Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Kacang Merah yang Anti Gagal

Dipos pada November 23, 2018

Bubur Kacang Merah

Sore-sore begini enaknya membuat Bubur Kacang Merah yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Bubur Kacang Merah yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur Kacang Merah, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur Kacang Merah sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bubur Kacang Merah kira-kira 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang diperlukan dalam memasak Bubur Kacang Merah diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Kacang Merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Kacang Merah memakai 10 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Kacang Merah:

  1. 125 gram Kacang Merah
  2. 70 gram Gula Pasir
  3. secukupnya Gula merah
  4. 1 Lembar Daun Pandan
  5. 1 Batang Kayu Manis
  6. 2 Ruas Jahe
  7. secukupnya Air
  8. 3 Sdm Tepung Tapioka
  9. 750 ml Santan encer dari 1/2 butir kelapa
  10. secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Kacang Merah

1
Rendam kacang merah semalaman. Bersihkan.
2
Kemudian masak kacang merah bersama gula merah, gula pasir, daun pandan yang telah diikat, kayu manis, serta jahe yang telah dimekarkan. Tunggu sampai empuk, kurang lebih 30 menit.
3
Setelah kacang merah empuk, masukkan tepung tapioka yang telah dilarutkan, dengan mengaduk-aduk bubur agar tidak menggumpal. Aduk-aduk hingga matang, dan matikan kompor.
4
Kemudian masak santan. Masukkan sedikit garam. Aduk-aduk hingga mendidih, jangan sampai santan pecah.
5
Sajikan bubur kacang merah dengan santan di atasnya. Selamat mencoba.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Sayur Topping Orak-arik telur dan Suwir Ayam Leftover

Bubur Sayur Topping Orak-arik telur dan Suwir Ayam Leftover

Menu buat sarapan leftover alias dari bahan sisa. 😁 Bahan seadanya yg ada di kulkas. Punya kacang panjang cuma beberapa lonjor... ya udah dipake 2 lonjor. Jagung sisa sebiji. Trus ada wortel tapi tinggal sepertiganya aja. Ya udah pake aja... daripada merana 😂 itu wortel nantinya. Juga ada ayam goreng yg ga abis sisa semalam. Disuwiri buat topping. Nah biar kliatan banyak dan rame toppingnya, tambahi lagi telor orak-arik. Joss tenan ki buburnya... mantul . 😂 Ditambah sambel andaliman yg pedasnya menggurita di lidah. 😋😍 #TiketGoldenBatikApron

6 porsi
50 menit
Bubur kacang ijo jahe susu

Bubur kacang ijo jahe susu

Mau buat camilan dirumah, karena suami suka kacang ijo jadi saya buatin bubur kacang ijo dan karna putri saya yang berusia 23 bulan, lagi flu (pilek & batuk) jadi bubur kacang ijonya tambahin jahe biar bisa menyegarkan hidung dan tenggorokan anak saya. Biasa dirumah klo buat bubur kacang ijo kuahnya saya kasi creamer sebagai penganti santen, karna kebetulan dirumah creamernya pas abis jadi saya ganti dengan susu low fat. Berikut resepnya takaran kira-kira, karna saya ga timbang, langsung main ceplangcemplung aja :)

4 porsi
20 menit
Bubur kacang ijo feat ketan item

Bubur kacang ijo feat ketan item

Nurutin suamii yg lg pgen berat samaa ketan item dan kacang ijo 😄

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Saat merebus kacang hijau jangan ditambahkan daun pandan dulu, jadi hanya air & kacang hijau saja dulu yang direbus agar cepat proses merebusnya, setelah kacang hijau matang baru tambahkan daun pandan, dll,,, bubur kacang hijau yang aku buat ini versi santan yang langsung aku masukkan, karena aku bikinnya untuk dimakan selama beberapa hari,,, kalau yang versi santan dipisah itu untuk sehari makan saja, agar santan tidak cepat basi.,,, aku bikinnya tanpa diberi jahe, karena suami tidak suka, bila suka tinggal tambahkan saja jahe iris / jahe geprek.

50 menit
MPasi 7m+ Bubur beras+kacang hijau

MPasi 7m+ Bubur beras+kacang hijau

Kehabisan stok bahan karna sibuk berhari" 😢 pake yg ada dikulkas ajaa.. Sebenernya saya ga pernah sedia bahan khusus untuk mpasi, kecuali pas belanja bru sekalian stok, kdg paling belanja dtukang sayur aja 😂 jdi bahan" mpasi jeje ya bahan" untuk masak sehari" bukibuk

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau favorit, empuk, wangi pandan, gurih santan 😍👍

Bubur Kacang hijau encer Choco milk

Bubur Kacang hijau encer Choco milk

Malem2 laper.. Buka kulkas cuman ada kacang hijau. Boleh deh.. Simple bgt niih..

4 porsi
Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Kesukaan orang rumah...^^.

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Mudah bgt bikinnya tinggal cemplung aja

Bubur kacang hijau sehat nikmat

Bubur kacang hijau sehat nikmat

Memang doyan kacang hijau banget. Apalagi skrag sedang promil. Biasanya mnum abc kacang hijau. Tp iseng2 buat dan berhasil. Kebetulam saya gak kuat nungguin kacanh ijo nya pecah (yg hrus di diamkan 4 jam itu loh). Jadi langsung saya rebus saja sampe matang (2 gelas air sampe airny ilang). Hehehe. Lebih enak daripada yg d jual.. hehehehe.

6 porsi
20 menit
Bubur ati yampung dan kembang kol

Bubur ati yampung dan kembang kol

Mpasi 4⭐️

3porsi
Bubur kacang hijau, ketan dan ubi

Bubur kacang hijau, ketan dan ubi

recook dapurVY, ini rencana buat si bayi jadi aku tambahkan ubi biasa nya dia doyan eh ini di lepeh ubi nya mungkin bosan kali keseringan dikasih burjo pakai ubi. Pas disuapin burjo sm ketan lah mangap nya gede habis sak mangkok 😁. Jadi punya menu baru nih buat anak

Bubur kacang ijo no ketan item

Bubur kacang ijo no ketan item

Ini resep pertama ku d cookpad. Padahal aku udh sering liat" resep tapi aku baru kali ini bikin masakan lalu d post.

Bubur Ketela Ungu

Bubur Ketela Ungu

#Sarapanku #cookpadcommunity_Bandaaceh

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Tiap malem bingung cari cemilan bwt pak suami pulang kerja, iseng2 bikin burjo aja deyh 🤗🤗 tp kali ini tanpa gula jawa karna ngga punya..

6 mangkok
Bubur kacang hijau tanpa kulit

Bubur kacang hijau tanpa kulit

Hitam2nya chiaseed ya bukan kotoran heheheh.. buat babyku juga soalnya

Bubur Kacang Ijo Kuah Susu

Bubur Kacang Ijo Kuah Susu

Bubur kacang ijo tuh salah satu makanan favorit suamiku, pas mau bikin tetapi karena kendala gula habis jadi diganti susu kental manis dan ternyata rasanya lebih mantap, gurihnya dapat manisnya pas. Boleh dicoba gampang dan ga ribet.

4 Porsi
1 Jam