Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam Kampung yang Lezat

Dipos pada January 31, 2022

Opor Ayam Kampung

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor Ayam Kampung yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Opor Ayam Kampung yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Ayam Kampung, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam Kampung di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Kampung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Kampung memakai 16 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Opor ayam adalah menu wajib saat lebaran tiba. Sajikan dengan ketupat atau lontong, pas banget di santap saat kumpul bersama keluarga besar. Selamat hari raya idul Fitri mohon maaf lahir batin untuk sobat Cookpad semua πŸ™ #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_Karawang #resep3r

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Kampung:

  1. 1 ekor ayam kampung
  2. 1,5 liter santan
  3. 3 gelas air
  4. 3 lembar daun salam
  5. 2 batang sereh, geprek
  6. 1 ruas lengkuas, geprek
  7. Secukupnya garam, gula merah, kaldu bubuk
  8. Bumbu halus:
  9. 6 siung bawang merah
  10. 3 siung bawang putih
  11. 1 ruas kunyit
  12. 1 ruas jahe
  13. 4 butir kemiri
  14. 1 sdt ketumbar
  15. 1 sdt merica
  16. Secukupnya bawang goreng untuk taburan

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Kampung

1
Potong-potong ayam, cuci bersih lalu tiriskan.
Opor Ayam Kampung - Step 1
2
Rebus ayam dalam panci. Sambil merebus ayam, tumis bumbu halus dalam wajan sampai harum. Lalu masukkan ke dalam panci rebusan ayam, tambahkan daun salam, sereh, lengkuas. Masak sampai ayam empuk.
Opor Ayam Kampung - Step 2
Opor Ayam Kampung - Step 2
Opor Ayam Kampung - Step 2
3
Setelah ayam empuk, tambahkan santan. Masukkan garam, gula merah dan kaldu bubuk. Masak sampai mendidih.
Opor Ayam Kampung - Step 3
4
Siap di sajikan. Jangan lupa taburi opor dengan bawang goreng 😍
Opor Ayam Kampung - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Resep masakan waktu Lebaran kemarin.. Hasil modifikasi dari resep Chef Isyra di IG anchorfp. Mantap. Di resep chef pakai jinten dan ketumbar disangrai. Tapi aku ga punya jinten. Ketumbar pun ga disangrai,hehe. Di resep juga ga pakai santan,tapi krim anchor. Di sini aku ga mencuci ayamnya setelah digosok lemon dan garam, tapi merebusnya sebentar sampai berubah warna dan membuang airnya. Karena di beberapa artikel disarankan merebus ayam utk membuang bakteri. Rasa ayamnya juga lebih mantap. Dicoba yuukk.

Opor Ayam simple dan wuenak

Opor Ayam simple dan wuenak

Malam malam bapak minta dibuatin opor kebetulan ada ayam kampung di kulkas, langsung gercep dgn bumbu seadanya tpi endeus banget!

Sayur Terik

Sayur Terik

Ibu sedang sakit dan beliau request sayur gurih ini, anakku juga senang ternyata

Terik telur tahu kubis

Terik telur tahu kubis

Buat maem si kecil ku kalau bosen beningΒ² terus

1mangkok sedang
Opor ayam Sederhana

Opor ayam Sederhana

Iedul Fitri 2019 tahun ini adalah Iedul Fitri pertama kami di Belanda. Karena diumumkan pada hari senin tanggal 3 Juni 2019 sesaat sebelum buka puasa yaitu jam 22.00, kami belum persiapan masak apa apa untuk lebaran tanggal 4 Juni 2019. Akhirnya kami memasak ekspress.setelah pulang sholat iedul fitri.

Terik Bola Sapi

Terik Bola Sapi

Menu saya hari ini terik bola sapi. Lebih cepat dan praktis dibanding memasak terik daging sapi. Bagi yang tidak suka sapi, bisa diganti daging ayam ya. Terik sendiri agak berkuah dan rasanya asin, gurih dan manis. Sajikan dengan nasi putih hangat dan sambal bajak udah enak banget. Ditambah tahu juga enakkkk… Anak-anak kecil biasa suka menu beginian. Apalagi yang hobi makan opor, boleh sekali-sekali coba masak terik. Hari ini saya jadikan menu nasi campur. Isinya super simple: terik bola sapi, oseng buncis dan mie goreng polos. Jangan lupa sambal nya.. Pertama masak terik nya dulu dan sambil tunggu masak kuah nya hingga mengental, kita tumis buncis juga mie goreng nya. Jadi selesai bersamaan deh πŸ˜πŸ‘πŸ»

Opor kulur yummy

Opor kulur yummy

Di kasih kulur ma sodara kepikiran pengen opor

Opor ayam

Opor ayam

Menu Lebarah H1

Terik telur tahu

Terik telur tahu

Terik telur tahu ini menu yang sering kita beli bareng bubur hmmm yummy banget πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜š Menu aman untuk anak anak, karena gak ada cabenya Menu ini menu jawa tengah yang sering dijumpai diwarung penjual nasi dan bubur di pagi hari, ttp kali ini santan nya saya ganti dengan fiber cream mom. #resolusi2019 #berburucelemekemas #mingguke9 #cookpad_communitysemarang

Opor tahu n telor kuning(ardhanirestianti)

Opor tahu n telor kuning(ardhanirestianti)

#Pr_specialardhani Buat pr special mba ardhani buat makan pagi opor tpi diganti tidak pakai ayam soalnya kesiangan bangun maaf ya mba dhani bahannya saya ganti tapi ttp endes sekali lagi terimakasih atas resepnya

Opor Kuning Ayam dan Tahu

Opor Kuning Ayam dan Tahu

Suami seneng banget masakan yang berbumbu dan ada santannya, karena istrinya takut kolesterol, santan diganti dgn fiber creme biar agak sehat 🀣

Opor ayam bumbu instant indofood πŸ‘©β€πŸ³

Opor ayam bumbu instant indofood πŸ‘©β€πŸ³

Selamat siang momies... berhubung di daerah ngawi sekarang ini lg seneng bgt mendung2 gituuu akhirnya pengen deh masak yg berkuah tp gak ribet plus cepet, soalnyaa suami pagi pagi juga harus ada kerjaan.. akhirnyaa ku putuskan buat OPOR AYAM pake bumbu racik instant nya Indofood... simple enak lho moms.. yuk cek langkah ku memasaknya..

Opor ayam tahu kuning indofood

Opor ayam tahu kuning indofood

#siapramadan #AhlinyaAyam #oporayam #parcelramadancookpad #berburucelemekemas #resolusi2019 #CookpadIndonesia #praktisdanmudah #kartikacikal

3 porsi
Opor kuning ikan tenggiri suka suka😍

Opor kuning ikan tenggiri suka suka😍

Seperti biasa kesibukan di pagi hari sebelum berangkat kerja... memasak untuk bekal, agar simpel masak opor kuning ikan tenggiri suka suka ( mksdnya suka suka mau ditambah apa aja😁) dalam satu masakan ada ikan tenggiri, tahu dan wortel πŸ˜‰ komplit dah

Terik Daging dan Tahu

Terik Daging dan Tahu

#cookpadcommunity_tangerangselatan #generasigakpakaimicin

4 porsi
60 menit
Opor ayam+telur kampung resep ibu

Opor ayam+telur kampung resep ibu

Opor ayam+telur kesukaan suami Dan anak2