Cara Gampang Menyiapkan Klepon Cake | Bolu Klepon yang Enak

Dipos pada October 2, 2022

Klepon Cake | Bolu Klepon

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Klepon Cake | Bolu Klepon yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Klepon Cake | Bolu Klepon yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Klepon Cake | Bolu Klepon, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Klepon Cake | Bolu Klepon ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Klepon Cake | Bolu Klepon sendiri di rumah. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Mommy bisa menyajikan Klepon Cake | Bolu Klepon memakai 22 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Bismillah... Udah lama banget sebenarnya pengen bikin kue ini, beli kelapa keringnya juga udah jauh2 hari. Di tempatku ga ada yg jual kelapa kering, ada sih tapi harus beli kiloan๐Ÿ˜‚ kebanyakan banget kan, jadi ini aku beli di market place yg 250 gram. Actually this cake is a lot of condiments ๐Ÿ˜ so make sure bener2 punya banyak waktu kalau mau bikin cake ini ya. Source: YouTube Farah Quinn . #PejuangGoldenApron3 #BoluKlepon #KleponCake #Klepon

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Klepon Cake | Bolu Klepon:

  1. Bahan bolu:
  2. 6 butir telur
  3. 2 sdt SP/Ovalet juga bisa
  4. 200 gram gula pasir
  5. 300 gram tepung terigu
  6. 150 ml minyak goreng
  7. 150 ml santan kental (saya: 130 ml)
  8. 1 sdt pasta pandan
  9. Sejumput garam
  10. Bahan Enten/Unti:
  11. 200 gram kelapa parut (yg masih agak muda)
  12. 150 gram gula merah/aren/jawa
  13. 1/4 sdt garam
  14. 1 lembar daun pandan (simpulkan)
  15. Bahan Pandan Butter Cream:
  16. 200 gram margarin (pakai mentega putih jg bisa)
  17. 300 gram gula halus
  18. 1 sachet SKM putih
  19. 1 sdt pasta pandan
  20. Pelengkap:
  21. Secukupnya klepon pandan
  22. Secukupnya kelapa kering

Langkah-langkah untuk membuat Klepon Cake | Bolu Klepon

1
Panaskan kukusan, tutup dilapisi dgn kain. Pertama bikin bolu nya dulu ya. Siapkan semua bahan bolu. Dalam wadah mixer telur, gula pasir dan SP sampai mengental, putih pucat.
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 1
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 1
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 1
2
Masukkan minyak goreng, santan kental, tepung terigu, pasta pandan dan sejumput garam. Mixer lagi dengan kecepatan rendah cukup sampai tercampur rata saja.
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 2
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 2
3
Tuang ke dalam loyang yg sudah dialasi dgn kertas roti dan dioles dgn sedikit margarin. Lalu kukus hingga matang dgn api kecil saja. Kurang lebih 40-45 menit. Bila sudah matang, dinginkan dan bagi menjadi dua bagian.
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 3
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 3
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 3
4
Lanjut bikin unti/enten kelapa ya. Pertama campurkan air, gula merah, garam, dan daun pandan. Masak hingga menjadi sirup.
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 4
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 4
5
Masukkan kelapa parut dan masak selama kurang lebih 5-7 menit hingga benar-benar matang ya supaya tidak mudah basi. Sisihkan dan tunggu hingga dingin.
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 5
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 5
6
Selanjutnya membuat pandan butter cream. Campurkan margarin dan gula halus. Mixer hingga kental, lalu masukkan SKM putih. Mixer lagi.
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 6
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 6
7
Kemudian masukkan pasta pandan, mixer kembali hingga rata dan creamy. Sisihkan.
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 7
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 7
8
Sekarang waktunya menghias kue setelah bolu dan unti/enten kelapa nya dingin. Pertama oles permukaan bolu dengan pandan butter cream, lalu tuang enten kelapa dan ratakan.
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 8
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 8
9
Setelah itu timpa lagi dengan bolu, lalu oles seluruh permukaannya dengan pandan butter cream.
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 9
10
Taburi dengan kelapa kering dan hias sesuai selera. Tambahkan topping klepon diatasnya.
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 10
11
Bolu klepon siap untuk dinikmati ๐Ÿ˜˜ selamat mencoba ๐Ÿ™๐Ÿ’โค๏ธ
Klepon Cake | Bolu Klepon - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu susu madu tanpa mixer, tanpa oven, telur 1

Bolu susu madu tanpa mixer, tanpa oven, telur 1

Cerita di balik kue ini agak sedih sebenernya, Anak lanangku bukain kulkas terus, dan kebetulan di kulkas itu lagi kosong, dan kondisi uang tinggal 4ribu rupiah itu juga untuk sampai nunggu gajian suami, biasanya suami gajian sekitar tgl 25 an dan ini masih jauh dari jangkauan. Hhee.... tenang2 masih ada Allah kok, Allah Maha Pemilik Rizki. Akhirnya saya berinisiatif untuk membuat kue dengan bahan ala kadarnya yg ada di dapur. Daan Alhamdulillah jadi dan hasilnya memuaskan. ๐Ÿค—

15 iris
30 menit
Bolu Keju Putih telur

Bolu Keju Putih telur

Bismillah . Masih punya banyaak stock putih telur gak habis2. Padahalal dah di buat ono ini eeeh nambah lagi nambah lagii. kebetulan mama request di buatin bolu keju. Akhirnya nyoba deh buatnya pake putih telur. Agak tutung atasnya๐Ÿ˜† saya kelupaan sama suhunya . . #olahanputihtelur #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity_bekasi #olahanputihtelur #resepecy_bolukejuputihtelur

1 loyang
1 jam 30 menit
Bolu kering

Bolu kering

#GA_TheNextLevel

13 porsi
60 menit
595.Bolu Tape Legit No Mixer

595.Bolu Tape Legit No Mixer

Setelah mencoba baking bolu pisang yg super mudah. Juga no Mixer kini nyoba baking bolu tape yg juga super mudah Wah jadi giat lagi nih... Pas juga mau berkunjung ke kerabat yg masih saudara juga... Dengan cepat lihat stok bahan. Masih simpan tape 500 gr rencana mau dibuat wedang tape anget.. Di pakai dulu buat bolu tape unt buah tangan... Senengnya bisa berbagi resep di cookpad juga berbagi di jumpa fisiknya.. ๐Ÿคฃ๐Ÿ™ ( walau begitu tetep hlo bermasker dan jaga jarak) he he ngeriii ah ๐Ÿ˜œ๐Ÿคญ 22/02/21 M.39_ GA TheNextLevel Source. :Fitria's Kitchen #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_bekasi #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity. Bismilah.

Bolu Pisang Kepok

Bolu Pisang Kepok

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู… Resep ini dari akun lama yg sdh tidak aktif lagi. Di akun lama, saya bikin dg cara di kukus dn menggunakan pisang kecil2. Di sini saya coba dg cara di panggang, juga dg jenis pisang yg berbeda. Krn adanya pisang kepok ๐Ÿ˜ jadilah cemilan buat hari ini...Alhamdulillaah... #cookpadcommunity_kalsel #cookpadcommunity_kotabaru

1 loyang
Bolu tape panci ekonomis (tanpa telur,tanpa mikser, tanpa oven)

Bolu tape panci ekonomis (tanpa telur,tanpa mikser, tanpa oven)

Bikin cemilan yg tanpa telur dan gak ribet. Bolu ini bisa dikukus z,karena diresep aslinya dikukus. Karena dirumah q lagi mati lampu jadi kukusannya aku pake untuk memasak nasi. Walaupun simple untuk TRIKnya agar tidak bantet ,waktu ngaduk adonan santai jgn ngoyo memakai tenaga dalam nanti berakhir menangis ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ.bolu ini teksture empuk enak dan terasa tapenya๐Ÿ˜‹. Sumber resep; Pawon mair (Irma Rahmawati) #PejuangGoldenApron3

Bolu pisang kukus

Bolu pisang kukus

Hampir tiap hari di rumah ada pisang. Tapi kalau sudah terlalu matang, tidak ada yg mau menyentuhnya. Beruntung di Cookpad banyak olahan yg berbahan pisang matang. Bolu pisang kukus dari teh Ifani ini sangat mudah membuatnya ya Bun๐Ÿ˜‰. #CookpadCommunity_Bandung #PejuangGoldenApron3 #PemburuGA3 #Minggu41

Bolu keju

Bolu keju

5 orang
RESEP BOLU KISMIS Gluten Free with Palm Sugar tanpa oven

RESEP BOLU KISMIS Gluten Free with Palm Sugar tanpa oven

Assalamu'alaikum wr wb Hallo bunda... Apakabarnya hari ini? semoga selalu sehat ya bun... aamiin ๐Ÿ˜‡ bun, yuk hari ini kita buat bolu gluten free, karena anak saya anak special jadi saya harus buat kue yang aman buat anak saya dan tentunya sehat juga buat kita orang tuanya ya bun... simak bun resepnya sampai selesai ya, dan jangan lupa recooknya ya bun ๐Ÿ˜‰ Kunjungi juga YOUTUBE, IG dan FB kita ya bu.... ditunggu ๐Ÿ˜‰ Terima kasih Youtube : Keluarga Aries Instagram : @aries.family Facebook : Resep Keluarga Aries

Bolu kukus talas tanpa telur

Bolu kukus talas tanpa telur

Baru pertama kli buat ,tpi rasanya kok kaya makanan bayi,lembut banget dan kenyal"gitu....dan dd kecil aku suka banget dengan rasanya.

Bolu pandan keju

Bolu pandan keju

8 orang
2 jam
Lime Honey Chiffon Cake (Gluten free)

Lime Honey Chiffon Cake (Gluten free)

Cake chiffon terkenal kelembutannya, tetapi menjadikannya gluten free dengan mengganti tepung terigu menjadi tepung ketan ternyata memberikan rasa yang khas pada cake ini. Selain gluten free, cake ini pun mensubtitusi bahan pembuatannya dengan berbagai bahan yang lebih sehat dan lebih rendah kalori, seperti max creamer, madu, minyak jagung serta gula Tropicana. Sehingga lebih berkurang rasa bersalah dalam menyantap cake manis yang terkenal dengan kalorinya yang tinggi ๐Ÿ˜‡ Selain sehat, penambahan jahe dan madu menjadikan cakenya lebih kaya rasa dan tentu saja lebih harum. Ditambah dengan whipping cream yg lembut dan gurih yang dikombinasi jeruk nipis menambah pula texture serta kesegaran rasanya. Tidak lupa ucapan terima kasih untuk mbak Monica Novara Hardini yang telah memberikan ilmu tentang menjaga kesehatan dan resep cake yang lebih sehat. Dan akhir kata, sebagai garis bawah, bahwa selain mensubtisusi bahan-bahan rendah kalori, porsi yg cukup dan tidak berlebihan harus diperhatikan supaya tetap rendah kalori dan sehat. Source Monica Novara Hardini #LihaiRecook7_Solo #KenalanLewatRecook #RecookResepMonica_Solo #cookpadindonesia #cookpadcommunity #cookpadcommunity_id #PejuangGoldenApron3 #mingguke41 #cookpadCommunity_Solo #Timlo_TimKomunitasCookpadSolo #WongSoloMasak #ResepRhymerwid_RusticKitchen

10 potong
6 jam
Bolu kukus Tiramisu (ala aku alias kw๐Ÿ™Š)

Bolu kukus Tiramisu (ala aku alias kw๐Ÿ™Š)

Sering membaca dan melihat postingan teman2 hihi lupa punya siapa saja banyak yg dibaca...๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™maka iseng2 mencoba dg dirubah2 n di gabung dikit2 akhirnya jadi deh

Bolu gulung original selai strawberry

Bolu gulung original selai strawberry

Original sptnya gampang tapi susah untuk menghasilkan kulit mulus

12 potong
1 jam
Bolu Kukus Anti Gagal

Bolu Kukus Anti Gagal

Sekali coba langsung berhasil....bolu kukusnya langsung ketawa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„....resepnya bunda devinaina bener-benar anti gagal.......senangnya ๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰

Bolu Wafel Pandan Tiga Menit

Bolu Wafel Pandan Tiga Menit

Untuk sarapan pagi ini, biasanya buat mie atau gorengan, bahan utk mie dan gorengan pada habis....nahhh yang ada telur, terigu serta bahan2 bolu yg lainnya ada semua...suami tanya, kita sarapan apa? Saya jawab..don't worry kita buat bolu aja..ehh lama bangeet katanya...saya jawab..ge pe el..ga pakai lama hehe..

15 bh
3 menit
Bolu Ketan Hitam (Kukus)

Bolu Ketan Hitam (Kukus)

Kebetulan di rumah lagi ada ketan hitam yang tersisa dari hajatan, maka dibuatlah bolu ketan yang di kukus ini, rasanya legit dan bertekstur. Selamat mencoba.

5 orang
1 jam
Buttercake ala mm Aisyah

Buttercake ala mm Aisyah

Coba resep bru selain bolu ternyata berhasil suami dan anak2 pda suka,, biasax beli ternyata bikin ngampng dn tdk butuh modal bnyk ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜Š

Marble Cake/ Marmer Cake/ Bolu Jadul (Metode Butter Cake)

Marble Cake/ Marmer Cake/ Bolu Jadul (Metode Butter Cake)

Cake ini nge-hits banget dari zaman ibu saya muda dulu, sampai sekarangpun masih banyak peminatnya, karena rasanya yang klasik, wangi margarin, legit, ah bikin kenangan masa kecil yang indah terulang kembali :) Makanya sering disebut juga dengan "bolu jadoel" karena sudah ada sejak dulu kala. Saya inget banget dulu ibu saya sering bikin bolu ini, persis dengan style cake kuning dipadukan dengan motif garis-garis coklat yang membuatnya mirip motif marble/ marmer. Kini, cake ini jadi salah satu makanan favorit sama anak-anak di rumah, karena wanginya yang sejak dipanggang sudah kemana-mana, bikin mereka penasaran dan akhirnya berebut saat sudah matang. Banyak versi dalam pembuatan bolu jadoel ini, ada yang metode dicampur semua bahan dari awal (all in), ada yang metode sponge cake dimana lemak (margarin/mentega/minyak) dicampurkan terakhir sebelum dipanggang, ada juga yang metode butter cake. Resep saya ini memakai metode 'butter cake', karena menurut saya ini yang paling mantap, ya memang tak dapat dipungkiri bahan-bahannya sedikit lebih 'boros' dibandingkan metode lainnya, karena sama sekali tidak mengandalkan pengembang adiktif dan emulsifier buatan, melainkan mengandalkan telur sebagai emulsifier alami. Tapi... Hasilnya memang sangat 'worth it', selezat itu, bikin berkesan hingga gigitan terakhir ^^ Yang belum pernah coba, cobain yuks ๐Ÿฎ

25 ++ potong
Bread Cake (Chiffon dan Roti Tawar)

Bread Cake (Chiffon dan Roti Tawar)

Merecook resep yg ud di cookmark dr tahun kapan.... Unik sih... 1 loyang isinya roti sama bolu๐Ÿคญ..... Enk ternyata.... Ini resep asli dr ci Lisa Tangkulung yg di modif CP yNy,, skrg aku recook, dengn cara berbeda dari ci yNy. hihihi..... Link resep ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡ https://cookpad.com/id/resep/912355-bread-cake-blesteran-roti-n-chiffon-cake?invite_token=Avbu3HrfQtz5J7EWpqmwo8VQ&shared_at=1615103110 #LihaiRecook7_Semarang #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Semarang