Langkah Mudah untuk Menyiapkan Chiffon Cake Pandan yang Enak Banget

Dipos pada May 10, 2022

Chiffon Cake Pandan

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Chiffon Cake Pandan yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Chiffon Cake Pandan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Chiffon Cake Pandan, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Chiffon Cake Pandan sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Chiffon Cake Pandan dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Dengan bahan-bahan yang simpel, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Mommy bisa menyajikan Chiffon Cake Pandan memakai 16 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

BERES CLOVER Kali Bertemakan Chiffon Cake. Chiffon Cake : Adalah jenis bolu sifon dengan tekstur lembut, ringan dan berongga. Dengan adanya BERES yang diselenggarakan oleh Mican² yang luar biasa 🤗🥰🥰 saya jadi membuat sesuatu yang belum pernah saya buat sebelumnya. Sehingga saya harus banyak belajar dan belajar agar dapat menyelesaikan tantangan ini. Happy banget ketika perdana buat Chiffon Cake ini dan hasilnya lumayan bagus 😍. Walau belum maksimal tp ini memberikan saya banyak pelajaran agar kedepannya jika membuat lagi sudah ada bekal yg didapat. Nah ini pakai resepnya @dapursicongok yang sdh saya sesuaikan takarannya dengan loyang saya yaitu loyang diameter 23 cm. Jika menggunakan resep asli maka menggunakan loyang 25/26cm. Nah dalam membuat Chiffon Cake ini ada beberapa yg perlu diperhatikan ~ Gunakan Speed rendah saat mengocok putih telur, baru pelan² dinaikkan kecepatannya. ~ Gunakan gula yg halus dan masukkan secara bertahap ~ Jangan Oleskan apapun kedalam loyang , agar cake tidak turun ~ Jangan sering membuka oven karena hal ini sangat berpengaruh terhadap hasilnya bisa² cake kempes. #BeresChiffonCake #BeresAgust2021 #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Jakarta

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Chiffon Cake Pandan:

  1. Bahan Pasta
  2. 8 Butir Kuning Telur Ayam (Me 6 Butir)
  3. 140 gr Tepung Terigu Protein Rendah
  4. 15 gr Tepung Maizena (Me 10 gr)
  5. 50 gr Gula Pasir Halus (Di blender) (Me 30 gr)
  6. 90 gr Minyak Goreng
  7. 85 ml Santan (1 Bungkus Kara 65 ml + Air) (me 75 gr)
  8. 50 gr Endapan Pandan
  9. 1/4 sdt Pasta Pandan (Me 1/8 Sdt)
  10. 1 1/2 sdt Baking Powder (Me 1/2 sdt)
  11. 1 sdt Vanili Bubuk (Me 1/2 sdt)
  12. 1/2 sdt Garam (Me 1/4 sdt)
  13. Bahan Meringue
  14. 8 Butir Putih Telur Ayam (Me 6)
  15. 1/2 sdt Cream Of Tar Tar (Air Jeruk Nipis/lemon)
  16. 160 gr Gula Pasir Halus (Saya Blender Sendiri) (me 150 gr)

Langkah-langkah untuk membuat Chiffon Cake Pandan

1
Siapkan Bahan Bahannya dahulu. Disini saya buat takarannya sesuai loyang saya ya yaitu loyang Bongpas Diameter 23 cm..... Jika ingin menggunakan Resep Asli pakailah Loyang Ukuran 25-26.
Chiffon Cake Pandan - Step 1
Chiffon Cake Pandan - Step 1
2
Membuat Pasta : Siapkan wadah, masukkan Kuning Telur + gula, aduk sebentar secara perlahan hingga gula menyatu dengan kuning telur.
Chiffon Cake Pandan - Step 2
Chiffon Cake Pandan - Step 2
3
Kemudian masukkan Minyak + Garam, aduk sebentar hingga minyal terlihat menyatu.
Chiffon Cake Pandan - Step 3
Chiffon Cake Pandan - Step 3
Chiffon Cake Pandan - Step 3
4
Kemudian tambahkan Endapan Pandan + Pasta Pandan + Santan, Aduk sebentar hingga smua bahan tercampur rata.
Chiffon Cake Pandan - Step 4
Chiffon Cake Pandan - Step 4
Chiffon Cake Pandan - Step 4
5
Kemudian ambil Ayakan tepung, masukkan tepung terigu + maizena + baking powder + vanila bubuk, ayak perlahan dan ayak secara bertahap. Lalu aduk hingga benar² tercampur rata. Saya Masukkan campuran bahan tepung sebanyak 3x. Jika sudah kemudian sisihkan dahulu.
Chiffon Cake Pandan - Step 5
Chiffon Cake Pandan - Step 5
Chiffon Cake Pandan - Step 5
6
Membuat Bahan Meringue : Siapkan wadah, masukkan Putih Telur + Cream Of Tar², mixer dengan kecepatan rendah dahulu lalu setelah 1 menit naikkan sedikit kecepatannya, lalu setelah gelembung busa semakin halus maka saya naikkan kecepatan mixer ke level maximal.
Chiffon Cake Pandan - Step 6
Chiffon Cake Pandan - Step 6
Chiffon Cake Pandan - Step 6
7
Lalu masukkan gula halus secara bertahap. Saya masukkan 4x tahap ya. Mixer dengan kecepatan tinggi hingga Firm Peak (Medium Peak) Yaitu jika diangkat menggunakan pengocok maka ujungnya sudah mulai kaku dan ujungnya melengkung.
Chiffon Cake Pandan - Step 7
Chiffon Cake Pandan - Step 7
Chiffon Cake Pandan - Step 7
8
Kemudian aduk sebentar adonan Pasta Pandan tadi menggunakan wishk, lalu ambil adonan Meringue sebanyak 1 spatula dan masukkan kedalam adonan Pandan, aduk dengan wish dengan teknik sedikit memutar dan tekan dari atas kebawah dan naikkan keatas lagi. Masukkan adonan Meringue secara bertahap sampai 4x tahap ya. Aduk perlahan dan hingga menyatu.
Chiffon Cake Pandan - Step 8
Chiffon Cake Pandan - Step 8
Chiffon Cake Pandan - Step 8
9
Setelah itu siapkan loyang, disini saya pakai loyang Chiffon Bongkar Pasang Diameter 23cm, lalu dibawahnya beri lagi loyang alas yg biasa sebagai tatakan masuk ke oven. Untuk loyangnya jangan diolesi apapun ya. Jd tuangkan adonan langsung kedalam loyang. Kemudian ambil tusuk sate lalu lakukan gerakan memutar untuk mengurangi gelembung uadara yang tertahan didalam. Setelah itu hentak²kan alas loyang agar menyatu dan rata.
Chiffon Cake Pandan - Step 9
Chiffon Cake Pandan - Step 9
10
Kemudian Oven dengan suhu 160 °C menggunakan api atas bawah selama 1 jam 20 Menit. Ini disesuaikan jg dengan oven masing² ya. Sebelumnya oven harus sudah dipanaskan terlebih dahulu selama 15 - 20 menit. Disini saya menggunakan Oven Tangkring.
Chiffon Cake Pandan - Step 10
Chiffon Cake Pandan - Step 10
Chiffon Cake Pandan - Step 10
11
Jika ingin atasnya merekah boleh dibelah, tp tunggu sampai lapisan atasnya berkulit ya. Jd keluarkan sebentar belah dan oven lagi. Catatan : ~ Untuk pemula lebih baik utuh aja dulu. Jangan ikuti. Saya main belah² soalnya saya masih blm berhasil banget hasil belahnya. Karena jika oven sering di buka tutup akan mempengaruhi hasilnya. ~ Kalau mau dibelah pastikan cukup di goreskan saja pisaunya tidak perlu ditekan.
Chiffon Cake Pandan - Step 11
Chiffon Cake Pandan - Step 11
Chiffon Cake Pandan - Step 11
12
Jika sudah matang keluarkan, kemudian hentak²kan sebentar lalu langsung dibalikkan ya dan diamkan selama 1 jam 15 menit.
Chiffon Cake Pandan - Step 12
Chiffon Cake Pandan - Step 12
13
Setelah itu balikan lagi keposisi awal, lalu tekan² bagian pinggirnya sambil sedikit ditarik agar lepas dari pinggirannya. Lalu tekan bawahnya dorong keatas untuk mengeluarkan chiffon dari loyangnya. Setelah itu untuk melepaskan bagian tengahnya sama seperti tadi tekan perlahan sambil ditarik jika masih lengekt sisir dengan pisau secara perlahan.
Chiffon Cake Pandan - Step 13
Chiffon Cake Pandan - Step 13
14
Setelah itu potong Chiffon Cake sesuai selera. Dan siap di sajikan, selesai. Chiffon ini lembut dan kempussss 👍👍👍 wangi pandannya dan rasa pandannya berasa bangettt 🥰🥰🥰 pokoknya enak deh.
Chiffon Cake Pandan - Step 14
Chiffon Cake Pandan - Step 14
Chiffon Cake Pandan - Step 14

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Jadul Sukade

Bolu Jadul Sukade

Lg senang berbikin bolu dan Sore ini mau besuk teman ke rumah sakit,buat buah tangan aku bikinkan bolu kesukaannya yaitu bolu jadul😁,kali ini biar lebih meriah aku kasih sukade sebagai toping dn aku campurkan keadonan juga. Aku cooksnap bolu jadul sukade ini sama teman di #CookpadCommunity_Kalsel yg lucu dan imut2 Nani Setiati😊😘 #Cooksnap_Kalsel . Bolunya pasti enak dan lebut,karna mau dikasihkn teman jd aku ngk bisa potong dn kasih unjuk..tolong doanya semoga temanku cepat sembuh ya😊😘 Source: @Libri #CookpadIndonesia #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #RecookOfTheWeek

Oenbitjkoek

Oenbitjkoek

Source : Tintin Rayner

Bolu Kukus Mekar tanpa soda

Bolu Kukus Mekar tanpa soda

Ikut meramaikan GA nya bude Ati @MomsFirza_310571 bikin bolkus mekar . Udah lama banget ga bikin ini. Klo bikin ini tuh asa dag dig dug der, kebayang kutukan bolkus 🤣🤣. Pas buka kukusan, yeaayy..alhamdulillah berhasil mekar walaupun bentuknya masih belum beraturan, tapi yang penting hasilnya ga bantet 😍. Source : Ati Agus Sapto Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/14678414-bolu-kukus-tanpa-soda-323?invite_token=EFx9udmWcMjXm2VtK2V49GLz&shared_at=1624678830 #CocomtangGA_AtiAgusSapto #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia

Bolu keju DEBM

Bolu keju DEBM

Bismillah.. Masih dengan tabungan resep, 3 Minggu lagi golll GA3... Bismillah lulus Saat pendemi, anak² daring dl tiap hari bikin kue, sampai ga sadar ternyata timbangannya ke kanan semua🥺 Akhirnya nyoba pindah haluan ke DEBM, nyari resep ketemu resep cheese cakenya mb Ririn, Alhamdulillah enak🥰 Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/13955957-cheesecake-debm-teflon?invite_token=Zq6h4nLVQtWK3CUaSHFqniLM&shared_at=1620733936 Source : Ririn Kristanti #pejuanggoldenapron3 #cookpadcommunity_semarang

Bolu 🍊 jeruk

Bolu 🍊 jeruk

Asal kue ini dari Uni Emirat / Arab

🍰🍰Bolu ketan hitam 🍰🍰

🍰🍰Bolu ketan hitam 🍰🍰

Hmm,, bangun tidur kok rasany pingin bikin bolu yaa.. Dan keinget kalo ada stok tepung ketan hitam.. Okelah langsung gercep... Xixi

18 potong
70. Bolu Kukus Pisang

70. Bolu Kukus Pisang

Kali aku recook bolu kukus pisang. Rasanya mantap. Aku kurangi gulanya karena ga seberapa suka manis. #Bonus

Bolu oatmeal

Bolu oatmeal

Buat yang lagi diet dan butuh cemilan boleh d coba yah buat

Bolu Susu Oreo

Bolu Susu Oreo

Jadi bikin bolu ini pas anak itu lagi sakit, pas dia demam ternyata ada radang di tenggorokan. Nah kan gak boleh makan coklat2 dulu sama dokternya. Udah kasihan banget sih ada oreo di kulkas tp gak berani makan dia ..😅 Akhirnya coba bikin buat campuran bolu aja..😄 Source https://cookpad.com/id/resep/13745517-bolu-susu-oreo?invite_token=JvQazbmvTuJrbxj2zhfpDqT7&shared_at=1607469284 #pejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_malang #mamozaf_kitchen

Bolu Pisang

Bolu Pisang

Berawal dari melimpahnya hasil kebon sampek bingung biar kemakan dibuat apa yg enek, dan akhirnya jadilah bolu pisang dan semua pada suka 😄

2 loyang kecil
± 1 jam
Bolu SUSU EKONOMIS (2 telur)

Bolu SUSU EKONOMIS (2 telur)

Cemilan bolu lembut yang menyehatkan .. Ide bolu ini di ambil dari susu bubuk anak saya yang stoknya masih bnyak di dlm kulkas dan jarang di minum juga sama anak saya .. jadi iseng iseng bikin ehh ternyata enak juga bolunya empuk , lembut , gurih dan manisnya pass .. next mau coba bikin yang rasa coklat ahh ... Tunggu resep selanjutnya yah mkasih .. #goldenAPron3 #teamCookpad.id #cookpad.com #cookpadLA #cookpadLAMONGAN #cookpadJATIM

2 loyang
1 jm
Bolu pisang kukus tanpa mixer lembut banget

Bolu pisang kukus tanpa mixer lembut banget

Bikin cemilan yang manis2 tapi tanpa mixer ,ketemulah resep dari CP mba @NHM_kitchen..Bolu nya enak dan lembut banget.. #CookpadCommunity_Bogor

Chiffon Cake

Chiffon Cake

#pejuangGoldenApron3 Pas mamggang Chiffon cake wangi pandan nya hmmm harum sesisi rumah rasanya gurih manisnya pas dan lembuut banget 😍😍. Chiffon cake ini terinspirasi dari postingan mbak diana pratiwi rebake resep cc tintin rayner .

Chiffon moka 4 telur

Chiffon moka 4 telur

Sama si . Cuma nulis lagi

Bolu Keju

Bolu Keju

Ceritanya pengen buat brownies aja buat base cake menghias cake motif renda. Wah,cek dapur pas kehabisan bahan jadinya buat bolu keju nih aja deh.Cooksnap resep Bolu Keju @ana humairoh. Bertabur keju nih,enak deh kerasa banget kejunya. #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Bontang #CookpadCommunity_Borneo #DutaRecookBeraksi #DutaRecookKaltim #DutaRecookBontang #BehujahBebayaKaltim #TehnikRenda_Yoshi #MieKocok #PosCocolan #PosCocolan_Renda

Bolu Kukus Coklat Pandan

Bolu Kukus Coklat Pandan

Ceritanya lagi gabut, pakai bahan sederhana, dan bisa di makan anak bayi ku ☺️☺️ Awalnya coba2 , ehhh jadi dong., mekar dan enak.. Manis ny Paaassss....

20 menit
270. Swissroll Pisang Strawbery

270. Swissroll Pisang Strawbery

Masih di pekan pisang surut dan PROMIL. Kali ini nyoba bikin resep nya teh @opibun & alhamdulillah berhasil..ngegulung dengan aman💃 makin seneng lagi pas anak lanang makan kue nya hbs setengah roll 🥰, kejadian yg amat langka 🤭 katanya, "kue nya enak mah, wangi dan manis nya pas katanya" 😄, maklum doi g suka yg manis². Cuzzz..langsung ke resep saja yuuukk..😉 saya modif sedikit dengan menambahkan pasta pisang ambon jd tambah wangi. Untuk olesannya saya pakai selai strawbery, karena lupa bc nya g dikeluarin & masih beku 🙈😁 #CookpadCommunity_Depok #CSDepok_PisangSurut #SupportBumil #PROMIL

Bolu kukus kacang ijo tanpa telur

Bolu kukus kacang ijo tanpa telur

Untuk teman ngopi sengaja buat bolu kukus yang ga pke telur,krn telurnya suka di abisin terus sama s aa di masak sama mie instant😄,tpi utk hasil gak kalah enak sama yang pke telur lho bun...

Bolu Pisang Raja

Bolu Pisang Raja

Punya pisang udah terlalu matang? Jangan dibuang bun.. Bikin bolu aja... Mantap jiwa... #DiBuangSayang #PosbarIdaman

1 loyang
45 menit
Bolu pandan putih telur

Bolu pandan putih telur

Kebetulan dirumah banyak putih telur , sayang banget kalau nggak dimasak-masak . dan aku juga suka banget sama yang namanya roti,bolu,brownies dan sejenisnya. Dan jadilah bikin ini

1 jam