap berhasil dan hasil kocokan putel tetap kokoh.
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 4
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 4
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 4
5
Kemudian ini tahapan mudah. Hanya tinggal aduk saja pakai whisk. Masukkan BAHAN I KE BAHAN II. Tali bagi menjadi 3 tahap ya,jgn sekaligus. Aduk merata perlahan saja. Lalu tuang tahapan berikutnya. Setelah semua masuk dan diaduk merata,untuk memastikan tidak ada minyak yg mengendap dibawah. Gunakan spatula. Aduk dari luar ke dalam secara perlahan. Pastikan semua bahan tercampur merata.
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 5
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 5
6
Tuang dalam loyang. Saya pakai loyang persegi 20*20cm. Oven dengan teknik au bin Marie. (Atau menambahkan loyang berisi air sekitar 1-1,5cm)
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 6
7
Oven dengan suhu 150C° selama 30 menit menggunakan api atas bawah. Lalu,buka tutup oven sekitar 3cm selama 5detik. Tutup kembali. Rubah suhu menjadi 130C° selama 30menit. Masih menggunakan api api atas bawah. Panggang hingga matang. Ingat ya cara memanggang,suhu oven, trik bisa berbeda. Bisa sama,bisa lebih lama, ataupun lebih cepat matang.
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 7
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 7
8
Ini setelah matang,saya langsung keluarkan dan lepas bagian baking paper di sisinya. Taruh di cooling rack.
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 8
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 8
9
Hasilnya seperti kasur. Empuk,kempus,lembut. Maem 1 slice gak cukup. Karna ringan sekali teksturnya Hehe
10
Selamat mencoba yaa. Ciri soft peak : Putih telur mengembang. Warna putel mengkilap. Tekstur lembut seperti krim. Jika ditarik berjambul terbalik/terkulai.
Ogura Coklat beng-beng (tips & trik) - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rainbow ogura cake

Rainbow ogura cake

Rebake dari resep mbak tintinrayner. Belum mulus sih yaa, tapi rasanya enak, teksturnya dapet, moist, fluffy, wangi santan karena pake santan yaa. Kendala aku kalo bikin cake itu apalagi model ogura, sponge cake atau chiffon cake itu manggangnya butuh waktu lama jauuuhh dari resep aslinya. Butuh berkali-kali ngecek, dari mulai pegang-pegang tekstur atasnya, ngeliatin warna atasnya, terakhir baru deh tes tusuk. Kalo ngikutin resep asli cakenya suka belum matang, tadi aja ini pas dikeluarin langsung ciyut, kempes padahal pas keluar oven bagus banget mengembang syantik. Ternyata bener aja, bawahnya masih agak basah. Akhirnya aku panggang lagi dong, agak naik lagi tapi ga semumbul awal. Begitulah behind the scene nya dari pembuatan ogura ini 😁 #PejuangGoldenApron3

Bolu tape lembut

Bolu tape lembut

Memanfaatkan tape yang sudah beberapa hari dikulkas, anak2 suka enak lembut katanya

20 potong
1 jam 30 menit
Butter Cake Pandan Ketan

Butter Cake Pandan Ketan

1 loyang
50 menit
Bolu Tape Ketan hijau

Bolu Tape Ketan hijau

Punya stok tape ketan hijau atau tapai baras kata Orang Banjar, nemu Resep mba @diana az, cuss lah dibikin... trus sok sokan lagi bikin motif ala ala cake jelita, padahal bikin ny di baking pan jadi amburadul laa motifnya 🤣🤣 . . . #DutaRecookBeraksi #DutaRecookKandangan #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Kandangan #BamasakBaimbai #Manapaibaramian

Bolu ketan hitam basecake ultah

Bolu ketan hitam basecake ultah

Pak suami ultah,pengin nyoba bikin kueb ultah sendiri,dan akhirnya jadi juga,meski belum serapih dan sebagus tukang kueh profesional,tapi suami suka🤭

Bolu pandan

Bolu pandan

Anakku sangat suka yg berkaitan dengan warna hijau, nah solusinya bolu pandan... Mari kita coba yuk !

50 menit
Bolu Kojo (santan+telur)

Bolu Kojo (santan+telur)

Salah satu kue khas palembang juga nih, kue nya lembut dan gurih.. buatnya anti gagal karna nggak perlu mengembang dan bisa dikukus atau panggang. Kue ini saya panggang dengan kompor, pake loyang bolu jadul dibawahnya dialasi tutup panci yang diberi abu gosok😆

1 loyang
1 jam 30 menit
Bolu karamel kukus

Bolu karamel kukus

#PejuangGoldenApron3

Bolu Putih Telur Panggang

Bolu Putih Telur Panggang

Memanfaatkan putih telur sisa bikin nastar. Pinginnya sih bikin bolunya yg versi tanpa kulit...tp aku hanya pake loyang seadanya, loyang aluminiumnya tipis dan pake oven tangkring...jadi mengatur suhunya jg susah, hanya mengandalkan besar kecilnya api kompor...jd susah mendapatkan yg benar2 aku mau...tp ini sdh alhamdulillah...gak berkulit amat...🤭 untuk mendapatkan bolu yg tdk berkulit kuncinya gunakan polesan carlo untuk loyangnya, dan gunakan loyang yg agak tebal...punyaku loyangnya super tipis...bisa diakali waktu ngovennya dgn mengalasi loyang tulbannya dgn loyang persegi...dan cara ngovennya panggang di suhu 170°C slm 10 menit, selanjutnya 150°C slm 10 menit, dan 140°C smp matang dgn api atas bawah (ini jk pake oven listrik). Jika pake oven tangkring spt aku bikin di bawah 👇 Karena ini hanya mengandalkan pemakaian putih telur, jd untuk mendapatkan rasa lebih gurih gunakan campuran margarin dan butter, dan gunakan putih telur yg masih baru, biasanya putih telur yg sdh tersimpan lama cenderung amis.

Bolu Milo Kukus

Bolu Milo Kukus

Pagi2 pengen cemilan yg simpel, jadi buat bolu kukus milo, recook resepnya mba Ummu umar. Pas bahan2nya ada semua di rumah. Tapi saya buatnya pake cup ya, lupa ukuran berapa. Ayo, yang mau buat, simpel lho! Tinggal campur, aduk, tuang, dan kukus 😊

4 cup
25 menit
Bolu susu kukus

Bolu susu kukus

Salah 1 kesukaan suami & anak2,,,kalo dh bikin ini kata nya mantabb🤭

Cheddar cheese chiffon cake (C4)

Cheddar cheese chiffon cake (C4)

Karena susah buat nyari cream cheese. Saya menggantinya dengan menggunakan keju cheddar. Selain murah juga mudah di dapat

Kurang lebih 1 jam
Bolu pisang simple

Bolu pisang simple

Ada sisa pisang Ambon yg udah beberapa hari nongkrong di kulkas biar g mubazir jadi dibikin cake aja

Bolu Kukus Karakter Strawberry

Bolu Kukus Karakter Strawberry

Sabtu, 27 Februari 2021/#345 Semarak clover minggu ini temanya tentang kreasi makanan berupa karakter, yg ditentukan oleh uni @Mita W Saya pilih bolu kukus mingkem yang bisa dijadikan bolkus berkarakter.. Bolu ini bbrp tahun lalu viral, bahkan disini skrg sering dijumpai sbg jajanan pasar. Banyak resep bolu mingkem di cookpad, rata2 memakai bahan tambahan baking powder selain SP. Saya merasa kurang cocok krn teksturmya jd kenyal. Nah, nemu resep ini hanya SP saja tanpa BP.. Saya hanya modifikasi resepnya dg susu UHT rasa strawberry, skip susu bubuk dan skip vanili.. Rasa dan aromanya milky strawaberry banget deh, sesuai dg karakter yg ditampilkan. Teksturnya lembut tidak kenyal. Yuk Moms bikin juga. Semoga Uni Mita dan mincan berkenan ❤.. Source : Dapur Sederhana Tika yt #ManaKaraktermu #Semarak_ManaKaraktermu #cookpadcommunity_Pekanbaru #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #clovercookinglovers #clover_mj

13 cup D 6 cm
Bolu Pelangi Takaran Sendok

Bolu Pelangi Takaran Sendok

Hari ini pengin liat pelangi, sayang langit cerah, jadinya bikin sendiri aja deh, pelangi yang bisa dimakan 😄

12 porsi
1 jam
Bolu Hongkong Keju

Bolu Hongkong Keju

Recook resep temen cookpad, ada rasa bahagia tersendiri yang sulit diungkapkan dengan kata2. Kita bisa menambah koleksi resep juga, karena selain merecook, kita juga bisa memodifikasi resep yang kita recook. Kali ini saya merecook resep bolu hongkong keju, di judul aslinya pake almon. Nah saya gak pake, karena gak ada persediaan almon. Kemudian penggunaan baking powder saya kurangi. Nah yang lebih penting, bolunya sebelum bagian atasnya berwarna kuning kecokelatan semuanya, jangan dikeluarkan dari oven. Nah...saya gak sabar, blm kecokelatan semuanya, sudah saya keluarkan dari oven. Tapi hasilnya tetap bagus. Hanya gak rata saja atasnya. Sudah 3 hari saya simpan pada suhu ruang, masih enak. #GA_TheNextLevel #RecookDepok_Endang #CookpadCommunity_Depok

Bolu pisang panggang tanpa margarin

Bolu pisang panggang tanpa margarin

Resep turun temurun dari jaman nenek moyang ku haha... kebetulan anak-ank juga sangat suka sama bolu pisang ini.. soalnya lembut bolunya ... yuk bun barangkali mau dicoba resep aku... let's cook bunda !!!

15 porsi
1 jam 30 menit