Langkah Mudah untuk Membuat Bolu Putih Telur Panggang yang Anti Gagal

Dipos pada September 15, 2022

Bolu Putih Telur Panggang

Anda sedang mencari inspirasi resep Bolu Putih Telur Panggang yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Bolu Putih Telur Panggang yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bolu Putih Telur Panggang, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu Putih Telur Panggang di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bolu Putih Telur Panggang dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Kalau kamu mau, masakan Bolu Putih Telur Panggang memakai 14 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Memanfaatkan putih telur sisa bikin nastar. Pinginnya sih bikin bolunya yg versi tanpa kulit...tp aku hanya pake loyang seadanya, loyang aluminiumnya tipis dan pake oven tangkring...jadi mengatur suhunya jg susah, hanya mengandalkan besar kecilnya api kompor...jd susah mendapatkan yg benar2 aku mau...tp ini sdh alhamdulillah...gak berkulit amat...🤭 untuk mendapatkan bolu yg tdk berkulit kuncinya gunakan polesan carlo untuk loyangnya, dan gunakan loyang yg agak tebal...punyaku loyangnya super tipis...bisa diakali waktu ngovennya dgn mengalasi loyang tulbannya dgn loyang persegi...dan cara ngovennya panggang di suhu 170°C slm 10 menit, selanjutnya 150°C slm 10 menit, dan 140°C smp matang dgn api atas bawah (ini jk pake oven listrik). Jika pake oven tangkring spt aku bikin di bawah 👇 Karena ini hanya mengandalkan pemakaian putih telur, jd untuk mendapatkan rasa lebih gurih gunakan campuran margarin dan butter, dan gunakan putih telur yg masih baru, biasanya putih telur yg sdh tersimpan lama cenderung amis.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Putih Telur Panggang:

  1. 500 ml putih telur
  2. 235 gr gula pasir
  3. 1 sdt SP
  4. 1/2 sdt vanili
  5. 1 sachet susu bubuk full cream (27 gr)
  6. 25 gr maizena
  7. 250 gr tepung terigu
  8. 200 gr margarin (bisa dicampur butter), lelehkan
  9. Pasta moka
  10. Pasta pandan
  11. Olesan Loyang/Carlo:
  12. 1 sdm margarin
  13. 1 sdm minyak goreng
  14. 1 sdm tepung terigu

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Putih Telur Panggang

1
Siapkan semua bahan bolunya. Buat polesan loyangnya (carlo), campur margarin, minyak, dan terigu, aduk rata. Poles loyang tulban (aku pake loyang tulban diameter 24 cm) dgn polesan ini.
Bolu Putih Telur Panggang - Step 1
Bolu Putih Telur Panggang - Step 1
Bolu Putih Telur Panggang - Step 1
2
Campur tepung terigu, maizena, dan susu bubuk (kalo perlu diayak). Sisihkan. Lelehkan margarin, sisihkan.
Bolu Putih Telur Panggang - Step 2
Bolu Putih Telur Panggang - Step 2
Bolu Putih Telur Panggang - Step 2
3
Sebelum mengocok putih telur panaskan oven dulu ya... Masukkan dlm bowl: putih telur, gula pasir, SP, dan vanili. Mixer smp kental berjejak (soft peak, cirinya ketika mixer diangkat adonan di ujung lancip melengkung ke bawah), kocok slm +/- 10 menit.
Bolu Putih Telur Panggang - Step 3
Bolu Putih Telur Panggang - Step 3
Bolu Putih Telur Panggang - Step 3
4
Masukkan campuran tepung terigu ke dlm adonan putih telur scr bertahap, mixer dgn speed rendah smp rata.
Bolu Putih Telur Panggang - Step 4
Bolu Putih Telur Panggang - Step 4
5
Terakhir masukkan margarin leleh. Aduk dgn tehnik aduk balik (dr atas ke bawah). Pastikan tdk ada endapan margarin di dasar adonan.
Bolu Putih Telur Panggang - Step 5
Bolu Putih Telur Panggang - Step 5
Bolu Putih Telur Panggang - Step 5
6
Bagi adonan mjd 3 bagian, yg satu bagian biarkan putih, yg satu bagian beri pasta moka, dan bagian yg lain beri pasta pandan.
Bolu Putih Telur Panggang - Step 6
Bolu Putih Telur Panggang - Step 6
7
Tuang adonan dlm loyang yg telah dioles carlo scr berselang-seling.
Bolu Putih Telur Panggang - Step 7
Bolu Putih Telur Panggang - Step 7
8
Taruh loyang tulban yg berisi adonan di atas loyang persegi, tujuannya spy bolunya bagian bawah tdk cepat gosong dan tdk terlalu berkulit. Kmd masukkan oven, panggang dgn suhu 170°C slm 20 menit, kmd suhu diturunkan 160°C smp matang kurang lebih 35 menit. Jadi total panggang punyaku 55 menit. Lakukan test tusuk. Tiap2 oven berbeda ya...jd sesuaikan dgn oven masing2. Jika pake oven listrik panggang pertama suhu 170°C slm 10 menit, selanjutnya 150°C slm 10 menit, dan terakhir 140°C smp matang.
Bolu Putih Telur Panggang - Step 8
Bolu Putih Telur Panggang - Step 8
9
Setelah matang, taruh bolu di rak pendingin spy uap panasnya hilang, setelah bolu dingin baru pindah ke piring (ketika bolu masih panas jgn lgs dibalik di atas piring, krn nanti bagian bawah akan basah dan lengket di piring).
Bolu Putih Telur Panggang - Step 9
Bolu Putih Telur Panggang - Step 9
10
Setelah dingin potong2 dan sajikan.
Bolu Putih Telur Panggang - Step 10
Bolu Putih Telur Panggang - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu tape syederhanaaa dan uenaakk

Bolu tape syederhanaaa dan uenaakk

Salah satu bakulanku bunn,, rasanya enakkk pasti yaa, bikinnyapun gampang bunn,, tp sayang aku ga sempet buat futu² step²nyaa,,maf yan bunn🙏🙏 yuxxx cobain bikinn👩‍🍳👩‍🍳👩‍🍳

20x20 porsi
-+1jm
Bolu Potong / Bolu Jadul

Bolu Potong / Bolu Jadul

Bismillah Orderan yg sdh 3x ditolak tp tetep qt yg ngerjain, itulah ketika Allah memberi keputusan,tdk akan ada yg bs menolaknya Qodarullahu wa maasya'a fa'ala Bolu potong yg mau dijadikan hampers critanya,ngotot minta ekonomis jd 2 loyang, ok baiklah.... & alhamdulillah customer bilang enak cakenya,maa syaa Allah 💞 #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Balikpapan #bolujadul #bolupotong #bolusimpel #cakepotong #redvelvetcake #boluredvelvet #resepaniss #dapurkilo9_bpn #bolupotong #redvelvetcake #bolujadul #bolumanten #boluekonomis #bolu8telur #boluredvelvet #resepaniss #dapurkilo9_bpn #bolubalikpapan #boluenak

Bolu kukus Nutrisari (ide jualan)

Bolu kukus Nutrisari (ide jualan)

Awalnya pesimis bikin ini takut asem Krn perdana bikin ini dan buat hantaran 😅, dan lihat di YouTube juga kebanyakan cuma pake 1 telur dan ga di mixer, berhubung saya punya baby jadi saya mixer aja biar cepet. Loyangnya di sesuaikan kan aja ya 😁 Saya cuma punya 1 loyang tulban yg besar jadinya cuma setengah loyang aja, tapi lumayan tinggi juga, harga jualnya pun bisa lebih murah dan tetap dapat untung pastinya.

35menit kukus
Bolu Kukus Santan Pandan Meisis (1 telur no mixer)

Bolu Kukus Santan Pandan Meisis (1 telur no mixer)

Resep menu sebelumnya sy sudah pernah buat resep ini hanya menggunakan 2 telur. Karena saya penasaran dng resep milik diek #UmiNurhidayati yg menggunakan 1 telur dan kebenaran juga anak anak lg minta dibuatkan camilan. Akhirnya lepas maghrib lngs uprek di dapur buat bolkus. Meski bahan sederhana hasilnya bener2 enak, bolus anti gagal deh, hanya saja meski takaran gula sdh sy kurangi masih tetap manis buat saya apalagi sy mix dng meisis. Jujur enak banget bolkus nya💞💕😍 #semanggisuroboyo #DiRumahAja #PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity #cookpad_id #dewisaraswati

3 orang
50 menit
Bolu Kukus Gulung Motif Jerapah

Bolu Kukus Gulung Motif Jerapah

sudah lama penasaran untuk membuat bolu gulung ini.. saya memulainya dengan versi kukus ya.. karena perdana membuat ini.. ternyata memang menantang sih yahh.. saya masih penasaran untuk membuatnya lagi. sementara ini gpp lah yaa walau agak retak dan gompil.. setidaknya saya bangga, bisa mencoba dan ternyata ngga serempong yang saya pikirkan. adonan yang untuk lapisan atas sebelum dikukus. disisihkan 1/3 bagian ya mommies agar tidak terlalu tebal. jadi bisa dibuat untuk 2 loyang ukuran 18 x 18.. irit banget.. daripada lama.. yuk cuz buat #pejuangGoldenApron3 #Mingguke36 #MasakItuSaya #BerburuCelemekEmas #CookpadCommunity_Solo #lihairecook5_solo

2 roll
1 jam 30 menit
Bolu tape keju

Bolu tape keju

Punya sisa tape di kulkas iseng dibikin bolu

Bolu Marmer

Bolu Marmer

Assalamualaikum.. Bismillah.. Belajar bikin bolu..Alhamdulillah bocil2 ini klo udah bau kue, selalu nungguin di depan oven..😄😄😄 Makasih mb Winda resepnya..saya tambahi takaran gulanya menyesuaikan selera di rumah yaaa..semoga berkenan yaa..🙏🤗🥰 source : Winda Uthami T untuk resep asli silahkan disini https://cookpad.com/id/resep/3561584-bolu-marmer-marmer-cake-ekonomis?invite_token=iWXZJCnhcqLrgbHM9TqB2RxQ&shared_at=1615331236 #RecookOfTheWeek #CookpadCommunity_Kalsel

Bolu keju gondrong

Bolu keju gondrong

Lagi kemaruk bikin bolu

6 orang
1 jam
Bolu susu..milky bgt❤

Bolu susu..milky bgt❤

Bolu ini lembut dan wangi susu.kesukaan anakku yg bontot.disini aku tambah pasta susu untuk memperkuat aroma milky nya.aslinya pake perasa vanilla saja.source Dapur Omaykoe(cookpad).terimakasih resepnya

8 -10 slice
1 jam
Bolu kukus coklat pakai ragi takaran sendok

Bolu kukus coklat pakai ragi takaran sendok

Iseng2 bikin cemilan untuk 2 bujang kecilku.. alhamdulillah 15 menit setelah matang langsung ludes 1/2 loyang..

6 porsi
1 jam
Bolu gulung

Bolu gulung

Lagi demen bikin roti gulung, karna kalau hasil y bagus hati serasa puas banget.

Chocolate roll cake

Chocolate roll cake

Punya selai dan pengen ngemil. Jadilah cemilan bolu gulung. Saya pake loyang 24x24 jadi 2 bolu. Agak tipis jadinya ya.. Klo mau tebal bisa pake loyang 26x26 dan cm 1 bolu aja jadinya #PejuangGoldenApron3 #minggu38

Bluepea chiffon

Bluepea chiffon

Alias chiffon telang

Bolu Jadul Super Lembut Nyeesss Lumer di Mulut! 😍😍😍

Bolu Jadul Super Lembut Nyeesss Lumer di Mulut! 😍😍😍

Bener2 takjub pas nyobain ini. Bakal jadi resep andalan 🥰 Resep dimodifikasi dari y.s.o

loyang 20x20 cm
Bolu gula palm kacang

Bolu gula palm kacang

Bolu ini tuh wangii banget, enak klo di makan pas masih hangat dan di temenin secangkir teh hangat..

Bolu Tiramisu Kukus (tanpa mixer)

Bolu Tiramisu Kukus (tanpa mixer)

#PejuangGoldenApron3

Bolu Panggang Gula Merah

Bolu Panggang Gula Merah

Sebenernya badan lg kurang fit. Tapi kok rasanya gimana gt klo bolos #GoDa_Paders akhirnya bikin bolu panggang gulmer ini dengan deg2an karena resepnya hasil mengarang bebas. Tapi alhamdulillah ternyata enak. Lembut, wangii dan manisnya pas buat aku sih (kalau yg suka manis boleh ditambah takaran gulanya ya bs jd 125gr). Bocilspun suka sampe minta buatin lagi 🤣. #Komunitaspaders #GoDa_ManisLegit #Cookpad_Paders #CookpadCommunity_Bogor

Bolu Caramel

Bolu Caramel

Bikinnya simple banget, gag perlu mixer campur campur jadi deh...untuk takarannya saya pakai gelas belimbing.

24 potong