Langkah Mudah untuk Membuat Roll Cake Batik yang Anti Gagal

Dipos pada September 21, 2021

Roll Cake Batik

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Roll Cake Batik yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Roll Cake Batik yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Roll Cake Batik, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Roll Cake Batik ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Roll Cake Batik adalah loyang 26 x 26 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Mumpung masih ingat nih, perkiraan waktu untuk memasak Roll Cake Batik diperkirakan sekitar 1,5 jam.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Roll Cake Batik bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Dengan bahan-bahan yang simpel, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Anda bisa membuat Roll Cake Batik memakai 19 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Alhamdulillah akhirnya bisa jg bikin roll cake batik..spechless ama hasilnya.. gak nyangka ternyata bisa jg ngebatik di cake walau hasilnya blm bagus2 amat..πŸ˜€πŸ€­ btw roll cake ini hasil reecook mba Dewi Ratna Jogja (loyang 20x20), tp krn stock loyang di rmh adanya yg ukuran (26cm x 26 cm) so saya bikkn 2 resep yaa. Makasih resepnya mbaa Dewi Ratna..πŸ₯° #PejuangGoldenApron3 #Recook:DewiRatna #Minggu15 #CookpadIndonesia #WongKitoGalo

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Roll Cake Batik:

  1. πŸ’₯ Bahan Motif :
  2. 1 btr telur (me: 2 btr)
  3. 30 gr gula pasir (me: 60gr)
  4. 20 gr terigu (me: 40gr)
  5. 15 gr maizena (me: 30 gr)
  6. 1 sdt SP (me: 2 sdt TBM)
  7. 1 sdm susu cair (me: 2 sdm)
  8. πŸ’₯ Bahan Cake :
  9. 2 btr telur (me: 4 btr)
  10. 30 gr gula pasir (me: 60 gr)
  11. 25 gr terigu (me: 50 gr)
  12. 5 gr susu bubuk (me: 10 gr)
  13. 5 gr maizena (me: 10 gr)
  14. 1/2 sdt SP (me: 1 sdt TBM)
  15. 1/2 sdt vanilla (me: 1 sdt vanilla bubuk)
  16. 45 gr mentega (me: 90 gr butter anchor), di cairkan
  17. πŸ’₯ utk Olesan :
  18. 5 sdm selai coklat kacang
  19. 5 sdm meses coklat

Langkah-langkah untuk membuat Roll Cake Batik

1
Gambar (motif kreasi sendiri) di kertas HVS (sesuai ukuran loyang). Campur semua bahan motif, kemudian mixer hingga mengembang/kental.
Roll Cake Batik - Step 1
Roll Cake Batik - Step 1
Roll Cake Batik - Step 1
2
Bagi adonan menjadi 4 warna/ sesuai keinginan. Masukkan ke plastik segitiga. Siapkan pola, letakkan kertas roti yg sdh di gunting sesuai ukuran loyang di atas pola. Kemudian warnai gbr dg adonan warna sesuai keinginan.
Roll Cake Batik - Step 2
Roll Cake Batik - Step 2
Roll Cake Batik - Step 2
3
Lakukan hingga semua pola tertutup adonan. Sisihkan/simpan di freezer kurleb 10 menit. Siapkan adonan cake: Campur & mixer semua bahan kecuali butter hingga mengembang.
Roll Cake Batik - Step 3
Roll Cake Batik - Step 3
Roll Cake Batik - Step 3
4
Masukkan butter yg sdh di cairkan. Aduk rata. Siapkan loyang yg sdh di beri alas kertas roti berpola. Tuang adonan cake pelan2 & merata.
Roll Cake Batik - Step 4
Roll Cake Batik - Step 4
Roll Cake Batik - Step 4
5
Oven cake dg api atas bwh. Sebelumnya ovennya sdh di panaskan dl yaa. Utk suhu & lamanya di kira2 aja yaa, krn sesuai ovennya. Oiya klo gak punya oven api atas jg gpp, pk api bwh aja tp oven tetep hrs di panaskan dl. Dan apinya jg jgn terlalu besar agar matangnya rata. Bs di cek dg di tusuk lidi, jika sdh tdk lengket di lidi berarti sdh matang. Angkat cake.
Roll Cake Batik - Step 5
Roll Cake Batik - Step 5
Roll Cake Batik - Step 5
6
Keluarkan cake dari loyang, dg cara di balik, kemudian kelupas kertas rotinya. Hingga terlihat motifnya.
Roll Cake Batik - Step 6
Roll Cake Batik - Step 6
Roll Cake Batik - Step 6
7
Balik kembali cakenya dan olesi dg selai/olesan sesuai selera. Gulung cake dg pelan sambil di padatkan.
Roll Cake Batik - Step 7
Roll Cake Batik - Step 7
Roll Cake Batik - Step 7
8
Alhamdulillah jadiii dehh Roll Cake Batiknya... seneng bangeettt...πŸ˜πŸ˜‰πŸ₯°
Roll Cake Batik - Step 8
Roll Cake Batik - Step 8
Roll Cake Batik - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Roll cake batik Mega mendung

Roll cake batik Mega mendung

Jiwa seniku meronta ronta, makanya saya salurkan ke dalam roll cake ini πŸ˜‚πŸ˜†semoga menginspirasiπŸ€—

Bolu marmer jadul

Bolu marmer jadul

So buttery, moist lembut dan gk seret. Bolu marmer jadul yang sempat ditinggalkan dan tergantikan dengan cake kekinian yang banyak beredar di pasaran, muncul lagi. Rasa kangen akan muncul dikala kita ingat karena punya kenangan. Bolu marmer jadul tetiba ngangenin.

Bolu Ketan Hitam Panggang

Bolu Ketan Hitam Panggang

Cemilan untuk kerja di sore hari. Source @cook_2626288

Bolu Gulung Kukus Karakter

Bolu Gulung Kukus Karakter

Assalamu'alaikum, setelah sekian abad (lebay) baru muncul lagi di cookpad 🀭 Tanggal 19 Agustus kemarin #cookpadcommunity_Bekasi alias Kombes ada event #KolebKombes (Kelas Online Bareng Komunitas Bekasi) yang temanya Melukis Bolu Gulung Kukus oleh Mba Yoshi. Ternyata bikinnya gampang gampang susah. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Disini aku tulis resep diubah pakai takaran sendok karna timbanganku rusak, untuk resep aslinya bisa meluncur ke link ini https://cookpad.com/id/resep/12468088-bolu-gulung-motif-unyu?invite_token=MD9qBzNSKVjojvijinuSVGFp

02. BOLU BATIK

02. BOLU BATIK

Bolu batik bakulanku bunda...saya jual 1000an.

-+ 55-60 biji
Bolu air 1 telur

Bolu air 1 telur

12 potong
1 jam
Bolu gulung ekonomis

Bolu gulung ekonomis

Loyang ukr.22x22

Bolu Gulung Batik

Bolu Gulung Batik

Source: Nyak Nonong Menurut saya yang seorang pemula, tantangan #recookbarengcilmin #cookpadcommunity_borneo @cookpadcommunity_id_borneo kali ini adalah yang paling sulit. Karena beberapa kali saya gagal saat mencoba menggulung bolu ini. Hasilnya selalu patah. Benar benar butuh kesabaran dan ketelatenan tingkat dewa.. πŸ˜„. Sudah putus asa karena sudah hampir malam masih gagal aja. Fiuhhh.. sabar.. sabar dan tetap semangat. Jangan sampe absen lah ya. Apalagi kue ini adalah kesukaan saya, karena tekturnya lembut dan rasa manis yang pas dengan isian selai atau buttercream sesuai selera. Alhamdulillah akhirnya bisa juga di gulung. Senangnya.. 😍 #cookpadcommunity_balikpapan,kaltim #cookpadindonesia #cookpadcommunity_id @cookpad_id

Bolu hongkong roll abon

Bolu hongkong roll abon

Bikin rollcake dari bolu hongkong resep mb.ricke,fillingnya pake abon.rasanya pas menurut saya manis gurih kempus2 kepyes2 xixixi, sampai cemal cemil terus nggak bisa berhenti.

Bolu Gulung (mirip) Meranti πŸ˜‹

Bolu Gulung (mirip) Meranti πŸ˜‹

Tiap ada yang ke Medan, saya pasti titip bolu gulung meranti karna keluarga saya suka banget sama bolu gulung. Pas kemarin lagi pingin banget, tapi ngga ada yang bisa dititipin, jadilah ubek-ubek resep bolu gulung dan langsung di eksekusi. Hasilnya? Ayy layykkk!

45 menit
Bolu kukus

Bolu kukus

Saya bikin bolu ini bersama si bungsu yang memang hobi banget makan bolu. Bikinnya simple dan cepat loh bunda...

1 loyang
30 menit
Pandan Sukade Buttercake

Pandan Sukade Buttercake

Resep by Vitakwee

1 loyang
60 menit
Sarang Semut (Bolu Karamel)

Sarang Semut (Bolu Karamel)

Ukuran loyang : diameter 20 cm

1 jam
Batik Mini Roll Cake

Batik Mini Roll Cake

Assalamualaikum,,,, posting dl ya,,setelah lama nyangkut di draft. Masya Allah malasny luar biasa. Ini hasil ngebatik bareng ibu kesayangan,,,Bu Siswaty Elfin,,Masya Allah. Luar biasa sukses bikin saya melongo karena ternyata semudah itu ferguso. Gak ada lagi drama nempel di kertas bakingny LG seperti yg sebelumnya saya buat. Rasa kesel GT kl kita dah capek capek bikin motif,trs motifny nempel di baking paper,,,,rasanya mau gigit dandang nya aja deh. KueselllπŸ€§πŸ˜… . Ini kali ke empat saya buat batik roll ini,,,kali ini dibuat versi mini,,,ihhh lucu ya,,,bisa jadi 4 motif berbeda loh dalam satu loyangny. Kerennnn sangat inspirasinya ibuuuπŸ₯°,,,, love lah Bu Siswaty. Source Siswaty Elfin #CookpadCommunity_Depok

Batik Roll Cake Kukus

Batik Roll Cake Kukus

Sudah lama pengen buat batik roll cake, akhirnya kesampaian juga.. mmg buatnya perlu ketekunan 😁 tapi lama2 bikin ketagihan lho... Ayok dicoba bikin.. Untuk lapisan motif batik saya pakai resep dari buku Batik Roll Cake Yuliana Bisri (yang saya tulis setengah resep), untuk roll cakenya saya pakai brownies kukus gulung resep dari Cookpad Ayu Purbo Laras. #GA_TheNextLevel #PilkadaCookpad_Yogyakarta #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_Yogyakarta

loyang 20x20 po
1 jam
Bolu mini choco chip

Bolu mini choco chip

Bikin kue yang simpel dan cepat Yang penting rasa nya enak dan lembut Resep dari : dapur_riri2 (IG) Makasih yah bun resep nyaπŸ‘ Disini sy modif sedikit, warna pakai pasta coklat dan pakai choco chipπŸ‘Œ

Batik Roll Cake

Batik Roll Cake

Source:Siswatyelfinbachtiar.beberapa waktu lalu Bandung Sabilulungan kedatangan tamu untuk berbagi ilmu bolgul batik yaitu ibu Siswaty Elfin Bachtiar .beliau berbagi ilmu bolu gulung .Alhamdulillah dapat ilmu lagi .trial pertama saya gagal ,gagal bukan di bolunya tapi isi terlalu banyak jadi susah untuk digulung.makanya belum saya post .trial kedua Alhamdulillah berhasil .bolunya enak dan lembut.makasih ilmunya Bu sis,zajakallahu Khoiron katsironπŸ˜‡πŸ™disini saya memakai setengah resep dari resep asli uk loyang 22.yuk ini resep yg saya pakai #Bandungsabilulungan_bolgulbatik #cookpadcommunity_bandung #cookpadindonesia #GA_thenextlevel #cookpad #masakasyil #belajarbareng #anekarollcake #batikrollcake

Bolu Nutrisari

Bolu Nutrisari

Source: @rahayuputri438 Bolu yg bikinnya mudah, bahannya simple dan rasanya jg enak. Rasa dari nutrisarinya jg masih ada. Untuk rasa Nutrisari bisa diganti sesuai selera. Sebenarnya ini q buatnya setengah resep aja...tp alhamdulilah tetap berhasil, yee...πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ€­ #TiketGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bekasi #CooksnapResep_MamaAL