Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Ketupat Betumis khas Banjar yang Lezat Sekali

Dipos pada March 9, 2022

Ketupat Betumis khas Banjar

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Ketupat Betumis khas Banjar yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Ketupat Betumis khas Banjar yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Ketupat Betumis khas Banjar, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Ketupat Betumis khas Banjar enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Ketupat Betumis khas Banjar kira-kira 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Ketupat Betumis khas Banjar diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat Betumis khas Banjar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat Betumis khas Banjar memakai 26 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini salah satu makanan khas Banjar, lebih spesifik dari kota Martapura. Kota kelahirannya Abi saya. Dan ini juga jadi menu favorit untuk lebaran di rumah. Tapi ya gak mesti nunggu lebaran kalau mau makan ini. Kapan aja bisa dan gampang pula ☺️ Jadi makanan khas Banjar gak melulu soto banjar, tapi masih banyak banget termasuk ketupat betumis ini. Dan resep khas Banjar lainnya akan menyusul. Maklum sudah pulang kampung jadi udah gak kepikiran masak western2 lagi πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat Betumis khas Banjar:

  1. 4 buah Ketupat besar (potong sesuai selera)
  2. Bahan untuk kuah:
  3. 2 L Santan cair (ini santan hasil perasan sendiri dari kelapa parut yg dibeli di pasar, belinya 10ribu πŸ˜„πŸ˜„. Sebisa mungkin jangan pakai santan instan spt kara)
  4. 1 buah Bengkuang (iris tipis) atau bisa diganti dengan sayur nangka
  5. 5-8 buah Kacang panjang (potong2)
  6. Secukupnya Garam, Gula & Ajinomoto (duh ini pengecualian untuk menu2 begini penggunaan mecin gak bisa dihindari πŸ˜…)
  7. Bahan untuk lauk (masak habang):
  8. 3-4 ekor Ikan Haruan/gabus, bisa juga pakai ayam atau bebek (potong2 sesuai selera)
  9. 2 sdm Air asam jawa
  10. 3 butir Telur bebek rebus
  11. 50 gr Cabai merah kering (buang bijinya)
  12. 1 ruas Kayumanis
  13. Secukupnya Garam, gula pasir & penyedap rasa
  14. Secukupnya Minyak goreng
  15. Secukupnya Air
  16. Bumbu halus:
  17. 4 siung Bawang putih
  18. 7 siung Bawang merah
  19. 1 ruas Jahe
  20. 1 ruas Kencur
  21. 2-3 sdm Gula merah
  22. 1/4 sdt Terasi yg sudah dibakar
  23. Bahan pelengkap lainnya:
  24. Bawang goreng
  25. Jeruk purut (kalau orang banjar sih bilangnya limau kuit)
  26. Sambal atau cabe rawit

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat Betumis khas Banjar

1
Panaskan santan, ketika sudah mau mendidih matikan api. Ini tujuannya biar lemak dari santan naik ke atas permukaan jadi nanti dapat bagian yg kental. Dan jangan sampai mendidih nanti santannya pecah. Lalu tunggu hingga dingin.
Ketupat Betumis khas Banjar - Step 1
2
Sambil menunggu, saatnya membuat lauknya. Orang Banjar bilangnya masak habang (masak merah). Dan masak habang ini juga biasanya jadi temannya nasi kuning, lontong, dll.
3
Goreng terlebih dahulu lauknya hingga matang. Sebelum digoreng, lumuri dengan air asam jawa & garam. Biasanya orang Banjar selalu pakai ikan haruan (ikan gabus), tapi bisa ditambah ayam & juga telur rebus. Setelah matang, tiriskan & sisihkan.
4
Untuk bumbu merah: Rebus dulu cabai kering sebentar hingga lemas, tiriskan. Lalu blender hingga halus.
5
Setelah itu campur cabai merah kering yg sudah diblender dengan bumbu halus.
6
Siapkan wajan dan minyak secukupnya. Tumis campuran cabai & bumbu halus. Tunggu hingga warnanya berubah menjadi merah gelap.
7
Kemudian tambahkan air sekitar 500 ml. Masukkan kayumanis, bumbui dengan garam, gula & penyedap rasa. Masak hingga cukup mengental.
8
Jika sudah mengental masukkan lauk ke dalam bumbu habang (merah), aduk merata. Sambil cicipi dan koreksi rasa. Disini juga ada tambahan potongan daging bebek. Intinya lauknya mau apa aja sesuai selera.
Ketupat Betumis khas Banjar - Step 8
9
Lalu masukkan telur yg sudah di rebus. Aduk hingga rata, jika sudah pas mastikan api.
Ketupat Betumis khas Banjar - Step 9
10
Kembali lagi ke kuah santan. Setelah dingin, nyalakan api kompor lalu masukkan irisan bengkuang & kacang panjang. Bumbui dengan garam, gula & ajinomoto. Jangan pakai royco atau masako. Nanti warna kuahnya berubah kekuningan. Jika sudah mulai agak mendidih, matikan api. Cicipi dan koreksi rasa. Kuah ketupat betumis siap dihidangkan.
Ketupat Betumis khas Banjar - Step 10
11
Potong2 ketupat sesuai selera dan kebutuhan. Biasanya dgn ketupat sebesar ini untuk 1 porsi cukup setengahnya saja.
Ketupat Betumis khas Banjar - Step 11
12
Sajikan ketupat dgn menuangkan kuah santan beserta bengkuang & kacang panjang. Baru kemudian letakkan lauk dengan bumbu masak habang & bawang goreng diatasnya.
Ketupat Betumis khas Banjar - Step 12
13
Ketupat betumis khas Banjar siap untuk disantap!! Bagi yg belum bisa membayangkan rasa kuahnya, ini kuahnya gurih2 manis rasanya. Gurihnya bukan gurih asin loh ya tapi gurih dari santannya. πŸ’žπŸ’žπŸ’ž
Ketupat Betumis khas Banjar - Step 13
14
Enak banget lah ini pokoknya. Kuahnya, masak habangnya belum lagi bengkuang sm kacang panjang yg bikin krenyes krenyes membahagiakan. πŸ’“πŸ’“πŸ’“
Ketupat Betumis khas Banjar - Step 14

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketupat lebaran

Ketupat lebaran

Untuk idul fitri dan idul adha

4 jam
Ketupat Presto

Ketupat Presto

Kadang suka males kalau harus bikin ketupat karena waktu memasaknya yang cukup lama. Tapi berkat panci presto, jadi semangat bikin ketupat. Selain waktunya sangat cepat, praktis, dan hemat tentunya.

10 porsi
Ketupat kuah kari ala zawjiy

Ketupat kuah kari ala zawjiy

Tetiba laper, pengen makan sesuatu tapi didapur laukNya pada daging semua :-D , #Efek lebaran Zawjiy/suami Buka kulkas liat masih ada tempe dikit sisa kemaren,ada taoge sma sisa santan masak opor kemaren, mulailah deh zawjiy ulek2 tuh bahanNya,, daaann jadi deh lontong kuah kari,, rasaNyaa maaknyuss dan endeeesss,, kuaahnya tak abissin yaa .. sssrppuuttt manteep .. cobain deh, mudah dan enak :-D

20 porsi
20 menit
Resep Ketupat Mie Tahu

Resep Ketupat Mie Tahu

Saya tidak punya ayam, jadi hanya pakai stok air kaldu ayam di kulkas, jadi isiannya tahu saja tanpa ayam suwir. Silahkan dicoba resep ini, mantap utk santapan musim hujan nih. #saturesepSatupohon #teamTrees #masakanrumahan #masakanyunitariz

7 porsi
+- 60 menit
Ketupat dan Lepet

Ketupat dan Lepet

Ini resepnya kemaren tp baru sempat up sekarang. Ceritanya biasanya kalau udah lama musim kemarau terus masuk ke awal musim penghujan (hujan pertama), didesa ku diadakan "Baritan" atau "Sundul Langit" yang artinya bentuk rasa syukur setelah sekian lama kemarau akhirnya turun hujan. Biasanya ada satu ketupat yang bentuknya beda (πŸ”Ί) terbuat dari 3 ujung daun kelapa atau janur. Dan nantinya akan dipasang di atas genting, ditali disela-sela kayu gitu. Mungki didaerah teman-teman juga ada tradisi seperti ini cuma beda penyebutannya. Dan pasangan ketika membuat ketupat adalah lepet, sama juga bungkusnya dari janur cuma beda dibentuk dan isi. Kalau lepet bentuknya panjang diikat dan isinya dari beras ketan dan parutan kelapa. Umumnya memang itu saja tapi sekarang banyak variasi isi, ada yang dicampur kacang merah, kacang tunggak dan kacang hijau, kembali lagi sesuai selera. Karena ini aku masih kaku jadi aku minta bantuan si Ibuk untuk ajarin ngebungkusnyaπŸ€­πŸ‘. (14-11-2019) #pekaninspirasi #PejuangGoldenApron2 (minggu ke 7) #WeekendCookingChallenge #cookpadlovers #cookpaders #cookpad_paders #cookpadcommunity_lamongan #cookpadcommunity_id #sukamasak #foodie

Ketupat Rice cooker

Ketupat Rice cooker

Untuk yg saya buat dengan takaran bahan yg dibawah jadinya sebanyak yg difoto ya......sepiring kaleng ukuran kecil... 😊

Acar tahu/ tahu mie (lontong/kupat)

Acar tahu/ tahu mie (lontong/kupat)

Bismillah, ini kesukaanku wkt di tanah kelahiran..acar tahu klo di kampungku namanya,, in ak bikin dgn bahan seadanya d kulkas,, coz hrs e pkai mentimun n cuka jg..ak gk pkai.. Tapi tetep enak kok n pedess pooll rasanya..☺🀀🀀#cookpad-semarang#cookpadindonesia

28.1. Roti ketupat udang keju ala fe #pekaninspirasi

28.1. Roti ketupat udang keju ala fe #pekaninspirasi

Request mama minta dibikinin ini by phone πŸ˜…πŸ˜dan fe harus merealisasikannya tanpa tau bentuk aslinya seperti apa πŸ˜…πŸ˜… untung hasil akhirnya sesuai requestnya. Bikinnya gampang & cocok jadi refrensi salah satu bakulan crispy sesuai tema minggu ini. #bikinramadanberkesan day 28 menuju celemek sakti

8 buah
30 menit
KETUPAT JANUR daun kelapa,untuk lebaran

KETUPAT JANUR daun kelapa,untuk lebaran

15-20 orang
4 jam 30 menit
Ketupat Lebaran praktis ga pake lama dan anti gagal

Ketupat Lebaran praktis ga pake lama dan anti gagal

Besok lebaran gaes..kayaknya lebaran ga lengkap ya tanpa adanya ketupat..yuk bikin?dijamin ga pake lama dan ga bakal gagal..

20 buah
2jam
Sayur godog (ketupat/lontong sayur/sayur manisa/sayur labu siam)

Sayur godog (ketupat/lontong sayur/sayur manisa/sayur labu siam)

Waktu itu buat untuk lontong cap go mek, kebetulan ada krecek kering di rumah, campur juga. Ini enak banget dimakan pake sambel goreng ati dan opor ayam.

5 orang
1 jam
Sayur Ketupat Lebaran

Sayur Ketupat Lebaran

Lagi gabut pengen bikin lebaran ini berbeda πŸ™‚ sayur ketupat dengan resep yg berbeda pula tapi rasanya istimewa enaknya 😌

12 porsi
Ketupat Rice Cooker

Ketupat Rice Cooker

Karna gak ada tungku yang enak buat masak lama2 dan karna sayang mo masak lama2 di kompor gas, jadi bikin ketupatnya pake rice cooker. Dan Alhamdulillah suksess.. tanpa repot2 nambah2in air terus kayak masak manual.

Ketupat praktis dengan kuah opor ayam

Ketupat praktis dengan kuah opor ayam

Tiap lebaran masakan ini kudu wajib ada, biarpun saya tidak merayakan tapi biasanya saya kebagian ketupat opor dari tetangga, sekarang tetangga kebetulan ngak ada yg muslim, jadi coba bikin sendiri deh.. Soalnya udah ngak ada yang ngasih ketupat hikss hikss

4 porsi
30 menit
Kupat cungkring

Kupat cungkring

Sarapan pagi ini terinspirasi cungkring bumbu kuning dan kupat bumbu kacang di Bogor... coba bikin sendiri lebih hemat bun... meski kupatnya beli 🀭

3 org
1 jam 30 menit
Kupat praktis ala-ku

Kupat praktis ala-ku

Masih dalam moment idul fitri, menu halal bihalal kadang masih menghadirkan ketupat. Menyiasati supaya cepat memasak kupat, jd hemat gas juga..., nggak punya presto nggak masalah. Yg pasti menurutku rasanya tetap enak, lembut & yg penting...cocok juga di lidah suami & anak2, hehe... Yuk simak bikin kupat praktis ala-ku

10 buah
1,5 - 2 jam
Kupat (nasi) Tahu Bandung

Kupat (nasi) Tahu Bandung

Pernah jajan ini pas lagi ke bandung tahun 2013, Coba bikin sekalian "sanjo" sm warga Depok❀️ Ini gak ada kupat jadi saya pake nasi hehe Source : @Rindu_Dapur #wongkito_sanjokedepok #rekreasi_depok #cookpadcommunity_palembang #141