Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur candil (biji salak) yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada October 19, 2018

Bubur candil (biji salak)

Bagaimana membuat Bubur candil (biji salak) yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Bubur candil (biji salak) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bubur candil (biji salak), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur candil (biji salak) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur candil (biji salak) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur candil (biji salak) memakai 5 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur candil (biji salak):

  1. 500 gr ubi yg sdh di kukus sampai lunak
  2. 150 tepung sagu
  3. air gula jawa
  4. kuah santan ksh garam dkt biar gurih
  5. 2 sdm tepung sagu diencerin dgn air

Langkah-langkah untuk membuat Bubur candil (biji salak)

1
Ubi yg sudah di kukus mpe lunak tiriskan...di ancurin pke garpu sampe halus klo udh mskin tepung sagu uleni sampe kalis lalu di bulet2tin
2
Rebus gula jawa klo sdh mendidih masukin ubi yg sdh di bulet2in smpe ngapung kecilin dikit apinya tggu bntr biar mateng mpe dlm.. Ambil 2 sdm tpung sgu di encerin dikit pake air lalu masukin ke rebusan gula jawa lgsg di aduk2 ya biar rata hasilnya. Klo sdh mendidih bru matikan kompor.
3
Saikan dengan kuah santan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Candil Spesial Cantik😘 2 by: Erni Hartanti.Amd😍😘😄

Bubur Candil Spesial Cantik😘 2 by: Erni Hartanti.Amd😍😘😄

Seneng sih dah keturutan dibantuin de Pasha bkin candilnya..yang kliru hrsnya air hangat malh diksh air mentah adonan buburnya...pasha...orapopo ..lah rasa udah Ok.hadeeeuw ...besok bkin lagi.

8 porsi
Bubur suro

Bubur suro

Memperingati 10 Muharam tahun ini

16) Candil Ubi Putih #BikinRamadanBerkesan

16) Candil Ubi Putih #BikinRamadanBerkesan

#BikinRamadanBerkesan Hari ke delapan Waktu puasa hari keempat lalu saya buat getuk ubi, ternyata cuma dimakan sedikit. Mungkin karena banyak ta'jil yang lain anak2 ga melirik si getuk yang penampilannya ga menarik. Saya masukkan kulkas dalam wadah tertutup. Hari ini saya coba rekonstruksi lagi si getuk jadi bubur candil ubi. Tinggal tambahin tepung tapioka dicampur dengan getuknya, dibentuk bulat2, dicemplung ke air gula. Selamatlah si getuk sisa... !

5 porsi
MPASI 6+ Bubur Kentang Lembut

MPASI 6+ Bubur Kentang Lembut

Hari ini Kimiya makan bubur yang lebih mild dan ringan dulu alias double prona, karena lagi sedikit kurang enak badan kayaknya. Bawaannya ngantuk terus, semoga segera semangat lagi ya Kim.

3-4 Porsi
2 Jam
Candil Biji Salak Ungu

Candil Biji Salak Ungu

pengen kolak ini udh lamaaa, yuk berkreasi bun

Bubur telor puyuh kuning

Bubur telor puyuh kuning

MPASI 7m+ Kunjungi instagram kami @mdalfatih03

3x makan
Bubur Gurih *Nasi sisa semalam*

Bubur Gurih *Nasi sisa semalam*

Recook @KatrienaUtami Memasak bubur jauh lebih cepat karena memakai nasi sisa semalam. Tp untuk rasa..hmm gurih banget mom's Layak dicoba kalau misalnya ada nasi sisa ya. Saya si untuk pelengkap semua beli matang *haha😂 males yak. Bubur polosan dengan taburan abon& bawang goreng juga udah enakk banget si cocok buat sarapan👌. #berburucelemekemas

3 porsi
Kolak Candil Rainbow

Kolak Candil Rainbow

5 porsi
60 menit
Bubua cande alias candil umbi merah ala dapoer lenna's

Bubua cande alias candil umbi merah ala dapoer lenna's

Ingat bundaku,, klo pulang ke bukittinggi pasti buatin ini,, sukaaa bingit moms,,

4 porsi
1 menit
Bubur candil ubi unggu

Bubur candil ubi unggu

Cerita akhir bulan di perantauan. Pengen makan bubur ini. Alhamdulilah kesampean.

Kolak candil biji salak

Kolak candil biji salak

Pengen makan yg manis2 tpi apa gtu eeh pas liat kolak candil biji salak tertarik juga, kebetulan anak2 suka Source: bunda natalia

Bubur Ayam Bandung

Bubur Ayam Bandung

Sarapan pagi ini anak² minta bubur ayam.. Biasanya bikin Bubur ayam ala Chinese, tapi sekali² berubah haluan 😁

Bubur Asyura Khas Kalsel

Bubur Asyura Khas Kalsel

Akhirnya tahun ini bikin lagi bubur Asyura. Jadi dikalsel itu setiap tanggal 10 Muharram diadakan acara membubur asyura, biasanya menggunakan 41 macam sayur mayur, dimasak secara beramai ramai dan dibagikan kepada orang orang disekitar lingkungan kita. Pada tanggal 10 Muharram nabi mensunnahkan bagi orang muslim untuk berpuasa, nah bagi yang berpuasa biasanya bubur akan dibawa pulang dan dimakan ketika berbuka puasa.. Kali ini saya hanya menggunakan 6 macam sayuran yang ada di kulkas saya , dan bikinnya pun sambil ada drama dari anak saya yang nangis-nangis ,😬maklum emaknya sibuk ngaduk bubur, Asal usul bubur Asyura ini adalah: pada saat nabi Nuh as. Berlabuh dan turun pada kapal beserta pengikutnya mereka merasa kelaparan. Akhirnya beliau menyuruh pengikutnya untuk mengumpulkan sisa perbekalan, saat itu ada yang membawa seraup gandum, adas,biji kacang, dll. Hingga terkumpullah 7 macam biji bijian. Beliau kemudian berdoa dan memasaknya hingga matang serta memakannya bersama sama hingga mereka kenyang (sumber:kitab i'anatuth tholibin) juz 2 hal.302 #BamasakBaimbai #MaAsyura #cookpadcommunity_borneo #cookpadcommunity_kalsel

#9 Kolak Candil Ubi #kamisManis

#9 Kolak Candil Ubi #kamisManis

17 Mei 2018 Puasa pertama berbukanya dengan menu kolak aja. Karena masih ada sisa ubi, jadilah dibuat kolak candil. Karena gula jawa nya tinggal dikit, saya tambahin gula tadi, biar manisnya berasa. #bikinRamadhanberkesan dengan yang manis manis.

4 porsi
Candil Ubi Ungu

Candil Ubi Ungu

udah lama pengen bikin, trus di dukung sama temen. akhirnya jalan deh 😊

Bubur Candil

Bubur Candil

Bubur Candil, Jenang Grendul, Biji Salak, macem2 ya namanya 😅 Tapi saya lebih familiar sama nama bubur candil 😁 Dulu waktu masih SD sering bantuin mama bulet-buletin beginian. Kalo versi mamaku ada dua macem buletan, yg satu ada kelapa2nya gitu n agak gede, rasanya gurihh. Tapi aku lupa bikinnya dari apaan.. jadi aku bikin yg simple2 aja deh 😁

Bubur jenang grendul with bubur sum2

Bubur jenang grendul with bubur sum2

Kalau makannya mau secara terpisah jg ga masalah yah dear ini karna efek kerajinan aja 😝😁😁