Bagaimana Menyiapkan CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis yang Lezat

Dipos pada January 20, 2019

CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis

Hari ini saya akan berbagi resep CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Anda bisa membuat CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis memakai 9 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Chiffon ini permintaan dari Ibu saya, yang pecinta gula aren dan daun pandan, resepnya masih tanpa pemakaian Baking Powder/COTT dan tanpa Air Jeruk Nipis...Source Recipe : KathrineKwa 🙏😇😘 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #Mingguke-39 #CookpadCommunity_Bandung 🍃 Tips : Pakai Telur segar tidak dari kulkas. Gula Aren kering, tidak basah, lebih bagus kalau pakai Gula aren bubuk (Palm Suiker).

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis:

  1. 100 gr Gula Aren, diiris-iris
  2. 150 ml Santan kental (saya santan instan SunKara)
  3. 1 helai daun pandan, digunting
  4. 150 gr Tepung Terigu Protein Sedang (sy Segitiga Biru)
  5. 5 Butir Kuning Telur, kocok lepas
  6. 50 ml Minyak Goreng
  7. 5 Butir Putih Telur
  8. Sejumput Garam
  9. 65 gr Gula Merah, iris tipis2 atau Gula Palm bubuk (Palm Suiker)

Langkah-langkah untuk membuat CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis

1
Masak Gula Aren+Santan+Daun Pandan, aduk-aduk pakai whisk sampai gula meleleh, sisihkan.
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 1
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 1
2
Campurkan Minyak Goreng aduk rata pakai whisk, tunggu hangat, tambahkan Tepung Terigu sambil diayak di atas adonan, aduk rata.
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 2
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 2
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 2
3
Tambahkan Kuning Telur, aduk rata lagi.
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 3
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 3
4
Mikser speed rendah Putih Telur+sejumput Garam, kocok sampai berbusa, masukkan Gula merah atau gula palm bubuk (65gr dalam 3 tahap), ketika gula sudah masuk semua, kocok speed tinggi sampai puncak tumpul.
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 4
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 4
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 4
5
Masukkan 1/3 bagian putih Telur ke campuran adonan kuning telur, aduk balik perlahan sampai rata pakai spatula.Tambahkan putih telur berikutnya, aduk balik lagi sampai rata.
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 5
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 5
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 5
6
Tuang ke loyang chiffon ukuran 20 atau 22 cm (tanpa dioles apapun), ratakan adonan sambil dihentakkan 2X untuk mengeluarkan udara yang terperangkap.
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 6
7
Panggang di oven yang sudah dipanaskan suhu 150° celsius selama 1 jam 10 menit (sesuaikan suhu oven masing2).
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 7
8
Keluarkan dari oven dan langsung balikkan/tangkupkan loyang di cooling rack atau di leher botol. Tunggu sampai suhu normal sekitar 1 jam.
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 8
9
Keluarkan dari loyang dengan cara menyisir pinggir, tengah dan dasar loyang pakai pisau tipis dan tajam.
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 9
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 9
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 9
10
Potong-potong bolu, dan sajikan...😇😘
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 10
CHIFFON GULA AREN🍃 Tanpa BP/COTT & Air Jeruk Nipis - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu chiffon pandan

Bolu chiffon pandan

Baking bolu ini bnr2 hrs sering praktek jd tau di mn selah nya br hasil baking makin kechee

6 / 7 porsi
1 jam 30 menit
Chiffon marbel Pandan Coklat

Chiffon marbel Pandan Coklat

Bismillah...kesukaan lembut empuk maasyaa Allah sifon resep bakulan dapurdinar

1 jam 45 menit
Chiffon Pandan Putih Telur

Chiffon Pandan Putih Telur

Menyiasati putih telur #MurahMeriah yang tersimpan di kulkas sisa bikin nastar,cari resep yang sesuai ketersediaan putel ketemu resepnya ci Tintin Rayner silahkan klik disini untuk melihat resep aslinya ya : Ayo cek resep ini: Chiffon Pandan Putih Telur-No Bau Telur wangi bangett https://cookpad.com/id/resep/4462994-chiffon-pandan-putih-telur-no-bau-telur-wangi-bangett?token=fNyjkaUgBEmADkwfBAiKdGgR Hasil dari kue ini manisnya pas,ga ada bau amis dari putel dan tekstur kuenya kenyel2 kempus gitu pas dimaem abaikan penampilan chiffon saya yang ga sebagus empunya resep asli.✌️😅 Ini resepnya ya semoga bermanfaat. 😊 #berburucelemekemas #resolusi2019 #SiapRamadan #kookpader #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadCimmunity

Marble Chiffon Cake

Marble Chiffon Cake

#Cooksnap #MasakItuSaya #MarbelChiffonCake #CoboyNgaco #CoboyNgacoBareng_AdityaDamayanti #NgacoBareng_AdityaDamayanti #CoboyWani #Cooksnap #CoboyCooksnap #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id Source : @adityadamayanti Minggu ini di Ngaco COBOY bareng mba @adityadamayanti dengan tema "Menyampaikan Pesan lewat Food Photography " Secara garis besar beliau menjelaskan untuk membuat suatu foto ndak perlu banyak menggunakan property foto cukup menonjolkan objek sehingga sudah dapat menyampaikan sebuah pesan kepada orang lain. Saat praktek dengan cooksnap resep beliau Marble Chiffon Cake rasanya seneng banget karena resepnya cukup mudah di pahami dan hasilnya pun memuaskan karena slma ini jujur aku bikin chiffon slalu gagal dan pas coba resep mba @adityadamayanti berhasil.. berhasil... Cakenya mebul2 dan tidak bikin seret 😍🥰🥰 Dan waktu pembuatan fotopun beliau dengan telaten memberikan kisaran kepada kita semuanya tanpa terkecuali sabaaar pisan euy. Di tambah lagi kita orang lemot2 kadang bebal juga 🤭🤭😂 di ajarin ndak isa2 🙏🏼🙏🏼. Maapkan nggeh mba Adit. Terima kasih banyak buat inpirasi resepnya suka banget dan hasilnya sangat memuaskan dan hsl fotonya pun jadi good looking banget deh suka pake banget simple dan jadi kelihatan idup. Berkah Melimpah, Sukses serta sehat slalu nggeh buat mba Adityadamayanti skluarga. Amin 🥰😍🙏🏼

Chiffon Coklat Susu

Chiffon Coklat Susu

Bikin chiffon susu vanila udah, coklat udah, sekarang coba keduanya digabung. Dengan takaran coklatnya dikurangi+ditambah susu bubuk gurih dan vanili yg wangi. Enaak bgt! Rasanya mirip milo, coklatnya light dan gak pahit. Pokoknya enak deh. Bikinnya juga mudah. Ini tadi untuk loyang 25cm agak kekecilan yah gak punya loyang lain soalnya, jadi naiknya kurang maksimal 😳. #pejuanggoldenapron2

Coffee Chocolate chiffon cake

Coffee Chocolate chiffon cake

Assalamualaikum.. Halo gaeess,, selamat hari Sabtu, waktunya #semarak bersama @cookinglover.id dengan tema #kopilahanku. Pecinta kopi mana suaranya 🙋🙋🙋. Tadinya aq mau bikin bonbon coffee , tetiba diajak embeb bepergian,jadi bikin chiffon aja. Aq pake resep taro chiffon cake punya ci @tintinrayner yang aq ganti dengan kopi. #kopilihanku #semarak_kopilihanku #cookpadcommunity_surabaya #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #clover #naads_kitchen #berburucelemekemas #resolusi2019

loyang uk 20cm
60 menit
Pandan chiffon cake

Pandan chiffon cake

Sbenerny bikin ini uda 5 hari lalu,,tpi apalah daya lgi males banget nulis😫 Masi harus belajar bikin chiffon nih😔 Masi belum mengembang senpurna.. Walau banyak banget ujian ny😭 Ujian pertama:si adek lupa ngunci bawah loyang chiffong ny😭jdi bocor,trs lupa di ketrok2 sebelum di masukin ke oven😐yodah pas baru 3 menitan aq keluarin lgi trs aq ketrok2😭dan disitu baru ketauan klo bawah ny itu ga ke kunci,dengan penuh perjuangan aq benerin walopun panas banget yawlohh😭dahlaaa_- Ujian kedua:pas uda mateng lsg aq jungkir kan..aku tinggalin lah main hp,eh stngh jam kemudian pas di liat udh pada nggeletak(bahasa sunda ny mah"nga gogoler"🤣)padahal loyang teh ga di oles apa2😭atuhhh teu kanyahoan jatuh na teh(ga ketauan) Sabar aja🙃maklum baru pertama kali bikin chiffon😊tpi klo rasa si enakk..empyukkk bangettt😍🤤 Source:@fitrisasmaya #cookpadcommunity_purwokerto #cookpadcommunity_jawatengah #cookpadindonesia #anyarahma #pejuanggoldenapron

(1.49) Chiffon Cake Gula Aren

(1.49) Chiffon Cake Gula Aren

Segala cake yg lembut kempus2 macam chiffon pasti langsung ludes dirumah.. banyak rasa dicoba dan kali ini pakai gula aren.. Maa sya Allah haruuum banget.. pas masih dipanggang pun aromanya harum semerbak.. 😍 Gunakan gula aren asli, bukan gula merah/gula jawa biasa agar aroma nya harum dan warna yg dihasilkan lebih pekat.. tapi jika tidak ada, bisa gunakan gula merah/gula jawa biasa dan tingkat kemanisan bisa disesuaikan selera.. Source: Elyanied #StockResep #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadCommunity_ID #CookpadIndonesia #GA_THENEXTLEVEL #KucingrabbitGANL Resep asli bisa dilihat disini 👉 https://cookpad.com/id/resep/5845477-chiffon-cake-gula-merah?invite_token=91XXG6EDWf2FWEtNydv9AhRB&shared_at=1617783563

tulban d.20cm
Chiffon Ketan Hitam

Chiffon Ketan Hitam

Bismillah . Selamat Hari Raya Idul Fitri buat teman2 Cookpaders yg merayakan Bikin chiffon ketan hitam yuuk bisa buat hantaran keluarga atau temen ngeteh . . #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_ID #resepecy_chiffonketanhitam

1 jam 45 menit
Pandan Chiffon Cake (Kue Sponge Pandan)

Pandan Chiffon Cake (Kue Sponge Pandan)

Percobaan beneran pertama Kenapa dibilang beneran, karena biasanya bikin chiffon cake pake loyang biasa kali ini pake loyang khusus chiffon cake 🤭🤭

Pandan Chiffon Cake 🍰 tanpa pengembang

Pandan Chiffon Cake 🍰 tanpa pengembang

Paling suka kue jenis ini tp belum pernah praktek sekalipun karena biasa beli. Hari ini nyoba buat sendiri sambil berdoa terus supaya cake ini jadi & bisa ngembang tanpa bantuan bahan pengembang. Ehh .. Alhamdulillah jadi cuma kurang manis. Waktu dibagiin ke teman2nya mas FaRza pada bilang suka & kurang (maaf ya karena buat cuma seloyang jadi potongannya super mini 😁). Teksturnya asli lembut banget tapi kekuranggannya ya itu tadi cuma kurang manis aja jadi saya sarankan u/menambahkan takaran gula supaya rasanya makin enak. Owh iya resep ini saya adaptasi dari Nini S. Vlog. Selamat mencoba ya moms ☺. #3weekschallenge #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

Hokkaido Chiffon Cup Cake

Hokkaido Chiffon Cup Cake

Assalamualaikum 😇 Source: tintinrayner

Chiffon Vanilla Pandan Coklat🤍💚🤎

Chiffon Vanilla Pandan Coklat🤍💚🤎

Harusnya jadwal posbar kemarin dari hasil sharing sama mbak reni, tapi maafkan baru bisa update hari ini, karna kemarin full acara ultah anak lakik🥺 pakai loyang seadanya bukan loyang chiffon, sebelumnya pakai bulat, hari ini pakai yg balok🤭 thankyou so much mbak reni buat ilmu nya di tim GodaTeflon🥰🤗 Source : Tintin Rayner #PejuangGoldenApron3 #GodaTeflon_Minggu7 #KreasiChiffonYummy #MasakAsyik

Chiffon Unicorn Putih Telur(Cake Cookpad)

Chiffon Unicorn Putih Telur(Cake Cookpad)

Spesial Ulang tahun Cookpad yang ke 9 ini,saya buat cake kesukaan si bungsu yang biasanya saya buat sebagai cemilannya 😁saya hias biar keliatan menarik🤭sekalian juga buat memeriahkan acara GA Clover 🥳🥳🥳 untuk merayakan ulang tahun buah hatinya mba @nauzaery🤗semoga panjang umur,mudah rezekinya,sehat selalu dan jadi kebanggaan orang tua 🤲🏻😘😘😘 Source : Tintin Rayner Recook : Dhena(dengan modifikasi) #GASiCantikWarnaUnicorn #Semarak_GASiCantikWarnaUnicorn #CookpadCommunity_Jakarta #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #JelajarResepRumahan #Resolusi2020 #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu

1 loyang
60 menit
Orange Chiffon Cake

Orange Chiffon Cake

. . . . Cake favorit Bocil dan keluarga 😉 #BeresChiffonCake #BeresChiffonAugust2021 #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #CookpadCommunity_Jakarta #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #Resolusi2021

Cheddar Cheese Chiffon Cake tanpa BP & COTT

Cheddar Cheese Chiffon Cake tanpa BP & COTT

Ini chiffon cake sy yang ke-2 setelah chiffon cake ketan hitam, sejak sukses bikin chiffon jadi ketagihan bikin lagi😊, rasanya enak dan gurih, teksturnya lembut, empuk dan ringan, bikin ini cepet sekali habisnya dalam sehari langsung ludes tak bersisa...seneng rasanya 😇😍 Sumber resep Epipastry dengan modifikasi sesuai selera...🙏 Semoga bermanfaat...😘 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #CookpadCommunity_Bandung #Mingguke-34

Chiffon Cake Pandan (Gluten free) dari tepung singkong

Chiffon Cake Pandan (Gluten free) dari tepung singkong

Tema minggu ini Umbi2an ku kirim foto cake sehat ya, ini gluten free loch dari tepung singkong rasanya enak cocok untuk Mba @badoci1888 yg berulang tahun doa terbaik untuk Mba Syifa slalu 😘. cuss mba kita lihat resepnya. #cookpadcommunity_bogor #combongabibita_kreasiumbi #tetapkenyangtanpanasi

1 loyang
45 menit
Chiffon Cake Pandan

Chiffon Cake Pandan

BERES CLOVER Kali Bertemakan Chiffon Cake. Chiffon Cake : Adalah jenis bolu sifon dengan tekstur lembut, ringan dan berongga. Dengan adanya BERES yang diselenggarakan oleh Mican² yang luar biasa 🤗🥰🥰 saya jadi membuat sesuatu yang belum pernah saya buat sebelumnya. Sehingga saya harus banyak belajar dan belajar agar dapat menyelesaikan tantangan ini. Happy banget ketika perdana buat Chiffon Cake ini dan hasilnya lumayan bagus 😍. Walau belum maksimal tp ini memberikan saya banyak pelajaran agar kedepannya jika membuat lagi sudah ada bekal yg didapat. Nah ini pakai resepnya @dapursicongok yang sdh saya sesuaikan takarannya dengan loyang saya yaitu loyang diameter 23 cm. Jika menggunakan resep asli maka menggunakan loyang 25/26cm. Nah dalam membuat Chiffon Cake ini ada beberapa yg perlu diperhatikan ~ Gunakan Speed rendah saat mengocok putih telur, baru pelan² dinaikkan kecepatannya. ~ Gunakan gula yg halus dan masukkan secara bertahap ~ Jangan Oleskan apapun kedalam loyang , agar cake tidak turun ~ Jangan sering membuka oven karena hal ini sangat berpengaruh terhadap hasilnya bisa² cake kempes. #BeresChiffonCake #BeresAgust2021 #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Jakarta

Chiffon Vanila pandan

Chiffon Vanila pandan

Resep vanila chiffon dari cik tintin, cm karena kurang kerjaan y ak tambain layer pandan aja

Chiffon Putih Telur

Chiffon Putih Telur

Bismillaah...

7 cup