Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Sayur godog (ketupat/lontong sayur/sayur manisa/sayur labu siam) yang Enak

Dipos pada March 10, 2022

Sayur godog (ketupat/lontong sayur/sayur manisa/sayur labu siam)

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Sayur godog (ketupat/lontong sayur/sayur manisa/sayur labu siam) yang pasti lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Sayur godog (ketupat/lontong sayur/sayur manisa/sayur labu siam) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sayur godog (ketupat/lontong sayur/sayur manisa/sayur labu siam), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Sayur godog (ketupat/lontong sayur/sayur manisa/sayur labu siam) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Sayur godog (ketupat/lontong sayur/sayur manisa/sayur labu siam) kira-kira 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang diperlukan dalam memasak Sayur godog (ketupat/lontong sayur/sayur manisa/sayur labu siam) diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sayur godog (ketupat/lontong sayur/sayur manisa/sayur labu siam) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur godog (ketupat/lontong sayur/sayur manisa/sayur labu siam) memakai 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Waktu itu buat untuk lontong cap go mek, kebetulan ada krecek kering di rumah, campur juga. Ini enak banget dimakan pake sambel goreng ati dan opor ayam.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sayur godog (ketupat/lontong sayur/sayur manisa/sayur labu siam):

  1. 2 buah labu siam ukuran besar (parut atau potong korek api)
  2. 15 buah krecek (opsional)
  3. 50 gram tetelan sapi
  4. 1 sachet santan instan kara
  5. secukupnya Minyak
  6. secukupnya Garam, gula, lada dan totole
  7. Bumbu dihaluskan
  8. 10 siung bawang merah
  9. 5 siung bawang putih
  10. 5 buah cabe keriting merah
  11. 5 buah cabe rawit merah
  12. 3 buah kemiri
  13. 2 cm kunyit
  14. 1 sdm ebi
  15. Bumbu cemplung
  16. 1 buah sereh (digeprek)
  17. 2 lembar salam (digeprek)
  18. 5 lembar daun jeruk (digeprek)
  19. 5 cm lengkuas (digeprek)

Langkah-langkah untuk membuat Sayur godog (ketupat/lontong sayur/sayur manisa/sayur labu siam)

1
Panaskan minyak di wajan, masukkan bumbu yang dihaluskan dan bumbu cemplung, masak hingga matang, tandanya adalah air habis mengeluarkan minyak alaminya dan baunya sudah tidak langu.
2
Masukkan tetelan, oseng-oseng hingga tetelan mengeluarkan minyak. Tambahkan air sekitar 1/5 L.
3
Masukkan santan, aduk-aduk hingga mendidih agar santan tidak pecah. Masukkan krecek, garam, gula, lada dan totole hingga rasa pas.
4
Didihkan terus sambil sesekali diaduk hingga krecek lunak. Masukkan labu siam, masak sebentar hingga matang. Matikan api, sayur godog siap disajikan. Selesai.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam istimewa

Opor ayam istimewa

Baru pertama kali bikin opor ayam ini, Alhamdulillah endeesss, anak2 n suami pun sukaaaakkk... :D

4 porsi
Ketupat (Tips)

Ketupat (Tips)

Pernah lihat ketupat-ketupat yang warnanya merah? Kurang cantik ya dilihat. Saya mau sedikit memberikan tips aja supaya ketupat kita cantik. Pertama masukkan ketupat hanya setelah air mendidih. Kedua ketupat sebaiknya direbus dengan banyak air dan semua permukaannya terendam sempurna. Ketiga tambahkan air mendidih jika air berkurang. Keempat celupkan ketupat ke dalam air suhu ruang sesaat setelah diangkat. Jadi ketupatnya bersih, nggak lengket juga.

Lontong opor ayam merah komplit (menu lebaran) O•O

Lontong opor ayam merah komplit (menu lebaran) O•O

Kangen moment lebaran,salah satunya menu yang makanan khas yang satu ini nih.... hohohoo

Ketupat ketan kacang merah

Ketupat ketan kacang merah

Ketupat ketan kacang merah ini mirip lemang, tapi saya masaknya pake bumbu gurih gk hanya garem. Kupat ini enak dimakan pake rendang. #TiketMasukGoldenApron3 #FestivalRamadanCookpad #MudikOnline #TimGulaJawa

Opor ati ampela ayam

Opor ati ampela ayam

Hmmm opor ini kesukaan ayah saya,,pling seneng bgt dan pasti nmbah lgi Heheh,,pas bgt buat berbuka ,

Ketupat

Ketupat

Setiap menjelang hari raya Idul Adha, ketupat selalu tersaji dimeja sebagai pendamping hidangan keluarga kami, selain punya cerita dan moment tersendiri, membuat ketupat jadi sebagai tradisi, kalau tidak membuat sendiri kurang afdol rasanya. Nah kebetulan sekali nih Mamah lagi ngadain acara, jadi cuss deh langsung ikut memeriahkan acara Mamah biar makin seru n cetar Mamah kesayangaku ini Program spesial Mamah kali ini adalah IDAMAN MAMAH (Idul Adha Aman Bersama) Dan minggu ini temanya adalah Masakan Pendamping Menu Idul Adha 🙏🏻🙏🏻🙏🏻😘 #PosbarIDAMAN #Posbar #PPKM #tyasyodha

15 biji
2 jam
Opor ayam . . .nagih 😂

Opor ayam . . .nagih 😂

4 porsi
60 menit
Sate sapi teflon empuk bumbu kacang + ketupat

Sate sapi teflon empuk bumbu kacang + ketupat

Dalam rangka memperingati hari raya idul adha, menu ini pasti wajib ada di setiap qurban. Langsung deh eksekusi...Semua bahan yang digunakan disesuaikan saja dikira-kira. Supaya daging sapinya empuk ga alot, saya bungkus menggunakan daun pepaya selama 1 jam.

15 tusuk
Ketupat lemak

Ketupat lemak

Bismillahirrahmanirrahim... Biasanya lebaran selalu ada menu ini...selain patlaw ketupat lemak ini enak juga... Kemarin pak suami minta di bikinkan... Daun ketupatnya sudah di anyam tinggal di isi saja...baiklah...emak mulai beraksi. Rasa nya enak gurih...semua pada suka di cocol sama rendang enak banget...stok rendang nya gak ada... Di cocol sama abon aja... Yuk mari intip resep nya. #Ketupatlemak #resepmakwin #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #Cookpad #CookpadIndonesia

25 pcs
3 jam
Sayur warna warni (untuk kupat sayur)

Sayur warna warni (untuk kupat sayur)

Pengin bgt makan kupat sayur tapi suka ga puas klo beli mumpung punya kupat bikin sendiri aja sayur nya

162. KETUPAT JANUR

162. KETUPAT JANUR

#PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bekasi

70 porsi
4 sampe 5 jam
Ketupat Ketan

Ketupat Ketan

25-30 buah
2 Jam
Kupat Glabet Brebes

Kupat Glabet Brebes

Rindu kos di Semarang, ada penjual bubur ayam dan kupat glabet, asli orang Brebes. Okay coba buat di rumah..

Kukis ketupat

Kukis ketupat

Agak gosong2 dikit. Tp tdk mengurangi rasanya tetep enk. Cocok buat kue lebaran. Enk ga terlalu manis.