Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam Kuah Kuning yang Lezat Sekali

Dipos pada February 28, 2022

Opor Ayam Kuah Kuning

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Opor Ayam Kuah Kuning yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Opor Ayam Kuah Kuning yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor Ayam Kuah Kuning, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam Kuah Kuning di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor Ayam Kuah Kuning yaitu 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, perkiraan waktu untuk memasak Opor Ayam Kuah Kuning diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Kuah Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Kuah Kuning memakai 12 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

opor itu kesukaan semua dikeluargaku :)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Kuah Kuning:

  1. 1/2 ekor ayam potong beberapa bagian
  2. 3 buah kentang ukuran sedang
  3. 1 kotak kecil santan
  4. 1 batang sereh
  5. 1/2 sdt ketumbar
  6. 1/4 lengkuas
  7. 2 butir kemiri
  8. 1/4 kunyit (biar jd kuning)
  9. 2 siung bawang merah
  10. 3 siung bawang putih
  11. 1/2 sdt biji pala
  12. secukupnya garam dan lada juga gula

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Kuah Kuning

1
Sebelum mulai masak, siapkan semua bahan terlebih dahulu, jadikan beberapa bagian, mana yang untuk bumbu dan mana yang nantinya tinggal kita cemplungin seperti kentang dan ayam.
2
Potong ayam menjadi beberapa bagian, goreng matang di minyak panas, sisihkan. isi panci berisi air kurang lebih 1/2 panci ya, boleh pake air matang atau air biasa, sambil nunggu mendidih, kita buat bumbu ya.
3
Haluskan semua bumbu, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, biji pala, ketumbar, kemiri, setelah itu tumis sebentar dengan 1sdm minyak sampai harum, sisihkan bumbu.
4
Air yang td dipanci sudah mendidih, kita mulai cemplung2in bahan yg lain, kalau aku biasanya mulai dr kentang krn dia empuknya lama. potong kentang kotak kecil, lalu baru masukan ayam yg sudah digoreng, lalu masukan bumbu yang sudah ditumis, aduk-aduk sebentar, masukan santan, aduk kembali, keprak sereh dan daun jeruk, masukan kedalam, tunggu mendidih dan harum.
5
Opornya telah selesai! note: kalau ayamnya ga mau digoreng juga gpp :)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Kuning

Opor Kuning

8 porsi
30 menit
Opor Telur Tahu Tempe

Opor Telur Tahu Tempe

Coba kreasi lain dari opor... requestnya suami sih... :D

4 porsi
15 menit
Jangan Terik 3T

Jangan Terik 3T

Jangan sama artinya dgn sayur, lain dari terik biasanya yg tdk berkuah, Sejak kecil aku mengenal Jangan Terik yg isinya tergantung tanggal, jika jauh dari gajian hanya telur, tempe, tahu atau 3T, tapi jika sdh gajian ada plusnya potongan daging. Sapi, atau daging cincang yg di bola - bola. Temannya rebusan jipang. Atau timun, dan sambel terasi. Keluarga PNS Anak 8 hrs Atur biaya agar Gizi cukup.

7 porsi
30 menit
Opor ayam seadanya

Opor ayam seadanya

Memanfaatkan bumbu yg tersisa d kulkasπŸ˜‚πŸ˜

2 porsi
Opor Kutai

Opor Kutai

30 Menit
Opor ayam kampung. Rempah wangi dan no msg

Opor ayam kampung. Rempah wangi dan no msg

Tentu ada banyak sekali versi opor ayam. Kalau yang saya selalu buat adalah resep andalan dari ibu saya. Resep autentik keluarga. Versi opor ayam ini sangat wangi harum rempah dan kuahnya gurih kental. Jadi memang banyak pakai bumbu dan disangrai. Tujuannya disangrai agar citarasa rempah kuat. Saya pilih ayam kampung, karena lebih sehat. Silakan dicoba😊

Opor ayam kering

Opor ayam kering

Mw bikin opor ayam,tapi gx suka kuahnya,jadi aku bikin kuahnya aku masak sampe kering alhasih endessss rasanyaπŸ˜†πŸ˜†

Ini ayam betutu apa opor? πŸ˜‚

Ini ayam betutu apa opor? πŸ˜‚

ceritanya mama punya ayam dikulkas tapi di males masak, terus gw cari-cari resep di cookpad mau coba bikin ayam betutu. loh kok hasilnya malah kaya opor ayam. ini karna terlalu banyak aiiiirrrrrrr astagaaaa πŸ˜‚πŸ˜‚ tapi rasanya sih enak hahaha

6-7porsi
60menit
Opor ayam tahu bumbu kuning

Opor ayam tahu bumbu kuning

Alhamdulillah pada suka opor ayam tahu buatan ummi... mkasih yah ... malaikat2 kecilku..

Terik Daging Sapi

Terik Daging Sapi

Menu ini merupakan menu favorit buat lebaran. Selain mudah, bisa dinikmati siapa saja termasuk anak kecil. Karena rasa dr terik ini cenderung manis ya.

Opor ayam

Opor ayam

Opor ayam ini resep dari ibu

Ayam goreng kuah opor (edisi bumbu instant)

Ayam goreng kuah opor (edisi bumbu instant)

Edisi masak kilat, capek ngulek bin males ... berkreasi dengan bumbu instant ... ayam saya goreng dulu biar gak hancur pas digodoknya ... seperti biasa, potonya saya banget ... ala kadarnya, sing penting poto asli bukan hasil catut di mbah gugel 😁

Terik Telur & Tempe

Terik Telur & Tempe

Masak terik telur dan tempe sebagai menu pendamping urap kenikir.

3 porsi
30 menit
Opor ayam ala bunda rifki

Opor ayam ala bunda rifki

Ga lengkap rasanya kalo lebaran besok gak ada opor ayam....itu udah jadi tradisi di keluargaku kudu wajib ada opor ayam