Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Ketupat Ketan yang Lezat

Dipos pada March 12, 2022

Ketupat Ketan

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Ketupat Ketan yang lezat Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Ketupat Ketan yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Ketupat Ketan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Ketupat Ketan ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat Ketan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat Ketan memakai 5 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ketupat ketan plus rendang...yummmm enaak bangeet..harus dicoba!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat Ketan:

  1. 1/2 kg ketan putih
  2. 1 kg santan kental (jangan pakai yang instan yaa, krn ada emulsifier-nya, jadi santannya tdk akan terpisah dengan air/tidak akan berminyak dan bergerindil)
  3. secukupnya Garam
  4. Kulit ketupat kecil
  5. secukupnya Air

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat Ketan

1
Rendam ketan selama 2 jam, sementara itu buat kulit ketupat kecil. Kira2 perbandingan ukuran dengan ketupat biasa seperti pada gambar.
Ketupat Ketan - Step 1
Ketupat Ketan - Step 1
2
Isi ketupat dengan ketan yang diberi garam secukupnya sampai penuh, tapi jangan padat. Potong ujung tali ketupat, sisipkan sisa talinya.
Ketupat Ketan - Step 2
Ketupat Ketan - Step 2
3
Rebus ketupat dengan santan kental, beri garam, beri air sampai ketupat terendam semua. Masak sampai santan sat dan berminyak.
Ketupat Ketan - Step 3
Ketupat Ketan - Step 3
4
Hidangkan bersama rendang๐Ÿ˜‹
Ketupat Ketan - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketupat KW

Ketupat KW

Bikin Ketupat KW ini caranya sangat mudah & cepat matangnya...hasilnya juga padat seperti Ketupat yang menggunakan bungkus Daun Kelapa.

5 orang
45 menit
Ketupat

Ketupat

Walo pun perut lg buncit, alhamdulillah bs bikin ketupat dkk nya sendiri..

2. Ketupat Praktis

2. Ketupat Praktis

Suka banget makan opor pakai ketupat. Tapi kalau bukan lagi Lebaran suka susah nyari cangkang ketupat. Akhirnya bikin yang praktis aja pakai plastik. Bismillah aman yaaa gaes! ๐Ÿ˜† Bandung, 09 Februari 2022 #PejuangGoldenBatikApron

5 orang
1 jam
Ketupat Sayur

Ketupat Sayur

tadi pagi kepengin ketupat sayur , akhirnya eksekusi , setelah matang malah jadi kepengin baso urat ๐Ÿ˜‚ duhh piye iki

Ketupat metode 5.30.7

Ketupat metode 5.30.7

nyoba bikin ketupat pas idul adha kmrn dngn menggunakan metode ini alhamdulilah berhasil tdinya deg"an berhasil g ya....tpi hasilnya sukses,benar"menghemat waktu dan gas haha

Ketupat metode 5.30.7

Ketupat metode 5.30.7

Bikin kupat tapi g mau ribet lama... Kita bisa praktekaan ini.. Tapi ingat ya..ketahanan ketupat ini tidak sama dg yg dimasak berjam2.. Namun agar tidak cepat basi ..saya akan memberikan triknya.. #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_surabaya #PekanPosbarSayurLebaran #PutriChristian

Opor Ayam Spesial

Opor Ayam Spesial

8 porsi
30 menit
Ketupat Opor Kuning

Ketupat Opor Kuning

Assalamu'alaikum.. Hari ini Bogor mendung. Sudah gerimis dari pagi tadi. Tetiba kepengen makan ketupat opor anget pake sambel rawit. Cuss pagi-pagi nerobos gerimis naik motor ke warung sayur langganan di depan komplek. Alhamdulillah semua bahan yg diperlukan ada. Aaah bahagia banget dah. Hihihi bahagianya mamak memang retjeh yaa ๐Ÿ˜„. Harap maklum sama fotonya yg begitulah. Mendung selalu dijadikan alasan.. maaf ya ndung๐Ÿ˜†. Tapi mmg mamak ga berdaya kalo fefotoan lg mendung mah ๐Ÿ™ˆ.

Opor ayam andalan

Opor ayam andalan

resep opor ayam dari sekolah masak. temen bule ku pada suka, pacarku orang jepang pun suka sekali. ๏ผˆ๏ผพฮฝ๏ผพ๏ผ‰

Ketupat Rice Cooker

Ketupat Rice Cooker

4 - 5 porsi
3 jam
kreasi ketupat

kreasi ketupat

orang rumah udah bosen sayur santan,mulai lebaran pertama makan sayur santan melulu

5 porsi
30 menit
Ketupat (Metode 5.30.7)

Ketupat (Metode 5.30.7)

Bikin ketupat gak pake lama, irit gas, hemat waktu ๐Ÿ˜‰ #CookpadCommunity_Palembang #ResepWongKito

10 buah
1 jam
Sayur ketupat simpel

Sayur ketupat simpel

Ini resep dr orang tua alhamdulillah rasa ny mantull dan cara ny jg mudah

Ketupat Sayur Ala ala

Ketupat Sayur Ala ala

Ada yang baru dari agendanya #CookpadCommunity_Bogor utk bulan April ini me recook resep resep temen temen CP dari Depok, alhamdulilah kali ini sy coba recook resepnya Lontong Sayur Ala ala punya bunda Rika, cuma utk namanya sy ganti dengan Ketupat dan isiannya sy modif menyesuaikan dengan isi kulkas, kebetulan ketupat sayur adalah salah satu sarapan favorit keluarga saya, jadi sekarang gak perlu beli lagi sudah bisa bikin sendiri dan yg terpenting bisa bersilahturahmi dan dapat temen temen baru dari depok #ComboAnjangsana_TemanDepok #SilahturahmiRecook #FestivalRamadan

5 porsi
Ketupat Hemat Gas

Ketupat Hemat Gas

Ketupat ini saya rasa cukup awet meskipun hanya dimasak selama 40 menit. Saya masak sore lusa dijam yg sama masih bagus. Intinya masak ketupat harus benar2 terendam air maka hasilnya bagus, padat dan empuk. Saya belajar cara memasak ketupat ini dr youtube dan hasilnya memuaskan ๐Ÿค—

20 orang
40 menit
71 - Ketupat Lebaran (20-30-20-30)

71 - Ketupat Lebaran (20-30-20-30)

First trial bikin ketupat lebaran pake teknik 20-30-20-30 dan biidznillah langsung berhasil. Alhamdulillah..

OPOR 2 T (Telur dan Tahu)

OPOR 2 T (Telur dan Tahu)

Hari libur tukang sayur juga ikutan libur. Masak lauk seadanya aja buat makan siang suami sama anakku.

392. Ketupat Presto

392. Ketupat Presto

Kamis, 13 05 2021 Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H. Lebaran identik dengan ketupat. Untuk membuat ketupat diperlukan waktu yg cukup lama untuk memasaknya, sekitar 6 jam. Cara mudah untuk mempersingkat proses pemasakan ketupat adalah dengan menggunakan presto. Ini kali pertama masak ketupat dan berhasil Alhamdulillah...๐Ÿ˜ ๐Ÿ‘ Semoga resep ini dapat menginspirasi & memasak menjadi hal yg menyenangkan ๐Ÿ™๐Ÿ˜ #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Bandung #Cocomba #AuthorsBandungHebring #CookpadIndonesia #Cookpad_id #MasakItuSaya #CookingWithHeart